Sunday, December 24, 2017

Dalam artikel sebelumnya telah dibahas tentang Refund Belanja Online, Pengembalian Dana Yang Dibatalkan Sepihak Oleh Lazada. Pada artikel tersebut dibahas pengembalian dana atau refund untuk pembayaran melalui transfer. Sementara kali ini akan dibahas refund atas pembatalan belanja online melalui pembayaran dengan kartu kredit di Lazada.



Penyebab terjadinya Pembatalan Pesanan

Pembatalan terjadi biasanya karena dua hal,  antara lain :
a.         Error system sehingga pembayaran melalui kartu kredit tidak bisa tuntas dengan sempurna sesuai prosedur.
Ciri bahwa pembayaran tidak sesuai prosedur adalah dimana pada saat proses pembayaran atau checkout tidak ada proses verifikasi untuk memasukan nomor PIN melalui OTP (One Time PIN). PIN berupa SMS yang berisi 6 digit OTP yang dikirim oleh bank penerbit kartu kredit ke nomor telepon pemilik kartu kredit yang terdaftar.

b.        Barang yang dipesan habis atau stok tidak tersedia lagi.
Untuk menghindari barang yang dipesan habis yaitu dengan melihat jumlah stok yang tersedia dan upayakan jangan mencoba memesan barang yang stoknya tinggal satu karena besar kemungkinan ketika kita klik bayar ada kemungkinan sudah keduluan oleh orang lain. Untuk memastikan ketersediaan stok sebenarnya bisa ditanyakan langsung ke penjual melalui fasilitas chat.

Solusi atau Penyelesaian pengembalian Dana (Refund)

Kalau terjadi pembatalan transaksi belanja online jangan perlu khawatir uang yang sudah dibayarkan atau uang yang sudah dikurangkan dari limit kartu kredit akan hilang karena nantinya secara otomatis oleh sistem akan dikembalikan ke limit kartu kredit seperti semula.

Beberapa waktu yang lalu saya juga pernah mengalami hal tersebut ketika melakukan pembayaran dengan kartu kredit di lazada. Penolakan atau pembatalan transaksi terjadi dua kali dengan kurun waktu antara dua jam.

Pada saat itu transaksi pesanan berhasil dilakukan, namun ada yang janggal yaitu ketika proses melakukan pembayaran tidak ada proses memasukan PIN melalui OTP. Ketika dilihat di daftar pesanan transaksi sukses, begitupun ketika di cek di rekening kartu kredit terlihat sudah ada pengurangan dana sejumlah harga pesanan. Namun satu jam kemudian nomor pesanan tersebut menghilang dari daftar pesanan. 



Untuk memastikan apa yang terjadi dan bagaimana nasib uang yang sudah dibayarkan maka ditanyakan langsung ke admin lazada melalui fasilitas chat yang telah disediakan (mohon diingat fasilitas chat di lazada untuk sekarang hanya bisa dilakukan melalui aplikasi lazada di android/IOS).

Berikut screenshoot percakapan tersebut



Keterangan
1.        Menurut Admin benar pesanan terbatalkan oleh sistem lazada
2.        Pertanyaan mengenai penyelesaian uang yang sudah dibayarkan
3.        Admin menanyakan tentang refund atau pengembalian dana
4.        Admin memberikan cara pengembalian dana untuk pembayaran melalui transfer (Hal ini sudah dibahas pada artikel sebelumnya dengan judul “Refund Belanja Online, Pengembalian Dana Yang Dibatalkan Sepihak Oleh Lazada”}
5.        Pertanyaan mengenai cara pengembalian dana untuk pembayaran transaksi melalui kartu kredit
6.        Admin Lazada menjawab bahwa refund dari pembayaran kartu kredit akan dilakukan secara otomatis oleh sistem dengan kurun waktu 7 – 14 hari kerja.
7.        Dengan melihat hal tersebut diatas mungkin juga timbul keraguan benarkah pengembalian dana akan dilakukan secara otomatis dalam jangka waktu 7 hari sampai dengan 14 hari kerja.

Setelah 7 hari kemudian di cek kembali di rekening kartu kredit dan hasilnya dapat dilihat di screenshot dibawah ini.



Keteranagan :
1.        Tanggal terjadinya transaksi pembayaran
2.        Tanggal pengembalian dana atau refund secara otomatis, dimana pengembalian dana sejumlah dana yng sudah terbayarkan.

Refund atau pengembalian dana untuk pembayaran belanja online dengan fasilitas pembayaran kartu kredit akan dilakukan secara otomatis dalam kurun waktu 7 – 14 hari kerja. Jadi menurut pengalaman tersebut dana yang sudah dibayarkan akan aman dan ternyata telah dikembalikan dalam waktu 7 hari kerja.

Hal yang terjadi hanya dana akan tertahan selama antara 7 – 14 hari kerja. Pengembalian dana paling cepat akan dilaksanakan 7 hari kerja dan paling lambat 14 hari kerja dan setelah itu dana akan dikembalikan ke limit semula.

Semoga artikel ini berguna dan happy online shopping!


0 komentar:

Post a Comment

Media Sosial

Terjemahan

Total Pageviews

Dudu. Powered by Blogger.

Popular Posts

Followers