Silabus IPA untuk kompetensi keahlian
Administrasi perkantoran disusun berdasarkan
KI/KD Mapel Otomatisasi dan tata kelola perkantoran SMK Kurikulum 2013 edisi revisi
2017 yang terdapat pada surat keputusan Nomor : 30/D.D5/KEP/KR/2017 yang terbit
9 Juni 2017 disyahkan oleh Dirjen Pendidikan dasar dan Menengah Kemdikbud.
Alasannya ya karena kata
otomatisasi dan tata kelola perkantoran masih terasa asing di telinga, seperti
halnya dulu ketika ada pergantian nama dari program keahlian sekretaris menjadi
kompetensi keahlian administrasi perkantoran. Ya terdengar aneh. Jadi pada masa awal pengenalan nama administrasi
perkantoran, orang lebih suka menyebutnya dengan sebutan jurusan “sekretaris” daripada
menyebut kompetensi keahlian perkantoran. Seiring berjalannya waktu akhirnya
orang menjadi terbiasa bahkan lebih bangga menyebut administrasi perkantoran,
mungkin kalau mendengar nama "sekretaris" identik dengan perempuan padahal di kompetensi
keahlian administrasi perkantoran ada juga peserta didik laki-laki. Malahan dari tahun ke tahun jumlah siswa
laki-laki lumayan bertambah, rata rata per kelas ada 20 - 25% siswa laki-laki.
Bagaimana dengan nama baru di kurikulum 2013
revisi 2017?
Nama otomatisasi dan tata kelola perkantoran
menurut saya pribadi agak mendekati ke nama yang serba komputersisasi atau
digital, sehingga lambat laun kemungkinan orang akan terbiasa juga, bahkan
animo siswa laki-laki untuk kompetensi keahlian ini kemungkinan bertamabah.
Mungkin...
Kembali lagi ke silabus IPA yang
ada pada artikel ini terdiri dari 9 kompetensi dasar dengan alokasi waktu 2 jam
pertemuan tiap minggu, diberikan kepada siswa kelas 10 selama 2 semester. Kalau melihat dari narasi silabus IPA pada artikel ini seolah-olah mapel IPA
hanya untuk Kompetensi administrasi perkantoran, padahal silabus ini bisa
dipergunakan untuk semua kompetensi keahlian yang ada di bidang keahlian bisnis
manajemen, seperti akuntansi keuangan lainnya, bisnis daring dan pemasaran, Perbankan
Syariah, serta Perbankan dan Keuangan Mikro. KI/KD IPA dapat dilihat di tautan
dengan judul KI/KD IPA SMK, sementara untuk silabus IPA selengkapnya dapat dilihat di bawah ini.
SILABUS MATA PELAJARAN
Nama Sekolah : SMK
......................................
Bidang Keahlian : BISNIS DAN MANAJEMEN.
Kompetensi Keahlian : AKUNTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA
Mata Pelajaran : EKONOMI BISNIS
Durasi (Waktu) : 72 JP
KI-3 (Pengetahuan) : Memahami, menerapkan, menganalisis, dan
mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan
metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Akuntansi dan Keuangan
Lembaga pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks
pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja,
warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI-4
(Keterampilan) : Melaksanakan tugas
spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim
dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Akuntansi dan Keuangan
Lembaga. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang
terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan
menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis,
mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan
keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir,
menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung.
Kompetensi
Dasar
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu (JP)
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
3.1
Memahami gejala alam
biotik dan abiotik
|
3.1.1 Menjelaskan gejala alam
biotik
3.1.2 Menjelaskan gejala alam
abiotik
|
Gejala alam biotik dan
abiotik
|
6
|
· Mengamati
untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang gejala alam biotik dan abiotik
· Mengumpulkan
data tentang gejala alam biotik dan
abiotik
· Mengolah
data tentang gejala alam biotik dan
abiotik
· Mengomunikasikan
tentang gejala alam biotik dan
abiotik
|
Pengetahuan:
· Tes
Tertulis
Keterampilan:
·
Tertulis
·
portofolio
|
4.1 Melakukan klasifikasi gejala alam biotik dan abiotik
|
4.1.1 Melakukan klasifikasi gejala alam biotik 4.1.2 Melakukan klasifikasi gejala alam abiotik
|
||||
3.2 Menerapkan mitigasi bencana alam
|
3.2.1 Menjelaskan mitigasi bencana alam
3.2.2 Menentukan proses
mitigasi bencana alam
|
Mitigasi bencana alam
|
8
|
· Mengamati
untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang mitigasi bencana alam
· Mengumpulkan
data tentang mitigasi bencana alam
· Mengolah
data tentang mitigasi bencana alam
· Melakukan simulasi mitigasi bencana alam yang
terjadi di lingkungan sekitar
· Mengomunikasikan
tentang mitigasi bencana alam
|
Pengetahuan:
· Tes
Tertulis
Keterampilan:
·
Tertulis
·
portofolio
|
4.2 Melakukan simulasi mitigasi bencana alam yang
terjadi di lingkungan sekitar
|
4.2.1 Menyiapkan berbagai hal yang diperlukan dalam simulasi mitigasi bencana alam yang terjadi di lingkungan
sekitar
4.2.2 Melakukan simulasi
mitigasi bencana alam yang terjadi di lingkungan sekitar
|
||||
3.3 Menganalisis materi dan perubahannya
|
3.3.1 Menjelaskan materi dan
perubahannya
3.3.2 Menentukan sifat-sifat meteri dan perubahannya
3.3.3 Menganalisis materi dan perubahannya
|
Materi dan perubahannya
|
8
|
· Mengamati
untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang materi dan perubahannya
· Menganalisis materi dan perubahannya
· Mengumpulkan
data tentang Materi dan perubahannya
· Mengolah
data tentang Materi dan perubahannya
· Melakukan percobaan perubahan materi
· Mengomunikasikan
tentang Materi dan perubahannya
|
Pengetahuan:
· Tes
Tertulis
Keterampilan:
·
Unjuk kerja
·
portofolio
|
4.3 Melakukan percobaan perubahan materi
|
4.3.1 Menyiapkan alat dan
bahan yang diperlukan untuk melakukan percobaan perubahan materi
4.3.2 Melakukan percobaan perubahan materi
|
||||
3.4 Memahami komponen-komponen dan bentuk interaksi dalam ekosistem
|
3.4.1 Menjelaskan pengertian ekosistem
3.4.2 Menjelaskan Komponen-komponen ekosistem
3.4.3 Menjelaskan interaksi dalam ekosistem
|
Komponen-komponen dan bentuk interaksi dalam
ekosistem
|
4
|
· Mengamati
untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang komponen-komponen dan bentuk interaksi dalam ekosistem
· Mengumpulkan
data tentang komponen-komponen dan
bentuk interaksi dalam ekosistem
· Mengolah
data tentang komponen-komponen dan
bentuk interaksi dalam ekosistem
· Mengomunikasikan
tentang komponen-komponen dan
bentuk interaksi dalam ekosistem
|
Pengetahuan:
· Tes
Tertulis
Keterampilan:
·
Tertulis
·
portofolio
|
4.4 Melakukan klasifikasi komponen-komponen ekosistem
dan bentuk interaksi dalam ekosistem
|
4.4.1 Melakukan klasifikasi komponen-komponen ekosistem
4.4.2 Melakukan klasifikasi bentuk interaksi dalam
ekosistem
|
||||
3.5 Menganalisis
keseimbangan lingkungan
|
3.5.1 Menjelaskan keseimbangan lingkungan
3.5.2 Menentukan prosedur dalam menjaga keseimbangan lingkungan
3.5.3 Menganalisis keseimbangan lingkungan
|
Keseimbangan lingkungan
|
8
|
· Mengamati
untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang keseimbangan lingkungan
· Menganalisis keseimbangan lingkungan
· Mengumpulkan
data tentang keseimbangan lingkungan
· Mengolah
data tentang keseimbangan lingkungan
· Memberikan solusi
upaya dalam menjaga
keseimbangan lingkungan kerja
· Mengomunikasikan
tentang keseimbangan lingkungan
|
Pengetahuan:
· Tes
Tertulis
Keterampilan:
· tertulis
· Observasi
|
4.5 Memberikan solusi
upaya dalam menjaga
keseimbangan lingkungan kerja
|
4.5.1 Melakukan identifikikasi berbagai faktor yang mempengaruhi
keseimbangan lingkungan kerja
4.5.2 Memberikan solusi
upaya dalam menjaga
keseimbangan lingkungan kerja
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu (JP)
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
3.6 Menganalisis limbah di
lingkungan sekitar
|
3.6.1 Menjelaskan limbah di lingkungan sekitar
3.6.2 Menentukan prosedur penanganan limbah di lingkungan sekitar
3.6.3 Menganalisis limbah di lingkungan sekitar
|
Limbah di lingkungan sekitar
|
8
|
· Mengamati
untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang limbah di lingkungan sekitar
· Menganalisis limbah di lingkungan sekitar
· Mengumpulkan
data tentang limbah di lingkungan
sekitar
· Mengolah
data tentang limbah di lingkungan
sekitar
· Melakukan penanganan limbah di lingkungan sekitar
· Mengomunikasikan
tentang penanganan limbah di
lingkungan sekitar
|
Pengetahuan:
· Tes
Tertulis
Keterampilan:
·
Tertulis
·
portofolio
|
4.6 Melakukan penanganan limbah di lingkungan sekitar
|
4.6.1 Menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan dalam penanganan limbah di
lingkungan sekitar
4.6.2 Melakukan penanganan limbah di lingkungan sekitar
|
||||
3.7
Menganalisis polusi di
lingkungan sekitar
|
3.7.1 Menjelaskan polusi di
lingkungan sekitar
3.7.2 Menentukan prosedur penanganan polusi di lingkungan sekitar
3.7.3 Menganalisis polusi di lingkungan sekitar
|
Polusi di lingkungan sekitar
|
8
|
· Mengamati
untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang Polusi di lingkungan sekitar
· Menganalisis polusi di lingkungan sekitar
· Mengumpulkan
data tentang Polusi di lingkungan
sekitar
· Mengolah
data tentang Polusi di lingkungan
sekitar
· Memberikan solusi masalah polusi terhadap
kesehatan manusia dan lingkungan
· Mengomunikasikan
tentang Polusi di lingkungan
sekitar
|
Pengetahuan:
· Tes
Tertulis
Keterampilan:
· tertulis
· Observasi
|
4.7 Memberikan solusi masalah polusi terhadap
kesehatan manusia dan lingkungan
|
4.7.1 Melakukan identifikasi masalah polusi terhadap kesehatan manusia dan
lingkungan
4.7.2 Memberikan solusi masalah polusi terhadap
kesehatan manusia dan lingkungan
|
||||
3.8
Mengevaluasi AMDAL
|
3.8.1 Menjelaskan AMDAL
3.8.2 Menentukan prosedur AMDAL
3.8.3 Menganalisis AMDAL
3.8.4 Mengevaluasi AMDAL
|
AMDAL
|
10
|
· Mengamati
untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang AMDAL
· Menganalisis AMDAL
· Mengumpulkan
data tentang AMDAL
· Mengolah
data tentang AMDAL
· Mengevaluasi AMDAL
· Mengomunikasikan
tentang AMDAL
|
Pengetahuan:
· Tes
Tertulis
Keterampilan:
·
Tertulis
·
portofolio
|
4.8 Membuat laporan hasil
evaluasi AMDAL pada lingkungan sekitar
|
4.8.1 Menyiapkan alat dan
bahan yang diperlukan dalam mengevaluasi AMDAL pada lingkungan sekitar
4.8.2 Membuat laporan hasil evaluasi AMDAL pada
lingkungan sekitar
|
||||
3.9
Menerapkan kesehatan,
keamanan dan keselamatan kerja
|
3.9.1 Menjelaskan kesehatan, keamanan dan
keselamatan kerja
3.9.2 Menentukan
prosedur kesehatan, keamanan dan keselamatan kerja
|
Kesehatan, Keamanan dan Keselamatan Kerja
|
8
|
· Mengamati
untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang kesehatan, keamanan dan keselamatan kerja
· Mengumpulkan
data tentang kesehatan, keamanan dan
keselamatan kerja
· Mengolah
data tentang kesehatan, keamanan dan
keselamatan kerja
· Mengomunikasikan
tentang kesehatan, keamanan dan
keselamatan kerja
|
Pengetahuan:
· Tes
Tertulis
Keterampilan:
·
Tertulis
·
portofolio
|
4.9 Melakukan pencegahan bahaya/kecelakaan di
lingkungan kerja
|
4.9.1 Menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan dalam pencegahan bahaya/kecelakaan di lingkungan kerja
4.9.2 Melakukan pencegahan bahaya/kecelakaan di
lingkungan kerja
|
Semoga sharing silabus IPA ini bermanpaat bagi yang memerlukannya. Semoga...
TERIMAKASIH....SANGAT BERMANFAAT SEKALI
ReplyDeleteSama-sama terimakasih juga sudah berkunjung ke blog ini
ReplyDeleteterimaksh... sngt membantu... rpp nya ada ga bro?
ReplyDeleteAda rpp nya g ya?
ReplyDeleteTerima kasih...sangat bermanfaat sekali
ReplyDelete