Thursday, September 07, 2017

Silabus IPA untuk kompetensi keahlian Administrasi perkantoran  disusun berdasarkan KI/KD Mapel Otomatisasi dan tata kelola perkantoran SMK Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 yang terdapat pada surat keputusan Nomor : 30/D.D5/KEP/KR/2017 yang terbit 9 Juni 2017 disyahkan oleh Dirjen Pendidikan dasar dan Menengah Kemdikbud.


Kenapa dalam artikel ini otomatisasi dan tata kelola perkantoran masih disebut administrasi perkantoran?

Alasannya ya karena kata otomatisasi dan tata kelola perkantoran masih terasa asing di telinga, seperti halnya dulu ketika ada pergantian nama dari program keahlian sekretaris menjadi kompetensi keahlian administrasi perkantoran. Ya terdengar aneh. Jadi  pada masa awal pengenalan nama administrasi perkantoran, orang lebih suka menyebutnya  dengan sebutan jurusan “sekretaris” daripada menyebut kompetensi keahlian perkantoran. Seiring berjalannya waktu akhirnya orang menjadi terbiasa bahkan lebih bangga menyebut administrasi perkantoran, mungkin kalau mendengar nama "sekretaris" identik dengan perempuan padahal di kompetensi keahlian administrasi perkantoran ada juga peserta didik laki-laki. Malahan dari tahun ke tahun jumlah siswa laki-laki lumayan bertambah, rata rata per kelas ada 20 - 25% siswa laki-laki.

Bagaimana dengan nama baru di kurikulum 2013 revisi 2017?

Nama  otomatisasi dan tata kelola perkantoran menurut saya pribadi agak mendekati ke nama yang serba komputersisasi atau digital, sehingga lambat laun kemungkinan orang akan terbiasa juga, bahkan animo siswa laki-laki untuk kompetensi keahlian ini kemungkinan bertamabah. Mungkin...


Kembali lagi ke silabus IPA yang ada pada artikel ini terdiri dari 9 kompetensi dasar dengan alokasi waktu 2 jam pertemuan tiap minggu, diberikan kepada siswa kelas 10 selama 2 semester. Kalau melihat dari narasi silabus IPA pada artikel ini seolah-olah mapel IPA hanya untuk Kompetensi administrasi perkantoran, padahal silabus ini bisa dipergunakan untuk semua kompetensi keahlian yang ada di bidang keahlian bisnis manajemen, seperti akuntansi keuangan lainnya, bisnis daring dan pemasaran, Perbankan Syariah, serta Perbankan dan Keuangan Mikro. KI/KD IPA dapat dilihat di tautan dengan judul KI/KD IPA SMK, sementara untuk silabus IPA selengkapnya  dapat dilihat di bawah ini.


SILABUS MATA PELAJARAN
Nama Sekolah           : SMK ......................................
Bidang Keahlian        : BISNIS DAN MANAJEMEN.
Kompetensi Keahlian : AKUNTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA
Mata Pelajaran          : EKONOMI BISNIS
Durasi (Waktu)          : 72 JP
KI-3 (Pengetahuan)    : Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Akuntansi dan Keuangan Lembaga pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI-4 (Keterampilan)    : Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
                                  Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.


Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Materi Pokok
Alokasi Waktu (JP)
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
1
2
3
4
5
6
3.1   Memahami gejala alam biotik dan abiotik
3.1.1  Menjelaskan gejala alam biotik
3.1.2  Menjelaskan gejala alam abiotik
Gejala alam biotik dan abiotik
6
·      Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang gejala alam biotik dan abiotik
·      Mengumpulkan data tentang gejala alam biotik dan abiotik
·      Mengolah data tentang gejala alam biotik dan abiotik
·      Mengomunikasikan tentang gejala alam biotik dan abiotik
Pengetahuan:
·      Tes Tertulis
Keterampilan:
·      Tertulis
·      portofolio

4.1   Melakukan klasifikasi  gejala alam biotik dan abiotik
4.1.1 Melakukan klasifikasi  gejala alam biotik 4.1.2 Melakukan klasifikasi  gejala alam abiotik
3.2  Menerapkan mitigasi bencana alam
3.2.1  Menjelaskan mitigasi bencana alam
3.2.2 Menentukan proses mitigasi bencana alam
Mitigasi bencana alam
8
·      Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang mitigasi bencana alam
·      Mengumpulkan data tentang mitigasi bencana alam
·      Mengolah data tentang mitigasi bencana alam
·      Melakukan simulasi mitigasi bencana alam yang terjadi di lingkungan sekitar
·      Mengomunikasikan tentang mitigasi bencana alam
Pengetahuan:
·      Tes Tertulis
Keterampilan:
·      Tertulis
·      portofolio

4.2   Melakukan simulasi mitigasi bencana alam yang terjadi di lingkungan sekitar
4.2.1 Menyiapkan berbagai hal yang diperlukan dalam simulasi mitigasi bencana alam yang terjadi di lingkungan sekitar
4.2.2  Melakukan simulasi mitigasi bencana alam yang terjadi di lingkungan sekitar
3.3 Menganalisis materi dan perubahannya
3.3.1  Menjelaskan materi dan perubahannya
3.3.2 Menentukan sifat-sifat meteri dan perubahannya
3.3.3 Menganalisis materi dan perubahannya
Materi dan perubahannya
8
·      Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang materi dan perubahannya
·      Menganalisis materi dan perubahannya
·      Mengumpulkan data tentang Materi dan perubahannya
·      Mengolah data tentang Materi dan perubahannya
·      Melakukan percobaan perubahan materi
·      Mengomunikasikan tentang Materi dan perubahannya
Pengetahuan:
·      Tes Tertulis
Keterampilan:
·      Unjuk kerja
·      portofolio

4.3   Melakukan percobaan perubahan materi
4.3.1  Menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan untuk melakukan percobaan perubahan materi
4.3.2  Melakukan percobaan perubahan materi
3.4  Memahami komponen-komponen dan bentuk interaksi dalam ekosistem
3.4.1 Menjelaskan pengertian ekosistem
3.4.2 Menjelaskan Komponen-komponen ekosistem
3.4.3 Menjelaskan interaksi dalam ekosistem
Komponen-komponen dan bentuk interaksi dalam ekosistem
4
·      Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang komponen-komponen dan bentuk interaksi dalam ekosistem
·      Mengumpulkan data tentang komponen-komponen dan bentuk interaksi dalam ekosistem
·      Mengolah data tentang komponen-komponen dan bentuk interaksi dalam ekosistem
·      Mengomunikasikan tentang komponen-komponen dan bentuk interaksi dalam ekosistem
Pengetahuan:
·      Tes Tertulis
Keterampilan:
·      Tertulis
·      portofolio

4.4   Melakukan klasifikasi komponen-komponen ekosistem dan bentuk interaksi dalam ekosistem
4.4.1  Melakukan klasifikasi komponen-komponen ekosistem
4.4.2 Melakukan klasifikasi bentuk interaksi dalam ekosistem
3.5  Menganalisis keseimbangan lingkungan
3.5.1 Menjelaskan keseimbangan lingkungan
3.5.2 Menentukan prosedur dalam menjaga keseimbangan lingkungan
3.5.3 Menganalisis keseimbangan lingkungan
Keseimbangan lingkungan
8
·      Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang keseimbangan lingkungan
·      Menganalisis keseimbangan lingkungan
·      Mengumpulkan data tentang keseimbangan lingkungan
·      Mengolah data tentang keseimbangan lingkungan
·      Memberikan solusi  upaya dalam menjaga  keseimbangan lingkungan kerja
·      Mengomunikasikan tentang keseimbangan lingkungan
Pengetahuan:
·      Tes Tertulis
Keterampilan:
·      tertulis
·      Observasi
4.5  Memberikan solusi  upaya dalam menjaga  keseimbangan lingkungan kerja
4.5.1 Melakukan identifikikasi berbagai faktor yang mempengaruhi keseimbangan lingkungan kerja
4.5.2 Memberikan solusi  upaya dalam menjaga  keseimbangan lingkungan kerja



Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Materi Pokok
Alokasi Waktu (JP)
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
3.6  Menganalisis limbah di lingkungan sekitar
3.6.1 Menjelaskan limbah di lingkungan sekitar
3.6.2 Menentukan prosedur penanganan limbah di lingkungan sekitar
3.6.3 Menganalisis limbah di lingkungan sekitar
Limbah di lingkungan sekitar
8
·      Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang limbah di lingkungan sekitar
·      Menganalisis limbah di lingkungan sekitar
·      Mengumpulkan data tentang limbah di lingkungan sekitar
·      Mengolah data tentang limbah di lingkungan sekitar
·      Melakukan penanganan limbah di lingkungan sekitar
·      Mengomunikasikan tentang penanganan limbah di lingkungan sekitar
Pengetahuan:
·      Tes Tertulis
Keterampilan:
·      Tertulis
·      portofolio

4.6   Melakukan penanganan limbah di lingkungan sekitar
4.6.1 Menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan dalam  penanganan limbah di lingkungan sekitar
4.6.2 Melakukan penanganan limbah di lingkungan sekitar
3.7   Menganalisis polusi di lingkungan sekitar
3.7.1  Menjelaskan polusi di lingkungan sekitar
3.7.2 Menentukan prosedur penanganan polusi di lingkungan sekitar
3.7.3 Menganalisis polusi di lingkungan sekitar
Polusi di lingkungan sekitar
8
·      Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang Polusi di lingkungan sekitar
·      Menganalisis polusi di lingkungan sekitar
·      Mengumpulkan data tentang Polusi di lingkungan sekitar
·      Mengolah data tentang Polusi di lingkungan sekitar
·      Memberikan solusi masalah polusi terhadap kesehatan manusia dan lingkungan
·      Mengomunikasikan tentang Polusi di lingkungan sekitar
Pengetahuan:
·      Tes Tertulis
Keterampilan:
·      tertulis
·      Observasi
4.7  Memberikan solusi masalah polusi terhadap kesehatan manusia dan lingkungan
4.7.1 Melakukan identifikasi  masalah polusi terhadap kesehatan manusia dan lingkungan
4.7.2 Memberikan solusi masalah polusi terhadap kesehatan manusia dan lingkungan
3.8   Mengevaluasi AMDAL
3.8.1 Menjelaskan AMDAL
3.8.2 Menentukan prosedur AMDAL
3.8.3 Menganalisis AMDAL
3.8.4 Mengevaluasi AMDAL
AMDAL
10
·      Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang AMDAL
·      Menganalisis AMDAL
·      Mengumpulkan data tentang AMDAL
·      Mengolah data tentang AMDAL
·      Mengevaluasi AMDAL
·      Mengomunikasikan tentang AMDAL
Pengetahuan:
·      Tes Tertulis
Keterampilan:
·      Tertulis
·      portofolio

4.8  Membuat laporan hasil evaluasi AMDAL pada lingkungan sekitar

4.8.1  Menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan dalam mengevaluasi AMDAL pada lingkungan sekitar
4.8.2 Membuat laporan hasil evaluasi AMDAL pada lingkungan sekitar
3.9   Menerapkan kesehatan, keamanan dan keselamatan kerja
3.9.1 Menjelaskan kesehatan, keamanan dan keselamatan kerja
3.9.2 Menentukan prosedur kesehatan, keamanan dan keselamatan kerja
Kesehatan, Keamanan dan Keselamatan Kerja
8
·      Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang kesehatan, keamanan dan keselamatan kerja
·      Mengumpulkan data tentang kesehatan, keamanan dan keselamatan kerja
·      Mengolah data tentang kesehatan, keamanan dan keselamatan kerja
·      Mengomunikasikan tentang kesehatan, keamanan dan keselamatan kerja
Pengetahuan:
·      Tes Tertulis
Keterampilan:
·      Tertulis
·      portofolio

4.9   Melakukan pencegahan bahaya/kecelakaan di lingkungan kerja
4.9.1 Menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan dalam pencegahan bahaya/kecelakaan di lingkungan kerja
4.9.2 Melakukan pencegahan bahaya/kecelakaan di lingkungan kerja

 Semoga sharing silabus IPA ini bermanpaat bagi yang memerlukannya. Semoga...

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Media Sosial

Terjemahan

Total Pageviews

Dudu. Powered by Blogger.

Popular Posts

Followers

Ikuti Dengan Email