Tuesday, August 22, 2017

Bagaimana ketika dalam perjalanan menggunakan mobil pribadi tiba-tiba handphone anda habis baterai?. Terus terang hal ini sering saya alami, sehingga sangat merepotkan karena bila ada telepon yang masuk tidak bisa terjawab. Jika ada pesan masuk baik dari sms, email atau dari media sosial seperti Whatsapp, Telegram, dll tidak bisa di balas pada saat itu juga.


Bagaimana kalau itu telepon dan pesan penting dari keluarga atau client atau atasan, atau rekan kerja, tentunya dalam kasus seperti ini ada beberapa solusi untuk mengatasinya. 



Pertama bisa dengan membawa powerbank dari rumah atau menggisi baterai hape dari slot USB yang ada pada audio mobil atau bisa juga dengan menyediakan Car Charger.


Ketiga solusi untuk mengatasi habis baterai tersebut atau istilah nge-trend-nya adalah low-bat memiliki kelebihan dan kekurangan. Mari kita uraikan satu persatu.


POWERBANK

Powerbank merupakan perangkat yang memiliki baterai isi ulang dengan kapasitas baterai yang lebih besar daripada gadget yang kita miliki, seperti Hape, tablet maupun perangkat digital mobile lain. Kapasiatas penyimpanan baterai powerbank bervariasi mulai dari 2.000 mAh, 2.100 mAh, 5.600 mAh, 7.800 mAh, 8.800 mAh, 10.000 mAH, 12.000 mAh sampai ukuran 25.000 mAh. 

Kapasitas baterai powerbank biasanya berbanding lurus dengan harga powerbank, semakin besar kapasitasnya semakin tinggi harganya. Powerbank yang dijual di pasaran terdiri dari berbagai merk dan kualitas. Ada dari merk terkenal seperti Asus, Xiomi, Lenovo, Uneed, dll, ada juga yang dari merk tidak terkenal.

Kelebihan powerbank
1.       Sangat membantu apabila dalam perjalanan, ketika sulit menemukan atau tidak ada alirana listrik.

2.        Powerbank memiliki slot micro usb, sehingga memudahkan men-charge atau mengisi baterai gadget dengan merk yang berbeda.

3.       Powerbank yang beredar memiliki bentuk fisik yang kecil, sehingga mudah dibawa kemana-mana.

4.       Powerbank memiliki kapasitas baterai yang besar sehingga bisa mengisi beberapa gadget.

Kelemahan Powerbank
1.        Memiliki keterbatasan dalam hal pengisian baterai, bisanya hanya mampu mengisi baterai gadget sebanyak 3 atau 4 kali saja, setelah itu harus di isi kembali. Dalam hal output pengisian ini tergantung kafasitas powerbank tersebut, semakin tinggi kafasitasnya semakin banyak gadget yang bisa di charge.


2.        Pengisian listrik powerbank memerlukan waktu, dimana semakin besar kafasitasnya semakin lama proses pengisan listrik-nya.

SLOT USB AUDIO MOBIL atau AUDIO HEADUNIT

Setiap mobil rata-rata memiliki audio Mobil, mulai dari harga dan kualitas termurah sampai harga dan kualitas tertinggi, mulai dari merk tidak terkenal sampai merk terkenal. Hal tersebut tergantung selera dan ketersediaan budget yang dimiliki. Rata-rata audio mobil memiliki slot usb yang disediakan untuk colokan atau input flasdisk, seperti kita ketahui orang sudah jarang memutar audio mobil dengan CD audio karena memang lebih nyaman menggunakan Flasdisk. 

Nah slot USB untuk fashdisk ini bisa digunakan untuk mengisi baterai handphone alias hape. Tentunya memakai slot audio mobil untuk mengisi baterai hape memiliki kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan Slot Audio Mobil

Dengan keberadaan slot USB di audio Head-unit memudahkan mengisi baterai tanpa harus mencari sumber aliran listrik karena sudah terpasang di dashboard mobil. Yang dibutuhkan hanya kabel USB untuk menghubungkan Hape atau Gadget ke Socket USB Audio mobil.

Kelemahan Socket audio mobil

Seperti telah diketahui socket USB audio mobil disediakan untuk menancapkan flasdisk yang berisi data audio/lagu, video atau gambar, sehingga kemungkinan besar tidak dibenamkan Controller untuk mengontrol asupan listrik ke baterai hape, dimana apabila baterai hape sudah terisi penuh tidak otomatis memutus arus listrik yang masuk ke baterai. Ini sungguh membahayakan daya tahan gadget yang kita miliki, karena tidak memiliki fitur perlindungan. 


CAR CHARGER ALIAS PENGISI BATERAI DI MOBIL

Pengisi baterai di mobil atau lebih dikenal dengan car charger, bukanlah barang baru di pasaran. Berbagai merk sudah beredar, dari merk tidak dikenal sampai dengan merk terkenal alias branded, dari harga ter murah sampai yang mahal. Car charger digunakan di mobil dengan memanpaatkan aliran listrik dari accu mobil yang dikeluarkan lewat slot cigarette lighter alias socket pamantik rokok. Apa kelebihan dari car charger?

Kelebihan Car Charger

Seperti hal nya charger bawaan gadget, segala sesuatunya sudah diperhitungkan termasuk adanya fasilitas pemutus arus litrik otomatis atau yang lebih dikenal smart protection yang mana akan bekerja memutus arus listrik kalau baterai sudah penuh, sehaingga daya tahan baterai akan lebih lama sesuai dengan batas toleransi umur baterai.

Kelemahan Car Charger

Kelemahan Car charger yang signifikan belum diketahui, tetapi yang jelas kita harus membeli car charger ini secara terpisah dari gadget sehingga menambah pengeluaran.


PENGALAMAN MENGGUNAKAN PHILIPS CAR CHARGER

Seperti yang diuraikan di awal tulisan ini, memiliki car charger bagi mereka yang biasa bepergian memakai mobil pribadi adalah sebuah kebutuhan. Dari sekian banyak car charger yang di tawarkan di toko online pilihan saya jatuh ke Philips Car charger

Pilihan terhadap merk ini sebenarnya sih bersifat subyektif, jujur saja karena melihat nama besar Philips.
Philips menawarkan Car Charger dengan 3 model, yaitu : 


PHILIPS CAR CHARGER DLP2257 

PHILIPS Ultra Fast Car Charger DLP2257, yaitu charger mobil yan memiliki output arus sebesar 2,1 Ampere. Di kepala charger ini ada dua slot 2,1 Ampere (2,1 Amper X 2 slot USB) sehingga kita bisa mengisi dua gadget secara bersamaan dengan arus 2,1 Ampere. 

 PHILIPS CAR CHARGER 3.1 DLP 2357 

Philips Car Charger DLP2357 Dual Output 3.1A merupakan car charger yang memiliki 2 output slot USB dengan keluaran arus yang berbeda yaitu 2,1 Ampere dan 1,0 Ampere. Kebanyakan gadget menggunakan yang 1.0 ampere, tetapi untuk gadget dengan layar yang diatas 5 inci biasanya menggunakan baterai dengan kapasitas yang lebih besar sehingga biasanya supaya proses mengisi baterainya lebih cepat menggunakan arus yang 2 ampere.
 Philips Car Charger DLP2259


Philips Car Charger DLP2259 hampir sama seperti kedua model di atas, namun yang membedakannya adalah output arus listriknya, dimana memiliki dual port dengan arus 1.0 Ampere.

Dari ketiga model Philips Ultra-Fast Car Charger merupakan charger yang dilengkapi dengan fitur over-voltage, over-current, dan over-heat proteksi yang diharapkan dapat melindungi gadget yang kita miliki.

Philips Charger ini memiliki lampu indikator yang dapat memberitahu kondisi pengisian baterai gadget. Menurut catatan di situsnya Gadget ini tidak kompatibel atau tidak cocok untuk Motorola Xoom,Samsung Galaxy Tab,HTC Flyer,Blackberry Playbook. Untuk ukuran dari Car charger ini cukup mungil yaitu L : 12 Cm x W : 3 cm x H : 90 cm.

Kisaran harga nya cukup bervariasi antara @Rp 90.000 sampai dengan @Rp280.000,-. Untuk model Philips Car Charger DLP2259 dan model PHILIPS Ultra Fast Car Charger DLP 2257 rentang harga termurahnya adalah Rp90.000, sementara untuk Philips Charget DLP 2357 adalah varian yang memiliki harga tertinggi yaitu harga paling murahnya @Rp135.000,-.

Saya kebetulan membeli philips car Charger model DLP2257 yang memiliki slot usb keluaran dengan beda arus, yaitu : 2.1 Ampere dan 1.0 Ampere. Dibeli dari salah satu pelapak yang jualan di tokopedia. Dalam membeli secara online patokan menentukan pilihan penjual adalah Reputasi penjual yaitu jumlah barang yang terjual dari lapak tersebut dan testimoni atau kesaksian dari pembeli terverifikasi, serta tentunya harga nya yang terjangkau dan rasional. 

Rasional artinya kita jangan membeli barang karena harganya yang murah saja tetapi harus dipertimbangkan aspek lain yaitu pengalaman pembeli yang lain yang ada di testimoni dan perbandingan harga dengan pelapak lain.

Setelah dicoba philips car charger ini berjalan dengan baik dan dari segi lamanya pengecasan relatif cepat. Kenapa saya katakan relatif cepat karena tergantung besar kecinya kapasitas dari baterai gadget yang kita charge. Untuk pertama kali mengecas menggunakan gadget dengan kafasitas 1700 mAh, waktu yang di perlukan untuk mengisi baterai dari kondisi baterai 1% sampai penuh 100% memerlukan waktu 1,5 jam. 

Ya... lumayan ada penghematan waktu selama 30 menit dibandingkan menggunakan charger bawaanya yang biasanya memerlukan waktu kurang lebih 2 jam. Untuk tampilan philips car charger ini cukup cantik ketika di pasang di dashboard mobil.

Kekurangannya adalah tidak disediakan konverter untuk bisa digunakan dengan input listrik PLN. Semetara untuk ketahanan charger ini belum bisa di review karena belum lama mencobanya, harapannya sih semoga awet.

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Media Sosial

Terjemahan

Total Pageviews

Dudu. Powered by Blogger.

Popular Posts

Followers

Ikuti Dengan Email