Monday, July 24, 2017

Silabus Simulasi dan Komunikasi Digital  dalam Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 bersumber dari KI/KD yang diterbitkan pada tanggal 9 Juni 2017 oleh Direktur Jendral Pendidikan dasar dan Menengah KEMDIKBUD dengan Nomor  : 330/D.D5/KEP/KR/2017. Mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital merupakan nama baru dari mata pelajaran Simulasi Digital
Simulasi dan Komunikasi Digital diajarkan di kelas X selama 2 semester dengan durasi waktu 3 jam pelajaran dalam seminggu. Alokasi waktunya sama seperti ketika nama mapel tersebut Simulasi Digital. Sementara untuk jumlah kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar ada 14 buah dibagi dalam 2 semester.


SILABUS MATA PELAJARAN

Nama Sekolah                : SMK .........
Bidang Keahlian            : Bisnis dan Manajemen
Kompetensi Keahlian     : Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (C2)
Mata Pelajaran               : Simulasi dan Komunikasi Digital
Durasi (Waktu)              : 108JP (@ 45 Menit
KI-3 (Pengetahuan)        : Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga
KI-4 (Keterampilan)       : Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
         Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.


Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Materi Pokok
Alokasi Waktu (JP)
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
1
2
3
4
5
6
3.1. Menerapkan logika dan algoritma komputer

4.1. Menggunakan fungsi-fungsi perintah (command)

3.1.1.    Menjelaskan definisi komunikasi kantor
3.1.2.    Mengemukakan fungsi komunikasi kantor
3.1.3.    Mengidentifikasi bentuk komunikasi kantor
3.1.4.    Menguraikan jenis komunikasi kantor
3.1.5.    Merinci sarana komunikasi kantor
3.1.6.    Mengemukakan efektivitas komunikasi kantor
4.1.1.     Memilih bentuk dan sarana komunikasi kantor
4.1.2.     Merancang bentuk dan sarana komunikasi kantor
4.1.3.     Melakukan praktek komunikasi kantor

Logika dan Algoritma Komputer
1.    ………….
5
·         Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang logika dan algoritma komputer.
·         Mengumpulkan data tentang logika dan algoritma komputer.
·         Mengolah data tentang logika dan algoritma komputer.
·         Mengomunikasikan konsep logika dan algoritma komputer.
Pengetahuan :
·         Tes tertulis
·         Penugasan

Keterampilan :
·         Unjuk kerja

3.2. Menerapkan metode peta-minda

4.2. Membuat peta-minda
3.2.1.     Menjelaskan pengertian telepon
3.2.2.     Mengidentifikasi macam-macam pesawat telepon
3.2.3.     Mengemukakan macam-macam hubungan telepon
3.2.4.     Mengklasifikasi etika penanganan telepon
3.2.5.     Mencegah hambatan dalam hubungan telepon
4.2.1. Membuat persiapan percakapan telepon Bahasa Indonesia
4.2.2. Melakukan pelayanan telepon bahasa Indonesia


Peta-Minda
1.    ………….
25
·         Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang komunikasi telepon bahasa indonesia.
·         Mengumpulkan data tentang komunikasi telepon bahasa indonesia.
·         Mengolah data tentang komunikasi telepon bahasa indonesia.
·         Mengomunikasikan konsep komunikasi telepon bahasa indonesia.
Pengetahuan :
·         Tes tertulis
·         Penugasan

Keterampilan :
·         Unjuk kerja/ praktek

3.3. Mengevaluasi paragraf deskriptif. argumentatif, naratif, dan persuasif

4.3. Menyusun kembali format dokumen pengolah kata
3.3.1.     Menjelaskan etika penanganan telepon Bahasa Inggris dan Bahasa Asing lainnya
3.3.2.     Mengidentifikasi langkah-langkah pelayanan telapon Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya
3.3.3.     Mengklasifikasi hambatan-hambatan hubungan telepon Bahasa Inggris
4.2.1. Membuat persiapan percakapan telepon Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya
4.2.2. Melakukan pelayanan telepon bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya

Format dokumen menggunakan aplikasi pengolah kata
1.    ………
15
·         Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang komunikasi telepon bahasa inggris.
·         Mengumpulkan data tentang komunikasi telepon bahasa inggris.
·         Mengolah data tentang komunikasi telepon bahasa inggris.
·         Mengomunikasikan konsep komunikasi telepon bahasa inggris.
Pengetahuan :
·         Tes tertulis
·         Penugasan

Keterampilan :
·         Unjuk kerja/ praktek

3.4. Menerapkan logika dan operasi perhitungan data

4.4. Mengoperasikan perangkat lunak pengolah angka
3.4.1. Menjelaskan dasar-dasar surat menyurat Bahasa Indonesia
3.4.2. Menguraikan jenis-jenis surat Bahasa Indonesia
3.4.3. Menentukan perlengkapan surat
3.4.4. Mengidentifikasi bagian-bagian surat
3.4.5. Mengklasifikasi bentuk-bentuk surat
3.4.6. Memproses tata bahasa surat Bahasa Indonesia
4.4.1. Memilih jenis surat bahasa Indonesia sesuai standar
4.4.2. Mempersiapkan alat dan bahan pembuatan surat bahasa Indonesia dengan tepat sesuai kebutuhan
4.4.3. Membuat konsep surat bahasa Indonesia dengan tepat sesuai kaidah yang berlaku
4.4.4. Membuat naskah surat bahasa Indonesia dengan tepat dan benar sesauai kaidah yang berlaku

Penggunaan operasi perhitungan menggunakan aplikasi pengolah angka
1.    …………


25
·         Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang tata naskah surat menyurat indonesia.
·         Mengumpulkan data tentang tata naskah surat menyurat indonesia.
·         Mengolah data tentang tata naskah surat menyurat indonesia.
·         Mengomunikasikan konsep tata naskah surat menyurat indonesia
Pengetahuan :
·         Tes tertulis
·         Penugasan

Keterampilan :
·         Unjuk kerja/ praktek

3.5. Menganalisis fitur yang tepat untuk pembuatan slide

4.5. Membuat slide untuk presentasi
3.5.1. Menjelaskan istilah-istilah surat menyurat Bahasa Inggris
3.5.2. Mengidentifikasi bagian-bagian surat Bahasa Inggris
3.5.3. Mengemukakan jenis-jenis surat bahasa Inggris
3.5.4. Menerapkan prinsip-prinsip surat menyurat Bahasa Inggris
3.5.5. Menyusun konsep surat menyurat Bahasa Inggris
4.5.1. Memilih jenis surat bahasa Inggris sesuai standar
4.5.2. Mempersiapkan alat dan bahan pembuatan surat bahasa Inggris dengan tepat sesuai kebutuhan
4.5.3. Membuat konsep surat bahasa Inggris dengan tepat sesuai kaidah yang berlaku
4.5.4. Membuat naskah surat bahasa Inggris dengan tepat dan benar sesauai kaidah yang berlaku

Pembuatan file presentasi menggunakan aplikasi pengolah presentasi
1.    ………
25
·         Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang tata naskah surat menyurat bahasa inggris atau bahasa asing lainnya.
·         Mengumpulkan data tentang tata naskah surat menyurat bahasa inggris atau bahasa asing lainnya.
·         Mengolah data tentang tata naskah surat menyurat bahasa inggris atau bahasa asing lainnya.
·         Mengomunikasikan konsep tata naskah surat menyurat bahasa inggris atau bahasa asing lainnya.
Pengetahuan :
·         Tes tertulis
·         Penugasan

Keterampilan :
·         Unjuk kerja/ praktek

3.6. Menerapkan teknik presentasi yang efektif
4.6. Melakukan presentasi yang efektif
3.6.1. Menjelaskan pengertian surat pribadi
3.6.2. Mengklasifikasi jenis-jenis surat pribadi
3.6.3. Mengemukakan prosedur pembuatan surat pribadi
4.6.1. Menyiapkan alat dan bahan dalam pembuatan surat pribadi dengan tepat sesuai standar
4.6.2. Membuat konsep surat pribadi dengan tepat dan benar sesuai kaidah
4.6.3. Membuat naskah surat pribadi dengan tepat dan benar sesuai kaidah
Teknik Presentasi Efektif
1.    ……………
10
·         Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang pembuatan surat pribadi.
·         Mengumpulkan data tentang pembuatan surat pribadi.
·         Mengolah data tentang pembuatan surat pribadi.
·         Mengomunikasikan konsep pembuatan surat pribadi.
Pengetahuan :
·         Tes tertulis
·         Penugasan

Keterampilan :
·         Unjuk kerja/ praktek

3.7. Menganalisis pembuatan e-book
4.7. Membuat e-book dengan perangkat lunak e-book editor
3.7.1. Menjelaskan pengertian surat dinas
3.7.2. Mengklasifikasi jenis-jenis surat dinas
3.7.3. Mengemukakan prosedur pembuatan surat dinas
4.7.1. Menyiapkan alat dan bahan dalam pembuatan surat dinas dengan tepat sesuai standar
4.7.2. Membuat konsep surat dinas dengan tepat dan benar sesuai kaidah
4.7.3. Membuat naskah surat dinas dengan tepat dan benar sesuai kaidah
Pembuatan E-book
1.    …………
25
·         Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang pembuatan surat dinas.
·         Mengumpulkan data tentang pembuatan surat dinas.
·         Mengolah data tentang pembuatan surat dinas.
·         Mengomunikasikan konsep pembuatan surat dinas.
Pengetahuan :
·         Tes tertulis
·         Penugasan

Keterampilan :
·         Unjuk kerja/ praktek

3.8. Memahami kewargaan digital
4.8. Melakukan klasifikasi kewargaan digital
3.8.1. Menjelaskan pengertian surat niaga
3.8.2. Mengklasifikasi jenis-jenis surat niaga
3.8.3. Mengemukakan prosedur pembuatan surat niaga
4.8.1. Menyiapkan alat dan bahan dalam pembuatan surat niaga dengan tepat sesuai standar
4.8.2. Membuat konsep surat niaga dengan tepat dan benar sesuai kaidah
4.8.3. Membuat naskah surat niaga dengan tepat dan benar sesuai kaidah
Kewargaan Digital
1.    ………….
30
·         Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang pembuatan surat niaga.
·         Mengumpulkan data tentang pembuatan surat niaga.
·         Mengolah data tentang pembuatan surat niaga.
·         Mengomunikasikan konsep pembuatan surat niaga.
Pengetahuan :
·         Tes tertulis
·         Penugasan

Keterampilan :
·         Unjuk kerja/ praktek

3.9. Menerapkan teknik penelusuran search engine

4.9. Melakukan penelusuran informasi
3.9.1. Menjelaskan pengertian surat elektronik (Email)
3.9.2. Mengemukakan fungsi surat elektronik (Email)
3.9.3. Menguraikan macam-macam surat elektronik (Email)
3.9.4. Mengemukakan langkah-langkah membuat alamat email
3.9.5. Menerapkan etika penggunaan surat elektronik
3.9.6. Menguraikan kelebihan dan kekurangan email
3.9.7. Mengemukakan cara penanganan email
3.9.8. Menjelaskan cara mencetak email
1.9.1.  Menunjukan akses akun email pribadi hingga masuk menu utama aplikasi email utama sesuai dengan standar prosedur.
1.9.2.  Mengoperasikan menu-menu/fitur pada aplikasi email dengan tepat sesuai dengan fungsi
1.9.3.  Melaksanakan kegiatan pengiriman dan penerimaan surat elektronik dengan notifikasi berhasil sesuai prosedur
Penelusuran Informasi (Search Engine)
1.    ………………
10
·         Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah pengelolaan surat elektronik.
·         Mengumpulkan data tentang pengelolaan surat elektronik
·         Mengolah data tentang pengelolaan surat elektronik.
·         Mengomunikasikan konsep pengelolaan surat elektronik.
Pengetahuan :
·         Tes tertulis
·         Penugasan

Keterampilan :
·         Unjuk kerja/ praktek

3.10. Menganalisis komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan

4.10. Melakukan komunikasi sinkron dan asinkron
3.10.1.     Menjelaskan pokok-pokok kegiatan korespondensi
3.10.2.     Mengidentifikasi seluruh kegiatan korespondensi
3.10.3.     Mengumpulkan data dan informasi kegiatan korespondensi
4.10.1.     Menyiapkan alat, bahan, dan perlengkapan penyusunan laporan kegiatan sesuai dengan kebutuhan pekerjaan
4.10.2.     Membuat laporan kegiatan korespondensi sesuai dengan aktivitas pekerjaan
Komunikasi sinkron dan asinkron
1.    …………..
10
·         Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang evaluasi kegiatan korespondensi.
·         Mengumpulkan data tentang evaluasi kegiatan korespondensi.
·         Mengolah data tentang evaluasi kegiatan korespondensi.
·         Mengomunikasikan konsep evaluasi kegiatan korespondensi.
Pengetahuan :
·         Tes tertulis
·         Penugasan

Keterampilan :
·         Unjuk kerja

3.11. Menganalisis fitur perangkat lunak pembelajaran kolaboratif daring
4.11. Menggunakan fitur untuk pembelajaran kolaboratif daring (kelas maya)

Kelas Maya

·          

3.12. Mengevaluasi dokumen tahap pra-produksi
4.12. Membuat dokumen tahap pra-produksi

Pembuatan Dokumen Tahap Pra-Produksi

·          

3.13. Menganalisis video, animasi, dan/atau musik digital
4.13. Memproduksi video dan/atau animasi dan/atau musik digital

Produksi video animasi/musik digital

·          

3.14. Mengevaluasi pasca-produksi video, animasi dan/atau musik digital
4.14. Membuat laporan hasil pasca-produksi

Laporan Pasca-Produksi

·          



Finalisasi dan penyempurnaan silabus mata pelajaran simulasi dan komunikasi digital perlu dilakukan sehingga siap  dituangkan kedalam RPP.  Maka dengan itu kritik dan saran untuk upaya perbaikan dan penyempurnaan silabus ini sangat dinantikan, silahkan kritik atau saran tersebut tulis pada kolom komentar yang ada di bawah artikel ini. Trimakasih.


Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Media Sosial

Terjemahan

Total Pageviews

Dudu. Powered by Blogger.

Popular Posts

Followers

Ikuti Dengan Email