Wednesday, October 11, 2017

Dalam bank soal teknologi perkantoran dengan kompetensi dasar pengolah kata merupakan lanjutan dari bank soal teknologi perkantoran pengolah kata bagian 1. Soal-soal yang ada pada artikel ini telah mengacu pada penggunaan microsoft word 2016 dan indikator pencapaian kompetensi pada silabus terbaru mata pelajaran teknologi perkantoran.


Bank soal teknologi perkantoran ini disesuaikan dengan kompetensi dasar mengoperasikan aplikasi pengolah kata pada kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Indikator pencapaian kompetensi pada soal in sesuai dengan IPK 3.2.2 Mengklasifikasikan fasilitas pengaturan pada aplikasi pengolah kata, IPK 3.3.3 Menerapkan pengaturan-pengaturan pada aplikasi pengolah kata dalam pembuatan dokumen perkantoran, IPK 4.3.2 Membuat dokumen perkantoran menggunakan aplikasi pengolah kata., IPK 4.3.3 Mencetak file/dokumen kantor pada aplikasi pengolah kata. Atau pada materi pokok :
a.       Penggunaan indentasi, heading, section, header dan footer)
b.      Pembuatan daftar isi/table of content
c.       Penggunaan fitur-fitur aplikasi dalam pembuatan dokumen perkantoran.
d.      Mencetak file/dokumen pada aplikasi pengolah kata

Sebagai tambahan disertakan pula soal tentang surat massal atau mail merge sebab di silabus otomatisasi perkantoran kurikulum 2013 edisi sebelumnya mail merge merupakan materi yang harus diajarkan. Menurut saya pribadi mail merge perlu juga diajarkan pada mapel teknologi perkantoran edisi 2017 ini karena banyak aktivitas perkantoran yang memerlukan pemakaian fasilitas mail merge.

Bank soal ini terbagi menjadi dua bagian, klik link ini untuk membuka bank soal teknologi perkantoran pengolah kata bagian 1.

Soal pilihan ganda kompetensi dasar mengoperasikan aplikasi pengolah kata bagian 2.
1.        Untuk membuat huruf depan sebuah kalimat agar kelihatan lebih besar beberapa poin adalah dengan cara....
a.       Format Font
b.      Format Paragraph
c.       Format Bullets and Numbering
d.      Menu insert àtab textà Word art
e.       Menu insert àtab textà Drop Cap

2.        Dalam Microsoft Word 2016 kita bisa mencari dan mengganti kata tertentu dengan menggunakan perintah ...
a.       Menu Home àEditing à find
b.      Menu Home àEditing à replace
c.       Menu Home àEditing à find and replace
d.      Edit Replace
e.       Edit Find

3.        Untuk menyalin format text dari suatu bagian atau obyek sehingga format text sama dengan format asal,  pada microsoft word 2016 bisa dilakukan dengan cara ….
a.       Blok bagian text yang akan di salin format nya àmenu Homeàtab clipboardàformat painter àulaskan mouse pointer pada bagian text yang akan diberi format
b.      Blok bagian text yang akan di salin format nya àmenu insertàtab clipboardàformat painter àulaskan mouse pointer pada bagian text yang akan diberi format
c.       Blok bagian text yang akan di salin format nya àmenu designàtab clipboardàformat painter àulaskan mouse pointer pada bagian text yang akan diberi format
d.      Copy > Paste
e.       Cut > Paste

4.        Dokumen yang kita buat bisa diberi bingkai yang bisa dibuka  melalui menu ….
a.       Insert à tab page borders àstyle àBorder and Shading àok
b.      Design à Page borders àtab page borders àstyle àpreviewàBorder and Shading àok
c.       Design à Page borders àtab page borders à pilih style yang diinginkanàpreview àok
d.      Design à tab page borders à borders èpilih style yang diinginkanàpreview àok
e.       Insert à Page borders àtab page borders àstyle àpreviewàBorder and Shading àok

5.        Untuk membuat daftar isi atau table of contents dalam microsoft word 2016 adalah ...
a.       Menu references àtab table of contents
b.      Menu references àtab table of contents àpilih add text
c.       Menu references àtab table of contents àpilih table of contents
d.      Menu layout àtab table of contents
e.       Menu layout àtab table of contents àpilih table of contents

6.        Pada microsoft word 2016 Print dan Print Preview terdapat dalam Menu Perintah (Pull Down) :
a.       View
b.      Insert
c.       Design
d.      File
e.       Layout

7.        Untuk mencetak halaman dokumen yang sedang aktif, maka pada page range jendela print kita pilih perintah….
a.       All
b.      Print
c.       Pages
d.      Current Page
e.       Number of copies



8.        Format kertas dengan ukuran  215 mm x 330 mm merupakan ukuran lertas ...
a.       A4
b.      A5
c.       Letter
d.      Legal
e.       Folio atau F4

9.        Jarak halaman yang diukur dari tepi kertas kiri  disebut . . . . margin.
a.       Left
b.      Right
c.       Center
d.      Top
e.       Bottom

10.    Dokumen pertama pada  Microsoft word 2016, secara default  atau secara otomatis akan diberikan nama oleh microsoft word dengan nama . . . .
a.       Document1 .docx
b.      Document2 .docx
c.       Document1 .doc
d.      Document2 .doc
e.       Document3 .doc

11.    Fitur Mail Merge pada microsoft word memiliki Fungsi....
a.       Untuk membuat surat massal
b.      Untuk membuat salinan surat
c.       Untuk membuat surat dengan format yang ditentukan
d.      Untuk penyimpanan berbagai surat
e.       Untuk keperluan surat-menyurat

12.    Fitur Mail merge pada microsoft word dapat digunakan untuk membuat di bawah ini, kecuali... .
a.       Surat Pemberitahuan
b.      Sertifikat
c.       Surat Wasiat (jawaban)
d.      Surat Undangan Rapat
e.       Label undangan
13.    Pada gambar dibawah ini Format Picture menggunakan format in line with text maka . . .

a.       Teks mengelilingi obyek
b.      Obyek sebagai teks
c.       Obyek di atas teks
d.      Obyek di belakang teks
e.       Obyek di depan teks

14.    Ada dua buah file yang digunakan dalam membuat mail merge, yaitu:
a.       Dokumen Master dan Dokumen utama
b.      Dokumen Master dan Data Source
c.       Data source dan Sumber data
d.      Data Source dan Sumber dokumen
e.       Dokumen Master dan Main dokumen

15.    Langkah langkah menggabungkan data di Ms Word 2007 dengan data Di Ms Excell 2007 dengan mail merge adalah ...
a.       Mailing –pilih use an existing list (cari sumber data yang akan dijadikan sumber data - insert merge field (Pilih field yang diperlukan) – Finish and merge
b.      Mailing – select recifient – pilih use an existing list (cari sumber data yang akan dijadikan sumber data - insert merge field (Pilih field yang diperlukan) – Finish and merge
c.       Mailing – select recifient – insert merge field (Pilih field yang diperlukan) – Finish and merge
d.      Mailing – select recifient – pilih use an existing list (cari sumber data yang akan dijadikan sumber data – Finish and merge
e.       Mailing – select recifient – pilih use an existing list (cari sumber data yang akan dijadikan sumber data - insert merge field (Pilih field yang diperlukan)

Untuk soal pengolah kata indikator pencapaian kompetensi atau IPK sebelumnya dapat dibuka pada artikel bank soal teknologi perkantoranpengolah kata bagian 1.

Untuk kunci jawaban  silahkan ada disni

Semoga bermanfaat!


0 komentar:

Post a Comment

Media Sosial

Terjemahan

Total Pageviews

Dudu. Powered by Blogger.

Popular Posts

Followers