Sunday, September 10, 2017

Lulus PLPG merupakan dambaan peserta PLPG, maka agar sukses menjalani PLPG dan lulus sampai mendapat sertifikat pendidik peserta perlu mempersiapkan segala sesuatu-nya dengan baik. Pada artikel ini akan berbagi kiat-kiat atau cara sukses PLPG 2017, Semoga hal ini bermanpaat mumpung masih ada waktu untuk peserta mempersiapkan diri karena pada saat artikel 10 cara lulus PLPG ini dibuat, PLPG 2017 masih dalam tahap penyusunan jadwal pelaksanaan dan pemanggilan peserta oleh LPTK penyelenggara.


Kiat-kiat sukses PLPG antara lain :
1. Kuasai Materi Pedagogik dan Profesional.
Peserta PLPG biasanya diberikan 2 modul berupa modul pedagogik dan modul profesional. maka pelajari materi maupun soal-soal latihan dari modul tersebut. Biasanya soal Ujian Tulis Lokal (UTL) dan Ujian Tulis Nasional (UTN) tidak jauh dari materi yang ada pada kedua modul tersebut.

Untuk Peserta PLPG 2017 memiliki keistimewaan karena sebelum proses pelaksanaan PLPG di LPTK penyelenggara. terlebih dahulu mengikuti tahapan prakondisi secara daring di bawah bimbingan seorang mentor dari LPTK penyelenggara dengan kegiatan mempelajari modul profesional dan pedagogik serta mengerjakan soal-soal atau tugas yang diberikan Mentor.

2. Buat Laporan Prakondisi Yang Baik Dan Berkualitas.
Menurut rambu-rambu struktur kurikulum PLPG tahun 2017 hari pertama PLPG adalah presentasi Laporan Prakondisi oleh peserta yang memiliki alokasi waktu 6 jam praktik, maka laporan prakondisi harap disusun dengan baik sesuai kaidah baku yang berlaku.
Dalam penyusunan laporan tersebut peserta diharapkan selalu berkonsultasi dengan sang Mentor.

Menurut kabar dari salah seorang Mentor di sebuah LPTK penyelenggara PLPG 2017, apabila peserta tidak lulus prakondisi maka tidak bisa mengikuti tahapan PLPG. Mudah-mudahan kabar ini tidak benar sehingga seluruh peserta prakondisi PLPG dapat maju terus mengikiti tahapan PLPG.

3. Persiapkan Buku Materi Sebagai Referensi.
Pada saat pelaksanaan PLPG ada materi diklat Workshop berupa pengembangan perangkat pembelajaran (lihat struktur Kurikulum PLPG tahun 2017). Dalam workshop ini biasanya ada simulasi peer teaching yang menuntut peserta menguasai materi yang disampaikan. Buku referensi ini juga berguna dalam penyusunan RPP.

4. Persiapkan KI/KD, Silabus, dan RPP.
Pada saat materi diklat Workshop dengan materi pengembangan perangkat pembelajaran. Kegiatan yang dilakukan adalah membuat RPP Mata pelajaran yang di ampu peserta ketika mengajar disekolah masing-masing.

Kiat untuk peserta adalah bawalah minimal 2 buah RPP yang sudah jadi dan biasa digunakan ketika proses pembelajaran di sekolah walaupun RPP tersebut nantinya di susun kembali atau di revisi dibawah bimbingan Instruktur. Dengan membawa KI/KD, Silabus dan RPP yang sudah jadi setidaknya meringankan beban peserta yang bersangkutan, sehingga pada saat workshop hanya merevisi bagian-bagian yang kurang sempurna menurut arahan Instruktur.

Mohon di ingat bahwa kedua RPP tersebut dikumpulkan dan di beri nilai sebagai nilai Workshop, selain itu akan digunakan sebagai bahan peer teaching, baik simulai peer teaching maupun ujian peer teaching. (lihat tautan artikel Peer Teaching Dalam PLPG)


Pada saat peer teaching sebaiknya tidak ada settingan antara peserta yang berperan menjadi guru dan siswa, biarlah berjalan natural sehingga tidak nampak kaku bahkan kemungkinan akan berjalan lebih baik.


Pada saat peer teaching semua peserta pasti kebagian peran sebagai guru, maka perlu diingat jangan ada yang saling menjatuhkan justru sebaiknya antar peserta saling mendukung sesuai peran masing-masing.

5. Catat Point Penting Dari Apa Yang Instruktur Sampaikan Pada Materi Diklat Pokok.
Dalam materi diklat pokok membahas : 1). Pendalaman materi bidang studi, dan 2). Pendalaman pedagogik. Pada saat intruktur menyampaikan kedua materi tersebut mohon dicatat poin-pon yang dianggap penting sebab biasanya nanti keluar pada soal Ujian Tulis Lokal (UTL).



6. Bawa Alat Peraga pembelajaran.
Pada saat simulasi dan ujian peer teaching, alat peraga yang digunakan akan mendapatkan poin atau nilai.
Jadi jangan sungkan-sungkan untuk membawa alat peraga pembelajaran karena akan menambah perolehan nilai ujian peer teaching.

7. Membawa Printer.
Membawa printer sebenarnya bukanlah keharusan tatapi dalam rangka memudahkan peserta PLPG, nanti dalam membuat RPP dan bahan ajar. Biasanya ditempat PLPG ada tempat rental printer namun menurut saya itu kurang efektif kalau ke rental karena selain memakan waktu juga mungkin saja harus antri. bagaimana kalau tidak ada tempat sewa printer? Tentu repot sebab RPP harus di tulis tangan.

8. Membawa LED Projector.
Membawa proyektor merupakan sesuatu yang bukan keharusan pada saat PLPG, tetapi ini untuk berjaga-jaga dari kemungkinan jumlah proyektor yang disediakan panitia penyelenggara PLPG  tidak mencukupi.

Kadang-kadang terjadi peserta per mata pelajaran memiliki jumlah pesrta yang banyak, sehingga pada saat peer teaching di pecah lagi menjadi beberapa kelompok sementara proyektor yang disediakan tidak mencukupi.
Sebenarnya ada solusi yaitu dengan menyewa ke tempat sewaan proyektor, namun biasanya biaya sewa per jam cukup tinggi.

9. Istirahat yang cukup.
Proses diklat PLPG yang panjang selama 11 hari ini menuntut kondisi fisik dan psikis yang prima. Caranya adalah ketika jam istirahat baik istirahat untuk coffe break, istirahat sholat dan makan (Ishoma), maupun istirahat untuk tidur harus dipergunakan sebaik mungkin untuk menjaga kebugaran tubuh.

10. Jalani dengan enjoy.
Menjalani semua rangkaian tahapan PLPG, biasanya sangat melelahkan secara fisik maupun kejiwaan. Kenapa hal itu terjadi?

Hal itu terjadi karena beban belajar, beban tugas dan beban ujian yang relatif banyak dan berat. Dikatakan relatif berat karena harus di selesaikan segera, hal ini kemungkinan menimbulkan perasaan tertekan atau stress ringan sehingga mempengaruhi kondisi kebugaran tubuh. Kiat untuk mengatasi hal ini jalani tahapan PLPG dengan perasaan menyenangkan, dan tanamkan dalam jiwa peserta, “ini adalah sebuah perjuangan yang harus dimenangkan”.

Dalam artikel ini tidak dibahas hal teknis sebab biasanya sudah ada pada penjelasan resmi dari LPTK penyelenggara. Kiat-kiat atau cara sukses PLPG 2017 ini disusun berdasarkan pengalaman dan semoga bermanpaat bagi yang memerlukannya. Selamat bejuang!


Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Media Sosial

Terjemahan

Total Pageviews

Dudu. Powered by Blogger.

Popular Posts

Followers

Ikuti Dengan Email