Sunday, August 06, 2017


KI KD TEKNOLOGI PERKANTORAN SMK Kurikulum 2013 revisi 2017 untuk Program keahlian Manajemen Perkantoran, Keahlian Administrasi Perkantoran yang sekarang ini berganti nama menjadi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkatoran (OTKP) terdiri dari 11 Kompetensi Inti dan 11 Kompetensi Dasar. Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran merupakan nama pengganti dari Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran. Kompetensi Inti dan  Kompetensi 


Dasar atau KI KD ini dicuplik dari lampiran keputusan Direktur Jendral Pendidikan Dasa dan Menengah Nomor  : 330/D.D5/KEP/KR/2017 TANGGAL : 09 Juni 2017 Tentang Kompetensi Inti dan  Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Muatan Nasional (A), Muatan Kewilayahan (B), Dasar Bidang Keahlian (C1), Dasar Program Keahlian (C2), dan Kompetensi Keahlian (C3).

Sebenarnya kalau kita amati KI KD mapel Teknologi Perkantoran 90% sama dengan KI KD mapel otomatisasi perkantoran, yang membedakannya hanya pada Kompetensi Jnti nomor 3.11 tentang mengevaluasi penggunaan teknologi perkantoran dan Kompetensi Dasar nomor 4.11 tentang membuat laporan penggunaan teknologi perkantoran.

Berkenaan dengan alokasi waktu yang diberikan pada Struktur Kurikulum 2017 untuk mata pelajaran Teknologi Perkantoran mengalami pengurangan, yang mana sebelumnya memiliki alokasi waktu 6 jam pertemuan per minggu menjadi 4 jam pertemuan per minggu.

Bagaimana dengan silabusnya ?
Silabus tentang teknologi perkatoran dapat dibuka pada artikel Silabus Teknologi perkantoran SMK.


Mata Pelajaran     : Teknologi Perkantoran

Jam Pelajaran      : 144 JP (@ 45 Menit)
                                                                                      


KOMPETENSI DASAR

KOMPETENSI DASAR

3.1    Memahami teknologi perkantoran, otomatisasi perkantoran, dan virtual office
4.1    Melakukan pengelompokkan teknologi perkantoran, otomatisasi perkantoran, dan virtual office

3.2    Menerapkan pengetikan (keyboarding) 10 jari kecepatan 200 EPM dan ketepatan 99%
4.2    Melakukan pengetikan
(keyboarding) 10 jari kecepatan
200 EPM dan Ketepatan 99%

3.3    Menerapkan pengoperasian aplikasi pengolah kata
4.3    Mengoperasikan aplikasi pengolah kata

3.4    Menerapkan pengoperasian aplikasi pengolah angka
4.4    Mengoperasikan aplikasi pengolah angka

3.5    Menerapkan pengoperasian aplikasi pengolah presentasi
4.5    Mengoperasikan aplikasi pengolah presentasi

3.6    Menerapkan pengoperasian aplikasi pengolah bahan cetak
4.6    Mengoperasikan aplikasi pengolah bahan cetak

3.7    Menganalisis informasi dari internet untuk menunjang pekerjaan kantor
4.7    Menggunakan informasi dari
internet untuk menunjang pekerjaan kantor

3.8    Menerapkan pengoperasian transaksi online
4.8    Melakukan transaksi online

3.9    Menerapkan prosedur kegiatan rapat (teleconference)
4.9    Melaksanakan kegiatan rapat
(teleconference)

3.10  Menerapkan pengelolaan informasi melalui web log (blog)
4.10  Melaksanakan pengelolaan informasi melalui web log
(blog)

3.11  Mengevaluasi penggunaan teknologi perkantoran
4.11  Membuat laporan penggunaan teknologi perkantoran





KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN

Bidang Keahlian         : Bisnis dan Manajemen

Program Keahlian       : Manajemen Perkantoran

Kompetensi Keahlian  : Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (C2)



Tujuan kurikulum mencakup empat aspek kompetensi, yaitu (1) aspek kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Aspek-aspek kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

Rumusan kompetensi sikap spiritual yaitu, Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan kompetensi sikap sosial yaitu, Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), bertanggung-jawab, responsif, dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasihat, penguatan, pembiasaan, dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching) yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.



KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)

3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang





KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)

KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)

dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas
spesifik di bawah pengawasan langsung.

Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Artikel Terkait

Silabus tentang teknologi perkatoran silahkan buka dengan klik tautan berikut dengan judul artikel Silabus Teknologi perkantoran SMK.

Semetara untuk buku teknologi perkantoran silahkan klik tautan berikut dengan judul artikel ULASAN BUKU TEKNOLOGI PERKANTORAN UNTUK  SMK KOMPETENSI KEAHLIAN OTKP

Semoga artikel ini bermanfaat dan jika ada kesalahan baik dalam penulisan maupun konten dalam artikel ini mohon koreksi.

Terimakasih



0 komentar:

Post a Comment

Media Sosial

Terjemahan

Total Pageviews

Dudu. Powered by Blogger.

Popular Posts

Followers