Saturday, December 28, 2019

Berikut adalah contoh dari RPP Mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Keuangan kelas XII SMK Kompetensi Keahlian OTKP  untuk KD (kompetwnsi Dasar 3.1 Kurikulum 2013 edisi Revisi 2017.  Dalam contoh ini masih banyak hal yang perlu di revisi untuk disesuaikan penerapannya pada sekolah masing-masing.


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 1

Satuan Pendidikan
:
SMKN ..................................
Program Keahlian
:
Manajemen Perkantoran
Kompetensi  Keahlian
:
Otomatisasi Tata Kelola  Pekantoran
Kelas/Semester
:
XII  / 1
Mata Pelajaran
:
Otomatisasi Tata Kelola Keuangan
Satuan Pendidikan
:
SMK/MAK

Kompetensi Inti   :    
·         Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
·         Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
·         Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
·         Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran.
·         Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
·         Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
·         Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Kompetensi Dasar     :        
·         Memahami ruang lingkup dana kas kecil
·         Menerapkan persiapan pengelolaan kas kecil
·         Menerapkan pengelolaan operasional harian kas kecil
·         Mengelompokkan ruang lingkup dana kas kecil
·         Mempersiapkan pengelolaan kas kecil
·         Mengelola operasional harian kas kecil

Indikator           :   
·         Menjelaskan pengertian dana kas kecil
·         Menjelaskan tujuan dibentuknya dana kas kecil
·         Melakukan identifikasi ruang lingkup dana kas kecil
·         Melakukan pengelompokan ruang lingkup dana kas kecil.
·         Menjelaskan persiapan pengelolaan dana kas kecil
·         Menjelaskan prosedur pencatatan penerimaan dan pengeluaran uang
·         Menjelaskan prosedur pengumpulan bukti-bukti tanda pembayaran
·         Melakukan identifikasi pencatatan penerimaan dan pengeluaran uang
·         Menyiapkan kelengkapan bukti-bukti pembayaran
·         Mempersiapkan pengelolaan kas kecil
·         Menjelaskan proses pengajuan uang tunai
·         Mengidentifikasi pencatatan proses penerimaan uang
·         Menjelaskan prosedur monitoring keadaan keuangan
·         Mengidentifikasi proses rekonsiliasi pengakuran data
·         Mengemukakan prosedur pengelolaan  dana  kas kecil
·         Melakukan identifikasi komponen-komponen dalam pengelolaan dana kas kecil
·         Menyiapkan kelengkapan bahan, data, dan informasi terkait pengelolaan dana kas kecil
·         Mengelola dana kas kecil dengan tepat dan akurat sesuai dengan standar prosedur

Alokasi Waktu   :   
   60 jam pelajaran (30 x pertemuan)

A.   Tujuan Pembelajaran

·         Peserta didik dapat menjelaskan pengertian dana kas kecil
·         Peserta didik dapat menjelaskan tujuan dibentuknya dana kas kecil
·         Peserta didik dapat menjelaskan persiapan pengelolaan dana kas kecil
·         Peserta didik dapat menerapkan pengelolaan operasional harian kas kecil
      
      Karakter peserta didik yang diharapkan:
·         Bersahabat/komunikatif, disiplin, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, dan tanggung jawab


B.  Materi Pembelajaran

Ruang lingkup dana kas kecil
      
       Pertemuan Ke-1 s.d. 30
1.      Kas kecil adalah uang kas yang disediakan untuk membayar pengeluaran-pengeluaran yang jumlahnya relatif kecil dan tidak ekonomis bila dibayar dengan cek.
2.      Maksud diadakannya kas kecil adalah agar kesekretariatan tidak perlu meminta dana ke bagian keuangan setiap kali ingin mengeluarkan dana. Karena umumnya, perusahaan akan sering mengeluarkan dana yang relatif kecil untuk berbagai kepentingan.
3.      Pengelolaan dana kas kecil merupakan proses pengelolaan bukti transaksi dana kas kecil sampai pencatatan buku kas kecil di dalam operasional perusahaan. Transaksi-transaksi kecil terjadi setiap hari mulai sejak awal jam operasional perusahaan di pagi hari sampai akhir jam operasional di sore atau malam hari. Untuk itu, perusahaan hendaklah melakukan pengelolaan kas kecil secara baik. 
4.      Pihak-pihak atau fungsi-fungsi dalam perusahaan yang terkait dengan pengelolaan kas kecil, yaitu fungsi kas, fungsi akuntansi, fungsi pemegang dana, fungsi keperluan pembayaran tunai, dan fungsi pemeriksa intern.
5.      Setiap pengeluaran dana kas kecil harus mendapat persetujuan dari pihak yang berwenang. Bukti pengeluaran nya harus disimpan bersamaan dengan sisa uang yang ada pada cash box, karena pemegang kas kecil harus dapat mempertanggungjawabkan uang yang diserahkan. Jadi pemegang kas kecil harus membuat bukti pembukuan (Voucher) sehingga pemegang kas kecil dapat membuktikan dan menunjukkan uang yang tersisa ditambah dengan seluruh jumlah pengeluaran yang tertera dalam bukti pengeluaran berjumlah sama dengan jumlah keseluruhan.
6.      Pelaporan dana kas kecil dilakukan sebagai bentuk pertanggungjawaban terhadap penggunaan dana kas kecil yang telah disediakan oleh perusahaan.   

C.   Metode Pembelajaran

1.      Pendekatan    : Saintifik
2.      Model             : Inquiry learning (Pembelajaran inkuiri)
3.      Metode           : Ceramah, diskusi, dan inkuiri



D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

      Pertemuan Ke-1 s.d. 30
      Pendahuluan (30 Menit)
1.      Guru mempersiapkan secara fisik dan psikis peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan diawali berdoa, menanyakan kehadiran peserta didik, kebersihan dan kerapian kelas, kesiapan buku tulis dan sumber belajar
2.      Guru memberi motivasi dengan membimbing peserta didik memahami ruang lingkup dana kas kecil
3.      Guru mengingatkan kembali tentang konsep-konsep yang telah dipelajari oleh peserta didik yang berhubungan dengan materi baru yang akan dipelajari
4.      Guru melakukan apersepsi melalui tanya jawab mengenai ruang lingkup dana kas kecil
5.      Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
6.      Guru membimbing peserta didik melalui tanya jawab tentang manfaat proses pembelajaran
7.      Guru menjelaskan materi dan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan peserta didik

Kegiatan Inti (2.640 Menit)
Mengamati
·         Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang dana kas kecil.
·         Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang persiapan pengelolaan dana kas kecil.
·         Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang pelaksanaan kas kecil.

Mengumpulkan
·         Mengumpulkan data tentang dana kas kecil.
·         Mengumpulkan data tentang persiapan pengelolaan dana kas kecil.
·         Mengumpulkan data tentang pelaksanaan kas kecil.

Mengolah data
·         Mengolah data tentang dana kas kecil.
·         Mengolah data tentang persiapan pengelolaan dana kas kecil.
·         Mengolah data tentang pelaksanaan kas kecil.

Mengomunikasi
·         Mengomunikasikan konsep dana kas kecil.
·         Mengomunikasikan konsep persiapan pengelolaan dana kas kecil.
·         Mengomunikasikan konsep pelaksanaan kas kecil.
     
Penutup (30 Menit)
1.      Guru membimbing peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran melalui tanya jawab klasikal dan mendorong peserta didik untuk selalu bersyukur atas karunia Tuhan
2.      Guru melakukan refleksi dengan peserta didik atas manfaat proses pembelajaran yang telah dilakukan
3.      Guru memberikan umpan balik atas proses pembelajaran dan hasil telaah individu maupun kelompok
4.      Guru melakukan tes tertulis dengan menggunakan Uji Kompetensi atau soal yang disusun guru sesuai tujuan pembelajaran
5.      Guru dapat meminta peserta didik untuk meningkatkan pemahamannya tentang konsep, prinsip atau teori yang telah dipelajari dari buku-buku pelajaran yang relevan atau sumber informasi lainnya
6.      Guru merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik
7.      Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya

E.   Alat, Media, dan Sumber Belajar

1.      Alat                              :  -
2.      Media                          :  PowerPoint            
3.      Sumber belajar          :
·      Buku paket 
·      Buku lain yang relevan
·      Buku Otomatisasi Tata Kelola Keuangan kelas XII

F.   Penilaian
1.      Teknik/jenis               :  kuis, tugas individu/kelompok, unjuk kerja, dan portofolio
2.      Bentuk instrumen     :  pertanyaan lisan, tes tertulis, dan pengamatan sikap
3.   Pedoman penskoran :

            Penilaian Sikap
No.
Aspek yang Dinilai
Teknik Penilaian
Waktu Penilaian
Instrumen Penilaian
Keterangan
1.
Disiplin  
Pengamatan
Proses
Lembar pengamatan

2.
Kreatif
Pengamatan
Proses
Lembar pengamatan

3.
Mandiri
Pengamatan
Proses
Lembar pengamatan

4.
Rasa ingin tahu
Pengamatan
Proses
Lembar pengamatan

5.
Tanggung jawab
Pengamatan
Proses
Lembar pengamatan


Keterangan:
1.      BT (Belum Tampak), jika sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas
2.      MT (Mulai Tampak), jika menunjukkan sudah ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas tetapi masih sedikit dan belum ajeg/konsisten
3.      MB (Mulai Berkembang), jika menunjukkan ada usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas yang cukup sering dan mulai ajeg/konsisten
4.      MK (Membudaya), jika menunjukkan adanya usaha sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas secara terus-menerus dan ajeg/konsisten
           
Penilaian Hasil
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
1.         Menjelaskan pengertian dana kas kecil
2.         Menjelaskan tujuan dibentuknya dana kas kecil
3.         Melakukan indentifikasi ruang lingkup dana kas kecil
4.         Melakukan pengelompokan ruang lingkup dana kas kecil
5.         Menjelaskan persiapan pengellaan dana kas kecil
6.         Menjelaskan prosedur pencatatan penerimaan dan pengeluaran uang
7.         Menjelaskan prosedur pengumpulan bukti-bukti tanda pembayaran
8.         Melakukan indentifikasi pencatatan penerimaan dan pengeluaran uang
9.         Menyiapkan kelengkapan bukti-bukti pembayaran
10.      Mempersiapkan pengelolaan kas kecil
11.      Menjelaskan proses pengajuan uang tunai
12.      Mengidentifikasi pencatatan proses penerimaan uang
13.      Menjelaskan prosedur monitoring keadaan keuangan
14.      Mengidentifikasi proses rekonsiliasi pengakuratan data
15.      Mengemukakan prosedur pengelolaan dana kas kecil
16.      Melakukan indentifikasi komponen-komponen dalam pengelolaan dana kas kecil
17.      Menyiapkan kelengkapan bahan, data, dan informasi terkait pengelolaan dana kas kecil
18.      Mengelola dana kas kecil dengan tepat dan akurat sesuai dengan standar prosedur
Tes tertulis
Uraian
1.    Sebutkan tujuan dibentuknya kas kecil!
2.      Sebutkan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pengeluaran kas!
3.      Sebutkan karakteristik dari dana kas kecil!
4.      Apa yang dimaksud dengan dana kas kecil?
5.      Jelaskan mengenai pemeriksaan saldo kas secara fisik!


Mengetahui
Kepala Sekolah

………………, ………………...... 2020
Guru Mata Pelajaran


____________________________


            


                      


__________________________________

0 komentar:

Post a Comment

Media Sosial

Terjemahan

Total Pageviews

Dudu. Powered by Blogger.

Popular Posts

Followers