Thursday, November 29, 2018

Suzuki All New Ertiga GX 2018 telah dilengkapi dengan perangkat multimedia berupa Head Unit full touchscreen 6,8” Merk JVC KW M540BT, sementara Suzuki All New Ertiga tipe GL dilengkapi Headunit OEM touch panel merk Fujitsuten, dan Suzuki All New Ertiga tipe GA tidak dilengkapi perangkat audio.



Bagi pemilik Suzuki All new Ertiga tipe GA, dan GL bisa melengkapi perangkat multimedia seperti yang ada pada tipe GX atau bisa memasang atau mengganti Head Unit bawaan dengan merk after market lainnya, seperti Pioneer, Kenwood, Sony, Mtech, atau merk lainnya.

Khusus pada artikel ini akan dibahas mengganti headunit Suzuki All new Ertiga tipe GA dan GL dengan merk JVC KW M540BT yang mana dijual langsung oleh Dealer mobil Suzuki. JVC KW M540BT juga bisa diperoleh di toko online baik dalam negeri maupun toko online luar negeri.

Head Unit JVC KW-M540BT yang dipasarkan oleh Suzuki Indomobil melalui dealer-dealer Suzuki diseluruh Indonesia sudah mengadopsi system plug and play, dimana tinggal mencolokan socket bawaan mobil ke socket-socket yang ada pada head unit.  JVC KW-540BT yang dijual oleh dealer Suzuki termasuk kepada asesoris dan sudah diberi label SGP (Suzuki Genuine Part).

Berbeda dengan JVC KW M540BT yang di jual dipasaran bebas dan yang bukan termasuk Suzuki Genuine Part (SGP) maka pembeli akan berhadapan dengan konektor dan kabel head unit yang harus di custom dengan membeli socket audio/Headunit Suzuki dan merangkai kabelnya agar bisa plug and play.

Harga Head Unit JVC KW M540BT
  
Harga JVC KW M540BT dijual pada kisaran antara Rp3.800.000,00 – Rp4.100.000,00 dan dapat dibeli di dealer mobil Suzuki. Untuk Head Unit dengan harga Rp3.800.000,00 belum termasuk Frame, sementara yang memiliki harga Rp4.100.000,00 sudah termasuk frame.

Di toko online juga sudah ada yang menjual Head Unit merk JVC KW M540BT original SGP, tentunya dengan harga yang agak tinggi dibandingkan di Dealer Suzuki sendiri.


Selain JVC KW M540BT yang baru, di toko online juga ada dijual head Unit bekas yang merupakan copotan dari mobil Suzuki All New Ertiga tipe GX. Kenapa dicopot? Mungkin pemilik mobil tersebut ingin mengganti dengan head unit dengan merk lain yang memiliki fitur lebih tinggi dan lengkap atau diganti dengan head unit berbasis Android. Tentu harga yang ditawarkan untuk JVC KW-M540BT bekas ini sangat miring. Harga yang dibanderol penjual setengah dari harga baru, yaitu pada rentang harga antara Rp1.750.000,00 – Rp2.500.000,00.

Fitur JVC KW M540BT

JVC KW M540BT memiliki fungsi utama sebagai pemutar audio dan video yang berasal dari USB, AUX, Radio AM FM dengan RDS, Foto, dan bluetooth Smartphone (Iphone dan Android). Selain itu pengguna dapat memasang kamera mundur dan Head Unit JVC KW M540BT sebagai monitornya.

Pengguna headunit JVC KW M540BT juga dapat digunakan untuk monitor aplikasi navigasi Waze, dengan syarat dari head unit dihubungkan melaui kabel USB dengan smartphone yang memiliki aplikasi Waze dan Weblink For JVC. Selain dapat menjalankan aplikasi Waze di head unit, dapat  juga memutar aplikasi Youtube, Sportify, Media player on smartphone, Open weather map, dan Yelp. Namun aplikasi Yelp yang merupakan aplikasi yang memuat informasi tentang restoran atau tempat kuliner terdekat dan dapat memesannya pula, untu sementara ini belum dapat atau tidak bisa digunakan di Indonesia. Mudah-mudahan kedepannya aplikasi tersebut sudah bisa digunakan seperti di Malaysia, dan Singapura.



Kualitas suara yang dihasilkan oleh JVC KW M540BT cukup baik, dimana dari output 4 x 50 Watt mampu menghasilkan suara yang jernih, Bass yang empuk bertenaga, dan treble yang crispy. Intinya membuat betah berlama-lama berada di kabin mobil.

Output suara bisa disesuaikan dengan selera masing-masing berkat adanya 13 band equalizer dan penyesuaian Digital Time Alignment (DTA). Dengan digital time alignment dapat melokalisir citra suara dari setiap speaker, baik itu left rear speaker, right rear speaker, left front speaker, dan right front speaker.

Untuk kualitas foto (gambar) dan video cukup bagus walaupun hanya memiliki resolusi 800x480 dengan ukuran layar TFT 6,8 Inci dengan pencahayaan latar LED.

Untuk Suzuki All New Ertiga tipe GL masih bisa menikmati fitur direct OEM steering remote dari head uni JVC KW-M540BT sebab di stir atau kemudinya memiliki tombol panggilan telepon dan pengaturan Bluetooth walaupun tidak bisa untuk pengaturan audio/video.

Sementara untuk Suzuki All New Ertiga GA samasekali tidak bisa memanfaatkan fitur direct OEM steering remote sebab pada stir atau kemudi (steering wheel) tidak terdapat steering wheel remote kecuali kalau mau mengganti steering wheelnya dengan stir tipe GX.

Remote Control

Head Unit JVC KW M540BT dilengkapi dengan sebuah remote control, namun saying untuk pembelian melaui dealer Suzuki remote control dijual terpisah. Jadi apabila ingin memilikinya harus membelinya tersendiri, kecuali membelinya yang non SGP.

Ya jadi sama saja, bila membeli yang Suzuki Genuine Part (SGP) maka sudah plug and play dan memiliki logo Suzuki pada saat head unit start up, namun belum ada remote control. Jika membeli yang versi non SGP akan dapat remote control tetapi belum plug & play, dan tidak ada logo Suzuki pada saat head unit start up.

Spesifikasi JVC KW M540BT

Berikut adalah spesifikasi singkat headunit JVC KW-M540BT yang diproduksi oleh PT JVCKENWOOD Indonesia.
·         USB 2.0 : 2 buah (USB high speed)
·         Bluetooth : 3.0 dengan frekuensi 2,402 GHz-2,480 GHz
·         Radio FM : jangkauan frekuensi  87,5 MHz-108 Mhz
·         Radio AM : Jangkauan frekuensi 531 KHz-1611 KHz
·         Video : NTSC/PAL
·         Sistem file : FAT 16/FAT 32/ NTFS
·         Konverter D/A : 24 bit
·         File Audio yang didukung : MP3, WMA, AAC, WAV, FLAC
·         File Video yang didukung : MPEG1, MPEG, MPEG4, H.264, WMV, MKV
·         File Gambar yang didukung : JPEG, PNG, BMP
·         Direct OEM Steering remote
·         Impedansi speaker : 4 – 8 Ohm
·         Daya output speaker : 50 W x 4
·         Tegangan : 14.4 Volt (toleransi 10,5 V-16 V)
·         Konsumsi Arus maksimal : 10 Ampere
·         Dimensi  : 178 mm x 100 mm x 162 mm
·         Berat bersih : 1,4 Kg.

Kesimpulan

Bagi pemilik Suzuki All New Ertiga tipe GA, dan GL merupakan alternatif pilihan menarik untuk memasang dan mengganti Head unit bawaan mobil dengan Head unit JVC KW M540BT dari SGP, selain memiliki fitur yang cukup berlimpah juga harganya cukup ramah walaupun dalam batas tidak murah maupun tidak mahal, ya memiliki harga menengah alias sedang-sedang saja.

Head unit JVC KW-M540BT tidak hanya cocok untuk dipakai mobil merk Suzuki saja, mobil dengan merek lain apa pun juga bisa menggunakannya, dengan catatan supaya tidak ribet dengan konektor bisa membeli yang versi non SGP.

Sebenarnya JVC KW M540BT versi SGP bisa juga digunakan di mobil merk lain, dengan hanya merubah atau membuka konektor versi Suzuki dan disesuaikan dengan konektor mobil merk  masing-masing.


0 komentar:

Post a Comment

Media Sosial

Terjemahan

Total Pageviews

Dudu. Powered by Blogger.

Popular Posts

Followers