Wednesday, March 21, 2018

Pantai Pangandaran yang terletak di Kabupaten Pangandaran provinsi Jawa Barat memiliki segudang daya tarik, mulai dari pantai barat yang memiliki pantai yang indah dan dapat dinikmati untuk berenang, berselancar, berolahraga air maupun sekedar bermain air di tepi pantai atau menikmati sunset alias matahari terbenam di sore hari.


Pada malam hari wisatawan dapat menikmati suasana malam obyek wisata Pangandaran dengan berkeliling dengan menggunakan sepeda sewaan ataupun mengunakan mobil goes maupun naik beca.

Untuk berbelanja suvenir alias oleh-oleh atau barang lain, pasar wisata siap memenuhi hasrat dan kebutuhan wisatawan untuk berbelanja. Harga barang yang ditawarkan di pasar wisata pangandaran relatif murah dan standar, jadi jangan takut kemahalan.

Jangan takut kemalaman atau kesulitan mencari tempat istirahat karena di pangandaran tersedia penginapan mulai dari homestay, bungalow, hotel kelas melati sampai hotel berbintang dengan tarif relatif terjangkau.

Tempat berbelanja modern juga sudah tersedia di Grand Pangandaran yang terletak di depan pintu masuk gerbang wisata pantai Pangandaran.

Secara geografis pantai Pangandaran terletak di pesisir pantai selatan pulau jawa tepatnya di samudra hindia. Kabupaten Pangandaran merupakan Daerah Otonomi Baru hasil pemekaran wilayah dari Kabupaten Ciamis., dan hingga saat ini kabupaten Pangandaran memiliki 10 wilayah kecamatan yang myoritas kecamatan tersebut memiliki pantai yang indah dan dijadikan obyek wisata alam.

Harga tiket masuk ke obyek wisata alam Pangandaran sangat terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat, sehingga tidak perlu takut membuat kantong jebol.

Pantai Barat

Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Pananjung Pangandaran selain dapat berenang di tepi pantai maupun bermain pasir ditepi pantai, dapat pula naik kuda menyusuri tepian pantai. Untuk menyusuri pantai selain menunggang kuda dapat pula naik delman, atau menyewa motor trail dan AVT dengan tarif yang relatif cukup terjangkau.



Bagi mereka yang ingin menikmati indahnya pasir putih dapat pula berenang disini. Untuk menjangkau pasir putih dapat ditempuh dengan tiga cara, yaitu :
1.        Dari pantai barat naik perahu sekaligus dapat menikmati keindahan taman laut
2.        Melalui jalan darat yaitu dengan masuk dulu ke taman wisata cagar alam
3.        Berjalan kaki menyusuri pantai. Dalam hal ini biasanya ketika akan masuk ke kawasan pasir putih dicegat dulu oleh petugas untuk diminta membayar tiket masuk.

Pantai Timur

Pantai timur pangandaran merupakan kawasan yang memiliki tepi pantai yang tidak bisa digunakan untuk berenang atau bermain air karena merupakan daerah laut dalam. Di area ini pada malam hari sampai menjelang pagi merupakan pelabuhan bagi nelayan yang menangkap ikan.


Bagi wisatawan yang ingin menikmati sunrise alias menikmati keindahan matahari terbit dari ufuk timur disinilah tempatnya

Pada pagi sampai sore hari giliran wisatawan dapat menikmati belanja berbagai macam keperluan dipasar ikan dan menikmati wisata kuliner khas pesisir laut dan berbagai sajian berbagai wahana wisata air yang cukup menarik.


Walaupun di pantai timur tidak bisa digunakan untuk berenang, wisatawan dapat menikmati beberapa sajian wahana wisata air yang menarik dan menantang, diantaranya :
1.        Water Sports
a.       Banana Boat
b.      UFO Boat
c.       Tornado boat
d.      Manta Boat
e.       Sofa Boat
f.        Ultimate Boat
g.       Jet Sky

2.        Perahu Wisata
a.       Snorkeling
b.      Taman Laut
c.       Cagar Alam
d.      Pasir Putih
e.       Mancing Mania

Pangandaran yang merupakan kabupaten baru di wilayah provinsi Jawa Barat yang merupakan pemekaran dari kabupaten ciamis memiliki 10 kecamatan. Beberapa kecamatan memiliki potensi destinasi wisata alam yang sangat bagus dan menjanjikan menjadi destinasi wisata alam utama dimasa depan, baik bagi turis lokal maupun mancanegara.

Pangandaran memiliki segalanya sehingga kalau dikelola dengan baik. Penataan, pengembangan, dan pengelolaan yang baik yang dilakukan oleh pemerintahan baru di kabupaten pangandaran bisa mengantarkan pangandaran sejajar dengan tempat tujuan wisata lain seperti Bali atau pun tempat wisata lainnya.



Pantai Batu Karas

Pantai Batu Karas terletak di Kecamatan Cijulang Kabupaten Pangandaran, kalau ditempuh dari pantai pangandaran memiliki jarak tempuh kurang lebih 31 Km. Seperti halnya pantai Pangandaran, pantai Batu karas juga memiliki tepi pantai yang dapat digunakan untuk berenang maupun berselancar. Bagi mereka yang suka tantangan dapat pula menikmati water sports alias olahraga air dengan mengendarai jetsky

Kalau pantai Pangandaran memiliki hutan cagar alam, pantai batu Karas juga memiliki Bukit Batu Karas, bedanya adalah cagar alam pangandaran di huni berbagai macam satwa endemik yang dilindungi sementara bukit batu karas hanya dapat digunakan untuk bersantai atau berfoto ria karena tidak memiliki ekosistem seperti yang ada di Cagar Alam Pangandaran.

Pengunjung pantai Batu Karas terdiri dari wisatawan lokal dan mancanegara, mereka berbaur menikamati suasana pantai Batu Karas Ini. Wisatawan asing nampaknya sangat menikmati suasana pantai batu karas hal ini terlihat dari jumlah mereka yang lumayan banyak.

Di batu karas juga ada obyek wisata hutan mangrove dan jembatan cinta, letaknya arah ke sebelah kanan dari pantai batu karas. Disini wisatawan bisa jalan-jalan menyusuri jembatan cinta sambil berfoto ria atau bagi yang ingin naik perahu bisa menikmati suasana alam hutan mangrove diaatas perahu.

Bagi wisatawan yang bermaksud menginap atau pun yang kemalaman, diseputar pantai tersedia hotel, bungalow maupun homestay dengan tarif sewa yang terjangkau.

Keberadaan hotel disekitar pantai Batu Karas tidak sebanyak di Pantai Pangandaran, tetapi kedepannya kemungkinan akan berkembang pesat. Hal ini  terjadi karena akses ke pantai batu karas cukup mudah selain lewat jalur darat dapat pula ditempuh melalui jalur udara. Tidak jauh dari pantai Batu Karas ada Bandara Nusawiru yang memberikan kemudahan akses lebih cepat dan nyaman bagi wisatawan dari tempat jauh.


Green Canyon

Green canyon Cijulang atau cukang taneuh terletak di kecamatan Cijulang dengan jarak 31 Km dari pantai pananjung Pangandaran. Di obyek wisata alam ini wisatawan dapat menikmati paket wisata body rafting menyusuri sungai yang penuh pesona

Pantai Batu Hiu

Pantai batu hiu terletak di Kecamatan Parigi dengan jarak tempuh 15 km dari pantai pananjung pangandaran. Pantai Batu Hiu memiliki pesona alam yang unik dan khas yang sulit ditemui dipantai lain.

Citumang

Citumang merupakan sungai yang dijadikan obyek wisata air body rafting terletak di Kecamatan Parigi kabupaten pangandaran.

Pantai Karapyak

Pantai Karapyak merupakan pantai yang terletak di desa bagola Kecamatan Kalipucang Kabupaten Pangandaran. Destinasi wisata alam pantai karapyak memiliki nuansa alam yang eksotik dan masih sangat alami, sehingga wisatawan yang menghendaki kenyamanan dan ketenangan bisa menikmati suasana alam sekitar pantai karapyak ini dan mengabadikannya dengan berfoto ria.

Jarak pantai karapyak adalah 20 Km sebelum pantai Pangandaran, jadi bagi wisatawan yang datang ke Pangandaran cukup banyak pilihan untuk menikmati destinasi wisata alam.

Pantai Karang Nini

Tidak jauh dari pantai Karapyak ada pantai Karang Nini yaitu pantai yang tenang nan indah. Pantai Karang Nini masih terletak di kecamatan kalipucang, tepatnya di desa emplak.

0 komentar:

Post a Comment

Media Sosial

Terjemahan

Total Pageviews

Dudu. Powered by Blogger.

Popular Posts

Followers