Monday, August 07, 2017

Belanja online atau belanja lewat toko yang jualan melalui jaringaan internet, sudah hal yang lazim pada zaman sekarang ini. Selain bisa mendapatkan barang berkualitas dengan harga murah juga tersedia begitu banyak pilihan baik model barang yang ditawarkan maupun jumlah penjual yang banyak dengan menawarkan variasi harga untuk barang yang sama (dari harga yang termurah sampai dengan yang termahal). 



Toko Online seperti halnya toko offline (toko tradisional) memiliki beragam bentuk, mulai dari toko kecil dan mandiri, toko besar mandiri, mall online, sampai pasar online atau yang lebih dikenal dengan market place.



Contoh toko online :
- Belbuk.com
- Arloji.com
- Ducas.com
- Gramedia Online.com 
- Dan banyak lagi

Contoh Mall online
- Lazada.co.id 
- Blibli.com 
- Zalora.com
- Bhineka.com
- JD.id
- Mataharimall.com
- Dan banyak lagi

Contoh Market Place/Pasar Online
- Tokopedia.com
- Bukalapak.com
- Shopee.com
- Belanja.com
- Elevania.com
- Alfacart.com
- dan lain lain

Apa sih bedanya antara Mall online dengan Market Place?

Mall Online adalah layaknya Mall konvensional dimana yang punya mall jualan sendiri, juga dia menyediakan lapak untuk penjual lain atau istilah nya seller berjualan di toko nya, bahkan dia juga jualan barang konsinyasi.

Sementara Market Place adalah layaknya pasar konvensional, dimana yang punya pasar tidak berjualan, tetapi sepenuhnya penjualan barang dilakukan oleh pelapak.


Apakah beli barang secara online aman?

Itulah pertanyaan yang selalu menghantui di benak pembeli online pemula.



Berdasarkan pengalaman penulis pribadi, saya juga pernah merasakan hal itu. Makanya sebagai percobaan membeli barang secara online yaitu beli jam tangan secara online yang harganya paling murah. Kala itu saya membeli jam tangan dari lazada merk yazole dengan harga @Rp39.000,-. 

Saya berpikir kala itu kalau tertipu juga nilai rupiahnya tidak terlalu tinggi. Saya beli dengan pembayaran transfer bank.

Apa yang dikhawatirkan ternyata tidak terbukti, karena barang yang dipesan datang setelah 3 hari dari tanggal pemesanan dan pembayaran. Barang dalam kondisi baik dan sesuai dengan yang ditawarkan di situs web lazada.


Berawal dari sini saya mulai berani membeli barang secara daring dengan nilai nominal yang lebih besar lagi. Pembelian tidak hanya dilakukan di Lazada, kemudian mencoba berbelanja ditempat lain seperti Tokopedia, Bukalapak, Blibli, Belbuk, Elevenia, Shopee dan di tempat lain.

Selamat mencoba belanja online.

0 komentar:

Post a Comment

Media Sosial

Terjemahan

Total Pageviews

Dudu. Powered by Blogger.

Popular Posts

Followers