Sunday, August 26, 2018

Mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Keuangan merupakan transformasi dari mata pelajaran Administrasi Perkantoran yang diganti namanya pada kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Sementara pada kurikulum KTSP atau yang dikenal juga dengan nama kurikulum 2006 mata pelajaran tersebut memiliki nama mata pelajaran transaksi keuangan. Bagaimana dengan buku pegangan guru dan pegangan siswa untuk mata pelajaran otmatisasi tata kelola keuangan? Jawabannya tentu seperti biasa agak sukar menemukan dipasaran buku mapel kelompok C3 ini dan pada saat tulisan ini disusun pemerintah juga belum menyediakannya.



Kebetulan saya memperoleh buku Otomatisasi Tata Kelola Keuangan 2 cetakan tahun 2018 yang diterbitkan oleh penerbit Putra Nugraha, maka dalam artikel ini akan berbagi pengalaman dengan mengulas secara singkat tentang isi buku ini.

Penerbit dan Dimensi Buku

Judul buku adalah Otomatisasi Tata Kelola Keuangan 2, dengan sub judul : untuk SMK/MAK Kelas XI Kompetensi keahlian otomatisasi dan tata kelola perkantoran, Cetakan pertama tahun 2018 dan diterbtkan oleh Penerbit Putra Nugraha Solo.

Dimensi Buku ini memiliki lebar dan panjang  : L = 19,5 cm dan P = 27 cm, dengan ketebalan 112 halaman, dicetak diatas Kertas CD/kertas koran dan softcover karton. Dan merupakan buku cetakan tahun 2018.

Ulasan Tentang Isi Buku

Otomatisasi Tata Kelola Keuangan 2  untuk SMK/MAK kelas X  merupakan buku  yang memiliki isi terdiri dari 5 bab untuk 2 semester atau satu tahun pelajaran. Sekaitan dengan isi dalam buku ini akan di ulas dibawah ini.

Bab 1 dalam buku ini memiliki judul Ruang Lingkup Administrasi Keuangan yang terbagi ke dalam empat bagian yaitu :
a. Dasar administrasi keuangan,
b. Petugas administrasi keuangan
c. Fungsi administrasi keuangan
d. Dasar pengelolaan administrasi keuangan

Jika dilihat pada Kompetensi dasar (KD) mata pelajaran otomatisasi tata kelola keuangan maka materi dalam buku ini mencakup ke dalam dua kompetensi dasar, yaitu KD 3.1. memahami ruang lingkup administrasi keuangan dan KD 3.2. Memahami kebijakan pengelolaan keuangan.

Pokok bahasan diawali dengan pengertian, komponen-komponen, prinsip, tujuan dan manfaat administrasi keuangan. Kemudian pembahasan bergulir tentang pekerjaan dan tanggung jawab petugas administrasi keuangan. Bab 1 diakhiri dengan pembahasan materi fungsi umum dan fungsi khusus beserta klasifikasi fungsi administrasi keuangan di berbagai instansi atau lembaga.

Ada hal yang menarik pada pembahasan pada akhir bab 1 ini dimana ada materi tentang dasar pengelolaan administrasi keuangan yang menyajikan materi sekaitan dengan langkah langkah pengelolaan administrasi keuangan, dan buku-buku yang digunakan dalam pengeloaan administrasi keuangan yang meliputi buku jurnal, buku besar, buku piutang dan utang.

Bab 2 diberi judul Pengelolaan Keuangan dan Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja. Seperti yang tergambar dalam peta konsep bab 2 dalam buku ini dibagi menjadi 4 bagian dengan sub judul Kebijakan pengelolaan keuangan, anggaran pendapatan dan belanja, aliran kas masuk dan keluar, serta Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dan Anggran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Penyajian materi bab 2 dibahas secara menyeluruh diantaranya adalah pada bagian kebijakan pengeloaan keuangan diabahas aspek-asoek dan pola kegiatan pengelolaan keuangan. Di bagian bahasan tentang anggaran pendapatan dan belanja pembahasan dimulai dari penyusunan anggaran belanja termasuk sistem dan siklus anggaran, kemudian pembahasan mengalir tentang materi tipe-tipe dan jenis-jenis anggaran, sifat rancangan anggaran dan asas penyusunan anggaran. Pada bagin ini tiakhiri dengan materi tentang penetapan, pelaksanaan, dan pertanggungjawaban anggaran.

Pada bagian materi aliran kas masuk dan keluar dibahas jenis-jenis transaksi pada cash inflow dan cash outflow.

Di bagian akhir bab 2 yang menyajikan Materi tentang APBN dan APBD pembaca akan dibawa kepada bahasan tentang pengertian APBN dan APBD, dasar hukum, fungsi, sumber penerimaan dan pengeluaran APBN/APBD, serta prinsip maupun asas penyusunan APBN/APBD. Dalam bagian ini dikupas tuntas tentang APBN dan APBD  lengkap dengan skema penerimaan dan pengeluaran pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, juga disertakan table tentang siklus dan mekanisme penyusunan APBD sebelum dan sesudah otonomi daerah.




Bab 3 diberi judul Penerimaan dan Penggunaan Anggaran, dan dibagi ke dalam 3 bagian pembahasan yaitu : Anggaran, penerimaan dan penggunaan anggaran kas, serta mencatat transaksi penerimaan dan pengeluaran kas.

Bahasan materi anggaran dimulai dengan definisi anggaran, jenis anggaraan sektor public (baik APBN/APBD maupun Rencana Kegiatan dan Anggaran Perusahaan/RKAP), manfaat dan tujuan penyusunan anggaran.

Bahasan materi penerimaan dan penggunaan anggaran meliputi prosedur penerimaan dan penggunaan atau pengeluaran kas termasuk didalamnya bagian-bagian, fungsi, dan dokumen yang digunakan dalam sistem penerimaan kas.

Bahasan ketiga tentang mencatat transaksi penerimaan dan pengeluaran uang yang meliputi penggolongan transaksi keuangan, pengelompokan dan pencatatan akun ke dalam jurnal, nomor kode akun, dan jurnal-jurnal yang digunakan dalam pencatatan (jurnal umum dan jurnal khusus). Pembahasan mengenai aturan pendebitan dan pengkreditan akun ke dalam jurnal, serta penomoran kode akun dibahas singkat, jelas dan mudah dipahami.

Bab 4 diberi judul Pendokumentasian Bukti Transaksi dan Pembuatan Laporan Keuangan. Bab 4 ini terbagi menjadi 3 bagian yaitu laporan keuangan, pendokumentasian bukti-bukti penggunaan anggaran. Dan pembuatan laporan pertanggungjawaban anggaran.

Bab 5 diberi jidul Pengelolaan Administrasi Keuangan. Materi yang dibahas pada bab ini terbagi menjadi tiga bagian utama yaitu menggunakan aplikasi pengolah angka Microsoft excel, mengoperasikan Microsoft excel, dan melakukan pencatatan akuntansi dengan menggunakan aplikasi Microsoft excel.


Kesesuaian antara Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Keuangan kelas XI dengan buku

Dibawah ini adalah kompetensi dasar atau KD kurikulum 2013 edisi revisi 2017 untuk mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Keuangan untuk kelas XI kompetensi keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran.
3.1       Memahami ruang lingkup administrasi keuangan
3.2       Memahami kebijakan pengelolaan keuangan
3.3       Penyusunan anggaran pendapatan dan belanja
3.4       Menerapkan penerimaan anggaran
3.5       Menerapkan penggunaan anggaran
3.6       Menerapkan pendokumentasian bukti-bukti penggunaan anggaran
3.7       Menerapkan pembuatan laporan pertanggungjawaban keuangan
3.8       Menerapkan pengoperasian aplikasi keuangan
3.9       Mengevaluasi kegiatan administrasi keuangan

4.1       Melakukan pengelompokan ruang lingkup administrasi keuangan
4.2       Melakukan pengelompokan kebijakan pengelolaan keuangan
4.3       Mnyusun anggaran pendapatan dan belanja
4.4       Melakukan penerimaan anggaran
4.5       Melaksanakan penggunaan anggaran
4.6       Mendokumentasikan bukti-bukti penggunaan anggaran
4.7       Membuat laporan pertanggungjawaban keuangan
4.8       Mengoperasikan aplikasi keuangan
4.9       Membuat laporan hasil evaluasi kegiatan administrasi keuangan

Komparasi kesesuaian kompetensi dasar dengan isi buku
1.        Pembahasan KD 3.1 dan 3.2 terletak pada bab 1 bagian kesatu sampai dengan bagian keempat,
2.        materi untuk KD 3.3, dibahas pada bab 2,
3.        materi untuk KD 3.4, KD dan KD 3.5 dibahas pada bab 3,
4.        materi  untuk KD 3.6 dan KD 3.7. dibahas didalam buku ini pada bab 4.
5.        Dan yang terakhir KD 3.8 dan KD 3.9 dibahas pada bab 5.

Dengana melihat komparasi kompetensi dasar dengan isi atau konten buku diatas, maka dapat dilihat gambaran sesuai atau atau tidaknya. Jadi secara umum buku ini telah memenuhi seluruh tuntutan materi yang ada pada kompetensi dasar mata pelajaran otomatisasi tata kelola keuangan untuk kelas XI.

Kelebihan Buku Otomatisasi Tata Kelola Keuangan 2 Untuk SMK/MAK kelas XI terbitan Penerbit Putra Nugraha.

Dengan membandingkan isi buku otomatisasi tata kelola keuangan 2 untuk SMK/MSK kelas XI sedikitnya kita bisa mengukur kelebihan dan kekuarangan buku ini,

Ini adalah beberapa kelebihan dari buku otomatisasi tata kelola keuangan 2 :
1.        secara garis besar buku ini telah memenuhi seluruh tuntutan materi yang ada pada kompetensi dasar mata pelajaran otomatisasi tata kelola keuangan kelas XI.
2.        Terdapat Kompetensi inti dan kompetensi dasar
3.        Terdapat tujuan pembelajaran pada tiap awal bab.
4.        Terdapat peta konsep pada setiap awal bab.
5.        Pada tiap akhir bab dilengakapi Latihan, kegiatan dan soal-soal uji kompetensi baik berupa soal pilihan ganda maupun soal bentuk essay.
6.        Di akhir setiap bab tersedia soal remidi
7.        Pada akhir setiap bab tersedia soal pengayaan
8.        Pada tiap akhir bab terdapat glosarium

Kekurangan Buku Otomatisasi Tata Kelola Keuangan 2 untuk SMK/MAK Kelas XI

Kekurangan buku ini terletak pada penggunaan kertas untuk pencetakannya yang menggunakan kertas CD, dan cover buku yang kurang tebal. Disisi lain mungkin karena terlalu memaksakan untuk bisa  menghasilkan jumlah halaman yang lebih sedikit dalam upaya menekan harga jual agar bisa lebih murah, maka konsekuensinya terhadap layout buku yang mana jumlah tulisan terlalu padat pada tiap halaman.

Semua kekurangan tersebut dapat sedikit terobati dengan harga jual yang murah tetapi konten atau isi buku tidak murahan.
                                 
Kesimpulan

Dengan melihat dari berbagai sisi, baik sisi kelebihan maupun kekurangannya buku otomatisasi tata kelola perkantoran 2 terbitan penerbit Putra Nugraha dapat dijadikan buku pegangan maupun buku referensi pada pembelajaran mata pelajaran otomatisasi tata kelola keeuangan di kelas XI kompetensi keahlian otomatisasi dan tata kelola perkantoran,

Catatan :
Artikel ini bukan advertorial atau iklan tetapi ditulis untuk berbagi pengalaman dengan sesama rekan guru yang mengajar mata pelajaran otomatisasi tata kelola keuangan.

Dalam rangka memperbaiki kualitas setiap content artikel yang dipublikasikan di blog ini, pembaca dipersilahkan menuliskan Kritik, saran, atau masukan pada kolom komentar dibawah artikel ini, Terimakasih



10 comments:

  1. Maaf numpang tanya, bukunya beli dimana? Harganya Berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada yang dijual offline maupun online. yang online kalau ga salah ada di bukalapak, dan harganya bisa dilihat disana

      Delete
  2. Replies
    1. Kalau pengalaman saya, dengan mengetik nama fame anugrah akan muncul tokonya

      atau dengan menulis judul bukunya

      kalau untuk linknya, ntar dicoba dulu

      Delete
  3. Tolong informasikan cara mendapatkan buku otomatisasi tata kelola keuangan terbitan nugraha putra

    ReplyDelete
    Replies
    1. buku ini ada di toko fame anugrah bukalapak.
      setelah saya coba cari link-nya, ini link yang bisa dibuka https://www.bukalapak.com/u/duki17

      Delete
  4. KD nya itu untuk semester berapa aja ya?

    ReplyDelete

Media Sosial

Terjemahan

Total Pageviews

Dudu. Powered by Blogger.

Popular Posts

Followers