Thursday, September 14, 2017

Silabus Mata Pelajaran Administrasi Keuangan Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 untuk SMK kompetensi keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran yang sebelumnya bernama Kompetensi keahlian Admininstrasi Perkantoran merupakan penjabaran dari lampiran keputusan Direktur Jendral Pendidikan Dasa dan Menengah Nomor  : 330/D.D5/KEP/KR/2017 TANGGAL : 09 Juni 2017 Tentang Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran. Mapel ini masuk ke kelompok C3 dan diberikan selama 4 semester yaitu di kelas XI dan kelas XII.

Mata pelajaran administrasi keuangan merupakan nama baru dari mata pelajaran mengelola dana kas kecil pada kurikulum KTSP atau dikenal juga sebagai kurikulum 2006. Kemudian mapel otomatisasi dan tata kelola keuangan merupakan nama pengganti dari mapel administrasi keuangan. Dua kali pergantian nama namun inti dari mapel ini tetap sama yaitu terletak pada mengelola kas kecil, karena memang kompetensi mengelola kas kecil ini merupakan salah satu kompetensi yang wajib dikuasai oleh seorang sekretaris atau oleh seorang pegawai administrasi perkantoran. Maka tak heran mengapa mengelola kas kecil selalu ada dan merupakan salah satu menu wajib pada ujian kompetensi kejuruan atau UJIKOM atau pun pada lomba seperti Lomba Kompetensi Siswa (LKS) bidang lomba Administrasi perkantoran/secretary.

Pada masa masih menyandang nama mapel mengelola dana kas kecil, mapel ini memiliki alokasi waktu 5 jam pertemuan dan di ajarkan di kelas XII selama 2 semester.  Pada struktur kurikulum 2013  edisi awal mapel ini ada penambahan materi yang tentu memiliki konsekuensi penambahan alokasi waktu, sehingga mapel administrasi keuangan diberikan di kelas XI dan kelas XII dengan alokosi waktu 5 jam pertemuan per minggu. Selanjutnya pada struktur kurikulum 2013 edisi revisi 2017 alokasi waktunya di tambah menjadi 6 JP per minggu dan masih tetap diajarkan di kelas XI dan XII. Penambahan jam ini menurut saya pribadi merupakan sesuatu tindakan yang bijak sebab biasanya program Praktik Kerja Lapangan (PKL) di kelas XI atau kelas XII yang memakan waktu kuarang lebih 4 bulan, sehingga wajar 6 jam sebagai pengganti atau konpensasi ketika anak tidak belajar sebab sedang melaksanakan PKL di DU/DI.


Sekaitan dengan implementasi silabus ini, silabus otomatisasi tata kelola keuangan baru dapat diimplementasikan nanti  ketika anak kelas X tahun ajaran 2017/2018 telah naik ke kelas XI dan kelas XII. Untuk siswa kelas XI dan XII tahun ajaran 2017/2018 tetap menggunakan struktur kurikulum 2013 versi lama, tentunya dengan masih menggunakan silabus Administrasi keuangan. Sementara bagi sekolah yang baru mengimpementasikan kurikulum 2013 pada tahun ini maka kelas XI dan kelas XII masih tetap menggunakan Kurikulum KTSP 2006, berarti masih menggunakan silabus mengelola dana kas kecil. 
SILABUS MATA PELAJARAN
Nama Sekolah                        : SMK .........
Bidang Keahlian                     : Bisnis dan Manajemen
Program Keahlian                 : Administrasi Perkantoran
Kompetensi Keahlian            : Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (C3)
Mata Pelajaran                       : Otomatisasi Tata Kelola Keuangan
Durasi (Waktu)                      : 420 JP (@ 45 Menit
KI-3 (Pengetahuan)              : Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI-4 (Keterampilan)             : Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Indikator Pencapaian Kompetensi
Materi Pokok
Alokasi Waktu (JP)
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
1
2
3
4
5
6
3..1.        Memahami ruang lingkup administrasi keuangan
4.1.          Mengelompokkan ruang lingkup administrasi keuangan
3.1.1  Menjelaskan pengertian Administrasi Keuangan
3.1.2  Mengidentifikasifungsi administrasi keuangan
3.1.3  Menguraikantujuan administrasi keuangan
3.1.4  Mengemukakan dasar administrasi keuangan.
Administrasi Keuangan
1.      Pengertian administrasi keuangan
2.      Fungsi administrasi keuangan
3.      Tujuan administrasi keuangan
4.      Dasar pengelolaan administrasi keuangan

12
·         Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang  administrasi keuangan
·         Mengumpulkan data tentang administrasi keuangan.
·         Mengolah data tentang administrasi keuangan
·         Mengomunikasikan konsep administrasi keuangan
Pengetahuan :
·         Tes tertulis
·         Penugasan

Keterampilan :
·         Unjuk kerja


4.1.1        Melakukan identifikasi ruang lingkup administrasi keuangan
4.1.2        Melakukan pengelompokkanruang lingkup administrasi keuangan
3.2.            Memahami kebijakan pengelolaan keuangan
4.2.            Melakukan pengelompokkan kebijakan pengelolaan keuangan



3.2.1  Menjelaskan dasar kebijakan pengelolaan Keuangan
3.2.2  Mengidentifikasimacam-macam kebijakanpengelolaan keuangan
3.2.3  Mengemukakanmaksud dan tujuan kebijakan pengelolaan keuangan
Kebijakan Pengelolaan Keuangan
1.      Dasar kebiakan pengelolaan keuangan
2.      Macam-macam peraturan tentang pengelolaan keuangan
3.      Maksud dan tujuan kebijakan pengelolaan keuangan
12
·         Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang kebijakan pengelolaan keuangan.
·         Mengumpulkan data tentang kebijakan pengelolaan keuangan.
·         Mengolah data tentang kebijakan pengelolaan keuangan.
·         Mengomunikasikan konsep kebijakan pengelolaan keuangan.
Pengetahuan :
·         Tes tertulis
·         Penugasan

Keterampilan :
·         Unjuk kerja


4.2.1.     Melakukan identifikasi kebijakan pengelolaan keuangan
4.2.2.     Melakukan pengelompokkankebijakan pengelolaan keuangan

3.3.            Menerapkan penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja
4.3.            Menyusun Anggaran Pendapatan dan Belanja
3.3.1.     Menjelaskan pengertian anggaran pendapatan dan belanja
3.3.2.     Mengidentifikasi fungsi anggaran pendapatan dan belanja
3.3.3.     Menjelaskan aliran kas masuk
3.3.4.     Menjelaskan kas keluar
3.3.5.     Mengemukakan prosedur penyusunan anggaran pendapatan dan belanja
4.3.1.      Melakukan identifikasi kebutuhan anggaran pendapatan dan belanja yang tersedia
4.3.2.      Mengumpulkan kelengkapan sumber-sumber daya penyusunan anggaran pendapatan dan belanja
4.3.3.      Menyusun anggaran pendapatan dan belanja sesuai dengan tuntutan kebutuhan kerja
4.3.4.      Membuat dokumen anggaran pendapatan dan belanja sesuai dengan tuntutan kebutuhan kerja dengan menggunakan aplikasi komputer otomatisasi)
Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja
1.      Pengertian Anggaran Pendapatan dan Belanja
2.      Fungsi Anggaran Pendapatan dan Belanja
3.      Aliran kas masuk (cash inflow)
4.      Aliran kas keluar (cash outflow)
5.      Prosedur Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja
6.      Pembuatan dokumen Anggaran Pendapatan dan Belanja
24
·         Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang penyusunan anggaran pendapatan dan belanja.
·         Mengumpulkan data tentang penyusunan anggaran pendapatan dan belanja.
·         Mengolah data tentang penyusunan anggaran pendapatan dan belanja.
·         Mengomunikasikan konsep penyusunan anggaran pendapatan dan belanja.

Pengetahuan :
·         Tes tertulis
·         Penugasan

Keterampilan :
·         Unjuk kerja

3.4.            Menerapkan penerimaan anggaran
4.4.            Melakukan penerimaan anggaran
3.4.1.     Menjelaskan pengertian penerimaan anggaran
3.4.2.     Menguraikan fungsi penerimaan anggaran
3.4.3.     Mengidentifikasi jenis-jenis penerimaan anggaran
3.4.4.     Mengemukakan prosedur penerimaan anggaran
4.4.1.     Melakukan identifikasi persiapan penerimaan anggaran sesuai dengan kaidah yang berlaku.
4.4.2.     Menyiapkan kelengkapan bahan dan alat penerimaan anggaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
4.4.3.     Melakukan prosedur penerimaan anggaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
4.4.4.     Membuat dokumen penerimaan anggaran sesuai dengan tuntutan pekerjaan dengan menggunakan aplikasi komputer (otomatisasi)
Penerimaan Anggaran
1.      Pengertian penerimaan anggaran
2.      Fungsi penerimaan anggaran
3.      Jenis-jenis penerimaan anggaran
4.      Prosedur penerimaan anggaran
5.      Pembuatan dokumen penerimaan anggaran dengan menggunakan aplikasi komputer (otomatisasi)
30
·         Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang penerimaan anggaran.
·         Mengumpulkan data tentang penerimaan anggaran.
·         Mengolah data tentang penerimaan anggaran .
·         Mengomunikasikan konsep penerimaan anggaran.


Pengetahuan :
·         Tes tertulis
·         Penugasan

Keterampilan :
·         Unjuk kerja

3.5.             Menerapkan penggunaan anggaran
4.5.             Melaksanakan penggunaan anggaran

3.5.1.      Menjelaskan pengertian penggunaan anggaran
3.5.2.      Menguraikan maksud dan tujuan penggunaan anggaran
3.5.3.      Mengidentifikasi macam-macam penggunaan anggaran
3.5.4.      Mengemukakan prosedur penggunaan anggaran
4.5.1.        Melakukan identifikasi komponen-komponen penggunaan anggaran yang diperlukan
4.5.2.        Menyiapkan kelengkapan perangkat penggunaan anggaran sesuai dengan syarat yang ditentukan
4.5.3.        Melaksanakan prosedur penggunaan anggaran sesuai dengan ketentuan dan kebutuhan pekerjaan
4.5.4.        Membuat dokumen penggunaan anggaran dengan menggunakan aplikasi komputer (otomatisasi)

Penggunaan Anggaran
1.      Pengertian penggunaan anggaran
2.      Maksud dan tujuan penggunaan anggaran
3.      Macam-macam penggunaan anggaran
4.      Prosedur penggunaan anggaran
5.      Pembuatan dokumen penggunaan anggaran menggunakan aplikasi komputer (otomatisasi)
24
·         Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang penggunaan anggaran.
·         Mengumpulkan data tentang penggunaan anggaran.
·         Mengolah data tentang penggunaan anggaran.
·         Mengomunikasikan konsep penggunaan anggaran.

Pengetahuan :
·         Tes tertulis
·         Penugasan

Keterampilan :
·         Unjuk kerja

3.6.            Menerapkan pendokumentasian bukti-bukti penggunaan anggaran
4.6.            Mendokumentasikan bukti-bukti penggunaan anggaran

3.6.1.     Menjelaskan pengertian dokumen dan bukti transaksi
3.6.2.     Menguraikan jenis bukti transaksi
3.6.3.     Mengemukakan prosedur pendokumentasi-an bukti-bukti anggaran
4.6.1.     Melakukan identifikasi bukti transasksi yang akan didokumentasi-kan
4.6.2.     Menyiapkan kelengkapan bahan-bahan pendokumentasian bukti-bukti anggaran
4.6.3.     Mendokumentasikan bukti-bukti penggunaan anggaran dengan tepat sesuai dengan ketentuan yang berlaku
Pendokumentasian Bukti-Bukti Anggaran
1.      Pengertian dokumen dan bukti transaksi
2.      Jenis bukti transaksi
3.      Prosedur pendokumentasian bukti-bukti anggaran
4.      Pembuatan dokumen kegiatan pendokumentasian bukti-bukti penggunaan anggaran
30
·         Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang pendokumentasian bukti-bukti anggaran.
·         Mengumpulkan data tentang pendokumentasian bukti-bukti anggaran.
·         Mengolah data tentang pendokumentasian bukti-bukti anggaran.
·         Mengomunikasikan konsep pendokumentasian bukti-bukti anggaran.
Pengetahuan :
·         Tes tertulis
·         Penugasan

Keterampilan :
·         Unjuk kerja




3.7.            Menerapkan pembuatan laporan pertanggungjawaban keuangan
4.7.            Membuat laporan pertanggungjawaban keuangan

3.7.1.        Menjelaskan pengertian laporan keuangan
3.7.2.        Mengemukakan prosedur pembuatan laporan keuangan
4.7.1.      Melakukan identifikasi komponen-komponen pembuatan laporan keuangan dengan tepat sesuai kaidah
4.7.2.      Membuat laporan pertanggungjawaban keuangan

Laporan Pertanggungjawaban Keuangan
1.      Pengertian laporan keuangan
2.      Prosedur pembuatan laporan keuangan
3.      Pembuatan dokumen laporan keuangan dengan menggunakan aplikasi komputer (otomatisasi)
24
·         Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang laporan pertanggungjawaban keuangan.
·         Mengumpulkan data tentang laporan pertanggungjawaban keuangan.
·         Mengolah data tentang laporan pertanggungjawaban keuangan.
·         Mengomunikasikan konsep laporan pertanggungjawaban keuangan.

Pengetahuan :
·         Tes tertulis
·         Penugasan

Keterampilan :
·         Unjuk kerja

3.8.            Menerapkan pengoperasian aplikasi keuangan
4.8.            Mengoperasikan aplikasi keuangan

3.8.1.        Menjelaskan pengertian aplikasi keuangan
3.8.2.        Menguraikan  fungsi-fungsi keuangan pada aplikasi keuangan
3.8.3.        Mengemukakan prosedur pengoperasian aplikasi keuangan
4.8.1.      Melakukan identifikasi kebutuhan dokumen keuangan
4.8.2.      Menyiapkan penyusunan data dan informasi pembuatan dokumen aplikasi keuangan
4.8.3.      Mengoperasikan aplikasi keuangan dalam pembuatan dokumen keuangan

Pengoperasian Aplikasi Keuangan
1.      Pengertian aplikasi keuangan
2.      Fungsi-fungsi keuangan pada aplikasi keuangan
3.      Prosedur pengoperasian aplikasi keuangan
4.      Pembuatan dokumen dengan menggunakan aplikasi keuangan
30
·         Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang pengoperasian aplikasi keuangan.
·         Mengumpulkan data tentang pengoperasian aplikasi keuangan.
·         Mengolah data tentang pengoperasian aplikasi keuangan.
·         Mengomunikasikan konsep pengoperasian aplikasi keuangan
Pengetahuan :
·         Tes tertulis
·         Penugasan

Keterampilan :
·         Unjuk kerja

3.9.            Mengevaluasi kegiatan administrasi keuangan
4.9.            Membuat laporan hasil evaluasi kegiatan administrasi keuangan

3.9.1.        Menjelaskan pokok-pokok pengelolaan administrasi  keuangan
3.9.2.        Menguraikan kegiatan pengelolaan administrasi  keuangan
3.9.3.        Menganalisis data dan informasi pengelolaan administrasi  keuangan
3.9.4.       Mengevaluasi data dan informasi pengelolaan administrasi  keuangan
4.9.1.        Menyiapkan alat, bahan, dan perlengkapan penyusunan laporan kegiatan sesuai dengan kebutuhan pekerjaan
4.9.2.        Membuat laporan kegiatan pengelolaan administrasi keuangan dengan tepat sesusi kaidah yang berlaku

Evaluasi Kegiatan Administrasi Keuangan
1.      Analisis pengelolaan kegiatan administrasi keuangan
2.      Penyusunan portofolio kegiatan keuangan
3.      Merencanakan isi dan susunan laporan
4.      Teknik penyusunan laporan kegiatan keuangan
24
·         Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang laporan kegiatan administrasi keuangan.
·         Mengumpulkan data tentang laporan kegiatan administrasi keuangan.
·         Mengolah data tentang laporan kegiatan administrasi keuangan.
·         Mengomunikasikan konsep laporan kegiatan administrasi keuangan.

Pengetahuan :
·         Tes tertulis
·         Penugasan

Keterampilan :
·         Unjuk kerja

3.10.       Memahami ruang lingkup dana kas kecil
4.10.        Mengelompokkan ruang lingkup dana kas kecil

3.10.1.       Menjelaskan pengertian dana kas kecil
3.10.2.       Menjelaskan tujuan dibentuknya dana kas kecil
Dana Kas Kecil
1.      Pengertian dana kas kecil
2.      Tujuan pembentukan dana kas kecil
12
·         Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang dana kas kecil.
·         Mengumpulkan data tentang dana kas kecil.
·         Mengolah data tentang dana kas kecil.
·         Mengomunikasikan konsep dana kas kecil.
Pengetahuan :
·         Tes tertulis
·         Penugasan

Keterampilan :
·         Unjuk kerja


4.10.1.      Melakukan identifikasi ruang lingkup dana kas kecil
4.10.2.      Melakukan pengelompokkan ruang lingkup dana kas kecil.
3.11.        Menerapkan persiapan pengelolaan kas kecil
4.11.        Mempersiapkan pengelolaan kas kecil

3.11.1.     Menjelaskan persiapan pengelolaan dana kas kecil
3.11.2.     Menjelaskan prosedur pencatatan penerimaan dan pengeluaran uang
3.11.3.     Menjelaskan prosedur pengumpulan bukti-bukti tanda pembayaran
Persiapan Pengelolaan dana Kas Kecil
1.      Pencatatan proses penerimaan dan pengeluaran uang
2.      Pengumpulan bukti-bukti tanda pembayaran
3.      Persiapan pengolahan laporan kas kecil
24
·         Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang persiapan pengelolaan dana kas kecil.
·         Mengumpulkan data tentang persiapan pengelolaan dana kas kecil.
·         Mengolah data tentang persiapan pengelolaan dana kas kecil.
·         Mengomunikasikan konsep persiapan pengelolaan dana kas kecil.

Pengetahuan :
·         Tes tertulis
·         Penugasan

Keterampilan :
·         Unjuk kerja


4.11.1.      Melakukan identifikasi pencatatan penerimaan dan pengeluaran uang
4.11.2.      Menyiapkan kelengkapan bukti-bukti pembayaran
4.11.3.      Mempersiapkan pengelolaan kas kecil





Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Materi Pokok
Alokasi Waktu (JP)
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
1
2
3
4
5
6
3.12.       Menerapkan pengelolaan operasional harian kas kecil
4.12.        Mengelola operasional hariankas kecil

3.12.1.       Menjelaskan prosespengajuan uang tunai
3.12.2.       Mengidentifikasi pencatatan proses penerimaan uang
3.12.3.       Menjelaskan prosedur monitoring keadaan keuangan
3.12.4.       Mengidentifikasi proses rekonsiliasi pengakuran data
3.12.5.       Mengemukakan prosedur pengelolaan  dana  kas kecil
Pengelolaan Operasional Harian Kas Kecil
1.      Proses pengajuan uang tunai
2.      Pencatatan proses penerimaan uang
3.      Monitoring keadaan keuangan
4.      Melakukan pembayaran uang tunai melalui kas kecil
5.      Rekonsiliasi pengakuran data
24
·         Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang pelaksanaan kas kecil.
·         Mengumpulkan data tentang pelaksanaan kas kecil.
·         Mengolah data tentang pelaksanaan kas kecil.
·         Mengomunikasikan konsep pelaksanaan kas kecil.

Pengetahuan :
·         Tes tertulis
·         Penugasan

Keterampilan :
·         Unjuk kerja


4.12.1.     Melakukan identifikasi komponen-komponen dalam pengelolaan dana kas kecil
4.12.2.     Menyiapkan kelengkapan bahan, data, dan informasi terkait pengelolaan dana kas kecil
4.12.3.     Mengelola dana kas kecil dengan tepat dan akurat sesuai dengan standar prosedur



3.13.         Menerapkan pelaporan aktivitas kas kecil
4.13.         Melaporkan aktivitas kas kecil

3.13.1.        Menjelaskan proses identifikasi transaksi keuangan
3.13.2.        Mengidetifikasi pencatatan data transaksi keuangan
3.13.3.        Mengemukakan pengendalian dan pemantauan uang tunai
4.13.1.        Melakukan identifikasi data transaksi keuangan yang terjadi dengan tepat
4.13.2.        Menyiapkan kelengkapan bahan-bahan data dan informasi transaksi keuangan
4.13.3.        Melaporkan aktivitas pengelolaan kas kecil dengan tepat sesuai dengan standar prosedur yang berlaku.
Pelaporan Aktivitas Dana Kas Kecil
1.      Identifikasi transaksi keuangan
2.      Pencatatan data transaksi keuangan
3.      Pengendalian dan pemantauan uang tunai
24
·         Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang pelaporan aktivitas dana kas kecil.
·         Mengumpulkan data tentang pelaporan aktivitas dana kas kecil.
·         Mengolah data tentang pelaporan aktivitas dana kas kecil.
·         Mengomunikasikan konsep pelaporan aktivitas dana kas kecil.
Pengetahuan :
·         Tes tertulis
·         Penugasan

Keterampilan :
·         Unjuk kerja

3.14.         Menerapkan pembuatan laporan dana kas kecil metode imprest 
4.14.         Membuat laporan dana kas kecil metode Imprest
3.14.1.         Menjelaskan pengertian laporan  dana kas kecil
3.14.2.         Menjelaskan pengertian metode  imprest
3.14.3.         Mengemukakan prosedur penyusunan laporan  dana  kas kecil metode imprest
4.14.1.        Melakukan identifikasi data transaksi keuangan yang terjadi dengan tepat
4.14.2.        Menyiapkan kelengkapan bahan-bahan data dan informasi transaksi keuangan
4.14.3.        Membuat laporan dana kas kecil metode imprest dengan tepat sesuai dengan standar prosedur yang berlaku.
Laporan Dana Kas Kecil Metode Imprest
1.      Pengertian laporam dana kas kecil
2.      Pengertian metode imprest
3.      Prosedur penyusunan laporan kas kecil metode impres
24
·         Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang laporan dana kas kecil metode imprest.
·         Mengumpulkan data tentang laporan dana kas kecil metode imprest.
·         Mengolah data tentang laporan dana kas kecil metode imprest.
·         Mengomunikasikan konsep laporan dana kas kecil metode imprest.

Pengetahuan :
·         Tes tertulis
·         Penugasan

Keterampilan :
·         Unjuk kerja

3.15.         Menerapkan pembuatan laporan dana kas kecil dengan Metode Fluktuasi 
4.15.        Membuat laporan  dana kas kecil dengan Metode Fluktuasi 
3.15.1.        Menjelaskan pengertian laporan  dana kas kecil
3.15.2.        Menjelaskan pengertian metode  fluktuasi
3.15.3.        Mengemukakan prosedur penyusunan laporan  dana  kas kecil metode fluktuasi
4.15.1.        Melakukan identifikasi data transaksi keuangan yang terjadi dengan tepat
4.15.2.        Menyiapkan kelengkapan bahan-bahan data dan informasi transaksi keuangan
4.15.3.        Membuat laporan dana kas kecil metode fluktuasi dengan tepat sesuai dengan standar prosedur yang berlaku.
Laporan Dana Kas Kecil Metode Fluktuasi
1.      Pengertian laporam dana kas kecil
2.      Pengertian metode fluktuasi
3.      Prosedur penyusunan laporan kas kecil metode fluktuasi
24
·         Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang laporan dana kas kecil metode fluktuasi.
·         Mengumpulkan data tentang laporan dana kas kecil metode fluktuasi.
·         Mengolah data tentang laporan dana kas kecil metode fluktuasi.
·         Mengomunikasikan konsep laporan dana kas kecil metode fluktuasi.

Pengetahuan :
·         Tes tertulis
·         Penugasan

Keterampilan :
·         Unjuk kerja

3.16.        Menerapkan pengoperasian aplikasi dana kas kecil
4.16.        Mengoperasikan aplikasi dana kas kecil
3.16.1.        Menjelaskan pengenalan aplikasi keuangan
3.16.2.        Menguraikan fungsi aplikasi keuangan
3.16.3.        Mengidentifikasi fitur dan fasilitas aplikasi keuangan
3.16.4.        Mengemukakan prosedur pengoperasian aplikasi keuangan
4.16.1.        Melakukan identifikasi dokumen keuangan yang akan dibuat dengan menggunakan aplikasi keaungan
4.16.2.        Menyiapkan kelengkapan bahan, data, dan informasi bahan pembuatan dokumen
4.16.3.        Mengoperasikan aplikasi dana kas kecil
Pengoperasian Aplikasi dana kas kecil
1.      Pengenalan aplikasi dana kas kecil
2.      Fungsi aplikasi dana kas kecil
3.      Fitur dan fasilitas aplikasi dana kas kecil
4.      Prosedur pengoperasian aplikasi dana kas kecil
30
·         Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang pengoperasian aplikasi dana kas kecil.
·         Mengumpulkan data tentang pengoperasian aplikasi dana kas kecil.
·         Mengolah data tentang pengoperasian aplikasi dana kas kecil.
·         Mengomunikasikan konsep pengoperasian aplikasi dana kas kecil.

Pengetahuan :
·         Tes tertulis
·         Penugasan

Keterampilan :
·         Unjuk kerja

3.17.        Menerapkan penyimpanan dokumen  pengelolaan dana kas kecil
4.17.        Melaksanakan penyimpanan dokumen pengelolaan dana kas kecil
3.17.1.        Menjelaskan sistem penyimpanan dokumen pengelolaan dana kas kecil berdasarkan sistem kearsipan
3.17.2.        Mengidentifikasi dokumen-dokumen pengelolaan dana kas kecil berdasarkan klasifikasi kearsipan
3.17.3.        Mengemukakan prosedur penyimpanan dokumen-dokumen pengelolaan dana kas kecil berdasarkan sistem penyimpanan arsip.
4.17.1.          Melakukan identifikasi dokumen-dokumen dana kas kecil
4.17.2.          Mengklasifikasi dokumen-dokumen dana kas kecil
4.17.3.          Melaksanakan penyimpanan dokumen-dokumen pengelolaan dana kas kecil berdasarkan sistem kearsipan
Penyimpanan dokumen pengelolaan dana kas kecil
1.      Pengumpulan portofolio dokumen
2.      Identifikasi portofolio dokumen
3.      Klasifikasi portofolio dokumen
4.      Penyimpanan portofolio dokumen berdasarkan sistem penyimpanan arsip
24
·         Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang penyimpanan dokumen pengelolaan dana kas kecil.
·         Mengumpulkan data tentang penyimpanan dokumen pengelolaan dana kas kecil.
·         Mengolah data tentang penyimpanan dokumen pengelolaan dana kas kecil.
·         Mengomunikasikan konsep penyimpanan dokumen pengelolaan dana kas kecil.

Pengetahuan :
·         Tes tertulis
·         Penugasan

Keterampilan :
·         Unjuk kerja
·         Portofolio

3.18.        Mengevaluasi pengelolaan dana kas kecil
4.18.        Membuat laporan pengelolaan dana kas kecil
3.18.1.        Menjelaskan pokok-pokok pengelolaan dana kas kecil
3.18.2.        Mengidentifikasi seluruh kegiatan pengelolaan dana kas keci
3.18.3.        Menganalisis data dan informasi pengelolaan pengelolaan dana kas kecil
3.18.4.        Mengevaluasi pelaksanaan pengelolaan dana kas kecil
4.18.1.        Menyiapkan alat, bahan, dan perlengkapan penyusunan laporan kegiatan sesuai dengan kebutuhan pekerjaan
4.18.2.        Membuat laporan kegiatan pengelolaan dana kas kecil
Evaluasi Pengelolaan Dana Kas Kecil
1.      Analisis kegiatan pengelolaan dana kas kecil
2.      Penyusunan portofolio kegiatan pengelolaan dana kas kecil
3.      Merencanakan isi dan susunan laporan
·         Teknik penyusunan laporan kegiatan pengelolaan dana kas kecil
24
·         Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang evaluasi pengelolaan dana kas kecil.
·         Mengumpulkan data tentang evaluasi pengelolaan dana kas kecil.
·         Mengolah data tentang evaluasi pengelolaan dana kas kecil.
·         Mengomunikasikan konsep evaluasi pengelolaan dana kas kecil.

Pengetahuan :
·         Tes tertulis
·         Penugasan

Keterampilan :
·         Unjuk kerja

0 komentar:

Post a Comment

Media Sosial

Terjemahan

Total Pageviews

Dudu. Powered by Blogger.

Popular Posts

Followers