Tuesday, January 28, 2020

Lampu emergency sangat diperlukan ketika aliran listrik PLN padam atau ketika pergi ke tempat yang gelap, sehingga banyak produsen lampu memanfaatkan celah pasar ini dengan menawarkan beragam merk dan model. Dari sekian banyak produsen lampu emergency Brand surya salah satu yang paling getol menawarkan beragam produk dengan variasi harga yang cukup menarik. Dalam kesempatan ini akan diulas salah satu produk lampu emergency dari merk SURYA dengan model Surya SHL 6013 USB.



Dari namanya Lampu emergency surya model SHL 6013 cukup menarik dimana ada embel-embel USB, yang kalau kita telisik langsung ke produknya ternyata lampu surya SHL 6013 ini bisa difungsikan juga sebagai powerbank yang mana daya dari lampu tersebut bisa dihubungkan ke gadget yang akan diisi ulang melalui port USB yang tersedia pada Body bagian depan lampu ini.

Sekaitan dengan fungsi powerbank pada lampu ini, sifatnya untuk pengecasan darurat sebab tidak bisa mengecas berulang-ualng atau beberapa kali dalam sekali cas. hal ini wajar karena keterbatasan daya atau power yang dimiliki lampu ini  yang mana hanya dipasok daya listrik dari baterai 1.600 mAh.

Selain dapat difungsikan sebagai powerbank, lampu ini dapat di charge melalui AC (listrik PLN) secara langsung dan dapat di cas melalui konektor DC juga (tersedia port DC 12V-In). Keunggulan lainnya adalah lampu memiliki dua sisi yang bisa dinyalakan berbarengan maupun hanya nyala sebelah-sebelah sehinggga Ketika diperlukan cahaya yang lebih terang dapat dinyalakan kedua sisi secara berbarengan dan begitu pula sebaliknya.

Lampu cas Surya SHL 6013 USB diklaim oleh produsennya mampu beroperasi selama 6 jam dengan penyalan satu sisi, dan selama 3 jam apabila semua lampunya menyala. Dari pengalaman mencoba lampu ini ternyata klaim sang pabrik bisa dibuktikan, memang cukup awet daya listrik.


Ada hal yang cukup menarik sekaitan dengan posisi lampu cas LED ini, yang mana pengguna dengan mudah dapat merubah-rubah posisi atau dudukan lampu ini. Hal ini berkat posisi lampu yang dapat diputar kemiringannya sebesar 90 derajat ke depan maupun ke belakang. Fleksibelitas inilah yang memudahkan penggunaan lampu dalam berbagai situasi yang berbeda.



Berikut sepesifikasi lengkap Lampu Surya SHL 6013 USB Lampu Emergency Cas Ulang
Spesifikasi
-            Jenis lampu LED : 60 SIMD LED
-            Lama penggunaan : 3 s.d 6 Jam
-            Dimensi (T x L x P) : 270mm X 127mm X 80mm
-            Jenis Baterai : recharge battery Lead –acid 6V 1600mAh
-            Sumber daya : AC 220-240V 50/60Hz
-            Lama pengecasan : 10 s.d 12 Jam

Lampu Cas Surya SHL 6013 USB menggunakan baterai jenis recharge baterry lead yang memerlukan waktu pengecasan selama 10 jam. Cukup lama bukan? Lama tetapi hal ini memang wajar mengingat hampir semua lampu emeregncy cas ulang memerlukan waktu pengisian ulang selama 10 jam. Dikatakan wajar karena lampu ini menggunakan jenis baterry lead, mungkin akan lebih cepat pengecasannya apabila menggunakan baterai jenis Li Ion seperti yang dipakai pada handphone dan tablet. Namun apabila lampu ini menggunakan jenis baterai Li-Ion Polimer akan berpengaruh terhadap harga jual. Seperti yang dapat dijumpai dipasaran, baik pasar online maupun offline harga lampu surya SHL 6013 USB di banderol dengan harga termurah Rp95.000,- sampai dengan Rp130.000,-. Jadi Jika lampu ini menggunakan baterai jenis Li-Ion maka harga jualnya mungkin akan melambung dua kali lipat lebih mahal dari harga pasar saat ini.

Untuk pengecasan pertama kali Lampu Surya SHL 6013 USB, oleh produsennya disarankan untuk di cas selama 12 jam, dan untuk pemeliharaan apabila lampu  jarang dipakai atau tidak digunakan maka harus di cas ulang setiap tiga bulan. Hal tersebut dilakukan agar lampu dapat memiliki masa pakai yang panjang.

Lampu Surya SHL-6013-USB terbuat dari bahan plastik yang tebal sehingga ketika menggenggamnya terasa sangat kokoh. Semetara untuk urusan warna, pembeli tidak memiliki pilihan warna lain sebab hanya tersedia dalam warna putih mengkilap saja.



0 komentar:

Post a Comment

Media Sosial

Terjemahan

Total Pageviews

Dudu. Powered by Blogger.

Popular Posts

Followers