Sunday, August 27, 2017

Bagi mereka yang ingin membayar barang belanjaanya yang dibeli melalui toko online, dapat menggunakan pilihan pembayaran dengan kartu kredit. Pembayaran menggunakan kartu kredit memiliki banyak benefit selain banyaknya promo diskon yang langsung di potong terhadap jumlah barang yang harus dibayar, pengguna kartu kredit dapat pula membayar barang belanjaan secara cicilan, bahkan dapat di cicil dengan bunga 0% atau cicilan tanpa bunga.


Cicilan Tanpa bunga atau cicilan 0% sangat menarik bukan?

Tenor cicilan yang ditawarkan bervariasi mulai dari periode 3 bulan, 6 bulan, 9 bulan, 12 bulan, bahkan ada bank penerbit kartu kredit yang berani memberikan jangka waktu kredit dengan bunga 0% selama 24 bulan. Bagi online shopper pemula tentunya memliki perasaan penasaran, ragu-ragu, ingin mencoba, bagaimana caranya? 

Itulah yang sering berkecamuk di benak pembeli online pemula yang ingin mencoba menggunakan cicilan 0% dari kartu kredit.  Perlu digaris bawahi Cicilan dengan bunga 0% hanya bisa dinikmati pemegang kartu kredit

Bank mana saja yang menyediakan cicilan dengan bunga 0%?

Hampir semua bank penerbit kartu keredit (Credit card Publisher) menyediakan promo cicilan dengan bunga 0%. Cicilan tersebut biasanya di batasi dengan pembelian minimum, artinya minimum pembelian sekian bisa di cover dengan cicilan 0%. 

Contoh Citibank memberikan cicilan dengan bunga 0% kepada nasabahnya yang membeli di Lazada dengan pembelian minimum Rp1.000.000,-, sementara di toko lain contohnya di Tokopedia Citibank memberikan fasilitas cicilan dengan bunga 0% untuk pembelian minimum Rp500.000,-. 

Bank penerbit kartu kredit yang menyediakan promo cicilan denga bunga 0% diantaranya adalah : Bank Mandiri, Bank BRI, BCA, Citibank, Standard Charter, HSBC, Bank Danamon, Bank BNI, UOB Buana, ANZ, CIMB Niaga, Bank NISP, dan lain-lain.

Berapa Plafon Maksimal untuk ciclan dengan bunga 0%?

Seperti yang telah di ulas diatas bahwa Cicilan tersebut biasanya di batasi dengan pembelian minimum, kemudian bagaimana ada batasan maksimumnya? Sebenarnya tidak ada batasan maksimum, karena itu tergantung kepada limit permanen yang dimiliki oleh pemegang kartu kredit. Semakin besar limit kredit permanennya semakin besar jumlah cicilan dengan bunga 0% yang akan diperolehnya.

Contoh : Si A memiliki kartu kredit dari bank Mandiri dengan limit kredit permanen Rp3.000.000,-, maka si A punya kesempatan memperoleh fasilitas cicilan dengan bungan 0% dengan masksimal Rp3.000.000.

Contoh lain : Si B punya kartu kredit dari Bank BCA dengan limit kredit permanen Rp50.000.000, maka si B punya kesempatan memeperoleh fasilitas cicilan dengan bunga 0% sampai limit Rp50.000.000,.

Namun perlu diingat bahwa limit permanen yang dipakai itu tergantung berapa sisa limit kredit yang belum dipakai.

Contoh : Si B punya kartu kredit dari Bank BCA dengan limit kredit permanen Rp50.000.000, namun si B sudah punya utang dari katu kredit yang dimilikinya tersebut sebanyak Rp4.000.000,- maka si B hanya memiliki kesempatan memeperoleh fasilitas cicilan dengan bunga 0% sampai limit Rp46.000.000,. (perhitungan ini diperoleh dari Total limit permanen – Utang kartu kredit = Sisa limit kredit yang dapat digunakan atau Rp50.000.000,- - Rp4.000.000,- = Rp46.000.000,-)

Bagaimana cara melakukan pembayaran cicilan dengan bunga 0% dari kartu kredit?

Setiap toko online dalam menerapkan prosedur pembayaran cicilan dengan bunga 0% memiliki prosedur yang berbeda, tetapi pada intinya sama saja atau hanya beda cara dalam proses pembayarannya. Di tokopedia akan berbeda dengan di Blibli atau di Bukalapak akan berbeda dengan di Lazada. Pada artikel ini akan dibahas dua contoh yaitu cara pembayaran di tokopedia dan lazada. Mari kita simak prosedurnya.


Pembayaran Cicilan Fasilitas Bunga 0% Dengan Kartu Kredit Di LAZADA

Untuk melakukan pembayaran dengan cicilan 0% alias tanpa bunga di lazada ikuti langkah-langkah dibawah ini

Langkah pertama 
Pilih barang yang akan dibeli, kemudian klik tombol beli sekarang


Langkah kedua
Tentukan alamat pengiriman barang, kemudian klik tombol lanjutkan

Langkah ketiga
Untuk langkah ketiga ikuti petunjuk dibawah gambar ini



1.        
1.        Pilih Metode pembayaran dengan masuk ke pilih opsi pembayaran
2.        Pada opsi pembayaran - klik Cicilan (gambar yang dilingkari)
3.        Kemudian akan muncul opsi untuk memilih bank penyedia cicilan - pilih cicilan sesuai kartu kredit yang dimiliki
4.        Pada kolom pilih cicilan klik tenor yang anda pilih, ketika diklik akan terlihat pilihan tenor cicilan rinci dengan angsuran per bulan (3 bulan, 6 bulan, 9 bulan atau 12 bulan)
5.        Pada kolom Nomor kartu, masukan 16 digit nomor kartu kredit
6.        Pada kolom Nama di kartu, masukan nama yang tertera di kartu kredit
7.        Pada kolom tanggal kadaluarsa masukan dua digit bulan dan dua digit terakhir tahun kadaluarsa  yang tertera di kartu kredit bagian depan
8.        Pada kolom CCV/CVV masukan 3 digit angka yg tertera dibelakang kartu kredit tepatnya pada kertas di samping pita magnetik kartu kredit
9.        Klik kotak untuk memberi tanda ceklis sebagai tanda persetujuan pesanan di bayar dengan fasilitas cicilan
10.    Langkah terakhir klik tombol KONFIRMASI, untuk mengeksekusi pembayaran dengan cicilan

Pembayaran cicilan fasilitas bunga 0% dengan kartu kredit di TOKOPEDIA

Langkah langkah pembayaran dengan cicilan kartu kredit di tokopedia dengan bunga 0% alia tanpa bunga

1.  Pilih Barang di situs tokopedia, kemudian klik beli



2. Pilih Metode Pembayaran yang akan digunakan


Catatan Penting

Perlakuan setiap toko online akan berbeda beda terhadap pembayaran dengan kartu kredit ini perlu diketahui oleh para online shopper atau dalam istilah kerennya ada toko online yang mengenakan biaya layanan ada yang tidak sama sekali. 

Besaran biaya layanan juga bervariasi contoh di tokopedia itu dikenakan biaya layanan sebesar 2% dari total harga barang yang dibeli, sementara Bukalapak hanya mengenakan biaya layanan sebesar 1,5% dari total harga barang yang dibeli. Sementara untuk Lazada dan Blibli tidak dikenakan biaya apa pun.

Misalnya Si C membeli Televisi dari Bukalapak seharga Rp2.000.000,- karena dia menggunakan pembayaran memakai kartu kredit maka dikenakan biaya layanan 1,5% dari Rp2.000.000,. (Rp2.000.000,- X 1,5% = Rp30.000,-), jadi yang harus si C bayar sebesar Rp2.000.000,-  + Rp30.000,-  = Rp2.030.000,-.

Bagaimana toko online yang tidak mengenakan biaya layanan? Lazada dan Blibli adalah contoh toko online yang tidak mengenakan biaya layanan, jadi kalau membeli barang dari lazada atau Blibli dengan harga Rp1.000.000, maka pembeli hanya bayar Rp1.000.000.

Kapan cicilan dengan bunga 0% di approved atau disetujui oleh Bank?

Pembayaran barang belanjaan dengan kartu kredit sebenarnya langsung diproses alias langsung terjadi transaksi, sehingga kita tinggal duduk manis menunggu barang pesanan kita datang di antar oleh kurir. Jadi apa yang belum selesai? Yang belum selesai adalah konversi ke cicilan 0% memerlukan waktu maksimal 10 hari kerja.

Inilah yang harus dimaklumi dan difahami karena bank penerbit perlu waktu untuk verifikasi bahwa barang yang kita beli sudah sampai atau belum dan untuk memastikan limit permanen-nya mencukupi atau tidak. 

Kalau sudah di approved atau disetujui nanti akan dikirim SMS dan email yang isinya memberitahukan bahwa permohonan cicilan dengan bunga 0% telah disetujui. Menurut pengalaman lamanya persetujuan memerlukan waktu antara 5 hari atau 6 hari kerja, jadi jarang yang sampai membutuhkan waktu sepuluh hari.

Keuntungan Cicilan dengan bunga 0%

Membeli barang dengan cara pembayaran cicilan dengan bunga 0% memiliki banyak manfaat, diantaranya kita dapat memperoleh barang yang kita inginkan dengan pembayaran di cicil tiap bulan tanpa bunga. Jadi harga barang di bagi tenor yang diambil. 

Misalnya si D membeli  smartphone seharga Rp1.000.000,-, apabila si D menggunakan pembayaran cicilan dengan tenor 12 bulan, maka perhitungannya adalah Harga smartphone di bagi lamanya cicilan atau dalam hal ini Rp1.000.000,-/12 = Rp83.33.33.  Jadi si D membayar cicilan Smartphone ke bank penerbit kartu kredit sejumlah Rp83.334,- per bulan selama 12 bulan(angka tersebut hasil pembulatan).

Semoga artikel ini bermanfaat. Kritik, saran,  dan pertanyaan silahkan di cantumkan dikolom komentar di bawah artkel ini.

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Media Sosial

Terjemahan

Total Pageviews

Dudu. Powered by Blogger.

Popular Posts

Followers

Ikuti Dengan Email