Tuesday, November 07, 2017

Administrasi umum adalah mata pelajaran baru pada kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Administrasi umum merupakan metamorfosis dari mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran. Buku pegangan atau buku teks administrasi umum masih jarang di pasaran, bahkan pemerintah yang merupakan pengambil kebijakan terbitnya kurikulum 2013 edisi revisi 2017 sampai saat tulisan ini dibuat belum bisa menyediakan buku administrasi umum baik untuk buku siswa maupun buku pegangan guru. Beberapa hari yang lalu saya memperoleh buku administrasi umum yang ditulis oleh Drs. Uu Supardi, Toyib Aryanto, S.Pd., Dra. Aan Hariyanah, Dra. Tati Sutarni, dan Tatang tahyan, M.MPd.


Ukuran Buku dan Penerbit

Manilik ke cover buku Administrasi Umum yang disusun oleh Tatang Tahyan, dan kawan-kawan nampak buku ini di tujukan untuk penggunaan pada jenjang SMK kelas X bidang keahlian Bisnis dan Manajemen. Buku administrasi umum SMK/MAK ini diterbitkan oleh penerbit Humaniora Utama Pres Bandung.

Buku administrasi umum SMK/MAK ini memiliki dimensi dengun ukuran lebar dan panjang 21 cm X 29,5 cm. Sementara ketebalan buku ini terdiri dari 154 halaman berbahan kertas koran dan memiliki soft-cover kertas karton tebal di vernish. Cetakan pertama terbit pada Agustus 2017.

Ulasan Tentang Isi Buku


Setelah membaca dari awal sampai akhir saya ingin mencoba memberikan ulasan terhadap buku ini, saya katakan ini ulasan buku karena kalau dikatakan resensi buku itu bukan kapasitas saya. Ulasan tentang buku ini dimaksudkan hanya untuk berbagi pengalaman dan apabila ada kesalahan dalam ulasan ini mohon dikoreksi.

Buku administrasi umum SMK ini terdiri dari 9 bab utama yang disesuaikan dengan Kompetenai inti dan kompetensi dasar atau KI/KD kurikulum 2013 edisi revisi 2016. Setiap bab memiliki sub-bab dengan pembahasan yang mendalam dengan gaya bahasa yang mudah dicerna, ringkas, jelas, dan padat.

Bab 1 sampai bab 4 membahas hakikat administrasi perkantoran, karakteristik administrasi perkantoran, organisasi kantor, dan fungsi-fungsi manajemen. Untuk memberikan penjelasan yang mendalam maka dalam uraian tiap bab dan sub-bab disertai dengan bagan dan foto-foto atau gambar, hal ini untuk lebih memudahkan pemahaman dan penguasaan materi ajar.

Bab 5 memiliki judul prosedur pencatatan surat atau dokumen dengan sub-bab tata persuratan, fungsi surat, penggolongan surat, perlengkapan surat, bentuk-bentuk surat, bahasa surat, dan lipatan surat. Pada bab 5 ini selain dilengkapi dengan bagan dan gambar, juga pada setiap bahasan diberikan contoh nyata yang memungkinkan siswa bisa belajar mandiri materi tersebut. Sebagai gambaran ketika membahas bagian-bagian surat maka setiap bagian surat tersebut akan disertai dengan contoh isi bagian surat yang sebenarnya. Kemudian ketika membahas bentuk-bentuk surat maka selain disajikan layout bentuk-bentuk surat tersebut, juga disajikan contoh suratnya.

Bab 6 sampai dengan, bab 7 membahas materi fasilitas kantor, dan layout tata ruang kerja. Pada materi bahasan fasilitas kantor, dan layout kantor memiliki pokok bahasan yang penjelasannya dipertegas dengan foto-foto yang berkaitan dengan materi bahasan tersebut.

Bab 8 menyajikan materi komunikasi perkantoran. Pada bab ini dibahas secara comprehensif mulai dari definisi komunikasi yang penjelasannya dipertegas dengan bagan. Pada sub-bab etika menerima tamu dan etika bertelepon selain uraian yang ringkas, jelas, dan menyeluruh juga disertai dengan contoh script percakapan dengan tamu dan script percakapan simulasi bertelepon.  

Bab 9 menyajikan materi menerapkan prosedur pencatatan uang sederhana. Pembahasan dimulai dari arus kas sampai dengan laporan keuangan.




Kelebihan Buku Administrasi Umum SMK/MAK

Buku Administrasi umum ini selain memiliki muatan-muatan yang sudah dibahas diatas, juga memiliki kelebihan yang jarang ditemui dibuku lain yaitu :
1.        Adanya peta konsep pada tiap bab.
Peta konsep pada setiap bab memudahkan guru dan siswa memahami skema dan ringkasan materi pembelajaran.  
2.        Soal latihan pilihan ganda dan essay pada tiap bab.
Untuk mememudahkan mempelajari materi yang dibahas maka pada akhir setiap bab secara konsisten dilengkapi dengan soal latihan berbentuk pilihan ganda dan soal bentuk essay atau uraian.

Mari kita bandingkan isi buku administrasi umum SMK tersebut dengan kompetensi dasar dari mapel tersebut
3.1         Memahami administrasi
3.2         Menganalisis jabatan, tugas, dan uraian pekerjaan pada kegiatan administrasi
3.3         Menganalisis persyaratan personil administrasi
3.5         Memilih bentuk struktur organisasi
3.6         Memahami fungsi-fungsi manajemen
3.7         Menerapkan prosedur pencatatan surat/dokumen masuk dan keluar
3.8         Menerapkan penataan surat/dokumen
3.9         Menerapkan penggunaan peralatan kantor dalam kegiatan Administrasi
3.10       Menerapkan tata ruang kerja/kantor (Office Layout)
3.11       Menerapkan komunikasi di tempat kerja
3.12       Menerapkan pencatatan keuangan sederhana
3.13       Mengevaluasi kegiatan administrasi kantor

Jika diamati dengan seksama materi dalam buku tersebut 95% sudah mencakup KD mapel administrasi umum walaupun ketika pembelajaran di kelas, guru harus bisa menyesuaikan isi buku dengan KD mapel .

Kekurangan Buku Administrasi Umum SMK/MAK

Berbicara kekuarangan pada buku ini ada dua hal yang perlu diberikan garis bawah, yaitu :
1.        Ada satu kompetensi dasar dalam buku ini yang tidak ada yaitu KD mengevaluasi kegiatan administrasi kantor.
2.        Urutan bab tidak sama persis dengan urutan dalam kompetensi dasar sehingga guru harus pandai-pandai menyesuaikan pembahasan materi buku dengan kompetensi dasar

Kesimpulan

Melihat dari isi buku yang cukup lengkap dan sesuai kompetensi dasar terbaru serta harga jual yang masuk akal maka secara umum buku ini layak dipertimbangkan sebagai buku pegangan untuk pembelajaran di ruang kelas.



Reaksi:

6 comments:

Media Sosial

Terjemahan

Total Pageviews

Dudu. Powered by Blogger.

Popular Posts

Followers

Ikuti Dengan Email