Thursday, August 23, 2018

Merk TV COOCAA masih agak terasa asing terdengar di telinga namun diakui atau tidak brand ini sudah mulai hadir ditengah masyarakat indonesia, baik di rumah-rumah, begitu pun dikantor-kantor, bahkan tidak sedikit industri perhotelan yang memasang tv merk coocaa di ruang kamar yang mereka tawarkan.Jadi bagaimana Kinerja LED TV merk COOCAA ?


Dengan rasa penasaran ingin mencoba kinerja pesawat TV LED merk Coocaa yng diproduksi dan dipasarkan oleh PT Skyworth Indonesia, maka mulai mencari tahu tentang asal usul dan bagaimana kualitas TV merk tsb. Berdasarkan penelusuran dari berbagai sumber diperoleh informasi bahwa TV LED merk Coocaa di produksi oleh PT Skyworth Indonesia yang mulai beroperasi di indonesia semenjak tahun 2011 dan memiliki pabrik di Cikarang Selatan Bekasi Jawa Barat. Nama Skyworth menurut referensi yang diperoleh adalah sebuah perusahaan perangkat elektronik terbesar dari negeri Cina yang berdiri pada tahun 1988. Jadi keberadaan produsen elektronik ini sudah berumur kurang lebih 30 tahun dan sejajar dengan brand Changhong maupun TCL

Kebetulan di lazada pada tanggal 8 Agustus 2018 ada promo spesial dari official store coocaa, yang menawarkan harga yang cukup miring. Coocaa menawarkan harga LED TV ukuran layar  24 inci seri 24D3A seharga Rp1.099.000 dan bebas ongkir pula serta memiliki masa garansi yang cukup panjang selama 3 tahun untuk untuk panel LED (Seperti yang kita tahu bahwa televisi LCD maupun LED komponen yang paling mahalnya adalah panel nya ini).

Catatan :
Artikel ini bukanlah advertorial atau review produk, namun semata-mata didedikasikan untuk berbagi pengalaman seputar belanja online.

Spesifikasi COOCAA 24D3A LED TV 24 Inci
TV Coocaa  24D3A memiliki spesifikasi sebagai berikut :
Ukuran                            : 24 Inci
Dimensi  (P X L X T)    : 59,86 cm X 36,24 cm X 16,45 cm
Voltase kerja                  : 100-240 Volt. 50/60 Hz
Sistem                              : PAL-BG/DK/I, SECAM-BG/DK
Berat Bersih                   : 3,3 Kg
Antena Input                  : 1 konektor
PC IN                                 : 1 VGA
PC Audio Input              : 1 buah tipe 3,5 mm
Audio/Video                  : 1 buah AV input tipe RCA
HDMI                                : 1 Buah port
Component Input         : 1 buah
Earphone                        : 1 buah
USB                                   : 1 Port USB

Kelengkapan Pembelian LED TV COOCAA 24D3A

Unit TV LED COOCAA 24D3A datang pada hari kedua dari tangggal pemesanan dibungkus dengan bungkus plastik dan di dalamnya dilapisi juga dengan plastic bubble wraft dan terpasang sticker Fragile handle with care. Memang pengiriman tidak menggunakan packing kayu tapi menurut pendapat pribadi penulis tidak mengapa karena unit TV dengan diagonal layar yang tidak terlalu lebar.


Kelengkapan yang ada dalam duz adalah 1 unit TV Coocaa 24”, 1 unit remote control beserta 2 buah baterai yang masih tersegel, buku panduan pengguna, kartu garansi yang masih kosong, 2 buah kaki penyangga unit tv beserta 4 buah baud. Memang penjualan coocaa 24D3A tidak disertakan bonus lain seperti bracket namun dengan melihat harga promo yang ditawarkan cukup worthed karena ini merupakan Televisi model teranyar di jajaran TV COOCAA ukuran diagonal layar 24 Inci.




Kinerja LED TV COOCAA 24D3A

Berbicara kinerja TV COOCAA 24 Inci dengan model 24D3A dari segi penampilan bisa dibilang sejajar dengan model TV sejenis yang berukuran layar 24 Inci.


Kualitas gambar yang dihasilkan cukup jernih berkat pengunaan Layar IPS TFT dengan LED, walau masih di kelas HD Ready (resolusi 1080 X 768).

Tuning terhadap sinyal siaran TV cukup sensitif sehingga dapat diperoleh channel siaran TV yang lumayan banyak, dimana saluran TV yang tidak bisa ditangkap oleh unit TV yang lain yang digunakan ditempat yang sama dengan unit antenna outdoor yang sama juga dapat ditangkap oleh coocaa 24D3A. Jadi kualitas penangkapan cukup baik dan sejajar dengan TV merk lain yang digunakan ditempat yang sama bahkan memiliki nilai sensitifitas yang agak lebih baik, namun untuk daerah lain itu semua tergantung Antena yang digunakan dan tentunya cakupan penerimaan siaran Televisi daerah penerima siaran tersebut.


Kualitas audio LED TV Coocaa 24D3A memiliki kualitas keluaran suara yang standar, dimana suara bass dan treble kualitasnya sama dengan kebanyakan TV LED sejenis di jajaran lebar layar 24 Inci, dan kualitas vocal cukup jernih. Jadi kalau ingin mendapatkan kualitas suara yang lebih bagus perlu disambungkan dengan speaker aktif.

TV Coocaa 24D3A yang memiliki asupan daya maksimal 40 Watt di dalam pengoperasiannya menghasilkan panas yang standar, malah dirasa lebih dingin dibanding kebanyakan TV yang sejenis dengan ukuran layar yang sama.


Unit TV ini dilengkapi dengan Socket VGA dan HDMI yang memungkinkan pengguna menyambungkan PC maupun laptop dengan TV Coocaa 24D3A  sebagai monitor.  Selain VGA dan HDMI input perangkat lain seperti DVD player, Camera, dll dapat dihubungkan melalui USB, RCA, maupun component Input.

Kekurangan TV Coocaa 24D3A

Ada beberapa hal yang mungkin bisa dikatakan kekurangan menyangkut unit pesawat TV ini, diantaranya adalah sebagai berikut:
1.        Unit TV coocaa 24D3A tidak dapat menyimpan channel TV dengan nama saluran tersebut, jadi masih terbatas penyimapanan saluran dengan angka atau nomor.
2.        TV ini bukan Digital TV, jadi bagi mereka yang ingin menagkap siaran TV digital harus menggunakan Set Top Box (STB), tapi tak masalah sejauh ini siaran TV digital masih terbatas sehingga belum bisa ditangkap secara menyeluruh di semua wilayah di Indonesia.

Kesimpulan                             

TV COOCAA 24D3A dengan kelebihan dan kekuarangannya, layak dipertimbangkan untuk dibeli. Menurut pendapat penulis TV Coocaa 24D3A Dengan harga 1 jutaan ini dengan model futuristik cocok digunakan oleh anak kos atau mereka yang memilihi luas kamar terbatas atau ruangan kecil.


0 komentar:

Post a Comment

Media Sosial

Terjemahan

Total Pageviews

Dudu. Powered by Blogger.

Popular Posts

Followers