Monday, October 16, 2017

Bandung selatan ternyata menyimpan beragam keindahan alam yang tidak dimiliki daerah lain, keindahan alam tersebut sayang kalau dilewatkan begitu saja. pada artikel sebelumnya saya telah membahas oleh-oleh hasil jalan-jalan ke situ patenggang, Kali ini akan berbagi oleh oleh berupa hasil jalan-jalan ke destinasi wisata alam kawah putih yang terletak di daerah lebak muncang Ciwidey dengan jarak kurang lebih 5 km dari situ patenggang. Menikmati  alam seputar kawah putih cukup memberi tantangan.




Kenapa saya katakan tantangan sebab bagi mereka yang memiliki penyakit asma agak riskan berkunjung kesini karena bau belerang dari kawah sudah tercium dari jarak beberapa kilometer dari kawah putih, bau belerang cukup menyengat begitu kuat sehingga dianjurkan memakai masker. 


Rute perjalanan dari kota bandung menuju kawah putih

Bagi wisatawan yang baru pertama kali akan mengunjungi kawah putih, kalau menggunakan kendaraan pribadi atau bus rombongan dapat memulai perjalanan dari gerbang tol kopo kemudian menyusuri jalan kopo bihbul – jalan raya soreang kopo – jalan ciwidey menuju ke arah kawah putih sejauh 46  kilometer. Alternatif lain menggunakan kendaraan umum dengan rute dari terminal leuwi panjang – ciwidey, kemudian naik lagi dari ciwidey - patenggang.


Untuk lebih jelas dapat melihat peta Google map berikut :



Suasana Di Pintu Masuk Kawah Putih



Gambar diatas merupakan suasana di pintu masuk ke kawasan wisata kawah putih. bagi yang membawa kendaraan pribadi atau rombongan dengan Bus maka kendaraan di parkir di tempat ini. Bagi yang ingin berbelanja oleh-oleh baju bergambar kawah putih atau asesoris lain, bahkan oleh-oleh berupa makanan dapat dibeli kios-kios seputar pintu masuk obyek wisata kawah putih. 

Untuk makanan ringan kemasan bermerk harganya cukup lumayan tinggi namun wajar di setiap tempat wisata biasanya berlaku seperti itu.

Kita bisa melakukan panawaran terhadap harga barang yang dijual disini terutama pakaian namun jangan kaget paling turun harga sebesar Rp5.000,00 dari harga banderol.

Bagi yang akan menunaikan ibadah sholat disekitar terminal wisata kawah putih tersedia mushola lengkap dengan toilet nya dan di mushola tersedia juga mukena bagi perempuan yang akan menunaikan sholat.

Tiket masuk ke obyek wisata kawah putih tergolong murah yaitu seharga Rp18.000 per orang.


Perjalanan Dari Pintu Masuk Menuju Kawah Putih


Perjalanan dari pintu masuk kawasan kawah putih menuju obyek wisata kawah putih berjarak sekitar 5 km, Ini bisa ditempuh menggunakan angkutan yang telah disediakan pengelola disana.

Sepanjang perjalanan dari pintu masuk menuju kawah putih akan disuguhi pemandangan lingkungan alam yang begitu indah dan alami serta Jalan yang dilalui cukup bagus beraspal namun sedikit berkelok kelok dan menanjak. Untuk yang hobi selfi bisa mengambil foto dengan latar alam yang masih asri dan perawan belum terjamah kemajuan pembangunan.


Jalan yang dilalui dari obyek wisata kawah putih menuju pintu masuk wisata kawah putih nampak terbuat dari tembok dan dilapisi aspal. Walau ada sebagian kecil aspal yang mengelupas namun secara keseluruhan jalan tersebut cukup baik untuk dilalui bahkan tidak ada jalan yang berlobang. Hal ini cukup memberi kenyamanan bagi wisatawan yang akan menuju kawah putih dan kembali lagi dari kawah putih menuju terminal wisata atau pintu masuk kawah putih.



Wisata alam ke kawah putih idealnya dilakukan pagi hari atau siang hari karena dari terminal atau pintu masuk wisata kawah putih menuju ke kawah putih harus naik kendaraan wisata yang disediakan oleh pengelola. Memakai kendaraan pribadi bisa sih namun resiko nya terlalu tinggi karena kandungan belerang yang cukup tinggi sehingga membuat mobil rentan terkena korosi lebih cepat.

Gerbang Kawah Putih




Ini adalah gerbang wisata kawah putih tampak tulisan besar kawah putih dicat dengan warna merah  sementara dibelakang tulisan berjejer kendaraan wisatawan.

Dari tempat parkir kendaraan menuju tangga turun ke kawah putih lumayan jauh jaraknya sekitar 100 meter dan harus ditempuh dengan jalan kaki


Perjalanan Dari Gerbang Kawah putih Menuju Kawah


Dari tempat kawah putih menuju tempat parkir nampak jalannya tertata rapi, di sisi kanan dan kiri jalanan berdiri dengan anggun pepohonan yang tumbuh alami oleh alam. Hal ini berbeda dengan tempat wisata buatan dimana pepohonan yang ada di obyek wisata buatan ditanam oleh manusia.  Seindah-indahnya tempat wisata buatan manusia tidak akan mengalahkan keindahan tempat wisata alam yang terbentuk secara alami.

Tangga Turun Menuju Kawah Putih


Kedalaman air kawah putih bervariasi ada yang dangkal dan secara keseluruhan sangat dalam sehingga banyak rambu-rambu peringatan berisi himbauan dilarang turun ke air kawah.

Dalam foto tampak tangga dibatasi dengan pagar kayu berguna sebagai pembatas antara bagian tangga untuk naik dan bagian tangga untuk turun ke tepi kawah.

Kawah putih ini berada di puncak  gunung patuha maka jangan heran untuk menjangkau obyek wisata ini harus menempuh jalanan yang terus menanjak, dan justru terjadi sebaliknya ketika perjalanan pulang dari kawah putih akan melawati jalanan yang terus menurun

Suasana di Tepi Kawah Putih


Kawah sebenarnya memiliki air yang bening dan dingin, warna putih kebiru-biruan adalah repleksi dari warna awan dan langit serta dari kepulan asap putih yang mengandung belerang.

Dalam foto diatas tampak seorang remaja sedang mencoba mengambil air dari bagian kawah yang dangkal dengan telapak tangannya.

Untuk melanjutkan penelusuran kawah putih dapat di baca pada tautan atau link artikel bertajuk Menelusuri Keindahan Kawah Putih bagian 2


Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Media Sosial

Terjemahan

Total Pageviews

Dudu. Powered by Blogger.

Popular Posts

Followers

Ikuti Dengan Email