Tuesday, August 08, 2017

Apakah pembayaran untuk pembelian barang secara online aman ?

Itu adalah pertanyaan yang selalu ada dipikiran calon pembeli atau pembeli pemula pembelian barang secara online.
Saya juga pernah mengalami hal yang sama, perasaan was was dan ragu-ragu serta ketakutan akan keamanan uang yang dibayarkan untuk beli barang secara online. Menurut pengalaman saya pribadi setelah mencoba berbelanja secara online ternyata kekhawatiran tersebut tidak perlu ada, sepanjang kita membeli barang dari toko online atau mall online yang dapat dipercaya.


Muncul pertanyaan dari mana kita dapat mengetahui sebuah toko atau Mall online itu aman atau dapat dipercaya?

Di postingan ini saya akan mencoba berbagi pengalaman tentang belanja online, sekaitan dengan keamanan pembayaran.

Ada banyak metoda pembayaran untuk beli barang secara online, disini akan dibahas hanya metoda pembayaran yang paling banyak di lakukan oleh pembeli, diantaranya yaitu :

1.     Cash On Delivery atau lebih dikenal COD

Pada sistem pembayaran ini pembayaran dilakukan oleh pemesan/pembeli setelah barang tiba di alamat yang dituju, dalam hal ini alamat pembeli. 

Pembayaran diserahkan kepada kurir yang mengantarkan barang. Bisa kurir dari toko penjual atau kurir dari pihak ekspedisi yang ditugaskan mengantarkan.


Menurut saya metoda ini adalah metoda yang paling aman bagi pembeli, namun metoda ini memiliki kekurangan dimana tidak semua daerah dapat dilayani, biasanya COD hanya berlaku di kota besar atau kota kota tertentu.

Seiring perkembangan dalam sistem pembayaran dengan adanya pembayaran secara langsung kepada kurir seperti JNE maka layanan COD ini bisa menjangkau wilayah yang lebih luas.


2.     Transfer Bank

Metode ini adalah metode yang paling banyak digunakan. dari segi keamanan baik bagi pembeli maupun penjual adalah yang relatif paling aman. Bagi pembeli uang yang dtarnsfernya sangat aman apabila membeli dari toko online atau mall online yang terpercaya. 

Karena uang yang ditransfer masuk ke rekening bersama milik mall online atau market place dan baru akan dibayarkan atau dicairkan kepada penjual atau seller apabila barangnya sudah diterima pembeli dengan baik. Bagi penjual juga aman karena barang akan dikirim apabila pembeli sudah melakukan pembayaran.


Metoda transfer bank, dapat dilakukan melalui teller, ATM, Atau SMS banking maupun Mobile banking.

3.     Menggunakan Kartu Kredit

Metode pembayaran dengan menggunakan kartu kredit sebenarnya hampir mirip dengan metode transfer bank, Cuma bedanya adalah sistem pembayaran ini hanya dapat dilakukan oleh mereka yang memiliki kartu kredit.

Metoda pembayaran dengan kartu kredit ini memiliki keunggulan yang tidak bisa didapatkan dengan metode pembayaran lain, diantaranya pengguna pembayaran bisa memperoleh diskon khusus dari bank penerbit kartu kredit tertentu.

Benefit lain adanya fasilitas cicilan 0% alias cicilan tanpa bunga, dengan rentang waktu 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan sampai 24 bulan. Persetujuan cicilan 0% dari bank penerbit kartu kredit tergantung tersedianya limit kredit permanen yang tersedia pada rekening kartu kredit nasabah pembeli yang bersangkutan.

Persetujuan cicilan 0% memerlukan waktu persetujuan dari bank penerbit kartu kredit maksimal 10 hari kerja.

4.     Pembayaran melalui partner toko online

Bagi para pembeli yang tidak memiliki rekening tabungan atau kartu kredit di bank, Pembayaran pembelian online dapat dilakukan melalui partner yang bekerjasamna dengan toko tersebut, seperti Kantor Pos, Alfamart, maupun indomaret, yang seperti kita ketahui keberadaanya tersebar di seluruh indonesia.

5.     Dan banyak lagi metoda pembayaran yang dapat digunakan.

Dari mana mengetahui sebuah toko online itu aman?

Aman tidaknya bisa diketahui dari berbagai asfek yang dapat kita telusuri sebelum kita melakukan pembelian, diantaranya

1.     Testimony atau kesaksian

Testimony atau kesaksian dari mereka yang pernah membeli product dari toko tersebut, biasanya toko online yang dapat dipercaya selalu menyediakan kolom testimony atau kesaksian atau ulasan terhadap barang yang dibelinya. 


Mohon diingat testimony yang dijadikan referensi adalah ulasan dari pembeli yang terverifikasi. Jadi bukan testimony atau ulasan dari pembeli palsu.


Contoh Testimoni di Tokopedia


Contoh : Ringkasan Ulasan di Tokopedia

2.     Forum Diskusi

Kita dapat mencari referensi dari forum-forum yang membahas aman tidaknya toko online yang berencana kita beli produknya.

Selamat berbelanja dengan nyaman dan aman !


Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Media Sosial

Terjemahan

Total Pageviews

Dudu. Powered by Blogger.

Popular Posts

Followers

Ikuti Dengan Email