Saturday, November 04, 2017

Menulis artikel pada blog merupakan aktivitas rutin seoarang blogger, baik dilakukan harian atau mingguan atau di waktu tertentu. Menulis artikel pada blog harus memperhatikan content atau isi blog yang harus bagus dan original serta penataan layout yang baik, hal tersebut merupakan salah satu kunci utama keberhasilan mendatangkan traffic yang banyak dan berkualitas disamping teknik optimasi blog yang lain. Dalam artikel ini saya akan berbagi pengalaman cara menulis artikel pada blog.



Dalam tulisan ini akan dibahas dua hal yang berkaitan dengan penulisan blog, yaitu :
1.        Cara mengatur layout penulisan blog supaya tertata dengan baik, rapi, dan menarik
2.        Cara menulis content atau isi blog yang baik dan original.

Artikel ini ditujukan untuk berbagi pengalaman dengan rekan-rekan sesama blogger pemula, jujur saja saya sendiri sering mengalami kendala dalam menulis artikel tersebut baik dari sisi layout maupun sisi content.

Cara Mengatur Layout Penulisan Blog Supaya Tertata Dengan Baik, Rapi, Dan Menarik

Bagi blogger pemula biasanya menulis artikel langsung dilakukan di area compose blog, cara ini sebenarnya tidak salah tetapi biasanya akan kesulitan untuk kustomasi layout tulisan walaupun tersedia berbagai perkakas atau tool pada toolbar compose blog sehingga menimbulkan tampilan postingan yang agak semerawut antara lain :
a.         Kadangkala margin yang berantakan tidak sesuai harapan
b.        Spasi baris yang tidak sama, dan space before dan after yang sulit diatur.
c.         Ukuran font atau hurup yang tidak seragam
d.        Size/ukuran font atau hurup yang kurang tepat
e.         Jenis font atau hurup yang terbatas
f.          Numbering atau bullet yang berantakan
g.         Alignment atau perataan yang tidak sama antara satu paragraf dengan paragraf yang lain
h.        Dan lain-lain

Untuk menulis draft artikel lebih baik dilakukan di aplikasi microsft word terlebih dahulu, baik dari sisi penulisan maupun pengeditan. Jika penataan layout telah selesai kemudian beralih ke content apakah sudah tepat juga. Apabila artikel dirasa masih belum sempurna maka dilakukan pengeditan kembali sampai menghasilkan artikel final.

Langkah selanjutnya artikel final baru di copy, kemudian paste ke compose blog dan publikasikan. Berdasarkan pengalaman dengan cara ini postingan akan terlihat tertata dengan baik, rapi dan sesuai harapan.




Cara Menulis Content Atau Isi Blog Yang Baik Dan Original.

Ada pepatah yang mengatakan bisa karena biasa, begitu pun dalam menulis konten blog. Konten blog yang baik adalah yang memiliki isi tulisan yang original alias bukan tulisan copy-paste dari karya orang lain, up-to-date, ditulis dengan gaya bahasa yang menarik sesuai ejaan yang berlaku, tulisan tidak bertentangan dengan hukum, etika, norma dan agama.

Langkah memulai menulis
Keberanian untuk mulai menulis artikel karya sendiri itu adalah aset yang sangat berharga dan modal utama seorang blogger. Mungkin tulisan pertama akan terasa aneh ketika dibaca di kemudian hari, tapi justru ini adalah steping point alias batu loncatan untuk menghasilkan tulisan yang lebih baik di kemudian hari.

Artikel kedua akan lebih baik dari artikel pertama, artikel ketiga akan lebih baik dari artikel kedua, dan akan berlaku seterusnya. Jadi semakin sering menulis dengan rutin maka akan semakin baik tulisan yang dihasilkan.

Tema Tulisan
Kenapa blog harus memiliki niche?
Jawabanya selain untuk membidik segmen pengunjung blog dengan jelas dan tepat, juga untuk memudahkan penulisan tema dari setiap artikel blog. Artikel akan lebih mudah dibuat apabila masalah atau kontennya dikuasai. Contoh seorang guru akan lebih baik menulis tentang pendidikan, bahkan lebih spesifiknya guru tersebut mengajar mata pelajaran apa? Kalau dia mengajar PKn maka blognya bisa bahasan utamanya tentang seputar pendidikan kewarganegaraan.

Contoh blog yang sukses di niche ini adalah blog Aina Mulyana yang berprofesi sebagai Pengawas Mapel PKn di pandeglang, beliau punya blog dengan nama PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN, yang memiliki pageview dari statistik blog ini mencapai 86.761.906 dengan 1016 follower.

Contoh lain adalah Gani Sebastian dengan blog yang lebih berkonsentrasi di niche blogging (Blog, SEO, Adsense) dengan nama blog Klikmania.net. Kemudian blog lainya seperti Juragan Cipir, Contoh Blog, Arlina Design, Maxmanroe, mas Teguh, Mas Sugeng, Tentang Website dan banyak lagi blog yang sukses sesuai niche pilihannya.

Jadi sekali lagi pilihlah tema sesuai profesi utama atau minat/hobi kita, jika punya hobby memelihara burung bisa menulis tema tentang masalah yang berkaitan dengan burung.

Menulis blog yang baik, tertata rapi, dan memiliki konten yang original selain membuat pengunjung betah berlama-lama membaca konten blog, juga memudahkan nantinya ketika ada keinginan pemilik blog untuk monetize blog. Penyedia iklan seperti google Adsense akan mudah menyetujui permohonan menjadi penayang atau publisher google adsense jika blog tersebut salah satunya memiliki tampilan yang baik dan memiliki artikel yang original.

Semoga bermanfaat



Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Media Sosial

Terjemahan

Total Pageviews

Dudu. Powered by Blogger.

Popular Posts

Followers

Ikuti Dengan Email