Dalam bank soal
teknologi perkantoran dengan kompetensi dasar pengolah kata merupakan lanjutan
dari bank soal teknologi perkantoran pengolah kata bagian 1. Soal-soal yang ada
pada artikel ini telah mengacu pada penggunaan microsoft word 2016 dan indikator
pencapaian kompetensi pada silabus terbaru mata pelajaran teknologi
perkantoran.
Bank soal
teknologi perkantoran ini disesuaikan dengan kompetensi dasar mengoperasikan
aplikasi pengolah kata pada kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Indikator
pencapaian kompetensi pada soal in sesuai dengan IPK 3.2.2 Mengklasifikasikan
fasilitas pengaturan pada aplikasi pengolah kata, IPK 3.3.3 Menerapkan
pengaturan-pengaturan pada aplikasi pengolah kata dalam pembuatan dokumen
perkantoran, IPK 4.3.2 Membuat dokumen perkantoran menggunakan aplikasi
pengolah kata., IPK 4.3.3 Mencetak file/dokumen kantor pada aplikasi pengolah
kata. Atau pada materi pokok :
a.
Penggunaan
indentasi, heading, section, header dan footer)
b.
Pembuatan daftar
isi/table of content
c.
Penggunaan
fitur-fitur aplikasi dalam pembuatan dokumen perkantoran.
d.
Mencetak
file/dokumen pada aplikasi pengolah kata
Sebagai tambahan
disertakan pula soal tentang surat massal atau mail merge sebab di silabus otomatisasi
perkantoran kurikulum 2013 edisi sebelumnya mail merge merupakan materi yang
harus diajarkan. Menurut saya pribadi mail merge perlu juga diajarkan pada
mapel teknologi perkantoran edisi 2017 ini karena banyak aktivitas perkantoran
yang memerlukan pemakaian fasilitas mail merge.
Bank soal ini
terbagi menjadi dua bagian, klik link ini untuk membuka bank soal teknologi perkantoran pengolah kata bagian 1.
Soal pilihan
ganda kompetensi dasar mengoperasikan aplikasi pengolah kata bagian 2.
1.
Untuk membuat
huruf depan sebuah kalimat agar kelihatan lebih besar beberapa poin adalah
dengan cara....
a.
Format Font
b.
Format Paragraph
c.
Format Bullets
and Numbering
d.
Menu insert à tab textà Word art
e.
Menu insert à tab textà Drop Cap
2.
Dalam Microsoft
Word 2016 kita bisa mencari dan mengganti kata tertentu dengan menggunakan
perintah ...
a.
Menu Home à Editing à find
b.
Menu Home à Editing à replace
c.
Menu Home à Editing à find and replace
d.
Edit Replace
e.
Edit Find
3.
Untuk menyalin
format text dari suatu bagian atau obyek sehingga format text sama dengan
format asal, pada microsoft word 2016 bisa
dilakukan dengan cara ….
a.
Blok bagian text
yang akan di salin format nya à menu Homeà tab
clipboardà format painter à ulaskan
mouse pointer pada bagian text yang akan diberi format
b.
Blok bagian text
yang akan di salin format nya à menu insertà tab
clipboardà format painter à ulaskan
mouse pointer pada bagian text yang akan diberi format
c.
Blok bagian text
yang akan di salin format nya à menu designà tab
clipboardà format painter à ulaskan
mouse pointer pada bagian text yang akan diberi format
d.
Copy > Paste
e.
Cut > Paste
4.
Dokumen yang kita
buat bisa diberi bingkai yang bisa dibuka melalui menu ….
a.
Insert à tab page borders à style à Border
and Shading à ok
b.
Design à Page borders à tab page borders à style à previewà Border
and Shading à ok
c.
Design à Page borders à tab page borders à pilih style yang diinginkanà preview
à ok
d.
Design à tab page borders à borders èpilih
style yang diinginkanà preview à ok
e.
Insert à Page borders à tab page borders à style à previewà Border
and Shading à ok
5.
Untuk membuat
daftar isi atau table of contents dalam microsoft word 2016 adalah ...
a.
Menu references à tab table of contents
b.
Menu references à tab table of contents à pilih add text
c.
Menu references à tab table of contents à pilih table of contents
d.
Menu layout à tab table of contents
e.
Menu layout à tab table of contents à pilih table of contents
6.
Pada microsoft
word 2016 Print dan Print Preview terdapat dalam Menu Perintah (Pull Down) :
a.
View
b.
Insert
c.
Design
d.
File
e.
Layout
7.
Untuk mencetak
halaman dokumen yang sedang aktif, maka pada page range jendela print kita
pilih perintah….
a.
All
b.
Print
c.
Pages
d.
Current Page
e.
Number of copies
8.
Format kertas
dengan ukuran 215 mm x 330 mm merupakan ukuran
lertas ...
a.
A4
b.
A5
c.
Letter
d.
Legal
e.
Folio atau F4
9.
Jarak halaman
yang diukur dari tepi kertas kiri disebut
. . . . margin.
a.
Left
b.
Right
c.
Center
d.
Top
e.
Bottom
10.
Dokumen pertama
pada Microsoft word 2016, secara default
atau secara otomatis akan diberikan nama
oleh microsoft word dengan nama . . . .
a.
Document1 .docx
b.
Document2 .docx
c.
Document1 .doc
d.
Document2 .doc
e.
Document3 .doc
11.
Fitur Mail Merge
pada microsoft word memiliki Fungsi....
a.
Untuk membuat
surat massal
b.
Untuk membuat
salinan surat
c.
Untuk membuat
surat dengan format yang ditentukan
d.
Untuk penyimpanan
berbagai surat
e.
Untuk keperluan
surat-menyurat
12.
Fitur Mail merge pada
microsoft word dapat digunakan untuk membuat di bawah ini, kecuali... .
a.
Surat
Pemberitahuan
b.
Sertifikat
c.
Surat Wasiat
(jawaban)
d.
Surat Undangan
Rapat
e.
Label undangan
13.
Pada gambar dibawah
ini Format Picture menggunakan format in line with text maka . . .
a.
Teks mengelilingi
obyek
b.
Obyek sebagai
teks
c.
Obyek di atas
teks
d.
Obyek di belakang
teks
e. Obyek di depan teks
14.
Ada dua buah file
yang digunakan dalam membuat mail merge, yaitu:
a.
Dokumen Master
dan Dokumen utama
b.
Dokumen Master
dan Data Source
c.
Data source dan
Sumber data
d.
Data Source dan
Sumber dokumen
e.
Dokumen Master
dan Main dokumen
15.
Langkah langkah
menggabungkan data di Ms Word 2007 dengan data Di Ms Excell 2007 dengan mail
merge adalah ...
a.
Mailing –pilih
use an existing list (cari sumber data yang akan dijadikan sumber data - insert
merge field (Pilih field yang diperlukan) – Finish and merge
b.
Mailing – select
recifient – pilih use an existing list (cari sumber data yang akan dijadikan
sumber data - insert merge field (Pilih field yang diperlukan) – Finish and
merge
c.
Mailing – select
recifient – insert merge field (Pilih field yang diperlukan) – Finish and merge
d.
Mailing – select
recifient – pilih use an existing list (cari sumber data yang akan dijadikan
sumber data – Finish and merge
e.
Mailing – select
recifient – pilih use an existing list (cari sumber data yang akan dijadikan
sumber data - insert merge field (Pilih field yang diperlukan)
Untuk soal pengolah kata indikator pencapaian
kompetensi atau IPK sebelumnya dapat dibuka pada artikel bank soal teknologi perkantoranpengolah kata bagian 1.
Semoga bermanfaat!
0 komentar:
Post a Comment