Tuesday, August 29, 2017


Belanja online merupakan aktivitas yang relatif baru bagi sebagian masyarakat indonesia yang sudah terbiasa belanja secara offline. Tentunya kebiasaan baru berupa belanja online akan terbentuk dengan cepat apabila ditunjang oleh berbagai pendukungngnya, diantara nya koneksi internet yang cepat dan murah, tersedianya barang yang berkualitas, regulasi yang jelas tentang mekanisme belanja online, termasuk payung hukum yang melindunginya, kemudahan penggunaan berbagai macam alat pembayaran, Adanya perlindungan konsumen, serta sudah barang tentu adanya inovasi baru yang memudahkan masyarakat dalam berbelanja layaknya belanja offline di pasar tradisional atau di Mall.


Bagi pembeli online pemula harga barang yang mereka beli mungkin diperoleh dengan harga yang tidak jauh berbeda jika belanja offline, hal tersebut mungkin saja terjadi karena belum mengenal karakteristik belanja online. Ada suatu hal yang berbeda pada belanja online yaitu adanya fitur pengiriman barang, dimana barang yang dipesan atau dibeli akan diantar penjual ke alamat pembeli. 

Nah ini juga yang menjadi pertimbangan pembeli untuk belanja online karena terkadang terjadi ongkos kirim lebih mahal dari harga barang. Di lain pihak pembeli biasanya terbiasa mendapatkan barang dengan harga diskon, di Mall offline biasanya diskon diberikan fantastis alias jor-joran apalagi saat cuci gudang untuk menghabiskan stok lama. 

Padahal kalau kita jeli di toko online dan mall online urusan diskon ini tidak kalah menariknya, bahkan mungkin ada sisi lebihnya, sehingga bagi para pembeli online berpengalaman menganggap aktivitas belanja online lebih asyik, lebih menantang, dan lebih nyaman dibandingkan dengan belankja offline. Ada hal yang berbeda juga yang tidak akan ditemui di belanja offline, dimana lembaga keuangan atau dalam hal ini fihak Bank ikut memberikan diskon atau potongan harga, nah menarik bukan?

Pada tulisan ini kita akan membahas bagaimana kiat mendapatkan diskon barang di toko online dengan berbagai macam penawaran, baik itu penawaran dari pelapak itu sendiri, atau bisa juga dari pihak market-place atau pihak mall online, juga dari pihak Bank. Jadi apa yang menjadi tujuan belanja online untuk mendapatkan harga murah berkualitas bisa terwujud.



Diskon Dari Pelapak

Pelapak biasanya mencantumkan harga sebelum diskon, kemudian jumlah diskon dan harga akhir setelah diskon. Kalau kita ragu akan kebenaran diskon yang ditawarkan kita bisa mebandingkan harga barang yag sama yang ditawarkan dari toko berbeda, juga kita bisa membandingkannya dengan harga di toko offline atau toko konvensional, apabila harga yang ditawarkan memang lebih murah maka kemungkinan layak kita beli, tetapi apabila harga yang ditawarkan sama atau lebih mahal lebih baik abaikan saja.

Diskon dari Market-Place atau Mall Online.

Dikon yang ditawarkan dari pengelola toko online atau lebih dikenal dengan market-place atau Mall online, contohnya seperti Tokopedia, Bukalapak, Shoppe, Elevania, Blibli, Bhineka, Blanja, Lazada, Zalora, Jd.Id, dan banyak lagi, biasanya mereka juga menawarkan fasilitas diskon atau rabat alias pengurang harga. Bentuknya ada 3 macam, yaitu diskon langsung terhadap produk, Cashback, dan ongkos kirim gratis.

Diskon langsung adalah diskon tambahan yang diberikan terhadap produk sebagai pengurang jumlah harga akhir yang harus dibayar, biasnya dengan cara memasukan kode voucher yang telah mereka sediakan. Dalam hal ini tidak semua pembeli akan mendapatkan diskon, tapi diskon terbatas hanya kepada yang memiliki voucher diskon atau yang memasukan kode voucher atau kode diskon tersebut pada saat check-out atau pada saat melakukan pembayaran.

Cashback adalah pengembalian uang yang sudah dibayarkan dalam jumlah tertentu, biasanya dalam jumlah persentase tertentu kisarannya antara 5% sampai dengan 20%. Cashback akan diperoleh pembeli apabila barang sudah diterima pembeli, sehingga bisa dibelanjakan lagi pada saat belanja.

Ongkos kirim gratis atau dikenal Free ongkir adalah biaya pengiriman yang harus dibayarkan ke kurir atau pengantar barang ditanggung pihak market-place atau mall online, baik dengan jumlah sebagian tertentu atau pun gratis ongkos kirim sepenuhmya.

Menurut pengalaman setiap ada event event tertentu selalu digelar pesta diskon, misal pada saat perayaan hari raya lebaran, Natal, tahun baru imlek, tahun baru Masehi, ualng tahun kemerdekaan RI, saat puasa ramadhan, atau pada saat HARBOLNAS (Hari belanja online nasional yang biasa di gelar pada bulan desember). Ada yang lebih istimewa dan terkesan jor-joran yatu Diskon pada saat ulang tahun Toko Online/Market-place/Mall online. 

Diskon dari pihak Perbankan

Ini adalah bentuk yang sangat jarang ditemui di transaksi belanja tradisional atau belanja offline, dimana pihak perbankan memberikan potongan harga terhadap jumlah harga barang yang harus dibayar pembeli. Kisaran diskon yang dibrikan adalah 3,5%, 5%, 7%, 10%, 15%, dan 20%. Apakah semua pembeli mendapatkan diskon dari perbakan?.

Jawabannya tentu tidak karena diskon hanya diberikan kepada pembeli yang menggunakan layanan dari bank tersebut. Biasanya diskon diberikan kepada pembeli yang menggunakan alat pembayaran dengan kartu kredit.

Diskon yang diberikan untuk pembayaran dengan kartu kredit ada 2 macam, yaitu diskon langsung dan diskon dengan syarat  maka dalam hal ini pembeli harus tahu cara mendapatkan diskon ini.

Diskon langsung artinya pengurangan harga akan langsung terpotong dari jumlah yang harus dibayar pembeli pada saat proses verifikasi pembayaran berlangsung, maka akan diperoleh harga akhir yang lebih murah sesuai dengan persentase diskon yang diberikan.


Diskon dengan syarat adalah diskon yang diberikan pihak perbankan kepada pembeli yang memakai fasilitas layanan pembayaran dari bank tersebut.

Diskon dengan syarat ada dua macam, yaitu diskon dengan voucher atau diskon dengan waktu atau ada juga yang dibatasi jumlah diskon yang diberikan, contoh untuk 100 Orang pembeli pertama setiap hari nya. Ada juga yang dibatasi diskon hanya diberikan untuk hari tertentu saja. Misalnaya diskon diberikan hanya untuk kuota hari senin saja atau diskon berlaku dari hari senin sampai kamis. Ada juga diskon berlaku pada hari hari weekend yaitu sabtu dan minggu.

Kiat kita berburu diskon besyarat adalah memastikan kapan dimulainya diskon tersebut, karena kalau kita tidak tahu maka kemungkinan besar kita kehabisan kuota voucher untuk hari itu, sehingga harus menunggu hari esok lagi. Khusus untuk diskon bersyarat dengan kuota voucher mingguan berarti kita harus menunggu satu minggu kedepan. Misalnya diskon dimulai jam 10.00 pagi, maka kita tepat jam 10.00 pagi harus melakukan check out transaksi, kalau terlambat maka kemungkinan besar kehabisan kuota diskon.

Nah dalam hal ini pembeli harus tahu kapan diskon diberikan pihak perbankan, dalam hal ini kita bisa dengan memasang aplikasi market-place atau mall online favorit kita masing-masing di smartphone atau juga bisa langganam newsletter dari market-place atau mall online yang nantinya secara berkala kita akan mendapat email pemberitahuan tentang promo yang akan atau sedang digelar di toko favorit tempat kita berbelanja.

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Media Sosial

Terjemahan

Total Pageviews

Dudu. Powered by Blogger.

Popular Posts

Followers

Ikuti Dengan Email