Saturday, August 25, 2018

Tenaga pengajar mata pelajaran produktif atau guru yang mengajar mata pelajaran yang masuk kelompok C2 dan C3 di SMK/MAK biasanya agak kesulitan memperoleh buku yang benar-benar diperuntukan dan sesuai dengan Kompetensi Dasar pada mata Pelajaran tersebut, maka dengan itu artikel ini akan mencoba membahas buku teknologi perkantoran 1 untuk smk kelas X pada Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran yang diterbitkan oleh Penerbit Putra Nugraha. Buku ini merupakan buku kurikulum 2013 edisi revisi 2017 dan diterbitkan pada tahun 2018.



Dari sekian banyak penerbit buku pelajaran di negeri ini hanya ada beberapa penerbit yang berani menerbitkan buku mata pelajaran produktif untuk SMK khususnya mata pelajaran kompetensi keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran. Hal ini bisa dimaklumi karena begitu banyaknya kompetensi keahlian di Sekolah Menengah Kejuruan dan Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK) walaupun sebenarnya kalau dihitung dari jumlah siswa SMK lebih banyak dibandingkan dengan jumlah siswa SMA namun Jumlah yang banyak tersebut kalau dibagi dengan jumlah mata pelajaran yang begitu banyak juga maka akan bisa dilihat bahwa persentase jumlah buku per mata pelajaran akan lebih sedikit dibandingkan dengan SMA.

Penerbit dan Dimensi Buku

Judul buku adalah Teknologi Perkantoran 1 SMK/MAK untuk Kelas X Kompetensi keahlian otomatisasi dan tata kelola perkantoran, Cetakan pertama Juli 2018 dan diterbtkan oleh Penerbit Putra Nugraha Solo.

Buku ini memiliki dimensi lebar dan panjang  : L = 19,5 cm dan P = 27 cm,
Tebal 128 halaman.
Dicetak menggunakan Kertas CD/kertas koran dan softcover karton.
Cetakan tahun 2018

Buku Teknologi perkantoran 1  untuk SMK/MAK Kelas X disusun oleh Wulan Widayati, S.Pd, dan Editor Risma Wulan Sari, S.E.

Ulasan Tentang Isi Buku

Buku teknologi perkantoran 1 untuk SMK/MAK kelas X ini terdiri dari 4 bab untuk dua semester di kelas X, kompetensi keahlian otomatisasi dan tata kelola perkantoran. Untuk informsi selengkapnya adalah sebagai berikut.

Bab 1 membahas materi Teknologi Perkantoran. Otomatisasi Perkantoran, Virtual office, dan Teknik Pengetikan (Keyboarding).  Pada Bab 1 sub A dengan judul Teknologi Perkantoran dibahas tentang pengertian Teknologi perkantoran, macam-macam mesin kantor, pengaruh perkembangan teknologi perkantoran, termasuk juga manfaat teknologi perkantoran terhadap ketenagakerjaan, prosedur kerja, dan hasil kerja. Diakhir sub bab ini dibahas juga dampak perkembangan teknologi perkantoran

Pada sub bab B. dengan judul Otomatisasi Perkantoran pembahasan dimulai dengan asal-usul otomatisasi perkantoran, pengertian, manfaat, konsep-konsep, macam-macam otomatisasi perkantoran, tahap-tahap dan pengguna otomatisasi perkantoran, jenis-jenis aplikasi otomatisasi perkantoran seta faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan aplikasi perkantoran.

Dalam sub bab C. Kantor Virtual (Virtual Office), penyajian materi dimulai dengan konsep virtual office, dilanjutkan dengan definisi, tujuan, karakteristik, dan komponen-komponen dalam virtual office. Tak ketinggalan dibahas juga keuntungan dan kerugian virtual office.

Akhir Bab 1 membahas mengenai Teknik Pengetikan atau lebih dikenal dengan istilah keyboarding. Pembahasan mengalir mulai dari konsep pengetikan, pengenalan jenis-jenis keyboard komputer termasuk konektor yang digunakan serta tombol-tombol pada keyboard beserta fungsinya.

Pada sub bab 1 ini tidak ketinggalan dan memang merupakan pembahasan utama di dalam materi keyboarding yaitu cara menggunakan keyboard, baik tentang posisi duduk, sikap tangan mulai dari bahu, siku, pergelangan sampai dengan pengunaan jari jemari pada saat mengentak tombol hurup atau angka pada keyboard serta bagaimana sikap keseluruhan tangan pada saat tidak sedang mengetik atau dikenal juga dengan istilah sikap pada waktu mengetik.

Bab 1 ini diakhiri dengan praktik penjarian menggunakan 10 jari dan latiham dasar mengetik 10 jari lengkap dengan soal atau naskah yang harus diketiknya.




Bab 2 dengan judul Pengoperasian Aplikasi Pengolah Kata, Angka, Presentasi, dan Bahan Cetak. dibahas empat materi pokok, yaitu sub bab pertama berkenaan dengan materi Aplikasi Pengolah Kata Microsoft Word. Pemaparan materi dimulai dari pengenalan, menggunakan Microsoft word, Melakukan editing, melakukan format dokumen, melakukan format teks, melakukan format tabel, mengunakan fasilitas mail merge, menggunakan objek dan warna, menyimpan dokumen sampai dengan melakukan pencetakan dokumen.

Dalan sub bab kedua dengan materi Aplikasi Pengolah Angka Microsoft Excel, pembahasan dimulai dari pengenalan dan cara menggunakan Microsoft excel, serta cara membuat grafik dan menyimpan maupun mencetak dokumen lembar kerja tersebut. Materi aplikasi pengolah angka cukup komprehensif karena selain berlatih membuat tabel juga dibahas dan dilatihkan penggunaan rumus-rumus pada excel.

Kemudian bab 2 dengan sub bab ketiga yaitu meteri Microsoft PowerPoint, diawali dengan pemaparan fitur-fitur dan kelebihan aplikasi Microsoft Powerpoint, cara mengoperasikan Microsoft Powerpoint sampai dengan mencetak slide Presentasi

Sub bab keempat pada bab 2 membahas temtang Microsoft Publisher. Dijelaskan dengan gamblang mulai dari pengertian, bagian-bagian dan template Microsoft publisher, selanjutnya dibahas cara mengoperasikan Microsoft publisher sampai dengan pencetakan file hasil pekerjaan dengan Microsoft publisher.

Bab 3 memiliki judul Informasi dari Internet Untuk Menunjang Pekerjaan Kantor dan Transaksi Online. Bab 3 ini terbagi menjadi dua bagian yaitu bagian kesatu mengenai Informasi dari Internet untuk Menunjang Pekerjaan Kantor dan bagian kedua tentang Transaksi Online.
Untuk bagian kesatu pada bab 3 pemaparan materi bergulir dari konsep data dan Informasi, Pengenalan dasar internet, etika warga digital, penggunaan search engine, dan pengiriman beserta peyimpanan dokumen online (email dan cloud storage).

Pada bagian kedua pada bab 3 membahas materi Transaksi Online, pada bagian ini dibahas pengertian, dasar hukum transaksi online, jenis-jenis transaksi online, dan prosedur transaksi online. Dalam prosedur transaksi online dibahas tentang karakteristik ecommerce sampai dengan langkah-langkah pemesanan, pembelian dan pembayaran secara online/daring.

Bab 4 diberi judul Rapat Telecoference, Pengelolaan Informasi Melalui Web Log, dan Pembuatan Laporan Kegiatan Teknologi Perkantoran. Bab 4 dibagi menjadi 3 bagian yaitu prosedur kegiatan rapat teleconference, pengelolaan informasi melalui web log atau blog , dan bsgian ketiga membahas materi pembuatan laporan kegiatan teknologi perkantoran.  
  
Kompetensi Dasar Mapel Teknologi Perkantoran

Untuk melihat kesesuaian buku teknologi perkantoran 1 yang diterbitkan oleh penerbit Putra Nugraha maka kita dapat membandingkannya dengan kompetensi dasar mata pelajaran teknologi perkantoran kurikulum 2013 edisi revisi 2017 seperti yang tercantum berikut ini.
3.1       Memahami teknologi perkantoran, otomatisasi perkantoran, dan virtual office
3.2       Menerapkan pengetikan (keyboarding) 10 jari kecepatan 200 EPM dan ketepatan 99%
3.3       Menerapkan pengoperasian aplikasi pengolah kata
3.4       Menerapkan pengoperasian aplikasi pengolah angka
3.5       Menerapkan pengoperasian aplikasi pengolah presentasi
3.6       Menerapkan pengoperasian aplikasi pengolah bahan cetak
3.7       Menganalisis informasi dari internet untuk menunjang pekerjaan kantor
3.8       Menerapkan pengoperasian transaksi online
3.9       Menerapkan prosedur kegiatan rapat (teleconference)
3.10     Menerapkan pengelolaan informasi melalui web log (blog)
3.11     Mengevaluasi penggunaan teknologi perkantoran

Kelebihan Buku Teknologi Perkantoran 1 Untuk SMK/MAK kelas X terbitan Penerbit Putra Nugraha.

Jika melihat kompetensi dasar mata pelajaran Teknologi Perkantoran dibandingkan dengan materi yang dimiliki isi bu tersebut dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :
1.        KD 3.1 dan 3.2 dibahas pada bab 1 bagian kesatu dan kedua, kemudian KD 3.3, KD 3.4, KD 3.5 dan KD 3.6 dibahas didalam buku ini pada bab 2. Semntara KD 3.7, KD 3.8 dibahas pada 3, dan KD 3.9, KD 3.10, KD 3.11 dibahas pada bab 4. Jadi secara umum buku ini telah memenuhi seluruh tuntutan materi yang ada pada kompetensi dasa mata pelajaran Teknologi Perkantoran
2.        Dibuku ini dicantumkan Kompetensi inti dan kompetensi dasar sehingga memudahkan para penggunanya.
3.        Pada setiap awal bab dicantumkan tujuan pembelajaran dan peta konsep
4.        Pada akhir bab dilengakapi Latihan, kegiatan dan soal-soal uji kompetensi baik dalam bentuk soal pilihan ganda maupun soal bentuk uraian yang dimaksudkan untuk mengukur kemampuan siswa setelah mempelajari materi pada akhir setiap bab.
5.        Di akhir setiap bab tersedia soal remidi dan pengayaan
6.        Untuk memudahkan memahami kata baru atau asing maka di tiap akhir bab terdapat glosarium

Kekurangan Buku Teknologi Perkantoran 1 untuk SMK/MAK Kelas X

Tentu sebuah karya tulis tidak mungkin tidak ada kekurangannya, maka khusus buku ini kekurangan terletak pada penggunaan kertas untuk pencetakannya, dimana buku ini dicetak di kertas CD alias bukan HVS, dan cover buku yang kurang tebal.

Hal tersebut diatas bisa dipahami juga mungkin untuk bisa menekan biaya produksi sehingga dapat dijual dengan harga murah dan terjangkau oleh semua kalangan.

Kesimpulan

Berdasarkan pendapat pribadi penulis, buku ini layak digunakan sebagai buku sumber dalam pembelajaran mata pelajaran Teknologi Perkantoran. Untuk menutupi atau melengkapi kekurangan dari buku ini maka perlu dilengkapi dengan buku referensi yang lain, namun penilaian yang utuh dan murni tentu diserahkan kepada para pengguna masing-masing.

Artikel ini ditulis sekedar untuk berbagi pengalaman dan semoga artikel ini bermanfaat dan apabila ada kesalahan penulisan maupun konten artikel mohon koreksi.



0 komentar:

Post a Comment

Media Sosial

Terjemahan

Total Pageviews

Dudu. Powered by Blogger.

Popular Posts

Followers