Monday, October 23, 2017

Pelaksanaan Lomba Kompetensi Siswa mata lomba bilingual secretary tingkat provinsi Jawa Barat diikuti oleh 27 orang peserta yang merupakan siswa SMK kompetensi keahlian Administrasi perkantoran  perwakilan dari 27 kabupaten/kota di jawa barat.



Peserta lomba bilingual secretary terdiri dari 24 orang peserta putri dan 3 orang peserta putra. Peserta putra berasal dari kontingen kota Banjar, Kabupaten Cianjur, dan Kabupaten bogor.

Tempat pelaksanaan lomba Bilingual secretary bertempat di SMK Negeri 1 Kedawung Jl Tuparev 12 kedungjaya, kedawung, Kabupaten Cirebon. Pelaksanaan lomba di mulai pada hari rabu tanggal 18 sampai dengan tanggal 19 oktober 2017.

Sementara untuk tanggal 17 Oktober 2017 hanya di isi dengan Opening ceremony yang bertempat di aula Apita Hotel jalan Tuparev 323 Kota Cirebon. Upacara pembukaan diikuti oleh seluruh peserta dari 53 mata lomba, pembimbing, kepala sekolah, dan pejabat terkait dari Dinas Pendidikan Provinsi jawa barat.

Kompetensi Yang Dilombakan Dalam Mata Lomba Bilingual Secretary

Adapun 10 kompetensi dan sub-kompetensi mata lomba bilingual secretary dalam LKS tingkat Provinsi Jawa Barat tersebut adalah sebagai berikut :
1.        Mengetik dengan komputer dengan durasi waktu 20”
2.        Penanganan Telepon (Masuk dan Keluar) dengan durasi waktu  10”
3.        Surat Menyurat bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dengan durasi waktu 105”
4.        Kas Kecil (Petty Cash) dengan durasi waktu 60”
5.        Membuat Agenda Kegiatan Pimpinan (Daily Agenda) dengan durasi waktu 60”
6.        Menyusun Agenda Perjalanan Dinas Pimpinan (Itinerary) dengan durasi waktu 60”
7.        Kearsipan dengan durasi waktu 60”
8.        Menerima tamu dengan durasi waktu 7”
9.        Notulen Rapat dengan durasi waktu 45”
10.    Presentasi dengan durasi waktu 7”/ 3” QA

Technical meeting dilakukan pada hari pertama sebelum pelaksanaan lomba. Pada hari pertama 9 kompetensi lomba dilaksanakan kecuali kompetensi presentasi pada hari kedua. Dewan juri untuk mata lomba billingual secretary terdiri dari tiga orang yaitu : Dra. Evelyn Meiroza, Marcelina Utami Ngesti, S.Sos., M.M., dan Yanti Listiani, S.Sos.

Di hari kedua lomba diakhiri dengan presentasi dengan 10 judul/topik pilihan, pemilihan judul presentasi  tersebut  dilakukan melalui proses pengundian yang diikuti seluruh  peserta.  Dari tiap peserta yang tampil diberi kesempatan untuk membuat sebanyak 4 slide dengan waktu presentasi maksimal 7 menit menyampaikan materi dan 3 menit tanya jawab. Untuk pertanyaan diajukan oleh dua orang juri untuk tiap peserta.

Pelaksanaan presentasi dilaksanakan di Aula SMKN 1 Kedawung dihadiri 27 peserta lomba, pembimbing dan 3 orang dewan juri dari Ikatan Sekretaris Indonesia atau ISI Jabar.

Pelaksanaan lomba hari kedua di mulai pada jam 07.30 dengan urutan acara teknical meeting presetasi, pembuatan slide yang dilaksanakan di Lab Administrasi Perkantoran SMKN 1 Kedawung sampai dengan pelaksanaan presentasi  yang berakhir pada pukul 14.00 WIB.

Penutupan Lomba Dan Pengumuman Pemenang

Pelaksanaan lomba ditutup sekitar jam 17.00 oleh ketua MKKS SMK Provinsi Jawa barat Drs Hadi Sumarno. Sekaligus pengumuman pemenang urutan 1, 2 dan 3 dari tiga mata lomba yaitu Bilingual Secretary, Design Web dan Tourism Industry. Bertempat di aula SMKN 1 Kedawung.

Pemenang lomba dengan kategori juara 1 mendapatkan piala dan uang pembinaan sebesar Rp2.000.000,00. Juara 2 mendapatkan piala dan uang pembinaan Rp1.500.000,00. Dan juara 3 mendapatkan piala dan uang pembinaan senilai Rp1.000.000,00.

Selain mendapatkan piala dan uang pembinaan pemenang lomba juga mendapatkan bingkisan dari Bank BJB.

Ranking Peserta Lomba Billingual Secretay



Untuk urutan peringkat 10 besar lomba bilingual secretary adalah sebagai berikut.
1.        Dinda Dania  - Kota Bandung, berasal dari SMK Negeri 3 Bandung
2.        Silvia Wulandari - Kab. Ciamis,  Asal Sekolah SMKN 1 Ciamis
3.        Ade Rifki – Kota Banjar, asal sekolah SMKN 1 Banjar
4.        Rhino Sigit Prasetio – Kab. Cianjur, asal sekolah SMKN 1 Cianjur
5.        Rara Amiati – Kab. Subang, asal sekolah SMKN 1 Subang
6.        Ai Siti Mardiah – Kab. Tasikmalaya, asal sekolah SMKN 1 Manonjaya
7.        Dhita Noviariani – Kab. Sumedang, asal Sekolah SMKN 2 Sumedang
8.        Putri Nurwaqiayah – Kab. Cirebon, asal sekolah SMKN 1 Kedawung
9.        Nuraeni – Kota Cimahi, asal sekolah SMK pasundan 1 Cimahi
10.    Lintang Kinanthi – Kab. Karawang, asal sekolah SMKN 1 Jatisari

Dalam hal ini Juara pertama diraih oleh Dinda Dania  dari SMK Negeri 3 Bandung  yang merupakan kontingen dari Kota Bandung. Dinda Dania memperoleh score 28,10 yang merupakan score tertinggi, di susul oleh Silvia Wulandari dari  SMKN 1 Ciamis dengan score 27,98  dan berhak menyandang juara kedua. Juara ketiga disandang oleh Ade Rifki dari SMKN 1 Banjar dengan perolehan score 27,80.


Peserta LKS yang menjadi Juara pertama pada mata lomba bilingual secretary secara otomatis akan mewakili Provinsi Jawa Barat dalam LKS tingkat Nasional, maka sebagai juara 1 Dinda Dania dari Kota Bandung akan melaju ke Lomba Kompetensi Siswa tingkat nasional.

Begitu pun untuk juara 1 dari mata lomba yang lain akan menjadi duta provinsi jawa barat dalam lomba kompetensi tingkat nasional.

Selamat untuk para pemenang dan bagi yang belum jadi juara masih banyak kesempatan di acara LKS mendatang.


Keterangan : Jalan Tuparev merupakan singkatan dari jalan Tugu pahlawan revolusi

0 komentar:

Post a Comment

Media Sosial

Terjemahan

Total Pageviews

Dudu. Powered by Blogger.

Popular Posts

Followers