KI KD Mata
Pelajaran Administrasi Perkantoran Kurikulum 2013 revisi 2017 untuk SMK
keahlian Administrasi Perkantoran yang sekarang ini berganti nama menjadi Program
Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkatoran (OTKP). Seperti halnya nama
program keahlian, nama mata Pelajaran Administrasi Keuangan juga berganti nama menjadi
Otomatisasi dan Tata Kelola Keuangan pada kurikulum 2013 edisi revisi 2017.
KI/KD ini
diambil dari lampiran keputusan Direktur Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah
Nomor : 330/D.D5/KEP/KR/2017 TANGGAL : 09 Juni 2017 Tentang Kompetensi
Inti Dan Kompetensi DASAR Mata Pelajaran, yang berisi Muatan Nasional (A), Muatan
Kewilayahan (B), Dasar Bidang Keahlian (C1), Dasar Program Keahlian (C2), dan Kompetensi
Keahlian (C3).
Pada artikel
kali ini saya sengaja berbagi (sharing)
tentang KI/KD mata pelajaran Administrasi keuangan, yang nantinya menyusul
berbagi silabus dan RPP.
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPETENSI DASAR
|
3.1 Memahami ruang lingkup administrasi keuangan
|
4.1 Melakukan pengelompokkan ruang
lingkup
administrasi keuangan
|
3.2 Memahami kebijakan pengelolaan keuangan
|
4.2 Melakukan
pengelompokkan
kebijakan pengelolaan keuangan
|
3.3 Menerapkan penyusunan Anggaran
Pendapatan Dan Belanja
|
4.3 Menyusun Anggaran
Pendapatan
Dan Belanja
|
3.4 Menerapkan penerimaan anggaran
|
4.4 Melakukan penerimaan
anggaran
|
3.5 Menerapkan penggunaan anggaran
|
4.5 Melaksanakan penggunaan
anggaran
|
3.6 Menerapkan pemdokumentasian bukti-bukti penggunaan anggaran
|
4.6 Mendokumentasikan bukti-
bukti
penggunaan anggaran
|
3.7 Menerapkan pembuatan laporan
pertanggungjawaban keuangan
|
4.7 Membuat laporan
pertanggungjawaban
keuangan
|
3.8 Menerapkan pengoperasian aplikasi
keuangan
|
4.8 Mengoperasikan aplikasi keuangan
|
3.9 Mengevaluasi kegiatan administrasi keuangan
|
4.9 Membuat laporan hasil evaluasi kegiatan administasi keuangan
|
KI/KD Administrasi Keuangan selanjutnya ada dibawah ini.
3.10 Memahami ruang lingkup dana kas kecil
|
4.10
Mengelompokkan
ruang
lingkup
dana kas kecil
|
3.11 Menerapkan persiapan pengelolaan kas
kecil
|
4.11 Mempersiapkan pengelolaan kas kecil
|
3.12 Menerapkan prosedur pengelolaan kas
kecil
|
4.12
Mengelola
kas kecil
Mengelola
susah diukur,
karena
mulai perencanaan, pelaksaan dan evaluasi...mohon direvisi
|
3.13 Menerapkan pelaporan aktivitas kas
kecil
|
4.13 Melaporkan aktivitas kas kecil
|
3.14 Menerapkan
pembuatan laporan dana kas kecil metode imprest
|
4.14 Membuat
laporan dana kas
kecil metode imprest
|
3.15 Menerapkan
pembuatan laporan dana kas kecil metode fluktuasi
|
4.15 Membuat laporan dana kas kecil metode fluktuasi
|
KI/KD
diatas perlu penjabaran kedalam silabus dan RPP, sehingga untuk postingan
artikel selanjutnya akan disajikan silabus dan RPP Administrasi Keuangan.
tentunya Silabus dan RPP tersebut perlu perbaikan supaya sempurna, maka dari
itu mohon saran dan kritikan, dan komentar dapat di sampaikan pada kolom
komentar di bawah artikel ini
0 komentar:
Post a Comment