Tuesday, October 17, 2017

Artikel menelusuri keindahan kawah putih  bagian 2 merupakan kelanjutan dari artikel menelusuri keindahan kawah putih bagian 1.


Untuk yang jalan-jalan ke Bandung selatan rasanya kurang afdol kalau tidak berkunjung ke tempat wisata alam kawah putih.  Sepanjang perjalanan ke kawah putih pemandangan alam indah menghijau walaupun jalanan menanjak dan berkelok-kelok diantara perkebunan teh dan tanaman strawberry menimbulkan suasana perasaan adem.



Panorama Sekitar Tepian Kawah Putih




Menurut pengamatan saya pribadi pemandangannya cukup indah sehingga tidak akan rugi bila berfoto ria di seputar kawah putih.  

Dalam foto diatas adalah bagian kawah yang airnya dangkal sehingga pengunjung bisa berdiri ditepi kawah atau mencoba memegang air kawah.


Bagian tepi kawah di seberang sana tidak dapat dilalui manusia karena memiliki posisi yang dikelilingi tebing curam dan terjal terbuat dari batu cadas yang berdiri kokoh. Konon asal mula kawah ini terbentuk dari letusan gunung patuha.

Dalam foto nampak asap putih menyelubungi sebagian dinding cadas tebing kawah.



Air kawah yang nampak putih kebiru-biruan beriak-riak membentuk gelombang kecil berdesir kesana kemari karena tertiup hembusan angin dingin.

Perlu diketahui di seputar kawah hembusan angin sepoi-sepoi cukup intens hal ini dimaklumi sebab kawah putih terletak di puncak gunung patuha maka dengan itu disarankan memakai jaket supaya tidak kedinginan.


Dalam foto tampak keindahan alam ditepi kawah putih yang sulit dilukiskan dengan kata-kata, wisatawan nampak asik bermain dan mengambil foto dari setiap sisi kawah yang nampak begitu indah.

Perlu diketahui pada pinggiran kawah yang memiliki air yang dangkal terhampar pasir berwarna putih namun berbeda dengan pasir yang ada dipantai. Mungkin berwarna putih karena serpihan batu cadas dan pengaruh belerang (Cuma pendapat pribadi)



Di tepi kawah dan di tengah kawah juga ada onggokan batu-batu besar, sementara di seberang kawah nampak tebing cadas yang berdiri kokoh mengelilingi tepian kawah.


Menikmati keindahan kawah putih memang mengasyikan tetapi jangan lupa berada di seputar kawah dianjurkan tidak terlalu lama karena bisa menimbulkan dampak yang kurang baik yang disebabkan dari bau belerang yang cukup menyengat.

Biasanya berada seputar kawah paling lama cukup antara 15 menit sampai dengan 20 menit. Saya rasa waktu tersebut cukup untuk mengambil beberapa buah foto dengan latar kawah putih sembari menelusuri dan menikmati keindahan kawah secara langsung.

Tangga Naik Dari Kawah Putih



Dalam foto ini nampak wisatawan sedang mengambil foto dan sebagian lagi sedang mengamati pesona alam kawah putih dari tangga yang menurun menuju kawah putih. Di sisi kanan nampak ada beberapa rambu-rambu larangan diantaranya larangan turun ke air kawah.

Rambu-rambu tersebut terbuat dari kayu gunung yang kokoh dan tidak mudah lapuk, berbeda kalau menggunakan bahan besi atau kaleng tentunya akan cepat lapuk karena korosi akibat pengaruh lingkungan yang mengandung banyak belerang

Wisatawan dapat menyusuri pinggiran atau tepi kawah melalui jalan setapak yang terbuat dari paving blok yang dengan sengaja disediakan oleh pengelola kawasan wisata alam kawah putih.

Perjalanan Kembali Dari Tepi Kawah Menuju Gerbang Wisata Kawah Putih



Ini adalah jalan berupa tangga dari arah obyek wisata kawah putih  menuju atas dan nanti belok kiri menuju ke tempat parkir kendaraan yang akan mengangkut wisatawan ke terminal atau pintu masuk wisata kawah putih.

Jalannya cukup menanjak agak sedikit membuat ngos-ngosan dan berkeringat.  O ya udara disekitar kawah putih cukup dingin maka sebaiknya wisatawan memakai jaket untuk melindungi tubuh dari terpaan hawa dingin.

Bagi yang ingin berkunjung ke tempat wisata alam kawah putih perlu diketahui tempat ini cukup ramai pada hari-hari libur. Kalau ingin menghindari suasana terlalu padat pengunjung maka menurut pendapat saya sebaiknya dilakukan di saat weekday walaupun tetap padat pengunjung tetapi tidak sebanyak pada saat-saat week-end apalagi pada musim liburan sekolah.

Untuk dapat kembali ke artikel bagian pertama silahkan klik link atau tautan berikut dengan judul Menelusri Keindahan Kawah Putih bagian 1

Semoga bermanfaat dan selamat menikmati wisata alam kawah putih Ciwidey Kabupaten Bandung.

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Media Sosial

Terjemahan

Total Pageviews

Dudu. Powered by Blogger.

Popular Posts

Followers

Ikuti Dengan Email