Sunday, October 15, 2017

Bagi peserta PLPG 2016 yang tidak lulus UTN utama maka otomatis menjadi peserta UTN ulang 1 (Ujian Tulis Nasional Ulang 1). Seperti telah diketahui bahwa Ujian UTN ulang 1 telah dilaksanakan pada bulan April 2017 dan pengumuman kelulusan selalu dinantikan oleh peserta UTN ulang dengan harap-harap cemas.


Akhirnya setelah menjalani masa penantian yang cukup panjang maka pada bulan Oktober 2017 peserta UTN Ulang 1 boleh merasa lega karena kelulusan UTN Ulang 1 telah dibuka.

Sementara itu awal bulan November 2017 telah ditetapkan oleh kemendiknas sebagai masa ujian UTN Ulang 2 bagi peserta yang tidak lulus pada ujian UTN ulang 1.

Dimana Melihat Pengumuman Kelulusan UTN ulang 1 ?

Belum semua peserta UTN ulang 1 mengetahui tempat untuk melihat pengumuman kelulusan, maka dengan itu peserta UTN ulang 1 dapat melihatnya dengan mengunjungi alamat situs sertifikasi guru atau sergur yaitu pada alamat http://kemendiknas,swin.net atau http://kemdiknas.swin.net.id/pub/index.php. Caranya mudah dengan memasukan nomor NUPTK milik peserta kemudian klik simbol cari.

Bagaimana Cara Mengetahui Lulus Tidaknya?

Di website http:\\kemdiknas.swin.net tidak dijelaskan secara gamblang prihal lulus atau tidak. Untuk mengetahui peserta tersebut lulus atau tidak adalah dengan cara ikuti langkah-langkah sebagai berikut :






















Keterangan gambar

1.        Masukan 16 digit nomor NUPTK, lantas klik simbol cari atau Klik Enter
2.        Tampak seluruh biodata peserta UTN ulang 1 yang bersangkutan (di gambar ini sengaja dibuat blank karena hal tersebut bersifat pribadi)
3.        Status kelulusan UTN ulang 1, Jika statusnya Peserta UKG Ulang 2 artinya Tidak Lulus
4.        Jika statusnya : Bukan Peserta UKG Ulang 2 artinya Lulus



Bagaimana Mengetahui Penetapan Menjadi Peserta UTN Ulang 2 atau UKG Ulang 2?

Perlu diketahui ternyata istilah UTN Ulang telah berganti dengan istilah dengan UKG ulang, pergantian nama terjadi pada penetapan peserta dan penjadwalan peserta UTN ulang 2.

Untuk mengetahui menjadi peserta UKG ulang 2 atau tidak dapat dilihat di gambar diatas pada point nomor 3, apabila status disana “Satus : Peserta UKG ulang 2” maka peserta tersebut adalah peserta UKG ulang 2.

Sebenarnya bagi mereka yang status nya tidak lulus UTN ulang 1 maka secara otomatis akan menjadi peserta UKG ulang 2.

Untuk jadwal UKG ulang 2 sudah tertera disana (lihat gambar diatas pada point nomor 3) lengkap dengan tempat Ujian atau TUK, tanggal pelaksanaan dan jam atau waktu pelaksanan ujian.

Kapan Sertifikat Pendidik Terbit?

Kepada mereka yang memiliki status : bukan peserta UKG ulang 2 atau telah lulus langkah selanjutnya tinggal duduk manis menunggu pengumuman pembagian sertifikat pendidik. Menurut informasi dari salah seorang pejabat rayon salah satu perguruan tinggi negeri penyelenggara PLPG bahwa penerbitan sertifikat pendidik bagi peserta UTN ulang 1 yang lulus akan dibarengkan dengan peserta PLPG 2017. (semoga informasi tersebut benar dan tidak berubah)

Kemungkinan besar pembagian sertifikat pendidik PLPG 2017 dilaksanakan antara bulan Pebruari – April 2018, sehingga bertepatan waktunya dengan masa pencairan tunjangan profesi guru atau TPG triwulan pertama di tahun 2018.

Untuk peserta UKG ulang 2 juga jangan cemas sebab apabila lulus di UKG ulang 2 maka kemungkinan besar memiliki kesempatan yang sama memperoleh sertifikat pendidik bersamaan waktunya dengan peserta PLPG 2017 yang lulus.

Saya mengucapkan selamat untuk yang lulus UTN ulang 1 dan selamat berjuang bagi peserta UKG ulang 2 semoga perjuanganya berhasil dengan hasil yang memuaskan. Amiin.

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Media Sosial

Terjemahan

Total Pageviews

Dudu. Powered by Blogger.

Popular Posts

Followers

Ikuti Dengan Email