Dalam artikel sebelumnya telah dibahas tentang Refund Belanja Online, Pengembalian Dana Yang Dibatalkan Sepihak Oleh Lazada. Pada artikel tersebut dibahas
pengembalian dana atau refund untuk pembayaran melalui transfer. Sementara kali
ini akan dibahas refund atas pembatalan belanja online melalui pembayaran
dengan kartu kredit di Lazada.
Penyebab
terjadinya Pembatalan Pesanan
Pembatalan terjadi biasanya karena dua hal, antara lain :
a.
Error system sehingga pembayaran melalui kartu kredit
tidak bisa tuntas dengan sempurna sesuai prosedur.
Ciri bahwa pembayaran tidak sesuai prosedur
adalah dimana pada saat proses pembayaran atau checkout tidak ada proses
verifikasi untuk memasukan nomor PIN melalui OTP (One Time PIN). PIN berupa SMS
yang berisi 6 digit OTP yang dikirim oleh bank penerbit kartu kredit ke nomor
telepon pemilik kartu kredit yang terdaftar.
b.
Barang yang dipesan habis atau stok tidak tersedia lagi.
Untuk menghindari barang yang dipesan habis
yaitu dengan melihat jumlah stok yang tersedia dan upayakan jangan mencoba
memesan barang yang stoknya tinggal satu karena besar kemungkinan ketika kita
klik bayar ada kemungkinan sudah keduluan oleh orang lain. Untuk memastikan
ketersediaan stok sebenarnya bisa ditanyakan langsung ke penjual melalui
fasilitas chat.
Solusi atau Penyelesaian pengembalian
Dana (Refund)
Kalau terjadi pembatalan transaksi belanja online jangan perlu khawatir uang yang sudah dibayarkan atau uang yang sudah dikurangkan dari limit kartu kredit akan hilang karena nantinya secara otomatis oleh sistem akan dikembalikan ke limit kartu kredit seperti semula.
Beberapa waktu yang lalu saya juga pernah
mengalami hal tersebut ketika melakukan pembayaran dengan kartu kredit di
lazada. Penolakan atau pembatalan transaksi terjadi dua kali dengan kurun waktu
antara dua jam.
Pada saat itu transaksi pesanan berhasil
dilakukan, namun ada yang janggal yaitu ketika proses melakukan pembayaran
tidak ada proses memasukan PIN melalui OTP. Ketika dilihat di daftar pesanan
transaksi sukses, begitupun ketika di cek di rekening kartu kredit terlihat
sudah ada pengurangan dana sejumlah harga pesanan. Namun satu jam kemudian
nomor pesanan tersebut menghilang dari daftar pesanan.
Untuk memastikan apa yang terjadi dan bagaimana
nasib uang yang sudah dibayarkan maka ditanyakan langsung ke admin lazada
melalui fasilitas chat yang telah disediakan (mohon diingat fasilitas chat di
lazada untuk sekarang hanya bisa dilakukan melalui aplikasi lazada di
android/IOS).
Berikut screenshoot percakapan tersebut
Keterangan
1.
Menurut Admin
benar pesanan terbatalkan oleh sistem lazada
2.
Pertanyaan mengenai
penyelesaian uang yang sudah dibayarkan
3.
Admin menanyakan
tentang refund atau pengembalian dana
4.
Admin memberikan
cara pengembalian dana untuk pembayaran melalui transfer (Hal ini sudah dibahas
pada artikel sebelumnya dengan judul “Refund Belanja Online, Pengembalian Dana Yang Dibatalkan Sepihak Oleh Lazada”}
5.
Pertanyaan
mengenai cara pengembalian dana untuk pembayaran transaksi melalui kartu kredit
6.
Admin Lazada
menjawab bahwa refund dari pembayaran kartu kredit akan dilakukan secara
otomatis oleh sistem dengan kurun waktu 7 – 14 hari kerja.
7.
Dengan melihat
hal tersebut diatas mungkin juga timbul keraguan benarkah pengembalian dana
akan dilakukan secara otomatis dalam jangka waktu 7 hari sampai dengan 14 hari
kerja.
Setelah 7 hari kemudian di cek kembali di rekening
kartu kredit dan hasilnya dapat dilihat di screenshot dibawah ini.
Keteranagan :
1.
Tanggal terjadinya
transaksi pembayaran
2.
Tanggal pengembalian
dana atau refund secara otomatis, dimana pengembalian dana sejumlah dana yng
sudah terbayarkan.
Refund atau pengembalian dana untuk pembayaran
belanja online dengan fasilitas pembayaran kartu kredit akan dilakukan secara
otomatis dalam kurun waktu 7 – 14 hari kerja. Jadi menurut pengalaman tersebut
dana yang sudah dibayarkan akan aman dan ternyata telah dikembalikan dalam
waktu 7 hari kerja.
Hal yang terjadi hanya dana akan tertahan selama
antara 7 – 14 hari kerja. Pengembalian dana paling cepat akan dilaksanakan 7 hari
kerja dan paling lambat 14 hari kerja dan setelah itu dana akan dikembalikan ke
limit semula.
Semoga artikel ini berguna dan happy online shopping!
0 komentar:
Post a Comment