Saturday, October 14, 2017

Patah tulang bisa terjadi kepada siapa pun dengan berbagai macam penyebab juga. Penyebab patah tulang bisa karena kecelakaan kendaraan, terjatuh ketika sedang bekerja atau pun terjatuh ketika sedang olahraga, bisa juga terjatuh ketika olahraga sepakbola lantas terinjak oleh pemain lain. Hal tersebut tentunya perlu penanganan atau pengobatan segera supaya tidak menimbulkan cacat tubuh.
Bagaimana Solusi Pengobatannya?

Dalam artikel ini saya ingin berbagi pengalaman mengenai pengobatan patah tulang, dengan harapan semoga tulisan ini bisa memberikan secercah gambaran atau alternatif bagaimana menagani atau cara pengobatan patah tulang.


Ada berbagai pilihan pengobatan yang bisa dilakukan untuk kejadian patah tulang ini, antara lain
1. Berobat ke Dokter atau rumah sakit
2. Berobat dengan terafi ke ahli pengobatan patah tulang

Dalam hal terjadi patah tulang dan  kemudian pengobatannya dibawa ke dokter, biasanya dokter memberikan rujukan ke rumah sakit untuk melakukan Foto Rontgen terlebih dulu, hal ini dilakukan untuk memastikan kondisi patah tulangnya. kalau sudah diketahui kondisi nya melalui foto hasil rontgen dan memang ternyata terjadi patah tulang, dokter biasanya menyarankan dilakukan operasi. maka akan ada dua kemungkinan yaitu kemungkinan 1). kalau di operasi akan dipasang PEN atau kemungkinan 2). tidak dioperasi, maka akan dipasang GIPS

Alternatif pengobatan lain adalah pengobatan tradisional dengan mendatangi ke ahli pengobatan patah tulang, biasanya mereka sudah mengetahui struktur anatomi tubuh manusia sehingga cara pengobatanya dengan menyusuri posisi tulang yang di duga patah. Apabila posisi tulang yang patah telah diketahui maka dilakukan upaya membetulkan letak  tulang yang patah tersebut supaya kembali ke posisi semula.

Setelah posisi tulang kembali ke posisi asal agar tidak bergeser lagi maka di ikat dengan kain perban patah tulang. kain pengikat atau perban (high elastic bandage) bisa dibeli di apotik dengan harga kisaran Rp200.000,00

Berdasarkan pengalaman mencari kain pembalut atau kain pengikat patah tulang tidak susah sebab ternyata toko Apotek sudah tahu apabila menanyakan kain pembalut atau perban untuk patah tulang tersebut dan dengan cepat mereka akan menunjukan kain pengikat yang dicari.

Area sekitar tulang yang patah sebelum diikat biasanya terbih dulu di olesi dengan Thrombophob gel, yaitu semacam salep atau jelly yang gunanya untuk mencegah pembekuan atau penggumpalan darah. Mengoleskan thrombophob dilakukan 1 kali setiap hari menjelang tidur di dareah sekitar tulang yang patah, karena menurut pendapat ahli pengobatan tulang tradisioanal penyambungan tulang secara intens terjadi mulai jam 11 malam (pernyataan ini belum di teliti kebenarannya karena masih bersifat asumsi).

Menurut keterangan petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan thrombopob gel bahwa salep ini mengandung Heparin yang memiliki kegunaan bisa mencegah pembekuan pada darah serta membantu proses fibrinolisa. butir-butir bekuan darah atau Mikrotrombi yang ada di sekitar kulit bisa diserap lebih cepat.



Selain itu masih menurut  keterangan petunjuk penggunaan menyatakan bahwa Heparin yang terkandug dalam thrombophob juga berkhasiat untuk anti-radang, sehingga bisa menyembuhkan bengkak serta menghilangkan rasa nyeri. Thrombophob dapat menurunkan ketegangan pada otot-otot dalam pembuluh darah, sehingga dapat melancarkan peredaran darah. Selain itu Heparin sodium bisa diserap dengan cepat oleh kulit serta langsung bekerja di jaringan yang sakit.

Kain pengikat atau perban alias pembalut patah tulang dapat di buka pasang setiap hari guna mengoleskan thrombophob gel pada area tulang patah. Dalam hal ini biasanya ahli pengobatan memberikan pelatihan kepada keluarga pasien cara mengikatkan kain perban tersebut agar bisa dilakukan sendiri oleh keluarga.

Makanan Yang Dianjurkan Selama Pengobatan

Selama pengobatan ahli pengobatan tulang biasanya biasanya menganjurkan mengkonsumsi makanan seperti daging bebek dan ikan deleg (sunda) atau sejenis ikan gabus, juga sop dengkul sapi yang tujuannya untuk meningkatkan kadar nutrisi tertentu supaya mempercepat tulang tersambung kembali dengan cepat.

Untuk pengobatan dari dalam, ahli pengobatan tulang tradisional biasanya menganjurkan alternatif mengkonsumsi NATURE’S HEALTH Nano Calcium, obat atau suplemen ini tersedia dihampir semua toko apotik. Kalau kita datang ke toko apotek menanyakan kain pembalut untuk patah tulang, biasanya secara otomatis fihak apotek menanyakan tidak sekalian dengan NATURE’S HEALTH Nano Calcium nya. Harga suplemen ini berada pada kisaran @Rp280.000,-. Malah harga di internet bisa lebih murah.

O ya artikel ini pure atau murni berbagi pengalaman dalam hal pengobatan patah tulang, jadi bukan promosi obat atau tidak ada unsur advertorial sama sekali. Obat yang disebut diatas memang obat yang biasa digunakan selama terafi pengobatan patah tulang secara tradisional yaitu dengan datang ke ahli pengobatan tulang.

Berapa Lama Proses Pengobatan Berlangsung?

Menurut pengalaman saat mengobati anak berusia 13 tahun yang terjatuh ketika bermain sepak bola dan kemudian bahu nya terinjak oleh sesama pemain yang mengakibatkan tulangnya patah, poses terafi dilakukan hanya empat kali. Jarak waktu antara pengobatan atau datang kepada yang mengobati adalah pengobatan pertama sampai ke dua dilakukan dengan jarak 3 - 5 hari. Jarak waktu pengobatan antara kedua dan ketiga   yaitu 7 hari.  Dan pengobatan antara yang ketiga dengan yang keempat yaitu dengan jarak 10-15 hari.

Masa pemulihan menurut pendapat yang mengobati, untuk anak-anak berkisar 2 sampai 4 bulan sementara untuk orang dewasa  berkisar enam bulan. Secara logika bisa difahami kenapa anak-anak dan remaja masa penyembuhannya lebih cepat sebab di usia itu pertumbuhan sedang terjadi begitu pesat, hal itu berbeda dengan orang dewasa.


Semoga artikel ini bermanfaat. amiin

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Media Sosial

Terjemahan

Total Pageviews

Dudu. Powered by Blogger.

Popular Posts

Followers

Ikuti Dengan Email