Saturday, October 07, 2017

Situ Patenggang merupakan destinasi wisata alam di daerah Rancabali Ciwidey Bandung selatan yang termasuk ke wilayah kabupaten Bandung. Sepanjang jalan menuju destinasi wisata ini di hiasi dengan hijaunya perkebunan teh. Suasana sangat asri sehingga membuat suasana adem, apalagi ketika kita ingin menikmati suasana senja di situ Patenggang maka akan memperoleh pengalaman yang menakjubkan tentang keindahan pemandangan di danau Patenggang ini.



Akses jalan menuju lokasi situ Patenggang cukup bagus karena sudah menggunakan aspal hotmix namun lebar jalan agak sempit dan berkelok-kelok serta naik turun sehingga kalau membawa kendaraan pribadi perlu ekstra hati-hati terutama di tikungan sebab banyak berpapasan dengan bus yang juga datang ke tempat wisata ini membawa rombongan wisatawan terutama pada saat musim liburan.

Situ Patenggang atau kalau di google map disebut situ Patengan dapat di jangkau dari kota bandung dengan jarak tempuh menggunakan kendaraan pribadi sekitar  53,6 Km dari arah pintu tol kopo soreang dan dapat ditempuh dengan waktu sekitar 2 jam kalau tidak terjebak macet. Kita juga dapat menjangkau situ Patenggang dari kota Bandung melalui jalan raya ciwidey dengan jarak tempuh sekitar 2 jam 35 menit.



Selain menggunakan kendaraan pribadi kita juga bisa menggunakan kendaraan umum untuk menuju lokasi wisata situ patenggang. Dari kota Bandung bisa menggunakan angkutan umum jurusan terminal Leuwi Panjang – Ciwidey, dari Ciwidey menuju situ patenggang bisa menggunakan angkutan Pedesaan maupun Ojeg. Tinggal pilih mana yang paling memungkinkan.

Situ Patenggang Nyaman, Indah dan Terjangkau Semua Kalangan


Situ Patenggang yang di kelola oleh Perhutani menerapkan tiket masuk obyek wisata yang terjangkau alias murah meriah yaitu Rp18.000 per orang, cukup terjangkau bukan? 



Dilihat dari atas situ Patenggang nampak begitu cool, sekelingnya dihiasi pepohonan yang hijau, memiliki air yang bening yang membuat adem bagi yang melihatnya. Hamparan kebun teh juga tak luput menghiasi suasana alami situ Patenggang.



Suasana alam situ patenggang yang terhampar di lahan seluas 45.000 hektar berada disela-sela perbukitan dengan hamparan kebun teh, sehingga nampak naik turun dan berkelok-kelok. Kita bisa menghabiskan waktu liburan disini sambil menikmati makan makan bersama keluarga atau teman. 

Menurut pengalaman saya waktu berkunjung ke tempat wisata situ patenggang ini, sarana yang disediakan oleh pihak perhutani cukup lengkap ada mushola, untuk mereka yang ingin ke toilet atau mandi ada toilet umum, ada saung-saung atau gazebo untuk istirahat sambil menikmati cemilan atau foto bareng.


Aktivitas lain di situ Patenggang adalah naik perahu mengelilingi situ atau danau, hal ini bisa dilakukan sampai senja hari, atau bagi yang suka jalan-jalan dapat menikmati suasana perbukitan kebun teh yang hijau dengan udara sejuk

Suasana senja di situ Patenggang

Saya tiba di obyek wisata situ patenggang pada sore hari setelah siangnya menghabiskan waktu di destinasi wisata kawah putih. Saya rasa ini moment yang tepat untuk bisa merasakan suasana senja hari di situ patenggang diantara dinginnya udara pegunungan yang sejuk, setelah tadi terlalu banyak menghirup bau belerang di destinasi wisata kawah putih.



Dalam  foto dibawah ini nampak keindahan Situ Patenggang disenja hari, semburat sinar mentari sore hari memancar ke permukaan air danau patengan atau situ patenggang. Perahu-perahu yang biasa digunakan untuk berkeliling menikmati situ atau danau ini tertambat di pinggir danau. Pulau kecil yang berbentuk hati bernama pulau asmara terletak di tengah situ nampak begitu mempesona walau dalam keaadaan cahaya temaram.


Riak air situ berbinar-binar disorot cahaya mentari senja ditengah hembusan angin sepoi-sepoi senja hari. Ada yang unik disini yaitu kelihatannya sepi, hal ini saya sengaja mengambil foto di tempat yang agak sepi supaya kelihatan natural. Sebenarnya pada saat foto ini diambil suasana pengunjung obyek wisata situ Patenggang cukup ramai. Tempat parkir yang luas saja  penuh dengan kendaraan baik bus, mobil pribadi, maupun sepeda motor.

Dalam foto dibawah nampak sekelompok remaja yang sedang asyik berfose di atas batu besar mengambil gambar dengan latar situ patenggang yang dihiasi warna langit senja hari.


Bagi yang ingin berwisata alam Situ Patenggang ini merupakan pilihan destinasi wisata yang cukup menarik dan tentunya nyaman sekaligus bisa untuk merenung mengagumi keindahan alam ciptaan tuhan.

Kita tak perlu takut kemalaman sebab di sekitar obyek wisata situ patenggang ini ada penginapan, sehingga esok harinya bisa meneruskan ke obyek wisata lain yang tidak jauh dari tempat ini.

Sebenarnya di sekitar situ patenggang ada tempat wisata lain yang tidak kalah menariknya, jadi ibarat pepatah sekali melompat dua atau tiga pulau terlewati.


Reaksi:

2 comments:

  1. situ patenggang mantep nih buat liburan akhir tahun kalau ke wisata alam bandung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Muhamad Sidik silahkan selamat menikmati wisata alam situ patenggang untuk liburan akhir tahunnya.

      Delete

Media Sosial

Terjemahan

Total Pageviews

Dudu. Powered by Blogger.

Popular Posts

Followers

Ikuti Dengan Email