Tuesday, December 05, 2017

Hari belanja online nasional atau disingkat HARBOLNAS  yang merupakan acara tahunan, digelar setiap tanggal 12 Desember tiap tahun atau dikenal juga dengan istilah 12.12. Aroma harbolnas sudah sangat tercium wanginya, hal ini ditandai dengan promo yang mulai digelar oleh toko online semacam Lazada, Bukalapak, Shopee, Blibli, Elevania, Zalora, Blanja, JD.ID, dan yang lainnya menjelang event tersebut.


Harbolnas merupakan surga belanja bagi mereka yang memiliki hoby belanja online karena pada moment ini barang-barang yang berkualitas dijual dengan harga murah. Saya masih ingat harbolnas tahun lalu yaitu 12 desember 2016 dimana Lazada berani menjual kamera DSLR merk Nikon D5200 dengan harga Rp4.800.000,- sementara harga normalnya berada pada kisaran harga Rp6.000.000,- sampai dengan Rp7.500.000,-.

Apakah Harbolnas pada tanggal 12 Desember 2017 akan se-fantastis tahun lalu? mari kita tunggu peristiwa tersebut. Menilik gaung yang mulai menggema harbolnas tahun ini di prediksi bakal lebih heboh dari tahun yang lalu.

Hari belanja online nasional pertama terselenggara pada tanggal 12 Desember 2012 yang hanya diikuti oleh 6 ecommerce, namun dari tahun ke tahun pesertanya semakin banayak dimana tahun lalu diikuti oleh 211 ecommerce. jadi tahun ini merupakan ajang harbolanas tahun ke 5 dan yang pastinya akan diikuti oleh lebih banyak ecoommerce alias toko online.

Mungkin bagi pencinta belanja online atau online shopping lover sudah mulai menyanyikan lagu menghitung hari milik Kris Dayanti. Untuk itu yuk kita intip persiapan yang sedang dilakukan oleh toko online menjelang hari bersejarah bagi pencinta belanja online

Persiapan Toko Online Menjelang HARBOLNAS

Sejumlah mall onlin, market place maupun toko online telah mulai menabuh genderang menyambut hari yang dinantikan tersebut. Untuk itu marilah kita tengok satu persatu

LAZADA
Lazada sebagai mall online terbesar saat ini di indonesia telah jauh-jauh hari sudah memasang banner di toko nya dengan kalimat “11.11 online revolution 12.12.” Kemudian disusul dengan banner “online revolution Diskon mengguncang semesta ... hari menuju 1212 DISKON HARBOLNAS” kemudian di tambah keterangan 3 hari kalap belanja 12 Des, 13 Des 14 Des.

Promo nyata menuju harbolnas dari lazada selain flash sale adalah diskon 10% untuk 1.000 pengguna pertama dengan kode LAZOKE7 dengan maksimal potongan Rp40.000, kemudian muncul lagi kode voucher baru yang menggantikan LAZOKE7 yaitu kode voucher 10LAZDOKE. Kode voucher 10LAZDOKE lebih fantastis karena memberikan diskon 10% dengan maksimal diskon Rp150.000,- dan hanya berlaku untuk tanggal 7 desember 2017 sampai pukul 23.59.

Kemudian keesokan harinya pasa highlight muncul kembali kode voucher 10WOWDEC dengan diskon 10% berlaku untuk semua produk dan maksimal diskon yaitu Rp150.000,- per transaksi. Ada lagi kode voucher GADGETDEC dengan diskon 5% dengan diskon hingga Rp150.000,- dan minimal pembelian Rp150.000,- untuk 1000 pengguna pertama dan hanya berlaku pada tanggal 8 Desember 2017.

Kode voucher terbaru untuk tanggal 9 Desember 2017 adalah LZWOW9, kode voucher ini berlaku untuk minimal pembelanjaan Rp150.000,- dengan diskon 10% dan maksimal potongan harga sebesar Rp150.000,- bagi 1.000 pengguna pertama.

Kode voucher  yang berlaku untuk tanggal 10 Desember 2017 yaitu OKELZ1OD, kode voucher bisa digunakan untuk minimal pembelanjaan Rp150.000,- akan mendapatkan diskon 10% dengan maksimal rabat sebesar Rp150.000,- per transaksi. Kode voucher ini dapat digunakan bagi 1.000 pengguna pertama sampai dengan jam 11.59. Bagi yang berminat belanja di Lazada bisa menggunakan kode voucher ini mumpung masih ada waktu sebelum kehabisan.

Menilik Promo Lazada menjelang Harbolnas 12 Desember 2017 terlihat sangat menggiurkan, namun bagaimana endingnya? Mudah-mudahan sesuai harapan pencinta belanja online, yaitu memndapat barang berkualitas dengan harga hemat alias murah.

Menjelang puncak HARBOLNAS hari Senin 11 Desember, Lazada akan menggelar acara PESTA MENUJU 12.12 secara live di SCTV dari jam 10.00 - 12.00. Pagelaran Pesta Menuju 1212 tersebut akan dimeriahkan dengan hiburan interaktif dengan pemandu Afgan, Ruben Onsu, Andien, Fatin Shidiqia Lubis, Armada, Yura Yunita, Cathy Sharon, dan lain-lain.

Pada Hari Harbolnas Selasa 12 Desember, Lazada akan menggelar belanja irit dengan diskon sampai dengan 70% dan Gratis ongkir alias ongkos kirim untuk Elektronik dan Furnitur di semua kota,. 

Untuk membuktikan promo itu benar atau tidak kita bisa ikut mengamatinya dengan sering membuka situsnya atau bisa gabung di medsos resmi Lazada baik di twitter dengan akun @LazadaID dan dapat diakses melalui url adress https://twitter.com/LazadaID, facebook dengan akun @LazadaIndonesia dengan alamat url https://www.facebook.com/LazadaIndonesia, dan instagram dengan akun Lazada-IG memiliki alamat url https://www.instagram.com/lazada_id.

BUKALAPAK
Marketplace Bukalapak merupakan ecommerce yang tidak menjual barang dagangan sendiri. Barang yang dijual di bukalapak adalah milik UKM (Usaha Kecil dan Menegah) yang membuka lapak untuk menjajakan dagangannya. Bukalapak terkenal dengan harga barang yang murah berkualitas. Bukalapak berbeda dengan Lazada, Blibli, Mataharimall, Ilotte dan Zalora yang memiliki barang dagangan sendiri selain barang milik seller yang ikut jualan di toko-nya.




Semarak harbolnas juga cukup bergaung di Bukalapak dengan hadirnya fitur nego di aplikasi bukalapak untuk android. Dalam aplikasi ini pembeli bisa melakukan nego harga untuk memperoleh barang yang yang didambakan dengan harga lebih murah.
  
Semarak harbolnas di bukalapak juga dapat dilihat di banner yang dia pasang dengan tulisan “PROMO DISKON BELANJA HARBOLNAS 2017 DAN AKHIR TAHUN” 

BLIBLI
Blibli merupakan toko online yang memiliki barang dagangan sendiri selain dagangan milik seller yang ikutan jualan. Blibli menjelang harbolnas 12 Desember sudah jauh-jauh hari promo di mulai dai 11.11 atau 11 Nopember dengan jargon “Belanja Heboh Bazar Histeria”.

Bazaar histeria Blibli cukup menggiurkan dengan menawarkan cashback 100% dan diskon heboh 50% dan lebih.

Mari kita nantikan greget yang lebuh hebat apa yang ditawarkan kepada pengunjungnya pada hari belanja online nasional atau harbolnas 12.12 pada 12 Desember 2017.
  
SHOPEE
Usia Shopee dibandingkan dengan ecommerce lain tergolong masih muda namun kiprahnya cukup menggebrak dan sekarang bisa disejajarkan dengan toko online besar laiinya. Seperti bukalapak dan tokopedia, untuk sementara ini shopee hanya jualan barang milik seller.

Menjelang harbolnas yang hampir bertepatan dengan ulang tahun shopee, Shopee berani menggelar diskon yang cukup berani baik free ongos kirim dengan syarat, potongan harga langsung, potongan harga melalalui voucher maupun koin shopee, juga melalui diskon yang bekerjasama dengan bank penerbit kartu kredit.

Menjelang harbolnas semua barang yang dijual di shopee sudah bisa dibeli dengan cicilan bunga 0%. Cicilan 0% tersebut bekerjasama dengan bank penerbit kartu kredit seperti Bank Mandiri, BNI, BRI, Citibank, ANZ, CIMB Niaga, UOB Buana, Danamon, HSBC, Bank Permata, Bank Mega, Standard charter, dan Maybank. Menurut saya pribadi yang cukup menarik bahwa cicilan 0% tersebut berlaku untuk pembelian minimal @Rp500.000, dengan menggunakan hampir semua bank yang bekerjasama.

Selain cicilan dengan menggunakan fasilitas kartu kredit juga nbagi mereka yang tidak memilik kartu kartu kredit dapat menggunakan fasilitas cicilan dari Kredivo.

Hal yang menarik lain menjelang harbolnas adalah shoppe bithday sale yang berhadiah grand prize lucky draw sebuah rumah senilai Rp1,5 Milyar, dan puluhan handphone merk OPPO dan Emas batangan.

ZALORA
Zalora adalah ecommerce yang mengkhususkan diri hanya menjual product fashion. menjelang harbolnas tahun ini Zalora juga tak kalah dari toko online lain dengan menggelar beberapa promo yang memanjakan pelanggan. Untuk pencinta belanja online mari kita lihat gebrakan apa yang akan di lakukan zalora pada harbonas 12.12.

BLANJA
Blanja merupakan ecommerce relatif baru hasil kerjasama antara PT Telkom dengan Ebay juga sudah melakukan gebrakan dengan promo-promo diskonnya menjelang harbolnas. Di banner besarnya blanja menulis “Hari Belanja Online – Special Harbolnas Dis Up To 90%”. Sungguh menarik promo yang dilakukan Blanja menjelang Harbolnas 12.12.

TOKOPEDIA
Dalam artikel ini sengaja tidak mengulas Tokopedia secara mendalam karena pada tahun-tahun sebelumnya Tokopedia tidak berpartisipasi di Harbolnas. Untuk tahun ini tokopedia belum begitu menampakan diri untuk ikut serta, walaupun sekilas iklan tokopedia di media massa nampaknya memperlihatkan ada geliat untuk turut serta harbolas. iklan tersebut memiliki  tagline "PEMBERI HARAPAN PASTI - WUJUDKAN WHISLIST AKHIR TAHUN NANTIKAN KEJUTANNYA Cek Sekarang" dengan tulisan disudut kanan atas "10-12 Des". Sebagai pecinta belanja online mari kita intip kiprah tokopedia untuk selanjutnya.

Happy HARBONAS and Happy Shopping!


Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Media Sosial

Terjemahan

Total Pageviews

Dudu. Powered by Blogger.

Popular Posts

Followers

Ikuti Dengan Email