Sunday, November 12, 2017

Mencari buku pegangan (buku teks) maupun buku referensi untuk kelompok mapel C2 maupun C3 SMK merupakan sesuatu yang sangat melelahkan karena sangat sedikit penerbit yang menerbitkan buku tersebut sementara untuk buku Wajib A dan Wajib B sangat melimpah. Untuk itu guru-guru mata pelajaran produktif di SMK biasanya mau tidak mau harus menyusun sendiri buku tersebut. Pada artikel resensi buku ini akan diulas sekaitan dengan buku teknologi perkantoran untuk SMK kompetensi keahlian otomatisasi dan tata kelola perkantoran atau OTKP.



Setelah sekian lama mencari buku referensi dan buku pegangan siswa mata pelajaran teknologi perkantoran akhirnya menemukan buku tersebut yang diterbitkan oleh salah satu penerbit dari Bandung.

Penerbit dan Dimensi Buku

Judul buku Teknologi Perkantoran SMK/MAK untuk kelas X Kompetensi keahlian otomatisasi dan tata kelola perkantoran, Penerbit Humaniora Utama Press Bandung. Cetakan pertama Juli 2017.

Ukuran buku lebar dan panjang  L = 18 cm dan P = 25,2 cm, tebal 178 halaman dan 5 halaman depan atau total 283 halaman. Kertas megggunakan kertas koran dan softcover karton tebal.

Penulis buku teknologi perkantoran SMK/MAK  terdiri dari 5 orang yaitu Toyib Aryanto, S.Pd, Drs. Uu Supardi., Dra. Aan Hariyanah, Dra. Tati Sutarni., dan Tatang Tahyan, S.Pd., M.MPd.

Ulasan Tentang Isi Buku

Buku teknologi perkantoran SMK/MAK ini terdiri dari 9 bab untuk dua semester di kelas X kompetensi keahlian otomatisasi dan tata kelola perkantoran. Untuk informsi selengkapnya adalah sebagai berikut.

Pada bab 1 dengan judul materi peralatan dan perlengkapan kantor. Pembahasan diawali dari konsep teknologi perkantoran, perlengkapan kantor, Alat tulis kantor hingga mesin-mesin kantor untuk komunikasi. Pembahasan dilengkapi dengan gambar atau foto dari peralatan kantor yang dibahas. Pembahasan cukup komprehensif dan mendetil sampai dibahas juga keuntungan dan kerugian dari tiap jenis peralatan kantor tersebut.

Pada bab 2 pembahasan dimulai dengan penjelasan kesehatan dan keselamatan kerja perkantoran atau K3 Perkantoran, dan diakhiri dengan membahas keyboarding atau tehnik mengetik cepat.

Pada bab 3 memiliki judul mengoperasikan word processing. Pembahasan diawali dari mengenal sampai dengan mengoperasikan microsoft word. Pada akhir bab 3 disajikan pembahasan mengenai cara membuat daftar isi  atau table of content, juga pembahasan tentang pencetakan file dokumen.

Bab 4 membahas materi tentang mengoperasikan aplikasi spredsheet. Dalam bab ini terbagi menjadi 7 sub-bab. Sub-bab pertama mengambil tema mulai bekerja dengan microsoft excel, pembahasan cukup meneyeluruh dan detil sehingga kemungkinan mudah untuk dipahami siswa. Selain mengenal format workbook dibahas pula rumus-rumus dan fungsi untuk memanipulasi data. Pada akhir bab dibahas tentang bagaimana menampilkan atau menyajikan data dalam bentuk grafik, juga cara mencetak dokumen workbook.

Bab 5 membahas materi mengoperasikan aplikasi presentasi. Pembahasan pada bab 5 diawali dengan materi dasar-dasar presentasi, dimana dibahas bagaimana melakukan presentasi secara efektif dan efesien. Teori ini sangat bagus diberikan sebelum siswa memulai pembuatan slide presntasi. Pembahasan mengoperasikan microsoft powerpoint diakhiri dengan materi mencetak file presentasi



Bab 6 menyajikan pokok bahasan tentang aplikasi bahan cetak yang dalam hal ini menggunakan aplikasi microsoft publisher yang masih merupakan family dari microsoft office. Pada awal bab ini menyajikan pembahasan tentang bagian-bagian microsoft publisher, kemudian dilanjutkan dengan bahasan memulai program microsoft publisher. Untuk praktik dibahas cara membuat kartu nama, membuat kalender, membuat kartu ucapan, membuat sertifikat, dan cara mengirim email menggunakan design. Pada akhir bab 6 dibahas cara mencetak desain atau rancangan yang telah dibuat sebelumnya.

Bab 7 merupakan bab terakhir dalam buku ini membahas tentang mengoperasikan website secara lengkap. Selain pembahasan akses internet dibahas pula tentang HTML dan perangkat lunak pembuat website. Pembahasan bergulir  dengan pembuatan dan pengelolaan blog serta email.
  
Kompetensi Dasar Mapel Teknologi Perkantoran

Untuk mengetahui secara garis besar kesesuaian buku ini dengan kompetensi dasar mata pelajaran teknologi perkantoran kurikulum 2013 edisi revisi 2017 dapat dilihat pada kompetensi dasar teknologi perkantoran dibawah ini :
3.1       Memahami teknologi perkantoran, otomatisasi perkantoran, dan virtual office
3.2       Menerapkan pengetikan (keyboarding) 10 jari kecepatan 200 EPM dan ketepatan 99%
3.3       Menerapkan pengoperasian aplikasi pengolah kata
3.4       Menerapkan pengoperasian aplikasi pengolah angka
3.5       Menerapkan pengoperasian aplikasi pengolah presentasi
3.6       Menerapkan pengoperasian aplikasi pengolah bahan cetak
3.7       Menganalisis informasi dari internet untuk menunjang pekerjaan kantor
3.8       Menerapkan pengoperasian transaksi online
3.9       Menerapkan prosedur kegiatan rapat (teleconference)
3.10     Menerapkan pengelolaan informasi melalui web log (blog)
3.11     Mengevaluasi penggunaan teknologi perkantoran
  
Kelebihan Buku Administrasi Umum SMK/MAK

Buku teknologi perkantoran SMK/MAK untuk kelas X kompetensi keahlian otomatisasi dan tata kelola perkantoran ini (sebelumnya dikenal dengan nama administrasi perkantoran) memiliki kelebihan antara lain :
1.        Pada akhir bab dilengakapi soal-soal uji kompetensi yang dimaksudkan untuk mengukur kemampuan siswa setelah mempelajari materi pada akhir setiap bab.
2.        Pada awal pembahasan tiap-tiap bab dicantumkan Kompetensi dasar
3.        Tiap bab diakhiri dengan panduan mencetak dokumen yang dihasilkan

Kekurangan Buku Administrasi Umum SMK/MAK

Berbeda dengan buku administrasi umum yang dtulis oleh penulis yang sama dan buku diterbitkan oleh penerbit yang sama pula dimana pada buku administrasi umum tiap bab dibuatkan peta konsep sementara pada buku ini tidak ada peta konsep.

Dalam buku teknologi perkantoran ini tidak dibahas kompetensi dasar mengevaluasi penggunaan teknologi perkantoran
  
Kesimpulan

Dengan menelaah atau mengupas isi buku teknologi perkantoran ini dan dengan melihat acuan dalam kompetensi dasar pada kurikulum 2013 edisi revisi 2017 secara umum buku ini recomended untuk dipergunakan sebagai buku pegangan utama dalam pembelajaran mapel teknologi perkantoran.

Pepatah mengatakan tiada gading yang tak retak, maka kekurangan pada buku ini dapat di tutup dengan menambah sumber materi dari buku referensi lain.


Semoga artikel ini bermanfaat dan apabila ada kesalahan penulisan maupun konten artikel mohon koreksi.



Reaksi:

9 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertanyaanya sudah dijawab di google+, silahkan buka akun google plus nya.
      terimakasih sudah berkunjung

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertanyaanya sudah dijawab di google+, silahkan buka akun google plus nya.
      terimakasih sudah berkunjung

      Delete
  3. Kalo boleh tau dimana ya bisa mendapatkan bukunya? Mohon bantu jawab 🙇‍♀️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertanyaanya sudah dijawab di google+, silahkan buka akun google plus nya.
      terimakasih sudah berkunjung

      Delete
    2. Iya terimakasih atas respon nya 🙇‍♀️😊

      Delete
    3. Terimakasih juga buat Ibu Dian Kristiana

      Delete
  4. MOHON INFO DIMANA BISA KAMI DAPATKAN BUKU-BUKU K13 REV 2017 UNTUK PROGRAM KEAHLIAN OTOMATISASI TATA KELOLA PERKANTORAN KLS X,XI,XII /

    ReplyDelete

Media Sosial

Terjemahan

Total Pageviews

Dudu. Powered by Blogger.

Popular Posts

Followers

Ikuti Dengan Email