Saturday, November 04, 2017

Melakukan pembayaran melalui emoney sangat membantu sekali dimana tidak perlu direpotkan lagi dengan proses pembayaran yang memakan waktu agak lama karena harus mengingat nomor rekening atau pun kena biaya kode unik atau pergi ke ATM maupun pergi ke tempat pembayaran lain. Dengan emoney dari bukalapak (buka dompet), tokopedia (toko cash), dan shopee (shopee pay) pembayaran terhadap transaksi di toko online tersebut cukup dengan 1 klik  atau 2 klik dan selesai terverifikasi real-time seketika itu juga. Namun sayang sampai saat tulisan ini dibuat pada awal November 2017, fasilitas isi saldo untuk e-money di tiga toko online tersebut belum bisa dilakukan karena ijin atau lisensi e-money dari Bank Indonesia belum terbit.



Seperti diketahui oleh para online shopper bahwa ketiga toko online tersebut sedang mengajukan lisensi terhadap fasilitas e-money yamg mereka miliki ke Bank Indonesia. Menurut peaturan Bank Indonesia Nomor 18/17/PBI/2016 tentang uang elektronik dimana ecommerce yang memiliki dana beredarnya (floating fund) telah di atas Rp 1 miliar maka mereka wajib memililiki izin.

Sebenarnya seluruh pelanggan tokopedia, bukalapak, dan shoppe masih bisa melakukan pembayaran melalui fasilitas emoney : buka dompet, toko cash, dan shopee pay namun belum bisa menambah saldo atau top up saldo e-money tersebut. Jadi hanya bisa menggunakan sisa uang yang ada di akun buka dompet , toko cash, maupun shopee pay.

Saya sendiri yang biasa menggunakan fasilitas ini untuk pembayaran pulsa telepon prabayar, pembayaran tagihan listrik pasca bayar maupun pembayaran transaksi lainnya agak kesulitan karena untuk pembayaran harus menggunakan fasilitas pembayaran lain, seperti transfer bank karena jumlah saldo e-money di ketiga ecommerce tersebut telah sangat menipis.

Sebagai pengguna jasa uang elektronik atau e-money dari ketiga toko online tersebut yang telah merasakan manfaatnya berharap lisensi atau izin dari Bank Indonesia segera terbit. Jumlah pengguna uang elektronik yang bernama buka dompet, toko cash, dan shoppe pay cukup besar hal ini terbukti dari jumlah dana yang beredar cukup tinggi.

Keuntungan lain dari penggunaan e-money dari bukalapak, tokopedia, dan shopee adalah penawaran diskon dan cashback yang datang silih berganti sehingga  memungkinkan pengguna e-money berbelanja dengan harga hemat.

Semoga artikel ini bermanfaat.



Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Media Sosial

Terjemahan

Total Pageviews

Dudu. Powered by Blogger.

Popular Posts

Followers

Ikuti Dengan Email