Tuesday, October 31, 2017

Menulis ulasan tentang buku Manajemen Kearsipan buah karya penulis Sambas Ali Muhidin, M.SI. dan Drs. Hendri Winata, M.SI terinspirasi setelah membaca seluruh isi buku tersebut. Menilik kepada sub judul buku ini yang berisi keterangan “untuk organisasi publik, Bisnis, Sosial Politik, dan Kemasyarakatan” maka sudah dapat ditebak secara sekilas bahwa buku ini ditujukan untuk kalangan masyarakat luas.


Sebelum membahas lebih jauh tentang buku ini, secara singkat akan dipaparkan tujuan dari penulisan ulasan buku ini adalah semata-mata untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan harapan bisa bermanfaat. Artikel ini ditulis seadanya (obyektif) dan kalau ada kesalahan dalam penulisan maupun yang menyangkut kesalahan pemahaman penulis artikel tentang isi buku mohon koreksi.

Ukuran Buku dan Penerbit

Buku Manajemen Kearsipan dengan sub judul untuk organisasi publik, Bisnis, Sosial Politik, dan Kemasyarakatan memiliki ketebalan 506 halaman, sementara untuk halaman depan sampai dengan daftar isi terdiri dari 16 halaman. Jadi total keseluruhan buku ini adalah 522 halaman di cetak dengan kertas HVS, dan menggunakan soft cover. Buku ini memiliki dimensi dengan ukuran 16 cm X 24 cm.

Buku Manajemen Kearsipan Karya Sambas AM dan Hendri W diterbitkan oleh penerbit Pustaka Setia Bandung. Edisi cetakan pertama terbit pada pebruari 2016.

Ulasan tentang isi buku

Buku ini terdiri dari 19 Bab yang mana tiap bab berisi beberapa sub bab yang mengulas secara mendalam setiap item materi didalamnya. Selain disertai gambar atau photo setiap penjelasan didalam buku ini disertakan juga dengan diagram untuk memberikan ilustrasi yang mendetail.

Bab 1 dengan materi konsep dasar kearsipan merupakan bab yang paling banyak menggunakan halaman dalam buku ini. Bab konsep dasar kearsipan terdisri dari 26 halaman dengan sub materi dari pengertian arsip, karakteristik arsip, fungsi dan jenis arsip, ruang lingkup pengelolaan arsip, daur hidup arsip, masalah dalam pengelolaan arsip, tujuan dan azas penyelenggaran arsip orgnisasi kearsipan sampai dengan regulasi bidang kearsipan.

Semuanya di kupas dengan bahasa yang lugas, jelas dan detil serta untuk yang menyangkut dasar hukum kearsipan disajikan lengkap dengan undang-undang atau peraturan hukum yang mendasarinya.

Bab 2 sampai dengan bab 5 membahas pokok bahasan tentang Arsip dinamis, tata naskah dinas, klasifikasi dan indeks arsip serta arsip aktif. Dalam keempat bab ini dibahas mulai dari pengertian, ciri-ciri, asas, jenis sampai dengan contoh cara pengelolaan, penyusunan klasifikasi arsip dan penataan arsip.

Bab 6 sampai bab 10 memiliki pokok bahasan dari Arsip inaktif, arsip vital, Klasifikasi keamanan dan akses arsip, jadwal retensi arsip, penilaian arsip sampai dengan penilaian arsip. Semuanya disajiakan cukup mendetil dan mudah difahami serta diberikan panduan dan contoh bagaimana tahapan penyusunan jadwal retensi arsip, pengelolaan dan tahapan palaksanan penilaian arsip.

Bab 11 sampai bab 15 berisi materi tentang penyusutan arsip, arsip statis, akuisisi arsip preservasi arsip sampai materi akses dan layanan arsip statis.

Pada bab 15 sampai dengan bab 19 yang merupakan bab terakhir ini dibahas arsip media baru, arsip elektronik, sumber daya pendukung kearsipan dan praktik pengelolaan arsip. Yang cukup menarik pada bab akhir ini selain masalah e-filling atau arsip elektronik adalah materi sumber daya pendukung yang membahas sumber daya manusia yang terlibat dalam mengelola arsip, sarana prasarana kearsipan dan bagaimana mengelola anggaran keuangan dalam mengelola arsip.

Keunikan buku Manajemen Kearsipan yang ditulis oleh Sambas AM dan Hendri W

Buku ini memiliki keunikan tersendiri yang jarang dimiliki oleh buku umum yaitu walaupun ditujukan untuk masyarakat luas tetapi pada akhir setiap bab diakhiri dengan soal latihan pilihan ganda. Dalam hal ini mungkin penulis bermaksud untuk memudahkan pembaca dalam menguasai tiap pokok bahasan dalam buku ini.

Jumlah soal latihan dari tiap bab cukup bervariasi antara 8 soal sampai dengan 26 soal pilihan ganda tergantung dari banyaknya materi dan kedalaman materi yang dibahas.
Di sisi lain dengan adanya soal pilihan ganda di tiap bab dalam buku ini merupakan refleksi dari wasasan penulis yang luas yang memahami bagaimana cara agar buku ini mudah difahami dan dikuasai oleh semua kalangan. Kedua penulis dari buku manajemen kearsipan untuk organisasi publik, Bisnis, Sosial Politik, dan Kemasyarakatan adalah dosen dari Universitas Pendidikan Indonesia atau UPI Bandung.

Semoga ulasan buku Manajemen Kearsipan ini bermanfaat.



Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Media Sosial

Terjemahan

Total Pageviews

Dudu. Powered by Blogger.

Popular Posts

Followers

Ikuti Dengan Email