Silabus ini bersumber dari KI/KD
Mapel Administrasi Umum Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 yang resmi diterbitkan
pada tanggal 9 Juni 2017 oleh Direktur Jendral Pendidikan dasar dan Menengah
KEMDIKBUD dengan Nomor : 30/D.D5/KEP/KR/2017.
Mata pelajaran ini sebenarnya
bukan Mapel baru karena sebelumnya sudah ada dengan nama Pengantar Administrasi
Perkantoran. Mata Pelajaran Admisitrasi Umum pada kurikulum 2013 edisi 2016
bernama Pengantar Administrasi Perkantoran pada kurikulum 2013 edisi revisi
2017 tidak hanya diajarkan di bidang keahlian Bisnis Manajemen tetapi juga
diajarkan di kompetensi keahlian Akomodasi Perhotelan yang merupakan bagian
dari Bidang keahlian Pariwisata.
Administrasi Umum di keahlian Akomodasi
Perhotelan memiliki KI/KD yang berbeda dengan Administrasi Umum di bidang
keahlian Bisnis Manajemen. Untuk KI/KD Administrasi Umum dapat dilihat di tautan artikel KI KD Administrasi Umum SMK
Silabus Administrasi Umum yang
dimuat pada artikel ini memiliki KI/KD
khusus untuk bidang keahlian Bisnis
Manajemen yang terdiri dari keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola
Perkantoran, Bisnis Daring dan Pemasaran, Akuntansi keangan lembaga, Perbankan
dan Keuangan Mikro, serta Perbankan Syariah.
Ada sisi yang berbeda antara Mata
pelajaran Administrasi Umum dengan mata pelajaran Pengantar Administrasi
Perkantoran, selain diajarkan di Bidang keahlian Pariwisata, juga hanya di
ajarkan di kelas X selama 2 semester dengan alokasi waktu 2 jam pertemuan tiap
minggu-nya, sementara untuk mapel Pengantar Administrasi Perkantoran diajarkan
di kelas X dan kelas XI atau dari semester 1 sampai dengan semester 4 dengan
alokasi waktu 2 jam pertemuan per minggu.
Agar dapat melihat tabel silabus Administrasi Umum dengan jelas dapat menggunakan Browser Google chrome
SILABUS MATA PELAJARAN
ADMINISTRASI UMUM
Satuan Pendidikan :
SMK
Kelas /Semester :
X /Semester 1
Kompetensi Inti:
KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya.
KI 2: Menghayati
dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai
cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3: Memahami, menerapkan dan
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk
memecahkan masalah.
KI 4: Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
Kelas
X Semester 1
|
|||||
3.1.
Memahami administrasi
4.1 Mengelompokan jenis-jenis administrasi
|
Filsafat
dan kelompo Administrasi
·
Pengertian
Administrasi
·
Unsur-unsur Administrasi
·
Fungsi administrasi
·
Tujuan administrasi
·
Mamfaat administrasi
·
Perkembangan administrasi
·
Jenis- jenis
administrasi
·
Pengelompokkan administrasi
·
Menyajikan
jenis-jenis kelompok administrasi
|
Mengamati
Mengamati aktivitas administrasi di sekolah/kantor terdekat sebagai bentuk keteraturan atas kebesaran Tuhan yang
menciptakannya.
Menanya
Memberikan kesempatan peserta dididk menanyakan hal yang berkaitan
dengan kegiatan administrasi
Eksperimen/explore
Mencari informasi mengenai filasafat administrasi dan
kelompok administrasi
Asosiasi
Menghubungkan filsafat
administrasi dengan kelompok
adaministrasi dengan perilaku efektif dan efisien
Komunikasi
Mempresentasikan kelompok kelompok administrasi.
|
Tugas
Membuat bahan paparan mengenai filasat Administrasi
Observasi
Mengamati perilaku peserta didik selama melakukan pembelajaran
Portofolio
Dapat berupa Artikel, Foto, Gambar, Ringkasan, Resensi mengenai flasafat dan kelompok adminstrasi
Penilaian Produk
Penilaian bahan paparan peserta didik.
Penilaian Kinerja
Penilaian pada saat peserta didik dalam mempresentasikan bahan paparan yang dibuatnya
Tes
Melakukan
tes untuk mengetahui pemahaman peserta didik terhadap paradigma dan filosofis Administrasi
Perkantoran
|
2 MG X 2 JP
|
Filasaft administrasi
Ilmu administrasi
Pegantar Ilmu administrasi bisnis
|
3.2.
Menganalisi jabatan, tugas dan uraian pekerjaan
4.2. Membuat uraian tugas setiap tingkatan jabatan pada dministrative
|
Organisasi
·
Prinsip
organisasi
·
Tujuan
organisasi
·
Jabatan
dalam organisasi
·
Ttingkatan
jabatan dalam organisasi
·
Uraian
tugas dalam jabatan administrasi
|
Mengamati
Mengamati dokumen mengenai prinsip – prinsip organisasi, perkantoran dari berbagai sumber.
Menanya
Mendiskusikan masalah terkait prinsip organisasi, menganalisis
jabatan, membuat uraian tugas dalam jabatan administrasi
Eksperimen/explore
Mengidentifikasi setiap uraian tugas dan tanggung jawab dalam organisasi .
Asosiasi
Mengkaitkan hubungan antara jabatan dalam administrasi dengan uraian tugas dan tanggung jawab
Membuat kesimpulan mengenai jabatan dalam organisasi , tugas dan tanggung jawab sebagai kegiatan
administrasi
Komunikasi
Menyampaikan secara individu atau kelompok hasil
kesimpulan mengenai membuat
uraian tugas setiap tingkatan jabatan
pada kegiatan administrasi
|
Tugas
Melakukan jabatan,
tugas dan uraian pekerjaan pada kegiatan administrasi
Portofolio
Menilai
proses dan hasil kerja peserta didik berupa rangkaian proses sehingga terlihat kemajuan aspek tertentu
mulai dari tahap awal sampai tahap akhir dalam administrasi
Tes
Melakukan tes untuk mengetahui pemahaman peserta didik terhadap tugas dan uraian pekerjaan pada kegiata administrasi
|
2 MG X 2 JP
|
Imu Organisasi
Administrasi Perkantoran Modern , The Liang Gie
|
3.3 Menganalisis
persyaratan personila administrasi
4.3. Menyusun
persyaratan personil administrasi
|
Administrasi kepegawaqian
·
Personil
Administrasi
·
Persyaratan
Personil administrasi
Menyususn
persyaratan personil administrasi
|
Mengamati
Mengamati aktivitas di kantor atau sekolah tentang personil
kantor dan persyaratan perosonil
kantor dalam kantor
Meyakini bahwa memimpin dan dipimpin merupakan pengamalan perintah Tuhan yang harus
dilakukan secara sungguh-sungguh
Menanya
Memberikan kesempatan peserta didik menanyakan hal personil
kantor untuk memecahkan masalah administrasi
Eksperimen/explore
Menysun persyaratan personil
administrasi, kantor dekat
lingkungan sekolah
Asosiasi
Mengaplikasikan sikap dan prilaku efektif dan efisien
dalam aktivitas di kelas.
Khususnya dalam penerapan penyususnan persyaratan personil kantor
Komunikasi
Mempresentasikan hasil observasi tentang menyusun persyaratan personil
administrasi
|
Tugas
Melakukan kajian dokumen untuk persyaratan personil kantor
Portofolio
Menilai
proses dan hasil kerja peserta didik berupa rangkaian proses sehingga terlihat kemajuan aspek tertentu
mulai dari tahap awal sampai tahap akhir dalam penerapan persyaratan personil
kantor
Tes
Melakukan tes untuk mengetahui pemahaman peserta didik persyaratan personil kantor
|
3 MG X 2 JP
|
Administrasi
Kepergawaian, AW. Wijaya
Pengantar
Administrasi
Administrasi
Perkantoran Modern, The Liang Gie
|
3.4.
Memilih bentuk struktur
organisasi
4.4.
Membuat struktur organisasi
sesuai kebutuhan
|
Struktur Organisasi
·
Bentuk
bentuk struktur organisasi
Membuat struktur organisasi
|
Mengamati
Mengamati berbagai
bentuk Struktur organisasi di lingkungan sekolah dan menyadari kebesaran
Tuhan Yang menciptakan.
Menanya
Mendiskusikan bentuk-bentuk struktur organisasi di lingkungan
sekitar sekolah dan hubungan dengan bentuk organisasi serta dampaknya dalam kehidupan masyarakat
Eksperimen/explore
Mengidentifikan bentuk- bentuk struktur organisasi dan hubungannya
jabatan berdasarkan hasil pengamatan .
Asosiasi
Mengaitkan hubungan jabatan dalam organisasi dengan struktur
organisasi dan aplikasinya pada
organisasi
Komunikasi
Mempresentasikan hasil observasi terhadap Macam- macam bentuk struktur
organisasi
|
Tugas
Melakukan observasi untuk mengidentifikasi jenis-jenis bentuk-bentuk stuktur organisasi
dan hasil jasas atau produk pekerjaan
dalam bentuk laporan hasil observasi.
Observasi
Penilaian terhadap peserta didik selama melakukan observasi, mengerjakan
tugas, dan pada saat melakuan presentasi.
Produk
Laporan
tertulis kelompok hasil observasi
Tes Tertulis
Melakukan tes untuk mengetahui pemahaman bentuk –bentuk struktur
organiasi
|
2 MG X 2 JP
|
Ilmu organisasi
Administrasi Perkantoran Modern , The Liang Gie
|
3.5.
Memahami fungsi-fungsi manajemen
4.5.
Mengklasifikasikan fungsi-fungsi
manajemen
|
Manajemen
·
Fungsi
manajemen
·
Menerapkan
fungsi manajmenen dalam pekerjaan administrasi
|
Mengamati
Mengamati fungsi manajemen lingkungan sekitar sekolah dan
menyadari kebesaran Tuhan
yang menciptakan
segala sesuatu itu teratur.
Menanya
Mendiskusikan bentuk-fungsi fungsi manajemen sekitar sekolah dan hubungannya dengan klasifikasi fungsi- fungsi manajemen, serta dampaknya dalam kehidupan masyarakat
Eksperimen/explore
Mengidentifikasi fungsi-fungsi manajemen dan hubungannya
dengan penyelesaian tugas pengamatan
Asosiasi
Mengaitkan hubungan jabatan dalam organisasi dengan fungsi manajemen organisasi di kelas/sekolah.
Membuat sesuai dengan kajian kelompok.
Komunikasi
Mempresentasikan fungsi fungsi manajemen dalam organisasi kelas/sekolah/kantor sesuai dengan kajian kelompok
|
Tugas
Membuat kesimpulan tentang fungsi – fungsi manajemen dengan kajian kelompok
Observasi
Pengamatan terhadap keaktivan peserta didik selama melakukan observasi dan diskusi
Tes
Melakukan tes untuk mengetahui pemahaman peserta didik terhadap fungsi – fungsi manajemen
|
2 MG X 2 JP
|
Dasar – Dasr manajemen
Filsafat Administrasi
|
Kompetensi Dasar untuk semester 2
dimulai dari KD 3.7 dan 4.7., untuk selengkapnya ada di tabel silabus dibawah
ini.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
3.6 Menerapkan
prosedur
pencatatan surat/dokumen
surat keluar
4.6.
Melakukan
prosedur pencatatan dokumen/ dokumen
surat masuk dan keluar
|
System
dan prosedur dokumen
· Sistem dan prosedur administrasi
· System dan prosedur pengelolaan surat/ dokumen
· System pengelolaan dokumen dengan buku agenda
· Sistem pengelolaan surat masuk dalam organsiasi
· Sistem pengelolaan surat keluar dalam
organsiasi
|
Mengamati
Mengamati
sistem
dan prosedur pengeloloaan deokumen surat masuk dan keluar menggunakan
panca indera secara efektif dan efisien berdasarkan nilai-nilai agama yang dianut
Menanya
Mendiskusikan
system
dan prosedur administrasi, pengelolaan dokumen untuk surat masuk dan keluar, dalam
kegiatan
administrasi
Eksperimen/explore
Mengidentifikasi
pengelolaan
dokumen dengan sistem buku agenda
untuk surat masuk dan surat keluar
Asosiasi
Mengaitkan
konsep pengelolaan
surat/ dokumen yang dilakukan
di perkantoran dari berbagai sumber
Komunikasi
Mengkomunikasikan pendapat secara individu dan kelompok sebagai system dan prosedur pengelolaan dokumen dari berbagai sumber
|
Tugas
Membuat kesimpulan tentang Sistem dan
prosedur administrasi dalam pengelolaan dokumen. Surat masuk dan keluar
Kinerja
Menilai kinerja peserta didik ketika mengkomunikasikan pendapat sekaligus
sebagai praktik mengelola dokumen surat masuk dan surat keluar
dengan buku agenda.
Maengunakan lembar disposisi, ekspedisi
Sikap
Menilai tanggapan dan pandangan peserta didik terhadap adanya prosedur pengelolaan dokumen surat masuk dan surat keluar
Tes
Melakukan
tes untuk pengelolaan dokumen dengan system buku agenda , menggunakan lembar
disposisi dan buku ekspedisi
|
4 MG X
2 JP
|
Administrasi Kearsipan
Administrasi Perkantoran Modern
|
KELAS X
SEMESTER 2
|
|||||
3.7. Menerapkan prosedur penataan surat /dokumen
4.7.
Melakukan
penataan surat/ dokumen sesuai dengan system yang berlaku
|
Sistem Kearsipan
·
Pengertian
sistem Kearsipan
·
Jenis-jenis filing sistem
·
System Tanggal ( Chronological filling system)
·
Sistem Wilayah ( Geographical filling system)
·
Sistem Abjad (Alphabetical filling system)
·
Sistem Nomor( Numerical filling system)
·
Sistem pokok Masalah ( Subject filling system)
Menyusun
dokumen dengan system fillling
|
Mengamati
Mengamati system
kearsipan yang terjadi di sekolah atau kantor terdekat dengan kajian pemikiran secara efektif dan
efisien berdasarkan nilai-nilai agama yang
dianut
Menanya
Memberi kesempatan peserta didik untuk menanyakan tentang Penerapan
prosedur penataan surat / dokumen dan system filling
Eksperimen/explore
Menerapakan prosedur penataan surat/dokumen yang berlaku di berbagai
organisasi dan
melakukan penataan surat/ dokumen sesuai dengan system yang berlaku dan
menganalisis kelebihan dan kekurangan.
Secara berkelompok dari berbagai sumber
Asosiasi
Menerapkan prosedur penataan surat /dokumen dan melakukan penataan
dokumen sesuai dengan system yang berlaku dan penerapannya dalam organisasi dari berbagai sumber
Komunikasi
Mempresentasikan Penerapan prosedur penataan surat /dokumen dan penerapan system
filling dalam organisasi secara individu/kelompok secara tertulis.
|
Tugas
Membuat kesimpulan
mengenai prosedur
penataan surat/ dokumen
Menilai kinerja peserta
didik ketika Penataan surat/dokumen
memperhatikan semua system filling yang digunakan
Observasi
Pengamatan terhadap keaktifan peserta didik selama melakukan diskusi
dan presentasi
Portofolio
Menilai proses dan hasil kerja
peserta didik berupa rangkaian proses sehingga terlihat kemajuan aspek
tertentu mulai dari tahap awal sampai tahap akhir dalam prosedur penataan
penataan surat/ dokumen
Tes
Melakukan tes untuk mengetahui Penerapan
prosedur penataan surat/ dokumen dan Melakukan penataan surat/dokumen sesuai dengan system yang
berlaku
|
4 MG X 2 JP
|
Administrrasi Kearsipan
|
3.8. Memilih
peralatan kantor dalam kegiatan administrasi
4.8.
Menggunakan
peralatan kantor dalam kegiatan
administrasi
|
Fasilitas Kantor
·
Pengertian Peralatan kantor
·
Jenis-jenis
peralatan kantor
·
Memilih peralatan kantor dlam kegiatan adminnistrasi
Menggunakan peralatan kantor dalam kegiatan
administrasi
|
Mengamati
Mengamati
berbagai
peralatan yang digunakan di sekolah atau kantor dengan
menggunakan panca indera secara efektif dan efisien berdasarkan nilai-nilai agama yang
dianut
Menanya
Mendiskusikan
dengan
teman teman dalam satu kelompok tentang pengertian peralatan kantor
jenis-jenis peralatan kantor dan
memilih peralatan
Eksperimen/explore
Memilih
peralatan kantor dalam kegiatan administrasi dan menggunakan peralatan kantor
dalam kegiatan administrasi di berbagai
organisasi .
Membuat
denah atau sketsa tata letak fasilitas dan lingkungan kantor berdasarkan
hasil pengamatan
Asosiasi
Membuat
kajian tentang keterkaitan antara peralatan kantor dengan menggunakan
peralatan kantor dalam kegiatan administrasi
Komunikasi
Mempresentasikan laporan hasil pengamatan, dan penjelasan peralatan
kantor, jenis peralatan kantor ,memilih peralatan kantor serta menggunakan
perlatan kantro dan menjadikan desain dalam penggunakan peralatan kantor
|
Tugas
Membuat laporan hasil pengamatan, peralatan
kantor jenis-jenis serta penggunaan peralatan kantor dalam organisasi kantor beserta penjelasannya.
Kinerja
Menilai kinerja peserta didik ketika
mempresentasikan laporan hasil pengamatan, dan pemilihan peralatan kantor dan
penggunaan peralatan kantor.
Produk
Menilai
denah atau sketsa tata letak peralatan kantor
dalam organisasi
Tes
Melakukan
tes untuk mengetahui pemahaman peserta didik pemeilihan peralatan kantor
serta penggunaan perlatan kantor dalam organisasi serta membuat desain penataannya.
|
2 MG X 2 JP
|
Administrasi Perkantoran Modern
Ilmu Administrasi
|
3.9
Menerapkan tata ruang kerja/ kantor (office layout)
4.9. Melakukan
penataan tata ruang kerja kantor (
office layout)
|
Tata Ruang
kerja / kantor
·
Pengertian
tata ruang kerja/ kantor
·
Macam-macam
tata ruang kerja/ kantor
·
Pedoman
penataan tata ruang kerja / kantor
·
Azas
–azas tata ruang kerja/ kantor
Menata tata ruang kerja/kantor ( Office layout)
|
Mengamati
Mengamati
berbagai tata ruang kantor yang digunakan di sekolah atau kantor dengan
menggunakan panca indera secara efektif dan efisien berdasarkan nilai-nilai agama yang
dianut
Menanya
Mendiskusikan
dengan
teman – teman dalam satu kelompok tentang pengertian tata ruang , macm-macam
tata ruang, pedoman penataan tata ruang dan azas – azas penataan tata ruang
kerja / kantor
Eksperimen/explore
Penataaan
tata ruang kantor di sekolah atau
kantor terdekat.
Membuat
denah atau sketsa tata ruang kantor /kerja berdasarkan hasil pengamatan
Asosiasi
Mengaitkan
hubungan antara azas dan pedoman tata
ruang kantor/kerja dengan penerapan nya berbagai sumber
Komunikasi
Mempresentasikan laporan hasil pengamatan penataan ruang
kerja/ kantor serta penerapannya dalam bentuk desain menyampaikan analisis tata letak secara
individu /kelompok secara tertulis.
|
Tugas
Membuat laporan hasil pengamatan, penerpan
tata ruang kerja/kantor (Office layout) beserta penjelasannya.
Kinerja
Menilai kinerja peserta didik ketika
mempresentasikan laporan hasil pengamatan, dan melakukan penataan tata ruang
kantor (office layout)
Produk
Menilai
denah atau sketsa tata letak peralatan kantor
dalam organisasi
Tes
Melakukan
tes untuk mengetahui pemahaman peserta didik pemeilihan peralatan kantor
serta penggunaan perlatan kantor dalam organisasi serta membuat desain
|
2 MG X 2JP ‘
|
Administrasi Perkantoran Modern, The Liang Gie
Ilmu Oganisasi
|
3.10
Menerapkan
komunikasi di tempat kerja
4.10. Melakukan
komunikasi di tempat kerja
|
Komunikasi di tempat kerja
·
Pengertian
komunikasi di tempat kerja
·
Proses
komunikasi
·
Unsur-unsur
komunikasi
·
Etika
komunikasi
·
Komunikasi
di tempat kerja
Melakukan komunikasi
·
Memrima tamu
·
Penanganan telpon kantor.
|
Mengamati
Mengamati
berbagai
bentuk- bentuk komunikasi yang terjadi diberbagai organisasi secara efektif dan
efisien berdasarkan nilai-nilai agama yang
dianut
Menanya
Mendiskusikan
dengan
teman-teman dalam satu kelompok proses
komunikasi, unsure-unsur komunikasi, etika komunikasi ditempat kerja
Eksperimen/explore
Penerapan
komunikasi di tempat di tempat kerja dan menganalisis kelemahan dan keuntungan setiap penerapan
komunikasi
berbagai kantor
Asosiasi
Mengaitkan
konsep dengan praktek komunikasi yang dilakukan ditempat kerja / di kantor
dari berbagai sumber
Komunikasi
Mengkomunikasikan pendapat secara individu dan kelompok
sebagai bentuk praktik berkomunikasi terkait konsep dan praktik komunikasi di
tempat kerja / kantor dari berbagai sumber
|
Tugas
Membuat laporan hasil pengamatan, penerapan
komunikasi ditempat kerja,.
Kinerja
Menilai kinerja peserta didik ketika
mempresentasikan laporan hasil pengamatan, penrapan komunikasi ditempat kerja.
Sikap
Menilai
tanggapan dan pandangan peserta didik terhadap adanya mis komunikasi melalui berbagai istrumen
Tes
Melakukan
tes untuk mengetahui pemahaman peserta terhadap penerapan komunikasi di
tempat kerja
|
3 MG X 2JP
|
Etikan Komunikasi dalam kantor
|
3.11.
Menerapkan tata cara pencatatan keuangan sederahana
4.11.
Melakukan pencatatan keuangan
sederhana
|
Fasilitas Kantor
·
Pencatatan
keuangan sederhana
·
Kas
kecil
·
Metode
pencaatan kas kecil
·
Laporan
kas kecil
Melakukan pencatatan keuangan sederhana
|
Mengamati
Mengamati
berbagai
ystem pencatatan keuangan sederhana
(kas kecil) dengan panca indera secara efektif dan efisien berdasarkan nilai-nilai agama yang dianut
Menanya
Mendiskusikan
dengan
teman tentang pengertian Kas kecil, metode pencaatan kas kecil dan membuat
laporan kas kecil
Eksperimen/explore
Mengidentifikasi
Penerapan
tata cara/ prosedur pencatatan
keuangan sederhana dan melakukan pencatatan keuangan sederhana berdasarkan hasil pengamatan
Asosiasi
Membuat
kajian penyususnan laporan kas kecil
Komunikasi
Mempresentasikan laporan hasil pengamatan, penyusunan kas
kecil dari berbagai sumber .
|
Tugas
Membuat laporan pencatatan keuangan
sederhana beserta penjelasannya.
Kinerja
Menilai
kinerja peserta didik ketika mempresentasikan laporan hasil pengamatan,
Produk
Menilai
laporan hasil kas kecil serta dokumen-dokumen pendukungnya
Tes
Melakukan
tes untuk mengetahui pemahaman peserta didik menerapkan prosedur pencatatan kkeuangan sederhana dan
melakukan pencatatan keuangan sedrerhana.
|
3 MG X 2JP
|
Administrasi Keuangan
Pengelolaan Kas
|
3.12
Mengevaluasi kegiatan administrasi kantor
4.12
Membuat laporan kegiatan administrasi kantor
|
Evalasi Kegiatan
·
Pengertian
Evaluasi kegiatan administrasi kantor
·
Membuat
evaluasi kerja administrasi kantor
·
Membuat
laporan kegiatan administrasi kantor . Lingkungan kantor
|
Mengamati
Mengamati
berbagai
kegiatan administrasi dalam
kantor sebagai bahan untuk evaluasi
kegiatan kantor menggunakan
panca indera secara efektif dan efisien berdasarkan nilai-nilai agama yang
dianut
Menanya
Mendiskusikan
dengan
teman dan guru tentang evaluasi
kegiatan administrasi kantor dan
membuat laporan kegiatan adminstrasi kantor
Eksperimen/explore
Mengidentifikasi
kegiatan
administrasi kantor dan
Membuat laporan evaluasi kegiatan administrasi
kantor berdasarkan hasil pengamatan
Asosiasi
Membuat
kajian evaluasi kegiatan administrasi kantor di perkantoran terdekat
Komunikasi
Mempresentasikan laporan hasil pengamatan, laporan laoran
kegiatan administrasi kantor
|
Tugas
Membuat laporan laporan kkegiatan
administrasi kantor.
Kinerja
Menilai
kinerja peserta didik ketika mempresentasikan laporan kegiatan administrasi
kantor
Produk
Menilai
laporan kegiatan administrasi kantro
Tes
Melakukan
tes untuk mengetahui pemahaman peserta didik evaluasi kegiatan
administrasi dan membuat laporan
kegiatan administrasi
|
3 MG X 2 JP
|
Administrasi Perkantoran Modern, The Liang Gie
Tatacara penulisan laporan
|
Sekaitan dengan buku pegangan yang kemungkinan bisa digunakan untuk mata pelajaran administrasi umum dapat di buka atau klik pada tautan artikel berikut dengan judul Ulasan Buku Administrasi Umum Untuk SMK dan MAK
Semoga silabus ini bermanfaat bagi guru yang mengajar mata Pelajaran Administrasi Umum di SMK untuk Bidang Keahlian Bisnis Manajemen. Silahkan tulis komentar pada kolom komentar dibawah artikel ini.
Semoga silabus ini bermanfaat bagi guru yang mengajar mata Pelajaran Administrasi Umum di SMK untuk Bidang Keahlian Bisnis Manajemen. Silahkan tulis komentar pada kolom komentar dibawah artikel ini.
salam mas ganteng, itu kolom wornya terlalu lebar hingga keluar dari kolom post blog, jadi terlihat agak berantakan. happy blogging..
ReplyDeleteWaalaikumsalam. Iya mas tapi kalau dibuka di browser Chrome kelihatan rapi, tergantung browsernya. Happy blogging juga. trims
ReplyDeleteApakah sudah ada yang mengeluarkan untuk RPP dan buku pegangan guru untuk Mapel Administrasi Umum. Trims
ReplyDeleteUntuk RPP administrasi umum yang saya ketahui belum ada yang merelease resmi, tetapi rata-rata modifikasi dari pengantar administrasi Perkantoran
DeleteUntuk buku pegangan Administrasi Umum sudah ada yang menerbitkan yaitu salah satu penerbit dari Bandung.
trims juga
Terima kasih banyak,,,, Sangat membantu dalam menan=mbah informasi kami ,,,,,
ReplyDeleteBAGAIMANA CARA MENDONWLOADNYA,BISA MINTA TOLONG YANG PUNYA RPP ADMINISTRASI UMUM BOLEH DISHARE SEBAGAI ACUAN THANKS
ReplyDeletebisa mintak tolong di share administrasi umum ka 13 untuk kelas x thanks
ReplyDelete