Sunday, December 03, 2017

Bagi Penayang Iklan google adsense perlu sekali mengetahui setiap saat berapa taksiran penghasilan, unit iklan apa atau mana saja yang di klik pengunjung blog atau berapa jumlah iklan yang di klik pengunjung.  Dengan mengetahui hal tersebut penayang google adsense dapat menerapkan strategi yang tepat untuk memilih jenis unit iklan dan bagaimana menempatkan iklan yang tepat di halaman blog. Ya ujungnya adalah untuk meningkatkan pendapatan dari tayangan iklan yang berhasil diklik oleh pengunjung.



Rasanya tidak praktis jika setiap waktu harus memasukan akun gmail beserta password ketika akan masuk ke akun google adsense melalui web browser pada saat ingin mengetahui Taksiran Penghasilan, Biaya per klik (BPK), jumlah Tayangan Halaman, RKT laman dan tayangan, serta unit iklan dan jumlah iklan yang di klik oleh pengunjung blog atau website.

Solusi untuk hal tersebut yaitu dengan memasang aplikasi Google Adsense di smartphone android ataupun IOS. Ketika aplikasi sudah terpasang cukup satu kali memasukan akun gmail beserta password yang ditautkan dengan akun google adsense yaitu pada saat pertama kali log in melalui aplikasi google adsense. Untuk selanjutnya tinggal klik shortcut aplikasi google adsense yang terpasang dilayar smartphone, maka kita sudah bisa memantau setiap saat tentang ringkasan penghasilan google adsense.

Dengan aplikasi google adsense kita bisa melihat informasi ringkasan taksiran penghasilan sesuai kebutuhan setiap saat  yaitu dengan pilihan:
·         Hari ini
·         Kemarin
·         7 hari terakhir
·         Bulan lalu
·         Selama ini
·         khusus

Fitur Utama Aplikasi Google Adsense

Fasilitas yang ada pada aplikasi google adsense antara lain :
1.        Taksiran penghasilan
Pada taksiran penghasilan memuat lima items atau lima hal sekaitan dengan penghasilan, yaitu
a.       Selama hari ini
Merupkan ringkasan real-time tentang pedapatan baik dari klik iklan maupun penghasilan dari iklan per tayang (mohon diingat bahwa iklan tayang saja tanpa di klik oleh pengunjung akan memberikan penghasilan juga)
b.      Kemarin dibandingkan hari yang sama pekan lalu
Merupakan ringkasan penghasilan hari kemarin yang dibandingkan dengan hari yang sama pada pekan yang lalu. Dengan adanya ringkasan kemarin pada pekan lalu, jadi kita bisa mengetahui dan dapat membandingkan pendapatan hari ini, kemarin dan sepekan yang lalu sehingga kita bisa mengevaluasi kinerja unit iklan yang terpasang dan selanjutnya membuat strategi untuk pemasangan atau penempatan unit iklan yang tepat sehingga bisa menghasilkan banyak klik valid oleh pengunjung tanpa melanggar term of service (TOS) google adsense.
c.       Selama bulan ini dibandingkan hari yang sama bulan lalu
Ini adalah ringkasan hari ini bulan sekarang yang sedang berjalan dibandingkan dengan penghasilan pada hari yang sama bulan sebelumnya
d.      Bulan lalu dibandingkan bulan sebelumnya
Ringkasan taksiran penghasilan bulan yang lalu dibandingkan dengan ringkasan penghasilan bulan sebelumnya.
e.       Selama ini
Merupakan ringkasan taksiran selama menjadi penayang iklan dari google adsense, yaitu mulai dari saat di approved sepenuhnya sampai dengan saat ini.

2.        Tampilan laman
Tampilan laman yang menayangkan iklan google adsense tanpa melihat berapa unit iklan yang tampil dalam satu laman. Walaupun ada lebih satu unit iklan yang tayang dalam satu tampilan namun tetap dihitung satu tampilan laman. Tampilan laman dapat dilihat berdasarkan :
a.       Selama hari ini
b.      Kemarin dibandingkan hari yang sama pekan lalu
c.       Selama bulan ini dibandingkan hari yang sama bulan lalu
d.      Bulan lalu dibandingkan bulan sebelumnya
e.       Selama ini

3.        Tayangan Atau page view
Merupakan akumulasi tayangan halaman yang dibuka oleh pengunjung situs atau web. Jumlah tayangan dapat dipantau berdasarkan :
a.       Selama hari ini
b.      Kemarin dibandingkan hari yang sama pekan lalu
c.       Selama bulan ini dibandingkan hari yang sama bulan lalu
d.      Bulan lalu dibandingkan bulan sebelumnya
e.       Selama ini

4.        Klik
Ringkasan jumlah klik iklan oleh pengunjung terhadap iklan yang tayang pada situs atau blog. Ringkasan jumlah klik ini bisa dipantau berdasarkan :
a.       Selama hari ini
b.      Kemarin dibandingkan hari yang sama pekan lalu
c.       Selama bulan ini dinbandingkan hari yang sama bulan lalu
d.      Bulan lalu dibandingkan bulan sebelumnya
e.       Selama ini

5.        RKT Laman
RKT Laman atau Rasio Klik Tayang Laman adalah perbandingan jumlah klik iklan dengan jumlah tampilan laman. RKT laman dapat dilihat berdasakan :
a.       Selama hari ini
b.      Kemarin dibandingkan hari yang sama pekan lalu
c.       Selama bulan ini dinbandingkan hari yang sama bulan lalu
d.      Bulan lalu dibandingkan bulan sebelumnya
e.       Selama ini

6.        RKT Tayangan
RKT Tayangan atau Rasio Klik Tayangan laman, yaitu dihitung dengan rumus =jumlah klik iklan/jumlah tampilan laman
a.       Selama hari ini
b.      Kemarin dibandingkan hari yang sama pekan lalu
c.       Selama bulan ini dibandingkan hari yang sama bulan lalu
d.      Bulan lalu dibandingkan bulan sebelumnya
e.       Selama ini

7.        BPK
Biaya Per Klik Merupakan rata-rata pendapatan dari per klik iklan yang tayang. Rata rata pendapatan iklan ini dapat di lihat berdasarkan pilihan :
a.       Selama hari ini
b.      Kemarin dibandingkan hari yang sama pekan lalu
c.       Selama bulan ini dibandingkan hari yang sama bulan lalu
d.      Bulan lalu dibandingkan bulan sebelumnya
e.       Selama ini

8.        PPS Laman
PPS laman selalu memiliki nilai lebih besar dibandingkan PPS tayangan. PPS laman dapat dilihat berdasarkan :
a.       Selama hari ini
b.      Kemarin dibandingkan hari yang sama pekan lalu
c.       Selama bulan ini dinbandingkan hari yang sama bulan lalu
d.      Bulan lalu dibandingkan bulan sebelumnya
e.      Selama ini

9.        PPS Tayangan
PPS Tayangan atau Pendapatan Per Seribu Tayangan dikenal juga RPM adalah pendapatan yang diperoleh dari setiap seribu tayangan. PPS/RPM dihihung berdasarkan rumus =Penghasilan tertaksir/jumlah tampilan laman X 1000. PPS tayangan dapat dilihat berdasarkan :
a.       Selama hari ini
b.      Kemarin dibandingkan hari yang sama pekan lalu
c.       Selama bulan ini dinbandingkan hari yang sama bulan lalu
d.      Bulan lalu dibandingkan bulan sebelumnya

e.       Selama ini


Fitur Lain Yang Terdapat Pada Aplikasi Google Adsense Untuk Android dan IOS

Selain fitur ringkasan kita juga bisa memantau hal yang lain berkenaan dengan akun google adsense, yaitu fitur :
1.        Produk
Memuat informasi berkenaan dengan unit iklan dan jenis iklan yang dipasang pada website atau blog
Contoh : Adsense untuk konten, adsense untuk tautan

2.        Saluran khusus
Jika menggunakan atau memasang atau setting iklan untuk saluran khusus

3.        Saluran URL
Jika menggunakan saluran url

4.        Situs
Situs atau blog yang digunakan untuk memasang iklan
Contoh : http://ganteung.blogspot.co.id

5.        Negara
Adalah informasi tentang negara asal pengunjung website atau blog yang menyebabkan timbulnya penghasilan iklan adsense.

6.        Platform
Adalah informasi tentang platform gadget yang digunakan untuk mengakses website atau blog sehingga menimbulkan atau men-generate penghasilan adsense. Ada tiga platform yang digunakan yaitu Desktop (komputer) seluler(perangkat handphone), dan tablet.

7.        Unit iklan
Adalah informasi mengenai unit iklan yang dipasang di website atau blog yang menimbulkan penghasilan adsense.

8.        Ukuran iklan
Adalah memuat informasi sekaitan dengan ukuran iklan yang dipasang pada situs atau blog dan menimbulkan penghasilan iklan adsense.
Contoh : ukuran iklan responsif, 728 X 90, 970 X 90, 336 X 280, 300 X 600, 300 X 250, 120 X 9, dan ukuran lainnya.

9.        Jenis iklan
Memuat informasi tentang jenis iklan yang dipasang pada situs atau blog dan menghasilkan pendapatan.
Contoh : jenis iklan teks, multimedia, gambar, gambar animasi, video, dan konten yang sesuai

10.    Jaringan iklan
Menampilkan informasi berkenaan dengan jaringan iklan yang menghasilkan pendapatan iklan adsense.
Contoh : Google AdWords, CtrlShift SG w/DBM, DBM SEA, Criteo (SG), DoubleClick Bid Manager, Vivaki SEA w/ Inviet, DBM AUNZ, Google DCLK Bid Manager, dan lain-lain.

11.    Jenis penargetan
Dalam jenis penargetan memuat informasi berkaitan dengan jenis iklan yang dibuat dan dipasang pada situs atau blog dan menghasilkan pendaptan iklan google adsense.
Contoh : Kontekstual, hasil personalisasi, penempatan, dan tidak dikenal.

12.    Jenis penawaran
Yaitu informasi tentang jenis penawaran iklan adsense yang menghasilkan pendapatan iklan google adsense.
Contoh : tawaran BPK, Tawaran BPS, BPS tampilan aktif, dan tak dapat tertagih.

13.    Setelan
Pada fitur setelan yang ada pada aplikasi google adsense jangan berharap seperti setelan atau setting versi web browser. Setelan disini adalah fitur untuk mnyetel penyegaran atau refresh data secara otomatis, dan pengaturan data dalam cache.
Pengaturan penyegaran otomatis sudah di set secara default setiap 15 menit, dan pengguna juga bisa mengosong cache data apabila menginginkannya karena sudah ada tombol kosongkan data.

14.    Bantuan dan masukan
Adalah fitur untuk memperoleh bantuan atau penjelasan yang berkenaan dengan google adsense. Pengguna aplikasi google adsense juga bisa memanfaatkan fitur masukan untuk menyampaikan keluhan atau masukan beserta screenshot  dan log mengenai google adsense.

Memang fasilitas yang disediakan pada aplikasi google adsense untuk smartphone tidak selengkap ketika membuka google adsense di web browser, tetapi saya kira hal ini sudah memadai dan cukup powerful untuk memberikan informasi yang diperlukan oleh penayang iklan dari google adsense.

Fitur yang Tidak Ada Pada Aplikasi Google Adsense

Fitur yang tidak tersedia pada aplikasi google adsense untuk smartphone android dan IOS yaitu fasilitas :
1.        My Ads
Yaitu fitur atau fasilitas untuk membuat atau mengedit unik iklan adsense.

2.        Allow & block ads
Adalah fitur untuk membolehkan dan memblokir iklan tertentu agar bisa tayang maupun tidak boleh tayang pada web atau blog.

3.        Performance report
Adalah fitur laporan tentang performa iklan adsense yang tayang pada situs atau blog.

4.        Optimization
Yaitu optimalisasi iklan adsense agar bisa menghasilkan pendapatan yang lebih baik atau lebih tinggi.

5.        Setting
Account àpersonal settings
Account information
Policy center
Payment

Apabila fasilitas personal setting ada pada aplikasi google adsense agak miris juga, ada kemungkinan besar sering terjadi salah pijit atau klik tidak sengaja sehingga membahayakan akun googlle adsense yang kita miliki. Personal setting ini bisa diibaratkan jantungnya google adsense bagi pemilik akun google adsense. 



0 komentar:

Post a Comment

Media Sosial

Terjemahan

Total Pageviews

Dudu. Powered by Blogger.

Popular Posts

Followers