Friday, September 08, 2017


Membayar tagihan listrik PLN pasca bayar untuk sekarang sangat mudah, bisa dikantor pos, melalui teller bank, melalui sms banking, menggunakan mobile banking, pergi ke payment point yang saat ini bertebaran dimana-mana, dan banyak cara lain yang bisa ditempuh. Cara membayar listrik di   Setiap tempat pembayaran berbeda tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. 


Sebagai contoh :

Teller bank


Kelebihan teller bank yaitu pembayaran melalui teller bank dapat dilakukan oleh siapa pun, baik orang yang memiliki rekening di bank tersebut maupun yang tidak memiliki rekening Bank, kita tinggal datang ke bank terdekat dan melakukan pembayaran.


Kekurangan pembayaran melalui teller bank, yaitu : 1. Tidak semua bank bekerjasama dengan PLN untuk pembayaran listrik. 2. Memerlukan alat transportasi untuk pergi ke bank. 3. Harus rela mengantri di depan teller untuk menunggu giliran.

Kantor Pos


Kelebihan kantor pos : 1. Kantor pos ada dimana-mana disetiap kecamatan. 2. Tidak memerlukan nomor rekening nasabah, sehingga bisa bayar langsung dengan tunai. 3. Kantor pos sudah bekerjasama dengan PLN untuk pembayaran listrik.


Kekurangan bayar listrik di kantor pos, yaitu : 1. Memerlukan sarana transportasi untuk menuju ke kantor pos. 2. Harus rela antri menunggu giliran melakukan pembayaran.

Payment Point


Kelebihan melaui payment point : 1). Ada dimana-mana dan dekat dengan rumah kita sehingga tidak harus memerlukan sarana transportasi. 2). Pembayaran lIstrik PLN sudah pasti bisa dilakukan karena sudah bekerjasama dengan bank yang sudah kerjasama dengan PLN.

Kekurangannya adalah kadang-kadang tidak bisa melakukan pembayaran dikarenakan deposit payment point tersebut terbatas atau habis.

ATM Bank


Kelebihan melalu ATM bank,  kita tidak harus ngantri ke teller dan bisa melakukan pembayaran kapan saja tanpa terikat jam kerja.


Kekurangan pembayaran melaui ATM adalah pembayaran listrik terbatas hanya bisa dilakukan oleh yang punya rekening bank dan tentunya rekening tersebut harus dilengkapi dengan fasilitas kartu ATM.

Saya ingin membahas altenatif pembayaran tagihan listrik melaui toko online, hal ini bisa dilakukan di bukalapak dan tokopedia, sementara toko online yang lainnya untuk saat ini seperti elevania, blibli, shopee, dan lazada baru bisa untuk beli token listrik PLN.


Khusus di artikel ini, saya hanya akan membahas cara pembayaran listrik pascabayar melalui Tokopedia. Pembayaran listrik pascabayar melalui tokopedia bisa dilakukan melalui aplikasi tokopedia atau melalui browser komputer atau smartphone, Jadi tergantung mana yang paling memungkinkan.



Langkah 1.

Masuk ke aplikasi tokopedia di smartphone atau masuk ke http://www.tokopedia.com atau cukup tulis tokopedia saja di adress-bar browser

Kita masuk atau log in ke akun tokopedia, pilihannya memakai akun tokopedia.

Langkah 2.

Kita masuk atau Log In ke akun tokopedia, dengan klik Masuk bagi yang sudah memiliki akun tokopedia atau klik daftar bagi yan belum memiliki akun tokopedia.


Isi Email dan password akun tokopedia. Dan klik masuk ke tokopedia

Atau kita bisa juga masuk melalui akun facebook, akun google, dan akun yahoo (tanpa harus menjadi member tokopedia) dengan cara klik masuk dengan facebook atau klik masuk dengan google atau klik masuk dengan yahoo, kemudian masukan email/username beserta password ke dalam akun salah satu pilihan tersebut.

Langkah 3.
Kita sudah masuk ke tokopedia sebagai member


Langkah selanjutnya ke kursor diarahkan ke pembayaran & Top Up, kemudian klik Listrik PLN,
Di kolom jenis produk listrik ada dua pilihan yaitu token listrik dan tagihan listrik, maka pilih tagihan listrik
Di kolom No. Meter/ID Pel silahkan masukan nomor ID Pelanggan PLN, kemudian klik Bayar

Langkah 4.
Kita akan dibawa ke kotak dialog Detil Pembayaran, kalau setuju bayar kemudian klik Lanjut

Langkah 5.
Anda akan di bawa ke kotak dialog Pembayaran, pilih salah satu metoda pembayaran, kalau tidak ada platform pembayaran yang anda pilih, maka klik +Metode Pembayaran


kita akan dibawa ke pilihan metode pembayaran, selanjutnya klik pilihan metode pembayaran yang akan digunakan, lihat tulisan atau logo yang tertera seperti gambar dibawah.

Langkah 6.
Pada kotak dialog atau jendela konfirmasi pembayaran klik bayar


Proses pembayaran sedang berlangsung, tunggu sebentar sampai selesai

Akhirnya proses pembayaran selesai dengan adanya notifikasi TRANSAKSI BERHASIL


Pemberitahuan Transaksi berhasil juga di kirim melalui email dan via sms ke nomor handphone kita yang terdaftar di tokopedia. Seperti pada gambar dibawah ini



Pemberitahuan transaksi berhasil lewat SMS ke momor handphone, seperti gambar dibawah.
Pembayaran tagihan listrik pascabayar melalui toko online sangat mudah dan memungkinkan kita dapat membayar tagihan listrik di bawah Rp10.000,-, berbeda dengan pembayaran melalui ATM atau mobile banking minimal Rp10.000,-, 

Menurut pengalaman pembayaran melalui metode ini cukup aman. untuk saat ini malah saya lebih suka bayar tagihan listrik menggunakan metode ini.



Selamat bayar tagihan listrik pasca bayar melalui toko online



2 comments:

  1. Replies
    1. cuma ngisi waktu aja, besok kan libur jadi nyantai he..he..
      Terimakasih Mas Imam Telah berkunnjung kesini.

      Delete

Media Sosial

Terjemahan

Total Pageviews

Dudu. Powered by Blogger.

Popular Posts

Followers