Sunday, October 08, 2017

Alasan mengajukan permohonan menjadi penayang atau publisher iklan dari google adsense ada dua alasan utama, yaitu alasan pertama untuk monetize blog atau menghasilkan uang dari blog melalui iklan dan alasan kedua agar tampilan blog lebih keren dengan tampilnya iklan. Untuk disetujui menjadi penayang iklan di google adsense nampaknya agak sulit, tapi bagi mereka yang sudah memenuhi semua syarat dasar yang dipersyaratkan oleh google adsene maka layak besar harapan segera di approved google adsense.


Sebenarnya saya agak ragu untuk membahas topik ini karena sudah dibahas banyak blogger, tapi semakin lama rasa ingin berbagi pengalaman tak kuasa membendungnya. Akhirnya saya mencoba menulis artikel ini berdasarkan pengalaman pribadi.

Syarat Blog Di Setujui Mendapat Akun Google Adsense


Tulisan ini berdasarkan alasan penolakan yang dikemukakan oleh google adsense pada email jawaban pengajuan akun google adsense. Antara lain adalah


1.        Jangan memuat terlalu banyak gambar sementara tulisannya sedikit.

Artikel yang memuat gambar atau foto harus diimbangi dengan penjelasan tulisan yang memadai. secara logika juga artikel yang memuat gambar tanpa tulisan penjelasan yang  memadai hanya akan membebani penggunaan kuota pengunjung blog kita. Hal ini sangat dibenci google adsense.

Apalagi kalau artikel yang hanya terdiri dari judul dan kumpulan gambar atau foto tanpa tulisan itu sudah pasti ditolak oleh google adsense.

Langkah yang bijak kalau ingin di approved google adsense atau disetujui sepenuhnya menjadi penayang google adsense adalah hapus terlebih dulu postingan yang hanya memuat judul dan gambar, kemudian simpan sebagai draft dalam bentuk file microsoft word yang nantinya bisa di lengkapi kembali, dan apabila sudah disetujui menjadi penayang google adsense bisa di posting kembali atau update.

2.        Jangan membuat artikel yang terlalu pendek bahkan hanya judul saja.

Membuat artikel dengan panjang tulisan beberapa bait atau beberapa puluh kata bisa dianggap kurang serius dalam menulis, sehingga peluang untuk disetujuai sangat tipis, bahkan kalau hanya mempublikasikan judul saja itu pasti ditolak.

Kalau ada postingan artikel seperti itu sebaiknya di hapus saja sebelum mendaftar google adsense

Berapa Lama Mengajukan Kembali Google Adsense Setelah Penolakan?














Tidak ada keterangan pasti berapa lama waktu minimum pengajuan kembali google adsense setelah penolakan, namun menurut pengalaman 5 hari setelah penolakan bisa dilakukan dengan syarat alasan penolakan yang dikirimkan oleh google adsense melalui email telah diperbaiki dengan lengkap.

Persyaratan Wajib Yang Harus Ada Pada Blog Yang Di Daftarkan Untuk Memperoleh Akun Google Adsense


Menurut keterangan dari google adsense pada alasan penolakan yang dikirimkan melalui email diantaranya mempersyaratkan blog yang didaftarkan harus memiliki sistem navigasi yang baik. Menu dan widget yang ada dibawah ini termasuk kedalam kelompok navigasi blog maka perlu ada pada blog yang diajukan untuk memperoleh akun google adsense.


Menu dan widget yang termasuk sarana navigasi blog tersebut antara lain :
1.        Menu untuk navigasi
Menu navigasi wajib ada karena untuk memudahkan pengunjung blog bernavigasi mencari kelompok artikel yang mereka cari.

2.        Widget Related Post
Dengan adanya widget related post pengunjung blog dapat mengetahui artikel yang berhubungan atau sejenis dengan artikel yang sedang dibuka

3.        Blog archieve
Blog archieve berguna untuk memudahkan pengunjung mencari dan menemukan keseluruhan isi blog dengan cepat secara kronologis
4.        Kolom komentar
Kolom komentar harus ada karena merupakan sarana komunikasi dan interaksi antara pemilik blog dengan pengunjungnya, atau bisa juga sarana interaksi sesama pengunjung blog. Dimana pengunjung dapat bertanya, mengirimkan usulan, atau mengemukakan pendapat.

5.        Widget search
Fasilitas widget search sebenarnya masih kelompok navigasi, maka widget pencarian artikel ini harus ada pada blog yang akan didaftarkan untuk mendapatkan akun google adsense. Kegunaan widget ini untuk memudahkan pengunjung melakukan penelusuran atau pencarian artikel yang mereka cari di dalam blog.
.
6.        Widget Popular post
Dengan adanya popular post maka pengunjung blog dapat mengetahui artikel apa yang paling banyak dibuka pada blog tersebut

Widget tambahan yang berguna untuk blog

7.        About me atau tentang saya
About me atau identitas singkat dari pemilik blog perlu ada karena merupakan sarana pengunjung untuk mengetahui siapa pemilik blog tersebut, dan apa tujuan blog tersebut dibangun. Bagi pemilik blog tersebut dengan adanya laman about me bisa menjadi sarana memperkenalkan diri kepada para pembaca atau pengunjung blog, dan memberikan kejelasan tentang blog tersebut.

8.        Subcriber (ikuti dengan email)
Widget ini perlu untuk memfasilitasi pengunjung yang tertarik untuk berlangganan artikel pada blog kita. Langganan bisa dilakukan melaui email yang didaftarkan melaui widget ini sehingga apabila ada artikel baru pelanggan akan mendapatkan pemberitahuan secara otomatis

Widget yang bersifat opsional namun memiliki kegunaan yang patut untuk dipertimbangkan ada pada blog

1.        Pengikut
Widget pengikut boleh di tambahkan pada blog untuk memudahkan pengunjung, terutama mereka yang ingin mengikuti blog kita

2.        Widget pageview
Widget pageview menampilkan jumlah pageview atau tayangan laman dari blog maka dengan adanya widget ini pemilik blog dan pengunjung blog jadi tahu berapa jumlah pengunjung blog tersebut dari waktu ke waktu.




Berapa Jumlah Minimum Artikel  Pada Blog Yang Akan Didaftarkan Ke Google Adsense?

Banyak beragam pendapat yang menyatakan jumlah minimum artikel yang ada pada blog yang akan di daftarkan ke google adsense agar di approved. Ada yang menyatakan minimal 60 artikel, ada yang menyatakan belasan artikel juga sudah bisa diajukan dengan syarat artikelnya berkualitas. Semua pernyataan tersebut memang mungkin benar karena berdasarkan pengalaman masing-masing yang menyatakan.

Secara implisit maupun ekspisit tidak ada penjelasan dari google adsense tentang berapa jumlah minimum atau batas minimum artikel yang arus ada pada blog yang akan didaftarkan atau di monetize ke google adsense.

Menurut pendapat saya pribadi jumlah artikel 40 buah sudah layak untuk didaftarkan ke google adsense asal memiliki kualiatas content dan cara penulisan yang baik.

Apa Yang Harus Dilakukan Pada Saat Review Tahap Pertama dan Review Tahap Kedua?

Masa review blog pada saat pengajuan menjadi penayang google adsense merupakan masa-masa kritis dan mendebarkan. Kenapa saya katakan masa kritis karena pada saat tersebut blog kita sedang dirayapi dan dinilai apakah layak atau tidak menayangkan iklan dari google adsense.










Ada aktivitas yang perlu dilakukan dan ada aktivitas yang harus dihindari atau jangan dilakukan oleh pemilik blog pada saat review. Aktivitas tersebut antara lain ;

1.       Teruskan aktivitas posting artikel tapi jangan menyimpan di draft blog
Menulis dan posting artikel pada saat review merupakan langkah yang harus dilakukan karena aktivitas ini memperlihatkan upaya sungguh-sungguh dari kita dalam mengelola blog.

2.       Jangan utak atik template blog atau tema template
Hal ini sangat penting untuk dihindari karena nanti di kira blog yang diajukan masih sedang dibangun. Apabila hal ini dilakukan oleh pemilik blog maka hasilnya sudah pasti kemungkinan besar ditolak

3.       Hindari menyimpan artikel sebagai draft
Pada blog disediakan fasilitas draft artikel sebelum di posting, fasilitas ini aman dan tidak akan menjadi masalah apabila kita tidak sedang mendaftar google adsense. Lain ceritanya kalau kita sedang mendaftar google adsense apalagi pada tahap review, baik review tahap pertama maupun review tahap kedua sudah pasti permohonan menjadi google adsense publisher akan ditolak.

Menurut pengalaman saya draft artikel sebaiknya ditulis di Ms Word terlebih dulu  sampai penulisan final, baru ketika sudah siap untuk dipublikasikan pindahkan ke compose pada posting entri baru di dashboard blog dan mohon langsung dipublikasikan. Jadi jangan pernah disimpan sebagai draft, kalau terjadi perubahan atau mau ada yang ditambahkan ke artikel bisa menggunakan fasilitas edit dan kemudian update postingan.  Hal ini akan lebih aman.
  
4.        Hindari Copy Paste dari blog lain
Google lebih menyukai blog yang memiliki artikel yang original.

Semoga dengan dipenuhinya semua item-item yang dipaparkan di atas, pendaftaran blog untuk menjadi publisher google adsense dapat segera di setujui sepenuhnya.

Akhir kata selamat berjuang untuk menjadi penayang atau publisher google adsense!

0 komentar:

Post a Comment

Media Sosial

Terjemahan

Total Pageviews

Dudu. Powered by Blogger.

Popular Posts

Followers