Monday, February 26, 2018

Mengendarai mobil dengan sistem audio yang dapat memanjakan telinga, memungkinkan kita merasa lebih nyaman dan betah berkendara, apalagi jika untuk perjalanan jauh perangkat audio mobil yang bagus seolah wajib ada. Dari sekian banyak merk audio mobil yang beredar dipasaran, saya tertarik untuk mencoba kinerja merk pioneer. 


Pioneer terkenal dengan memiliki kualitas audio yang tinggi dengan detil suara yang dihasilkan sangat presisi dan bertenaga. Dari sederet model yang ditawarkan pilihan jatuh ke pioneer DEH X3950BT.  


Spesifikasi Pioneer DEH X3950BT
·           Masukan daya 12 V – 14.4 V DC
·           Maksimum Arus konsumsi : 10 Ampere
·           Berat : 1 Kg
·           Dimensi Headunit : (P x L x T)   178 mm x 165 mm x 50 mm
·           Maksimum daya keluaran :
 50 W x 4 kanal/4W (tanpa subwoofer)
 50 W x 4 kanal/4W + 70 W x 1 Kanal/2W (dengan subwoofer)
·           Equalizer : 5 band graphic equalizer
·           CD Player : MP3, WMA, AAC, WAV
·           USB 2.0 full speed : FAT12, FAT16, FAT32 files system
·           FM Radio tuner : 87,5 MHz – 108 MHz
·           AM Radio tuner : 531 kHz – 1.602 kHz
·           Bluetooth 3.0 : 2.400 MHZ – 2.483 MHz
·           AUX : 1 X (terletak di fanel depan headunit)

Kinerja Pioneer DEH X3950BT

Perangkat headunit Pioneer DEH X3950BT yang merupakan platform Single DIN memiliki input audio internal maupun eksternal. Selain memiliki Receiver radio AM/FM dengan RDS, headunit ini dilengkapi dengan pemutar CD, dan Slot USB untuk memutar file audio dari flashdisk, juga bagi yang ingin memutar lagu dari gadget/smartphone android maupun iphone dapat menghubungkannya dengan fasilitas built in bluetooth yang dimiliki pioneer DEH X3950BT. Atau bisa juga dengan menghubungkannya dengan slot AUX yang ada di fanel depan headunit ini.

Bagi mereka yang selalu ingin terhubung dengan perangkat handphone dengan tanpa ribet ketika menerima dan melakukan panggilan telephon dapat menghubungkan smartphone ke perangakat pioneer DEH X3950BT melalui koneksi nirkabel Bluetooth. Untuk microphone sudah ada dalam paket pembelian sehingga tinggal menghubungkan/mencolokan microphon tersebut ke socket jack 3,5mm yang terletak di belakang headunit.

Dengan output 2 kali front channel dan 2 kali rear channel dan masing-masing memiliki daya keluaran 50 Watt memungkinkan menghasilkan keluaran suara yang cukup memadai, baik untuk suara vocal, bass maupun treble.007



Suara yang dihasilkan begitu jernih dan detil walaupun hanya menggunakan two ways speaker standar bawaan dari mobil tanpa subwoofer maupun tanpa tambahan power amplifier. Suara bass dan treble dapat keluar dengan baik pada semua level atau tingkatan volume.

Jadi kesimpulan keluaran audio sudah cukup baik untuk penggunaan standar, suara bass begitu bulat dan tidak sember begitupun dengan suara treble sangat ngencring dan jernih. Bila ingin suara bass nya terdengar membahana seperti menggunakan tambahan power-amplifier dan sub-woofer maka cukup menambahkan triways speaker yang diletakan dalam box speaker.

Dengan adanya 5 band equalizer tata suara headunit pioneer deh x3950BT dapat diatur sesuka hati sesuai selera. Ada 5 preset equalizer yaitu powerful, superbass, natural, vocal dan flat, serta bagi yang ingin setting equalizer secara pribadi tersedia custom 1 dan custom 2.


Headunit pioneer X3950BT memiliki tiga level pengaturan loudness, yaitu Low, Mid, dan Hi. Sementara untuk pengaturan keseimbangan kanal kiri (left speaker) dan kanan (right speaker) dapat diatur dengan 10 level Balance.

Pengaturan keseimbangan speaker depan (front speaker) dan speaker belakang (rear speaker) diatur melalui menu Fader.

Headunit Pioneer deh x-3950-bt ini juga memiliki fitur mixtrax yaitu sebuah fitur yang memungkinkan pemutaran audio atau musik yang terus menerus tanpa jeda diantara pertukaran satu lagu dengan lagu lain atau selanjutnya.

Selain memiliki pengoperasian secara manual melalui tombol fungsi atau navigasi yang ada pada fanel depan headunit, juga tersedia remote control untuk memudahkan pengoperasian.

Hal lainnya adalah headunit ini dapat dikendalikan dengan mudah menggunakan aplikasi ARC APP dari perangkat Iphone dan Android. Aplikasi ARC App dapat diunduh di playstore android maupun iphone.

Selain itu slot USB 2.0 yang dimiliki pioneer DEH X3950BT selain untuk input flashdisk dapat digunakan untuk charge gadget dengan charge fast speed.

Berbicara keunggulan tentu tidak ada salahnya menyoroti kekurangan dari pioneer DEH X3959BT, dimana kekurangannya adalah tidak suport memutar file video (MP4, MKV , dan sejenisnya), dan tidak dapat menampilkan file grafis atau gambar/foto.

Perlu diketahui panel depan headunit dapat dilepas dan disediakan casing untuk menempatkan fanel depan headunit tersebut sehingga dapat dibawa kemana-mana ketika mobil tidak dikendarai. Hal ini dimaksudkan untuk pengamanan headunit dari tindak kejahatan pencurian.

Harga Pioneer DEH X 3950 BT

Harga yang ditawarkan di berbagai toko online untuk headunit pioneer DEH X-3950-BT cukup bervariasi. Sebagai patokan harga yang dibandrol oleh merchant mulai dari termurah dengan harga Rp1.150.000,- sampai dengan harga penawaran tertinggi Rp1.700.000,-


Headunit Pioneer DEH X 3950 BT di peroleh dari Lazada dengan harga Rp1.135.250,- dengan diskon 10% jadi harga setelah diskon adalah Rp1.021.500,-, ditambah ongkos kirim Rp14.000,- sehingga total harga yang harus dibayar Rp1.035.725

Tulisan ini dipublikasikan dengan tujuan berbagi informasi dan pengalaman sehingga bagi yang sedang mencari informasi tentang headunit dapat memperoleh sedikitnya gambaran atau referensi tentang pioneer DEH X3950BT.

Untuk kritik, saran, dan komentar dapat di tulis di kolom komentar dibawah postingan artikel. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

Media Sosial

Terjemahan

Total Pageviews

Dudu. Powered by Blogger.

Popular Posts

Followers