Tuesday, August 01, 2017

Silabus ini bersumber dari KI/KD Mapel Administrasi Umum Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 yang resmi diterbitkan pada tanggal 9 Juni 2017 oleh Direktur Jendral Pendidikan dasar dan Menengah KEMDIKBUD dengan Nomor : 30/D.D5/KEP/KR/2017.

Mata pelajaran ini sebenarnya bukan Mapel baru karena sebelumnya sudah ada dengan nama Pengantar Administrasi Perkantoran. Mata Pelajaran Admisitrasi Umum pada kurikulum 2013 edisi 2016 bernama Pengantar Administrasi Perkantoran pada kurikulum 2013 edisi revisi 2017 tidak hanya diajarkan di bidang keahlian Bisnis Manajemen tetapi juga diajarkan di kompetensi keahlian Akomodasi Perhotelan yang merupakan bagian dari Bidang keahlian Pariwisata. 

Administrasi Umum di keahlian Akomodasi Perhotelan memiliki KI/KD yang berbeda dengan Administrasi Umum di bidang keahlian Bisnis Manajemen. Untuk KI/KD Administrasi Umum dapat dilihat di tautan artikel KI KD Administrasi Umum SMK

Silabus Administrasi Umum yang dimuat pada artikel ini memiliki KI/KD   khusus untuk bidang keahlian Bisnis Manajemen yang terdiri dari keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran, Bisnis Daring dan Pemasaran, Akuntansi keangan lembaga, Perbankan dan Keuangan Mikro, serta Perbankan Syariah.


Ada sisi yang berbeda antara Mata pelajaran Administrasi Umum dengan mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran, selain diajarkan di Bidang keahlian Pariwisata, juga hanya di ajarkan di kelas X selama 2 semester dengan alokasi waktu 2 jam pertemuan tiap minggu-nya, sementara untuk mapel Pengantar Administrasi Perkantoran diajarkan di kelas X dan kelas XI atau dari semester 1 sampai dengan semester 4 dengan alokasi waktu 2 jam pertemuan per minggu.

Agar dapat melihat tabel silabus Administrasi Umum dengan jelas dapat menggunakan Browser Google chrome


SILABUS MATA PELAJARAN
ADMINISTRASI UMUM


Satuan Pendidikan   : SMK
Kelas /Semester        : X /Semester 1
Kompetensi Inti:
 KI 1: Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
 KI 2: Menghayati dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
 KI 3: Memahami, menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah.
 KI 4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.


Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Kelas X Semester 1




3.1.  Memahami administrasi
4.1  Mengelompokan jenis-jenis administrasi

 Filsafat  dan kelompo Administrasi
·         Pengertian  Administrasi
·         Unsur-unsur Administrasi
·         Fungsi administrasi
·         Tujuan administrasi
·         Mamfaat administrasi
·         Perkembangan administrasi
·         Jenis- jenis  administrasi
·         Pengelompokkan administrasi
·         Menyajikan  jenis-jenis kelompok administrasi
Mengamati
Mengamati aktivitas administrasi di sekolah/kantor terdekat sebagai bentuk keteraturan atas kebesaran Tuhan yang menciptakannya.

Menanya
Memberikan kesempatan peserta dididk menanyakan hal yang berkaitan dengan kegiatan administrasi

Eksperimen/explore
Mencari informasi mengenai filasafat administrasi  dan kelompok administrasi

Asosiasi
Menghubungkan   filsafat administrasi dengan kelompok  adaministrasi dengan perilaku efektif dan efisien

Komunikasi
Mempresentasikan kelompok kelompok administrasi.
Tugas
Membuat bahan paparan mengenai filasat  Administrasi
Observasi
Mengamati perilaku peserta didik selama melakukan pembelajaran

Portofolio
Dapat berupa Artikel, Foto, Gambar, Ringkasan, Resensi mengenai flasafat dan kelompok  adminstrasi
Penilaian Produk
Penilaian bahan paparan peserta didik.
Penilaian Kinerja
Penilaian pada saat peserta didik dalam mempresentasikan bahan paparan yang dibuatnya
Tes
Melakukan tes untuk mengetahui pemahaman peserta didik terhadap paradigma dan filosofis Administrasi Perkantoran
2 MG X 2  JP



Filasaft administrasi




Ilmu administrasi





Pegantar Ilmu administrasi bisnis
3.2.  Menganalisi  jabatan, tugas dan uraian pekerjaan   
4.2. Membuat uraian tugas setiap tingkatan jabatan pada dministrative

Organisasi
·         Prinsip organisasi
·         Tujuan organisasi
·         Jabatan dalam organisasi
·         Ttingkatan jabatan dalam organisasi
·         Uraian tugas dalam jabatan administrasi






























Mengamati
Mengamati dokumen mengenai prinsip – prinsip organisasi,  perkantoran dari berbagai sumber.

Menanya
Mendiskusikan masalah terkait prinsip organisasi, menganalisis  jabatan, membuat uraian tugas dalam jabatan administrasi
Eksperimen/explore
Mengidentifikasi setiap uraian tugas dan tanggung jawab  dalam organisasi .

Asosiasi
Mengkaitkan hubungan antara jabatan dalam administrasi  dengan  uraian tugas dan tanggung jawab  
Membuat kesimpulan mengenai jabatan dalam organisasi , tugas dan tanggung jawab sebagai kegiatan administrasi

Komunikasi
Menyampaikan secara individu atau kelompok hasil kesimpulan mengenai membuat uraian tugas  setiap tingkatan jabatan pada kegiatan administrasi

Tugas
Melakukan jabatan, tugas dan uraian pekerjaan pada kegiatan administrasi
Portofolio
Menilai proses dan hasil kerja peserta didik berupa rangkaian proses sehingga terlihat kemajuan aspek tertentu mulai dari tahap awal sampai tahap akhir dalam administrasi
Tes
Melakukan tes untuk mengetahui pemahaman peserta didik terhadap tugas dan uraian pekerjaan pada kegiata  administrasi
2 MG X 2 JP
Imu Organisasi

Administrasi Perkantoran Modern , The Liang Gie




























3.3  Menganalisis persyaratan personila administrasi

4.3. Menyusun  persyaratan personil administrasi

Administrasi kepegawaqian
·         Personil Administrasi
·         Persyaratan Personil administrasi

Menyususn persyaratan personil administrasi

Mengamati
Mengamati aktivitas di kantor  atau sekolah tentang  personil kantor dan  persyaratan perosonil kantor dalam kantor
Meyakini bahwa memimpin dan dipimpin merupakan pengamalan perintah Tuhan yang harus dilakukan secara sungguh-sungguh

Menanya
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal personil kantor untuk memecahkan masalah administrasi

Eksperimen/explore
Menysun persyaratan personil  administrasi,  kantor dekat lingkungan sekolah

Asosiasi
Mengaplikasikan sikap dan prilaku efektif dan efisien dalam aktivitas di kelas. Khususnya dalam penerapan penyususnan persyaratan personil kantor

Komunikasi
Mempresentasikan hasil observasi tentang menyusun persyaratan personil administrasi

Tugas
Melakukan kajian dokumen untuk persyaratan personil kantor
Portofolio
Menilai proses dan hasil kerja peserta didik berupa rangkaian proses sehingga terlihat kemajuan aspek tertentu mulai dari tahap awal sampai tahap akhir dalam penerapan persyaratan personil kantor
Tes
Melakukan tes untuk mengetahui pemahaman peserta didik persyaratan personil kantor
3 MG X 2 JP
Administrasi Kepergawaian, AW. Wijaya

Pengantar Administrasi

Administrasi Perkantoran Modern, The Liang Gie




















3.4.    Memilih bentuk struktur organisasi
4.4.   Membuat struktur organisasi sesuai kebutuhan
Struktur Organisasi
·         Bentuk bentuk struktur organisasi

Membuat struktur organisasi




Mengamati
Mengamati berbagai bentuk Struktur organisasi di lingkungan sekolah dan menyadari kebesaran Tuhan Yang menciptakan.

Menanya
Mendiskusikan bentuk-bentuk struktur organisasi di lingkungan sekitar sekolah dan hubungan dengan bentuk organisasi serta dampaknya  dalam kehidupan masyarakat

Eksperimen/explore
Mengidentifikan bentuk- bentuk struktur organisasi dan hubungannya jabatan berdasarkan hasil pengamatan . 

Asosiasi
Mengaitkan hubungan jabatan dalam organisasi dengan struktur organisasi  dan aplikasinya pada organisasi

Komunikasi
Mempresentasikan hasil observasi terhadap Macam- macam bentuk struktur organisasi

Tugas
Melakukan observasi untuk mengidentifikasi jenis-jenis bentuk-bentuk stuktur organisasi  dan hasil jasas atau produk pekerjaan dalam bentuk laporan hasil observasi.
Observasi
Penilaian terhadap peserta didik selama melakukan observasi, mengerjakan tugas, dan pada saat melakuan presentasi.
Produk
Laporan tertulis kelompok hasil observasi
Tes Tertulis
Melakukan tes untuk mengetahui pemahaman bentuk –bentuk struktur organiasi
2 MG X 2 JP
Ilmu organisasi


Administrasi Perkantoran Modern , The Liang Gie















3.5.        Memahami fungsi-fungsi manajemen

4.5.         Mengklasifikasikan fungsi-fungsi manajemen












Manajemen
·         Fungsi manajemen
·         Menerapkan fungsi manajmenen dalam pekerjaan administrasi

Mengamati
Mengamati fungsi manajemen lingkungan sekitar sekolah dan menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan segala sesuatu itu teratur.
Menanya
Mendiskusikan bentuk-fungsi fungsi manajemen sekitar sekolah dan hubungannya dengan klasifikasi fungsi- fungsi manajemen, serta dampaknya dalam kehidupan masyarakat
Eksperimen/explore
Mengidentifikasi fungsi-fungsi manajemen  dan hubungannya dengan penyelesaian tugas pengamatan
Asosiasi
Mengaitkan hubungan jabatan dalam organisasi dengan fungsi manajemen organisasi di kelas/sekolah.
Membuat sesuai dengan kajian kelompok.
Komunikasi
Mempresentasikan fungsi fungsi manajemen dalam organisasi kelas/sekolah/kantor  sesuai dengan kajian kelompok

Tugas
Membuat kesimpulan tentang  fungsi – fungsi manajemen dengan kajian kelompok
Observasi
Pengamatan terhadap keaktivan peserta didik selama melakukan observasi dan diskusi
Tes
Melakukan tes untuk mengetahui pemahaman peserta didik terhadap fungsi – fungsi manajemen
2 MG X 2 JP
Dasar – Dasr manajemen

Filsafat Administrasi

Kompetensi Dasar untuk semester 2 dimulai dari KD 3.7 dan 4.7., untuk selengkapnya ada di tabel silabus dibawah ini.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
3.6  Menerapkan prosedur
     pencatatan surat/dokumen     surat keluar
4.6.  Melakukan prosedur pencatatan dokumen/ dokumen  surat masuk dan  keluar
System dan prosedur dokumen
·       Sistem dan prosedur administrasi
·       System dan prosedur pengelolaan  surat/ dokumen
·       System pengelolaan dokumen dengan buku agenda
·       Sistem pengelolaan surat masuk dalam organsiasi
·       Sistem pengelolaan surat keluar dalam organsiasi

Mengamati
Mengamati sistem dan prosedur pengeloloaan deokumen surat masuk dan keluar menggunakan panca indera secara efektif dan efisien berdasarkan nilai-nilai agama yang dianut

Menanya
Mendiskusikan system dan prosedur administrasi, pengelolaan dokumen untuk surat masuk dan keluar, dalam  kegiatan administrasi
Eksperimen/explore
Mengidentifikasi pengelolaan dokumen dengan sistem buku  agenda untuk surat masuk dan surat keluar
Asosiasi
Mengaitkan konsep pengelolaan surat/ dokumen  yang dilakukan di perkantoran dari berbagai sumber

Komunikasi
Mengkomunikasikan pendapat secara individu dan kelompok sebagai system dan prosedur pengelolaan dokumen  dari berbagai sumber

Tugas
Membuat kesimpulan tentang  Sistem dan prosedur administrasi dalam pengelolaan dokumen. Surat masuk dan keluar
Kinerja
Menilai kinerja peserta didik ketika mengkomunikasikan pendapat sekaligus sebagai praktik mengelola dokumen surat masuk dan surat keluar dengan buku agenda. Maengunakan lembar disposisi, ekspedisi
Sikap
Menilai tanggapan dan pandangan peserta didik terhadap adanya prosedur pengelolaan dokumen  surat masuk dan surat keluar

Tes
Melakukan tes untuk pengelolaan dokumen dengan system buku agenda , menggunakan lembar disposisi dan buku ekspedisi
4 MG X 2 JP
Administrasi Kearsipan

Administrasi Perkantoran Modern















KELAS  X SEMESTER 2






3.7. Menerapkan prosedur penataan  surat /dokumen  


4.7.   Melakukan penataan surat/ dokumen sesuai dengan system yang berlaku

Sistem Kearsipan

·         Pengertian  sistem Kearsipan
·         Jenis-jenis filing sistem
·         System Tanggal ( Chronological filling system)
·         Sistem Wilayah ( Geographical filling system)
·         Sistem  Abjad (Alphabetical filling system)
·         Sistem Nomor( Numerical filling system)
·         Sistem pokok Masalah ( Subject filling system)
Menyusun  dokumen dengan system fillling


Mengamati
Mengamati system kearsipan yang terjadi di sekolah atau kantor terdekat dengan kajian pemikiran secara efektif dan efisien berdasarkan nilai-nilai agama yang dianut

Menanya
Memberi kesempatan peserta didik untuk menanyakan tentang Penerapan prosedur penataan surat / dokumen dan system  filling

Eksperimen/explore
Menerapakan prosedur penataan surat/dokumen yang berlaku di berbagai organisasi  dan melakukan penataan surat/ dokumen sesuai dengan system yang berlaku dan
menganalisis kelebihan dan kekurangan.
Secara berkelompok dari berbagai sumber

Asosiasi
Menerapkan prosedur penataan surat /dokumen dan melakukan penataan dokumen sesuai dengan system yang berlaku dan penerapannya  dalam organisasi dari berbagai sumber

Komunikasi
Mempresentasikan Penerapan prosedur penataan surat /dokumen dan penerapan system filling dalam organisasi secara individu/kelompok secara tertulis.

Tugas
Membuat kesimpulan mengenai prosedur penataan surat/ dokumen
Menilai kinerja peserta didik ketika  Penataan surat/dokumen
memperhatikan semua system filling yang digunakan

Observasi
Pengamatan terhadap keaktifan peserta didik selama melakukan diskusi dan presentasi

Portofolio
Menilai proses dan hasil kerja peserta didik berupa rangkaian proses sehingga terlihat kemajuan aspek tertentu mulai dari tahap awal sampai tahap akhir dalam prosedur penataan penataan surat/ dokumen
Tes
Melakukan tes untuk mengetahui Penerapan prosedur penataan surat/ dokumen dan Melakukan penataan  surat/dokumen sesuai dengan system yang berlaku

4 MG X 2 JP
Administrrasi Kearsipan




















3.8.  Memilih peralatan kantor dalam kegiatan administrasi

4.8.    Menggunakan peralatan kantor  dalam kegiatan administrasi

Fasilitas Kantor
·         Pengertian  Peralatan kantor
·         Jenis-jenis peralatan kantor
·         Memilih  peralatan kantor  dlam kegiatan adminnistrasi


Menggunakan peralatan kantor dalam kegiatan administrasi



Mengamati
Mengamati berbagai peralatan  yang digunakan di sekolah atau kantor dengan menggunakan panca indera secara efektif dan efisien berdasarkan nilai-nilai agama yang dianut

Menanya
Mendiskusikan dengan teman teman dalam satu kelompok tentang pengertian peralatan kantor jenis-jenis peralatan kantor  dan memilih peralatan

Eksperimen/explore
Memilih peralatan kantor dalam kegiatan administrasi dan menggunakan peralatan kantor dalam kegiatan administrasi di berbagai  organisasi  .
  
Membuat denah atau sketsa tata letak fasilitas dan lingkungan kantor berdasarkan hasil pengamatan

Asosiasi
Membuat kajian tentang keterkaitan antara peralatan kantor dengan menggunakan peralatan kantor dalam kegiatan administrasi  

Komunikasi
Mempresentasikan laporan hasil pengamatan, dan penjelasan peralatan kantor, jenis peralatan kantor ,memilih peralatan kantor serta menggunakan perlatan kantro dan menjadikan desain dalam penggunakan peralatan kantor
Tugas
Membuat laporan hasil pengamatan, peralatan kantor jenis-jenis serta penggunaan peralatan kantor  dalam organisasi  kantor beserta penjelasannya.

Kinerja
Menilai kinerja peserta didik ketika mempresentasikan laporan hasil pengamatan, dan pemilihan peralatan kantor dan penggunaan peralatan kantor.

Produk
Menilai denah atau sketsa tata letak peralatan kantor  dalam  organisasi

Tes
Melakukan tes untuk mengetahui pemahaman peserta didik pemeilihan peralatan kantor serta penggunaan perlatan kantor dalam organisasi serta membuat desain penataannya.
 2 MG X 2 JP
Administrasi Perkantoran Modern


Ilmu Administrasi
3.9 Menerapkan tata ruang kerja/ kantor (office layout)

4.9.  Melakukan penataan  tata ruang kerja kantor ( office layout)
Tata Ruang  kerja / kantor
·         Pengertian tata ruang kerja/ kantor
·         Macam-macam tata ruang kerja/ kantor
·         Pedoman penataan tata ruang kerja / kantor
·         Azas –azas tata ruang kerja/ kantor

Menata tata ruang kerja/kantor ( Office layout)

Mengamati
Mengamati berbagai  tata ruang kantor  yang digunakan di sekolah atau kantor dengan menggunakan panca indera secara efektif dan efisien berdasarkan nilai-nilai agama yang dianut

Menanya
Mendiskusikan dengan teman – teman dalam satu kelompok  tentang pengertian tata ruang , macm-macam tata ruang, pedoman penataan tata ruang dan azas – azas penataan tata ruang kerja / kantor

Eksperimen/explore
Penataaan tata ruang  kantor di sekolah atau kantor terdekat.
  
Membuat denah atau sketsa tata ruang kantor /kerja  berdasarkan hasil pengamatan

Asosiasi
Mengaitkan hubungan antara azas dan pedoman  tata ruang kantor/kerja dengan penerapan nya berbagai sumber

Komunikasi
Mempresentasikan laporan hasil pengamatan penataan ruang kerja/ kantor serta penerapannya dalam bentuk desain  menyampaikan analisis tata letak secara individu /kelompok secara tertulis.
Tugas
Membuat laporan hasil pengamatan, penerpan tata ruang kerja/kantor (Office layout) beserta penjelasannya.

Kinerja
Menilai kinerja peserta didik ketika mempresentasikan laporan hasil pengamatan, dan melakukan penataan tata ruang kantor (office layout)

Produk
Menilai denah atau sketsa tata letak peralatan kantor  dalam  organisasi

Tes
Melakukan tes untuk mengetahui pemahaman peserta didik pemeilihan peralatan kantor serta penggunaan perlatan kantor dalam organisasi serta membuat desain

2 MG X 2JP ‘
Administrasi Perkantoran Modern, The Liang Gie



Ilmu Oganisasi









3.10    Menerapkan  komunikasi di tempat kerja

4.10.      Melakukan komunikasi di tempat kerja
Komunikasi di tempat kerja
·         Pengertian komunikasi  di tempat kerja
·         Proses komunikasi
·         Unsur-unsur komunikasi
·         Etika komunikasi
·         Komunikasi di tempat kerja

Melakukan komunikasi
·       Memrima tamu
·       Penanganan telpon kantor.

Mengamati
Mengamati berbagai bentuk- bentuk komunikasi yang terjadi diberbagai organisasi secara efektif dan efisien berdasarkan nilai-nilai agama yang dianut

Menanya
Mendiskusikan dengan teman-teman  dalam satu kelompok proses komunikasi, unsure-unsur komunikasi, etika komunikasi ditempat kerja
Eksperimen/explore
Penerapan komunikasi di tempat di tempat kerja dan menganalisis  kelemahan dan keuntungan setiap penerapan komunikasi
berbagai kantor

Asosiasi
Mengaitkan konsep dengan praktek komunikasi yang dilakukan ditempat kerja / di kantor dari berbagai sumber
Komunikasi
Mengkomunikasikan pendapat secara individu dan kelompok sebagai bentuk praktik berkomunikasi terkait konsep dan praktik komunikasi di tempat kerja / kantor dari berbagai sumber
Tugas
Membuat laporan hasil pengamatan, penerapan komunikasi ditempat kerja,.

Kinerja
Menilai kinerja peserta didik ketika mempresentasikan laporan hasil pengamatan, penrapan komunikasi ditempat kerja.

Sikap
Menilai tanggapan dan pandangan peserta didik terhadap adanya  mis komunikasi melalui berbagai istrumen
Tes
Melakukan tes untuk mengetahui pemahaman peserta terhadap penerapan komunikasi di tempat kerja

3 MG X 2JP
Etikan Komunikasi dalam kantor
3.11. Menerapkan tata cara pencatatan keuangan sederahana

4.11.  Melakukan pencatatan keuangan sederhana
Fasilitas Kantor
·         Pencatatan keuangan sederhana
·         Kas kecil
·         Metode pencaatan kas kecil
·         Laporan kas kecil

Melakukan pencatatan keuangan sederhana


Mengamati
Mengamati berbagai ystem pencatatan keuangan sederhana  (kas kecil) dengan  panca indera secara efektif dan efisien berdasarkan nilai-nilai agama yang dianut

Menanya
Mendiskusikan dengan teman tentang pengertian Kas kecil, metode pencaatan kas kecil dan membuat laporan kas kecil

Eksperimen/explore
Mengidentifikasi Penerapan tata cara/ prosedur  pencatatan keuangan sederhana dan melakukan pencatatan keuangan sederhana  berdasarkan hasil pengamatan

Asosiasi
Membuat kajian penyususnan laporan kas kecil
Komunikasi
Mempresentasikan laporan hasil pengamatan, penyusunan kas kecil dari berbagai sumber .
Tugas
Membuat laporan pencatatan keuangan sederhana beserta penjelasannya.


Kinerja
Menilai kinerja peserta didik ketika mempresentasikan laporan hasil pengamatan,

Produk
Menilai laporan hasil kas kecil serta dokumen-dokumen pendukungnya
Tes
Melakukan tes untuk mengetahui pemahaman peserta didik menerapkan prosedur  pencatatan kkeuangan sederhana dan melakukan pencatatan keuangan sedrerhana.

3 MG X  2JP
Administrasi Keuangan

Pengelolaan Kas 
3.12 Mengevaluasi kegiatan administrasi kantor

4.12 Membuat laporan kegiatan administrasi kantor
Evalasi Kegiatan 
·         Pengertian Evaluasi kegiatan administrasi kantor
·         Membuat evaluasi kerja administrasi kantor
·         Membuat laporan kegiatan administrasi kantor . Lingkungan kantor



Mengamati
Mengamati berbagai kegiatan administrasi  dalam kantor  sebagai bahan untuk evaluasi kegiatan kantor  menggunakan panca indera secara efektif dan efisien berdasarkan nilai-nilai agama yang dianut

Menanya
Mendiskusikan dengan teman  dan guru tentang evaluasi kegiatan administrasi kantor  dan membuat laporan kegiatan adminstrasi kantor

Eksperimen/explore
Mengidentifikasi kegiatan administrasi kantor dan
  
Membuat  laporan evaluasi kegiatan administrasi kantor berdasarkan hasil pengamatan

Asosiasi
Membuat kajian evaluasi kegiatan administrasi kantor   di perkantoran terdekat

Komunikasi
Mempresentasikan laporan hasil pengamatan, laporan laoran kegiatan administrasi kantor
Tugas
Membuat laporan laporan kkegiatan administrasi kantor.


Kinerja
Menilai kinerja peserta didik ketika mempresentasikan laporan kegiatan administrasi kantor

Produk
Menilai laporan kegiatan administrasi kantro
Tes
Melakukan tes untuk mengetahui pemahaman peserta didik evaluasi kegiatan administrasi  dan membuat laporan kegiatan administrasi

3 MG X 2 JP
Administrasi Perkantoran Modern, The Liang Gie






Tatacara penulisan laporan

Sekaitan dengan buku pegangan yang kemungkinan bisa digunakan untuk mata pelajaran administrasi umum dapat di buka atau klik pada tautan artikel berikut dengan judul Ulasan Buku Administrasi Umum Untuk SMK dan MAK

Semoga silabus ini bermanfaat bagi guru yang mengajar mata Pelajaran Administrasi Umum di SMK untuk Bidang Keahlian Bisnis Manajemen. Silahkan tulis komentar pada kolom komentar dibawah artikel ini.



7 comments:

  1. salam mas ganteng, itu kolom wornya terlalu lebar hingga keluar dari kolom post blog, jadi terlihat agak berantakan. happy blogging..

    ReplyDelete
  2. Waalaikumsalam. Iya mas tapi kalau dibuka di browser Chrome kelihatan rapi, tergantung browsernya. Happy blogging juga. trims

    ReplyDelete
  3. Apakah sudah ada yang mengeluarkan untuk RPP dan buku pegangan guru untuk Mapel Administrasi Umum. Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk RPP administrasi umum yang saya ketahui belum ada yang merelease resmi, tetapi rata-rata modifikasi dari pengantar administrasi Perkantoran
      Untuk buku pegangan Administrasi Umum sudah ada yang menerbitkan yaitu salah satu penerbit dari Bandung.
      trims juga

      Delete
  4. Terima kasih banyak,,,, Sangat membantu dalam menan=mbah informasi kami ,,,,,

    ReplyDelete
  5. BAGAIMANA CARA MENDONWLOADNYA,BISA MINTA TOLONG YANG PUNYA RPP ADMINISTRASI UMUM BOLEH DISHARE SEBAGAI ACUAN THANKS

    ReplyDelete
  6. bisa mintak tolong di share administrasi umum ka 13 untuk kelas x thanks

    ReplyDelete

Media Sosial

Terjemahan

Total Pageviews

Dudu. Powered by Blogger.

Popular Posts

Followers