Monday, March 26, 2018

Keberadaan dongkrak mobil atau jack nampaknya kelihatan sepele ketika tidak ada kejadian bocor ban, tetapi sangat diperlukan sekali ketika terjadi kebocoran ban atau perbaikan atau kejadian yang memerlukan mengangkat bodi mobil. Bisa dibayangkann ketika diperjalanan terjadi bocor ban, sementara jauh dari tukang tambal ban tentunya kehadiran dongkrak akan sangat berguna untuk menopang body mobil ketika melepas ban mobil yang bocor dan diganti dengan ban serep atau ban cadangan.


Setiap mobil baru sudah dilengkapi dengan perlengkapan paket dongkrak namun seiring berjalannya waktu kemungkinan dongkrak bawaan atau pemberian pihak pabrikan mobil akan mengalami aus dan akhirnya rusak, maka diperlukan dongkrak baru.

Di pasaran beredar beberapa jenis dongkrak mobil yang dijual, antara lain :
1.        Dongkrak buaya
2.        Dongkrak botol
3.        Dongkrak Gunting

Dongkrak juga dapat dibedakan menurut mekanisme kerjanya menjadi dua jenis, yaitu :
1.        Dongkrak mekanis,
yaitu dongkrak yang cara pengoperasiannya dengan memutar roda gigi sehingga secara mekanis dongkrak bertambah ketinggiannya atau turun ketinggiannya tergantung arah putaran roda gigi.
Contoh dongkrak mekanis adalah dongkrak gunting.

2.        Dongkrak hidrolis,
yaitu dongkrak yang menggunakan zat cair biasanya berupa pelumas atau olie yang ketika batang pengungkitnya digerakan akan memompa dan mengangkat dongkrak atau menambah ketinggian dongkrak, dan cara menurunkan dongkrak jenis ini dengan cara memutar katup penutup untuk melepaskan udara dari dalam dongkrak.
Contoh dongkrak hidrolis adalah dongkrak botol dan dongkrak buaya.

Dalam artikel ini akan dibahas kinerja dan harga dongkrak mobil jenis botol dengan merk Tekiro. Sebenarnya banyak merk dongkrak botol yang beredar dipasaran antara lain merk Krisbow, Lakoni, Lippro, Maxpower, Kenmaster, 1Price, Genesis, Nankai, Fukuda, Michelin, dan lain-lain.

Tekiro adalah sebuah merk yang lumayan cukup dikenal dalam produksi perkakas teknik, salah satu produknya adalah dongkrak botol yang akan di bahas ini.

Dongkrak Tekiro yang beredar dan dijual di pasaran memiliki kapasitas mulai dari daya angkat 2 ton, 4 ton, 8 ton, 15 ton, 20 ton, 30 ton, 50 ton, dan 100 ton. Dongkrak Tekiro memiliki ciri unik yaitu berwarna hijau muda dan memiliki cover atau wadah tempat penyimpannya berwarna abu perak.

Khusus pada artikel ini akan berbagi pengalaman mengenai dongkrak botol merek Tekiro dengan kapasitas atau daya angkat 2 ton,

Spesifikasi Dongkrak Botol Tekiro 2 Ton AU-BJ1001
·         Tinggi Dongkrak : 181 mm
·         Tinggi maksimal : 345 mm
·         Ketinggian angkat maksimal : 116 mm
·         Daya angkat maksimal : 2 Ton
·         Berat bersih Dongkrak : 2,6 Kg


Harga Dongkrak Botol Tekiro 2 Ton Model AU BJ1001

Harga yang ditawarkan dipasaran untuk dongkrak Tekiro botol 2 Ton baik di toko online maupun offline cukup bervariasi yaitu tergantung penjualnya. Mereka menawarkan mulai harga Rp152.500,- sampai dengan Rp250.000,-.

Untuk melakukan pembelian selain pertimbangan harga juga pertimbangan lokasi toko dan ongkos kirim sangat menentukan, maka harus cermat memilih lokasi toko yang terdekat dengan alamat pembeli dan ekspedisi atau kurir yang tepat dan aman.

Kinerja Dongkrak Botol Tekiro AU BJ1001 Daya Angkat 2 Ton

Berbicara kinerja tentu adalah hal utama dibandingkan hal lainnya, karena tujuan utama membeli dongkrak adalah untuk memperoleh daya guna yang optimal dan masa penggunaan yang diharapkan mampu digunakan dalam jangka waktu lama.


Paket dongkrak Tekiro Hidrolik/botol AU-BJ1001 2 ton telah dilengkapi dengan :
a.         Container atau wadah yang terbuat dari plastik dengan model yang cukup menarik, bentuknya hampir mirip dengan jerigen sehingga dengan mudah untuk dijingjing.
b.        Di dalam kontainer terdapat satu unit dongkrak, 1 batang besi pipa pengungkit (jack handle).
c.         1 buah besi pipa untuk memutar tutup Katup Pembuka Aliran udara atau angin (Release Valve)
d.        Seal cadangan yang cukup lengkap
e.         Lembar manual atau petunjuk penggunaan dongkrak tekiro botol 2 ton yang cukup lengkap dan jelas.

Dongkrak di uji coba untuk mengangkat mobil MPV yang dalam keadaan kosong, dengan beberapa kali ungkit mobil terangkat dengan mudah dan sempurna. Keadaan dongkrak mengankat body mobil dibiarkan kurang lebih satu jam dan Kemudian diturunkan kembali dengan memutar tutup Katup Pembuka Aliran udara, dan dicoba diperiksa apakah ada kebocoran olie pada body dongkrak tekiro. Hasilnya ternyata tidak adak sedikitpun rembesan olie. Body dari dongkrak tekiro masih dalam keadaan bersih dan mulus berarti tidak ada kebocoran.


Kemampuan maksimum daya angkat dari Tekiro Hidrolik AU BJ1001 2 Ton setinggi 11,6 Cm, hal ini bukanlah hambatan untuk mencapai ketinggian angkat setinggi 34,5 Cm. Caranya yaitu dengan memutar Baud Tambahan (Extension Screw) sehingga memungkinkan bisa menambah ketinggian setinggi 5,8 Cm. Jadi total ketinggian maksimal dapat mencapai 34,5 Cm.

Percobaan dilakukan beberapa kali dan sejauh ini hasilnya cukup memuaskan dan semoga dapat bertahan untuk penggunaan jangka panjang.

Tips membeli dongkrak secara online

Agar dapat diperoleh barang yang berkualitas dengan harga murah harus diperhatikan beberapa hal, antra lain :
1.        Perhatikan reputasi penjual dari testimoni atau kesaksian atau ulasan dari pembeli sebelumnya.

2.        Jangan terlalu tergiur dengan harga murah, tetapi tidak memperhatikan lokasi atau domisili penjual, karena hal ini akan berpengaruh terhadap ongkos kirim. Semakin jauh tempat penjual dari tempat pembeli maka akan semakin mahal biaya atau ongkos kirim yang harus dibayar.

3.        Perhatikan berat dari dongkrak yang dicantumkan oleh penjual, semakin tinggi berat dongkrak semakin besar biaya atau ongkos kirim yang harus dibayar oleh pembeli. Hal ini kenapa harus dicermati karena terkadang penjual memasang berat yang berbeda-beda, kadang ada penjual yang memasang berat yang berlebihan dari berat dongkrak sebenarnya.





Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Media Sosial

Terjemahan

Total Pageviews

Dudu. Powered by Blogger.

Popular Posts

Followers

Ikuti Dengan Email