Silabus Mata pelajaran Korespondensi untuk
kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran dalam Kurikulum 2013 edisi revisi
2017 memiliki 10 KI/KD. Silabus ini di susun berdasarkan lampiran Keputusan
Direktur Jendral Pendidikan dasar dan Menengah KEMDIKBUD dengan Nomor : 330/D.D5/KEP/KR/2017 yang diterbitkan pada
tanggal 9 Juni 2017.
Mata Pelajaran Korespondensi merupakan dasar keahlian sehingga diberikan atau diajarkan di kelas 10 untuk program keahlian Manajemen Perkantoran dengan kompetensi keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK. Alokasi waktu
mata pelajaran korespondensi per minggu adalah 5 jam pelajaran (dapat dilihat di tautan artikel
Struktur kurikulum Administrasi Perkantoran 2017.
SILABUS MATA
PELAJARAN
Nama Sekolah : SMK .........
Bidang Keahlian : Bisnis dan Manajemen
Kompetensi Keahlian :
Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (C2)
Mata Pelajaran : Korespondensi
Durasi (Waktu) : 180JP (@ 45 Menit
KI-3 (Pengetahuan) : Memahami, menerapkan, menganalisis, dan
mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan
metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Otomatisasi dan Tata Kelola
Perkantoran pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan
dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks
pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja,
warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI-4 (Keterampilan) : Melaksanakan tugas
spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim
dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Otomatisasi dan
Tata Kelola Perkantoran. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan
kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif,
kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu
melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.Menunjukkan
keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir,
menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung.
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu (JP)
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
3.1. Memahami komunikasi kantor
4.1. Melakukan klasifikasi komunikasi kantor
|
3.1.1. Menjelaskan definisi komunikasi kantor
3.1.2. Mengemukakan fungsi komunikasi kantor
3.1.3. Mengidentifikasi bentuk komunikasi kantor
3.1.4. Menguraikan jenis komunikasi kantor
3.1.5. Merinci sarana komunikasi kantor
3.1.6. Mengemukakan efektivitas komunikasi kantor
4.1.1. Memilih bentuk dan sarana komunikasi kantor
4.1.2. Merancang bentuk dan sarana komunikasi kantor
4.1.3. Melakukan praktek komunikasi kantor
|
Komunikasi
Kantor
1. Definisi komunikasi kantor
2. Fungsi Komunikasi Kantor
3. Bentuk komunikasi kantor
4. Jenis Komunikasi Kantor
5. Sarana Komunikasi Kantor
6. Efektivitas Komunikasi Kantor
|
5
|
·
Mengamati untuk
mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang komunikasi kantor.
·
Mengumpulkan data
tentang komunikasi kantor.
·
Mengolah data tentang
komunikasi kantor.
·
Mengomunikasikan konsep komunikasi
kantor.
|
Pengetahuan
:
·
Tes tertulis
·
Penugasan
Keterampilan
:
·
Unjuk kerja
|
3.2. Menerapkan komunikasi
telepon Bahasa
Indonesia
4.2. Melakukan komunikasi
telepon Bahasa
Indonesia
|
3.2.1. Menjelaskan pengertian telepon
3.2.2. Mengidentifikasi macam-macam pesawat telepon
3.2.3. Mengemukakan macam-macam hubungan telepon
3.2.4. Mengklasifikasi etika penanganan telepon
3.2.5. Mencegah hambatan dalam hubungan telepon
4.2.1. Membuat persiapan percakapan telepon
Bahasa Indonesia
4.2.2. Melakukan pelayanan telepon bahasa
Indonesia
|
Komunikasi Telepon Bahasa Indonesia
1. Pengertian Telepom
2. Macam-macam Pesawat Telepon
3. Macam-macam Hubungan Telepon
4. Etika Penanganan Telepon
5. Hambatan Hubungan Telepon
6. Langkah-langkah Pelayanan Telepon Bahasa Indonesia
|
25
|
·
Mengamati untuk
mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang komunikasi telepon bahasa Indonesia.
·
Mengumpulkan data
tentang komunikasi telepon bahasa Indonesia.
·
Mengolah data tentang komunikasi
telepon bahasa Indonesia.
·
Mengomunikasikan konsep
komunikasi telepon bahasa Indonesia.
|
Pengetahuan
:
·
Tes tertulis
·
Penugasan
Keterampilan
:
·
Unjuk kerja/ praktek
|
3.3.
Menerapkan
komunikasi telepon dalam BahasaInggris atau bahasa
asing lainnya
4.3.
Melakukan
komunikasi telepon dalam BahasaInggris atau bahasa
asing lainnya
|
3.3.1. Menjelaskan etika penanganan telepon Bahasa Inggris dan Bahasa Asing
lainnya
3.3.2. Mengidentifikasi langkah-langkah pelayanan telapon Bahasa Inggris dan
Bahasa Asing Lainnya
3.3.3. Mengklasifikasi hambatan-hambatan hubungan telepon Bahasa Inggris
4.2.1. Membuat persiapan percakapan telepon
Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya
4.2.2. Melakukan pelayanan telepon bahasa Inggris
dan Bahasa Asing Lainnya
|
Komunikasi Telepon Bahasa Inggris
1. Etika Penanganan Telepon Bahasa Inggris dan bahasa asing lainnya
2. Langkah-langkah pelayanan telepon Bahasa Inggris dan bahasa asing lainnya
3. Hambatan-hambatan hubungan telepon Bahasa Inggris
|
15
|
·
Mengamati untuk
mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang komunikasi telepon bahasa Inggris.
·
Mengumpulkan data tentang
komunikasi telepon bahasa Inggris.
·
Mengolah data tentang komunikasi
telepon bahasa Inggris.
·
Mengomunikasikan konsep komunikasi
telepon bahasa Inggris.
|
Pengetahuan
:
·
Tes tertulis
·
Penugasan
Keterampilan
:
·
Unjuk kerja/ praktek
|
3.4. Menerapkan tata naskah surat menyurat Bahasa
Indonesia
4.4. Membuat naskah surat menyurat
Bahasa Indonesia
|
3.4.1. Menjelaskan dasar-dasar surat menyurat Bahasa Indonesia
3.4.2. Menguraikan jenis-jenis surat Bahasa Indonesia
3.4.3. Menentukan perlengkapan surat
3.4.4. Mengidentifikasi bagian-bagian surat
3.4.5. Mengklasifikasi bentuk-bentuk surat
3.4.6. Memproses tata bahasa surat Bahasa Indonesia
4.4.1. Memilih jenis surat bahasa Indonesia sesuai standar
4.4.2. Mempersiapkan alat dan bahan pembuatan surat bahasa Indonesia dengan
tepat sesuai kebutuhan
4.4.3. Membuat konsep surat bahasa Indonesia dengan tepat sesuai kaidah yang
berlaku
4.4.4. Membuat naskah surat bahasa Indonesia dengan tepat dan benar sesauai
kaidah yang berlaku
|
Tata Naskah Surat Menyurat Indonesia
1. Dasar-dasar Surat
2. Jenis-jenis Surat
3. Perlengkapan Surat
4. Bagian-bagian Surat
5. Bentuk-bentuk Surat
6. Bahasa Surat
|
25
|
·
Mengamati untuk
mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang tata naskah surat menyurat Indonesia.
·
Mengumpulkan data
tentang tata naskah surat menyurat Indonesia.
·
Mengolah data tentang tata
naskah surat menyurat Indonesia.
·
Mengomunikasikan konsep tata
naskah surat menyurat Indonesia
|
Pengetahuan
:
·
Tes tertulis
·
Penugasan
Keterampilan
:
·
Unjuk kerja/ praktek
|
3.5. Menerapkan tata naskah surat
menyurat Bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya
4.5.
Membuat naskah surat menyurat Bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya
|
3.5.1. Menjelaskan istilah-istilah surat menyurat Bahasa Inggris
3.5.2. Mengidentifikasi bagian-bagian surat Bahasa Inggris
3.5.3. Mengemukakan jenis-jenis surat bahasa Inggris
3.5.4. Menerapkan prinsip-prinsip surat menyurat Bahasa Inggris
3.5.5. Menyusun konsep surat menyurat Bahasa Inggris
4.5.1. Memilih jenis surat bahasa Inggris sesuai standar
4.5.2. Mempersiapkan alat dan bahan pembuatan surat bahasa Inggris dengan tepat
sesuai kebutuhan
4.5.3. Membuat konsep surat bahasa Inggris dengan tepat sesuai kaidah yang
berlaku
4.5.4. Membuat naskah surat bahasa Inggris dengan tepat dan benar sesauai kaidah
yang berlaku
|
Tata Naskah Surat Menyurat Bahasa Inggris Atau Bahasa Asing Lainnya
1. Daftar Istilah Surat Menyurat Bahasa Inggris
2. Bagian-bagian Surat Bahasa Inggris
3. Jenis-jenis Surat Bahasa Inggris dan atau Bahasa Asing Lainnya
4. Prinsip-prinsip Surat Menyurat Bahasa Inggris
5. Format surat Bahasa Inggris dan atau Bahasa Asing Lainnya
|
25
|
·
Mengamati untuk
mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang tata naskah surat menyurat
bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya.
·
Mengumpulkan data
tentang tata naskah surat menyurat bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya.
·
Mengolah data tentang tata
naskah surat menyurat bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya.
·
Mengomunikasikan konsep tata
naskah surat menyurat bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya.
|
Pengetahuan
:
·
Tes tertulis
·
Penugasan
Keterampilan
:
·
Unjuk kerja/ praktek
|
3.6. Menerapkan tata cara pembuatan surat pribadi
4.6.
Membuat
surat pribadi
|
3.6.1. Menjelaskan pengertian surat pribadi
3.6.2. Mengklasifikasi jenis-jenis surat pribadi
3.6.3. Mengemukakan prosedur pembuatan surat pribadi
4.6.1. Menyiapkan alat dan bahan dalam pembuatan surat pribadi dengan tepat
sesuai standar
4.6.2. Membuat konsep surat pribadi dengan tepat dan benar sesuai kaidah
4.6.3. Membuat naskah surat pribadi dengan tepat dan benar sesuai kaidah
|
Pembuatan Surat Pribadi
1. Pengertian Surat Pribadi
2. Jenis-jenis Surat Pribadi
3. Prosedur Pembuatan Surat Pribadi
|
10
|
·
Mengamati untuk
mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang pembuatan surat pribadi.
·
Mengumpulkan data
tentang pembuatan surat pribadi.
·
Mengolah data tentang pembuatan
surat pribadi.
·
Mengomunikasikan konsep pembuatan
surat pribadi.
|
Pengetahuan
:
·
Tes tertulis
·
Penugasan
Keterampilan
:
·
Unjuk kerja/ praktek
|
3.7. Menganalisis
surat dinas
4.7. Membuat surat dinas
|
3.7.1. Menjelaskan pengertian surat dinas
3.7.2. Mengklasifikasi jenis-jenis surat dinas
3.7.3. Mengemukakan prosedur pembuatan surat dinas
3.7.4. Menganalisispermasalahan pembuatan surat dinas
4.7.1. Menyiapkan alat dan bahan dalam pembuatan surat dinas dengan tepat sesuai
standar
4.7.2. Membuat konsep surat dinas dengan tepat dan benar sesuai kaidah
4.7.3. Membuat naskah surat dinas dengan tepat dan benar sesuai kaidah
|
Pembuatan Surat Dinas
1. Pengertian Surat Dinas
2. Jenis-jenis dan Format Surat Dinas
3. Prosedur Penyusunan Surat Dinas
|
25
|
·
Mengamati untuk
mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang pembuatan surat dinas.
·
Mengumpulkan data
tentang pembuatan surat dinas.
·
Mengolah data tentang pembuatan
surat dinas.
·
Mengomunikasikan konsep pembuatan
surat dinas.
|
Pengetahuan
:
·
Tes tertulis
·
Penugasan
Keterampilan
:
·
Unjuk kerja/ praktek
|
3.8. Menganalisis surat niaga
4.8. Membuat surat niaga
|
3.8.1. Menjelaskan pengertian surat niaga
3.8.2. Mengklasifikasi jenis-jenis surat niaga
3.8.3. Mengemukakan prosedur pembuatan surat niaga
3.8.4. Menganalisispermasalahan pembuatan surat niaga
4.8.1. Menyiapkan alat dan bahan dalam pembuatan surat niaga dengan tepat sesuai
standar
4.8.2. Membuat konsep surat niaga dengan tepat dan benar sesuai kaidah
4.8.3. Membuat naskah surat niaga dengan tepat dan benar sesuai kaidah
|
Pembuatan Surat Niaga
1. Pengertian Surat Niaga
2. Istilah-istilah bisnis dan dokumen-dokumen bisnis
3. Jenis-jenis Surat Niaga
4. Prosedur Pembuatan Surat Niaga
|
30
|
·
Mengamati untuk
mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang pembuatan surat niaga.
·
Mengumpulkan data
tentang pembuatan surat niaga.
·
Mengolah data tentang pembuatan
surat niaga.
·
Mengomunikasikan konsep pembuatan
surat niaga.
|
Pengetahuan
:
·
Tes tertulis
·
Penugasan
Keterampilan
:
·
Unjuk kerja/ praktek
|
3.9.
Menerapkan
pengelolaan surat
elektronik
4.9.
Melaksanakanpengelolaan surat
elektronik
|
3.9.1. Menjelaskan pengertian surat elektronik (Email)
3.9.2. Mengemukakan fungsi surat elektronik (Email)
3.9.3. Menguraikan macam-macam surat elektronik (Email)
3.9.4. Mengemukakan langkah-langkah membuat alamat email
3.9.5. Menerapkan etika penggunaan surat elektronik
3.9.6. Menguraikan kelebihan dan kekurangan email
3.9.7. Mengemukakan cara penanganan email
3.9.8. Menjelaskan cara mencetak email
4.9.1.
Menunjukan akses akun
email pribadi hingga masuk menu utama aplikasi email utama sesuai dengan
standar prosedur.
4.9.2.
Mengoperasikan
menu-menu/fitur pada aplikasi email dengan tepat sesuai dengan fungsi
4.9.3.
Melaksanakan kegiatan
pengiriman dan penerimaan surat elektronik dengan notifikasi berhasil sesuai
prosedur
|
Pengelolaan
Surat Elektronik
1. Pengertian Surat Elektronik (Email)
2. Fungsi Surat Elektronik (Email)
3. Macam-macam Surat Elektronik (Email)
4. Langkah-langkah Membuat Alamat Email
5. Etika Penggunaan Surat Elektronik
6. Kelebihan dan Kekurangan Email
7. Cara Penanganan Email
8. Cara Mencetak Email
|
10
|
·
Mengamati untuk
mengidentifikasi dan merumuskan masalah pengelolaan surat elektronik.
·
Mengumpulkan data
tentang pengelolaan surat elektronik
·
Mengolah data tentang pengelolaan
surat elektronik.
·
Mengomunikasikan konsep pengelolaan
surat elektronik.
|
Pengetahuan
:
·
Tes tertulis
·
Penugasan
Keterampilan
:
·
Unjuk kerja/ praktek
|
3.10. Mengevaluasi kegiatan korespondensi
4.10. Membuat laporan kegiatan korespondensi
|
3.10.1. Menjelaskan pokok-pokok kegiatan korespondensi
3.10.2. Mengidentifikasi seluruh kegiatan korespondensi
3.10.4. Mengevaluasi data dan informasi
kegiatan korespondensi
4.10.1. Menyiapkan alat, bahan, dan perlengkapan penyusunan laporan kegiatan
sesuai dengan kebutuhan pekerjaan
4.10.2. Membuat laporan kegiatan korespondensi sesuai dengan aktivitas pekerjaan
|
Evaluasi
Kegiatan Korespondensi
1. Analisis kegiatan korespondensi
2. Penyusunan portofolio kegiatan korespondensi
3. Merencanakan isi dan susunan laporan
4. Teknik penyusunan laporan kegiatan korespondensi
|
10
|
·
Mengamati untuk
mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang evaluasi kegiatan
korespondensi.
·
Mengumpulkan data
tentang evaluasi kegiatan korespondensi.
·
Mengolah data tentang evaluasi
kegiatan korespondensi.
·
Mengomunikasikan konsep evaluasi
kegiatan korespondensi.
|
Pengetahuan
:
·
Tes tertulis
·
Penugasan
Keterampilan
:
·
Unjuk kerja
|
Mata pelajaran Korespondensi terdiri dari 10 buah KI/KD untuk di ajarkan selama 2 semester di kelas X. Silabus ini perlu revisi atau peninjauan sebelum dibuatkan RPP, Maka dengan itu di tunggu kritik
dan saran dari pembaca artikel ini demi perbaikan dan penyempurnaan silabus ini sehingga layak dipakai,
Komentar dapat ditulis pada kolom komentar
di bawah artikel. Terimakasih.
0 komentar:
Post a Comment