Sunday, August 26, 2018

Sejak diterapkannya kurikulum 2013 edisi revisi 2017, cukup sulit juga mencari buku Otomatisasi Tata Kelola Keuangan 3, kebanyakan dipasaran atau di toko buku yang tersedia masih buku Administrasi Keuangan XII yang tentunya susunan Kompetensi Dasar yang dimilikinya berbeda. Secara tidak di sengaja akhirnya diperoleh juga buku Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran 3 terbitan tahun 2018.



Pertama kali sih was-was juga, apakah buku otomatisai tata kelola keuangan 3 ini sesuai atau tidak dengan kompetensi dasar kurikulum 2013 edisi revisi. Setelah beberapa waktu menelaah isi buku tersebut diputuskan untuk mencoba memberanikan diri berbagi dengan memberi ulasan tentang konten buku tersebut dalam artikel ini.

Spesifikasi Buku

Judul buku                  : Otomatisasi Tata Kelola Keuangan 3
Sub judul                    : Untuk SMK/MAK Kelas XI
Kompetensi keahlian : Otomatisasi dan tata kelola perkantoran,
Dimensi Buku            : Lebar dan panjang  : L = 19,5 cm dan P = 27 cm,
Jumlah halaman        : 112 halaman,
Dicetak diatas            : Kertas CD/kertas
Cover buku               : Softcover karton.
Edisi cetakan              : Tahun 2018.
Penerbit                      : Putra Nugraha Solo.

Ulasan Tentang Isi Buku

Buku Otomatisasi Tata Kelola Keuangan 3  untuk SMK/MAK kelas XII  terdiri dari 4 bab yang memuat materi kelas 12 untuk pembelajaran selama dua semester atau 1 tahun pelajaran.  Adapun intisari dari isi buku ini adalah sebagai berikut

Bab 1 dalam buku ini memiliki judul Ruang Lingkup Dana Kas Kecil yang terbagi ke dalam empat bagian yaitu :
·         Ruang lingkup dana kas kecil,
·         Persiapan pengelolaan kas kecil
·         Pengelolaan operasional harian kas kecil

Pada bagian materi ruang lingkup dana kas kecil dibahas tentang komposisi kas lengkap dengan perlengkapan dan contoh dokumen atau gambar/foto yang termasuk ke dalam komposisi kas beserta penjelasan yang lengkap dan mudah dipahami

Dalam materi tentang klasifikasi kas disertai dengan tabel untuk memudahkan pemahaman. Pengertian dana kas kecil di paparkan dengan lengkap baik pengertian secara umum maupun pengertian menurut para ahli. Selanjutnya pembahasan bergulir mengenai karakteristik, fungsi, dan tujuan pembentukan dana kas kecil.

Pembahasan materi persiapan pengelolaan kas kecil, dipaparkan mengenai pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan pengelolan kas kecil, peralatan yang digunakan, penetapan batas saldo minimum dan maksimum dari dana kas kecil, serta pembentukan dana kas kecil, pencatatan proses penerimaan dan pengeluaran uang, pengisian kembali kas kecil sampai dengan pebuatan laporan kas kecil semuanya disertai contoh dukumen bukti transaksi, flow chart dan dokumen lainnya.

Penjelasan yang sangat detil terdapat pada bagian materi pengelolaan operasional harian kas kecil yang membahas dokumen-dokumen yang digunakan. Pada akhir bab 1 dibahas tentang materi rekonsiliasi kas kecil.




Bab 2 diberi judul Pelaporan Aktivitas Kas Kecil. Seperti yang tergambar dalam peta konsep bab 2 dalam buku ini dibagi menjadi 3 bagian dengan sub judul
·         Transaksi keuangan,
·         Bukti transaksi kas kecil, dan
·         Pencatatan data transaksi kas kecil.


Bab 3 diberi judul Metode Laporan Dana Kas Kecil, dan dibagi ke dalam 3 bagian pembahasan yaitu :
·         Laporan dana kas kecil metode imprest (Imprest Fund Method),
·         laporan dana kas kecil metode fluktuasi (Fluctuation Fund Method),  serta
·         perbedaan metode dana tetap (Imprest Fund Method) dengan metode tidak tetap (Fluctuation Fund Method).


Bab 4 diberi judul Penyimpanan Dokumen Pengelolaan Kas Kecil dan Pengoperasian Aplikasi Dana Kas Kecil. Bab 4 ini terbagi menjadi 2 bagian yaitu
·         Penyimpanan dokumen pengelolaan dana kas kecil, dan
·         Pengoperasian aplikasi dana kas kecil.


Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Keuangan kelas XII

Dibawah ini adalah kompetensi dasar atau KD kurikulum 2013 edisi revisi 2017 untuk mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Keuangan untuk kelas XII kompetensi keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran.
3.10    Memahami ruang lingkup dana kas kecil
3.11    Menerapkan persiapan pengelolaan kas kecil
3.12    Menerapkan pengelolaan operasional harian kas kecil
3.13    Menerapkan pelaporan aktivitas kaas kecil
3.14    Menerapkan pembuatan laporan dana kas kecil metode imprest
3.15    Menerapkan pembuatan laporan dana kas kecil metode fluktuasi
3.16    Menerapkan pengoperasian aplikasi dana kas kecil
3.17    Menerapkan penyimpanan dokumen pengelolaan dana kas kecil
3.18    Mengevaluasi pengelolaan dana kas kecil

4.10    Mengelompokan ruang lingkup dana kas kecil
4.11    Mempersiapkan pengelolaan kas kecil
4.12    Mengelola operasional harian kas kecil
4.13    Melaporkan aktivitas kaas kecil
4.14    Membuat laporan dana kas kecil metode imprest
4.15    Membuat laporan dana kas kecil metode fluktuasi
4.16    Mengoperasikan aplikasi dana kas kecil
4.17    Melakukan penyimpanan dokumen pengelolaan dana kas kecil
4.18    Membuat laporan hasil evaluasi pengelolaan dana kas kecil

Komparasi kesesuaian kompetensi dasar dengan isi buku

Berdasarkan paparan mengenai isi buku dan komptensi dasar kurikulum 2013, maka dapat membandingkan kesesuaian isi buku ini.
1.      Pembahasan KD 3.10 dan 3.11, dan KD 3.12 ada di dalam materi bab 1 tentang  Ruang lingkup dana kas kecil, persiapan pengelolaan kas kecil, dan pengelolaan operasional harian kas kecil

2.      Pembahasan materi untuk KD 3.13, dan KD 3.14 terdapat pada Bab 2 tentang materi  transaksi keuangan, bukti transaksi kas kecil, dan pencatatan data transaksi kas kecil.

3.      Pembahasan materi untuk KD 3.15, KD dan KD 3.16 terdapat pada bab 3 dengan pokok bahasan tentang laporan dana kas kecil metode imprest (Imprest Fund Method), laporan dana kas kecil metode fluktuasi (Fluctuation Fund Method},  serta perbedaan metode dana tetap (Imprest Fund Method) dengan metode tidak tetap (Fluctuation Fund Method).

4.      Pembahasan materi  untuk KD 3.17 dan KD 3.18. terdapat pada bab 4 dengan materi utama tentang Penyimpanan dokumen pengelolaan dana kas kecil, dan pengoperasian aplikasi dana kas kecil.


Dengan melihat komparasi kompetensi dasar dengan isi atau konten buku diatas, maka dapat dilihat gambaran sesuai atau atau tidaknya. Jadi secara umum buku ini telah memenuhi seluruh tuntutan materi yang ada pada kompetensi dasar mata pelajaran otomatisasi tata kelola keuangan untuk kelas XII, namun penilaian lebih obyektif dan menyeluruh tergantung kepada penilaian akhir masing-masing pengguna.

Kesimpulan

Hasil penelaahan dan perbandingan antara isi buku otomatisasi tata kelola keuangan 3 untuk SMK/MAK kelas XII dengan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 edisi revisi dapat diperoleh gambaran seperti dibawah ini

Beberapa kelebihan dari buku otomatisasi tata kelola keuangan 3 :
1.        buku ini secara umum dapat memenuhi seluruh tuntutan materi yang terdapat dalam kompetensi dasar mata pelajaran otomatisasi tata kelola keuangan kelas XI.
2.        Dilengakapi dengan gambar/foto, tabel, flow chart, dan format-format yang diperlukan dalam pembahasan materi.
3.        Kompetensi inti dan kompetensi dasar dicantumkan di dalam buku.
4.        Tujuan pembelajaran pada tiap awal bab.
5.        Peta konsep pada setiap awal bab.
6.        Dilengkap dengan soal latihan, soal kegiatan dan soal-soal uji kompetensi berupa soal pilihan ganda dan soal bentuk essay.
7.        Dilengkapi juga dengan rangkuman di akhir tiap bab.
8.        Dilengkapi soal remidial dan soal pengayaan pada akhir setiap bab.
9.        Dilengkapi glosarium pada tiap bab.

Semoga ulasan buku otomatisasi tata kelola keuangan 3 terbitan penerbit Putra Nugraha dapat memberi secercah gambaran tentang buku yang akan dan dapat dipakai dalam pembelajaran mata pelajaran otomatisasi keuangan, baik untuk penggunaan di ruang kelas maupun diruang lab perkantoran.



1 comment:

Media Sosial

Terjemahan

Total Pageviews

Dudu. Powered by Blogger.

Popular Posts

Followers