Monday, July 24, 2017

Silabus Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran yang sebelumnya mata pelajaran ini bernama Otomatisasi Perkantoran  merupakan mapel dari KI/KD Teknologi Perkantoran kurikulum 2013 edisi Revisi tahun 2017 yang resmi terbit pada tanggal 9 Juni 2017 dan di tandatangani oleh Direktur Jendral Pendidikan dasar dan Menengah KEMDIKBUD dengan Nomor  : 330/D.D5/KEP/KR/2017.

Silabus ini bisa dijadikan referensi bagi yang mengajar mata pelajaran Teknologi Perkantoran di kompetensi keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran Sekolah Menegah Kejuruan (SMK). 

Ada Kompetensi dasar yang baru di mata pelajaran ini yaitu KD Membuat laporan penggunaan teknologi perkantoran. Materinya berkaitan dengan pengertian laporan, kegunaan laporan, macam-macam laporam, sistematika laporan, teknik menyusun laporan sampai dengan praktik membuat laporan.  


SILABUS MATA PELAJARAN
Nama Sekolah                : SMK .........
Bidang Keahlian            : Bisnis dan Manajemen
Kompetensi Keahlian     : Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (C2)
Mata Pelajaran               : Teknologi Perkantoran
Durasi (Waktu)              : 144JP (@ 45 Menit
KI-3 (Pengetahuan)        : Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
KI-4 (Keterampilan)       : Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.


Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Materi Pokok
Alokasi Waktu (JP)
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
1
2
3
4
5
6
3.1. Memahami teknologi perkantoran, otomatisasi perkantoran, dan virtual office

4.1. Melakukan pengelompokkan teknologi perkantoran, otomatisasi perkantoran, dan virtual office
3.1.1. Mengemukakan perkembangan teknologi perkantoran
3.1.2. Menjelaskan hakikat otomatisasi perkantoran
3.1.3. Menguraikan manfaat otomatisasi perkantoran
3.1.4. Membedakan jenis-jenis otomatisasi perkantoran
3.1.5. Menjelaskan definisi kantor virtual
3.1.6. Menguraikan manfaat kantor virtual
4.1.1. Melakukan identifikasi teknologi/otomatisasi perkantoran berdasarkan jenis tuntutan/kebutuhan pekerjaan
4.1.2. Melakukan pengelompokkan  teknologi perkantoran dengan tepat sesuai dengan fungsi.
Teknologi perkantoran, otomatisasi perkantoran, dan kantor virtual
1.    Perkembangan teknologi perkantoran
2.    Hakikat Otomatisasi Perkantoran
3.    Manfaat Otomatisasi Perkantoran
4.    Jenis-jenis Otomatisasi Perkantoran
5.    Definisi kantor virtual
6.    Manfaat kantor virtual
7.    Kelebihan dan kekurangan kantor virtual
4
·         Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang teknologi perkantoran, otomatisasi perkantoran, dan kantor virtual.
·         Mengumpulkan data tentang teknologi perkantoran, otomatisasi perkantoran, dan kantor virtual.
·         Mengolah data tentang teknologi perkantoran, otomatisasi perkantoran, dan kantor virtual.
·         Mengomunikasikan konsep teknologi perkantoran, otomatisasi perkantoran, dan kantor virtual.
Pengetahuan :
·         Tes tertulis
·         Penugasan

Keterampilan :
·         Unjuk kerja

3.2. Menerapkan pengetikan (keyboarding) 10 jari kecepatan 200 EPM dan Ketepatan 99%

4.2. Melakukan pengetikan (keyboarding) 10 jari kecepatan 200 EPM dan Ketepatan 99%
3.2.1. Menjelaskan esensi pengetikan cepat dan tepat
3.2.2. Mengemukakan teknik mengetik 10 Jari
3.2.3. Mengidentifikasi penempatan jari tangan pada papan ketik (keyboard)
4.2.1. Mengemukakan tata cara mengetik 10 jari
4.2.2. Mempraktekkan teknik mengetik 10 jari
4.2.3. Melakukan keyboarding dengan kecepatan 200 EPM
4.2.4. Melakukan pengetikan (keyboarding) dengan ketepatan 99%
Teknik Pengetikan (Keyboarding)
1.    Esensi pengetikan cepat dan tepat
2.    Teknik mengetik 10 Jari
3.    Penempatan jari tangan pada papan ketik (keyboard)
4.    Tata cara mengetik 10 jari
24
·         Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang teknik pengetikan (keyboarding).
·         Mengumpulkan data tentang teknik pengetikan (keyboardingI.
·         Mengolah data tentang teknik pengetikan (keyboarding).
·         Mengomunikasikan teknik pengetikan (keyboarding).
Pengetahuan :
·         Tes tertulis
·         Penugasan

Keterampilan :
·         Praktek/ Unjuk kerja

3.3. Menerapkan pengoperasian aplikasi pengolah kata

4.3. Mengoperasikan aplikasi pengolah kata
3.3.1.  Menjelaskan aplikasi pengolah kata
3.3.2.  Mengklasifikasikan fasilitas pengaturan pada aplikasi pengolah kata
3.3.3.  Menerapkan pengaturan-pengaturan pada aplikasi pengolah kata dalam pembuatan dokumen perkantoran
4.3.1.  Memilih fitur/fasilitas pada aplikasi pengolah kata dalam membuat dokumen perkantoran
4.3.2.  Membuat dokumen perkantoran menggunakan aplikasi pengolah kata
4.3.3.  Mencetak file/dokumen kantor pada aplikasi pengolah kata
Aplikasi Pengolah Kata
1.    Pengaturan tata letak dokumen (page layout)
2.    Penyisipan gambar, equation, dan tabel
3.    Penggunaan indentasi, heading, section, header dan footer)
4.    Pembuatan daftar isi/table of content
5.    Penggunaan fitur-fitur aplikasi dalam pembuatan dokumen perkantoran.
6.    Mencetak file/dokumen pada aplikasi pengolah kata
16
·         Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang aplikasi pengolah kata.
·         Mengumpulkan data tentang aplikasi pengolah kata.
·         Mengolah data tentang aplikasi pengolah kata.
·         Mengomunikasikan aplikasi pengolah kata.
Pengetahuan :
·         Tes tertulis
·         Penugasan

Keterampilan :
·         Praktek/ Unjuk kerja

3.4. Menerapkan pengoperasian aplikasi pengolah angka

4.4. Mengoperasikan aplikasi pengolah angka
3.4.1.  Menjelaskan aplikasi pengolah angka
3.4.2.  Mengidentifikasi pengaturan lembar kerja pada aplikasi pengolah angka
3.4.3.  Menerapkan pengaturan-pengaturan pada aplikasi pengolah angka
4.4.1.  Memilih fitur/fasilitas pada aplikasi pengolah angka dalam membuat dokumen perkantoran
4.4.2.  Menggunakan aplikasi pengolah angka dalam membuat dokumen perkantoran
4.4.3.  Mencetak file/dokumen perkantoran dengan menggunakan aplikasi pengolah angka
Aplikasi Pengolah Angka
1.    Pembuatan tabel dan format data tabel
2.    Pembuatan data tabel dan grafik
3.    Penggunaan formula-formula pada aplikasi pengolah kata
4.    Mencetak file/dokumen pada aplikasi pengolah kata
16
·         Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang Aplikasi Pengolah Angka.
·         Mengumpulkan data tentang Aplikasi Pengolah Angka.
·         Mengolah data tentang Aplikasi Pengolah Angka.
·         Mengomunikasikan Aplikasi Pengolah Angka.
Pengetahuan :
·         Tes tertulis
·         Penugasan

Keterampilan :
·         Praktek/ Unjuk kerja

3.5. Menerapkan pengoperasian aplikasi presentasi

4.5. Mengoperasikan aplikasi presentasi
3.5.1.  Menjelaskan aplikasi presentasi
3.5.2.  Mengidentifikasi pengaturan lembar kerja pada aplikasi presentasi
3.5.3.  Menerapkan pengaturan-pengaturan pada aplikasi presentasi
4.5.1.  Memilih fitur/fasilitas pada aplikasi presentasi dalam membuat dokumen perkantoran dengan tepat sesuai kebutuhan pekerjaan
4.5.2.  Menggunakan aplikasi presentasi dalam membuat file presentasi yang menarik
4.5.3.  Mencetak file/dokumen presentasi sesuai dengan jenis pencetakan yang dibutuhkan
Aplikasi Presentasi
1.    Penyisipan objek teks, gambar, audio, dan video pada slide
2.    Pengaturan bentuk, tampilan, dan efek pada slide
3.    Pengaturan hyperlink slide
4.    Pengaturan tampilan slide master
5.    Mencetak dokumen aplikasi presentasi

16
·         Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang aplikasi presentasi.
·         Mengumpulkan data tentang aplikasi presentasi.
·         Mengolah data tentang aplikasi presentasi.
·         Mengomunikasikan aplikasi presentasi.
Pengetahuan :
·         Tes tertulis
·         Penugasan

Keterampilan :
·         Praktek/ Unjuk kerja

3.6. Menerapkan pengoperasian aplikasi bahan cetak

4.6. Mengoperasikan aplikasi bahan cetak
3.6.1.  Menjelaskan aplikasi publikasi
3.6.2.  Mengidentifikasi pengaturan lembar kerja pada aplikasi publikasi
3.6.3.  Menerapkan pengaturan-pengaturan pada aplikasi publikasi
4.6.1.  Memilih fitur/fasilitas pada aplikasi publikasi dalam membuat dokumen perkantoran dengan tepat sesuai kebutuhan pekerjaan
4.6.2.  Menggunakan aplikasi publikasi dalam membuat dokumen publikasi yang menarik
4.6.3.  Mencetak file/dokumen publikasi sesuai dengan jenis dan bentuk pencetakan yang dibutuhkan
Aplikasi Bahan Cetak
1.    Mengaktifkan aplikasi publikasi
2.    Membuat file publikasi baru
3.    Mencetak file publikasi
12
·         Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang aplikasi bahan cetak.
·         Mengumpulkan data tentang aplikasi bahan cetak.
·         Mengolah data tentang aplikasi bahan cetak.
·         Mengomunikasikan aplikasi bahan cetak.
Pengetahuan :
·         Tes tertulis
·         Penugasan

Keterampilan :
·         Praktek/ Unjuk kerja

3.7. Menganalisis informasi dari internet untuk menunjang pekerjaan kantor

4.7. Menggunakan informasi dari internet untuk menunjang pekerjaan kantor
3.7.1.      Menjelaskan konsep data, informasi, dan internet
3.7.2.      Mengemukakan etika/tata krama warga digital
3.7.3.      Menerapkan prosedur pencarian informasi melalui mesin pencarian/search engine
3.7.4.      Menerapkan prosedur pengoperasian pengiriman surat elektronik/email
3.7.5.      Menerapkan prosedur pengiriman dan penyimpanan dokumen online
3.7.6.      Menganalisis pengelolaan transaksi melalui internet
4.7.1.      Memilih metode/teknik pengelolaan informasi melalui internet sesuai dengan tuntutan kebutuhan pekerjaan kantor dengan tepat
4.7.2.      Menggunakan internet dalam pengelolaan informasi pekerjaan kantor sesuai dengan jenis pekerjaan kantor
Pengelolaan Data, Informasi, dan Internet
1.    Konsep data dan informasi
2.    Pengenalan dasar internet
3.    Etika/tata krama warga digital
4.    Penggunaan mesin pencarian/search engine
5.    Pengiriman dan penyimpanan dokumen online

12
·         Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang data, informasi, dan internet.
·         Mengumpulkan data tentang data, informasi, dan internet.
·         Mengolah data tentang data, informasi, dan internet.
·         Mengomunikasikan data, informasi, dan internet.
Pengetahuan :
·         Tes tertulis
·         Penugasan

Keterampilan :
·         Praktek/ Unjuk kerja

3.8.       Menerapkan pengoperasian transaksi online
4.8.       Melakukan transaksi online
3.8.1. Menjelaskan pengertian transaksi online
3.8.2. Mengemukakan regulasi/undang-undang ITE
3.8.3. Menguraikan jenis-jenis transaksi online
3.8.4. Menguraikan prosedur transaksi onliine
4.8.1.  Memilih jenis transaksi online sesuai dengan permintaan/kebutuhan pekerjaan
4.8.2.  Melakukan transaksi online pemesanan, pembelian, dan pembayaran sesuai dengan SOP
Transaksi Online
1.    Pengertian Transaksi Online
2.    Regulasi/UU ITE
3.    Jenis-jenis Transaksii Online
4.    Prosedur Transaksi Online (Pemesanan, Pembelian, Pembayaran Online)
12
·         Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang transaksi online.
·         Mengumpulkan data tentang transaksi online.
·         Mengolah data tentang transaksi online.
·         Mengomunikasikan transaksi online.
Pengetahuan :
·         Tes tertulis
·         Penugasan

Keterampilan :
·         Praktek/ Unjuk kerja

3.9.       Menerapkan prosedur kegiatan rapat (teleconference)
4.9.       Melaksanakan kegiatan rapat (teleconference)
3.9.1. Menjelaskan pengertian rapat
3.9.2. Menguraikan jenis-jenis rapat
3.9.3. Mengemukkan manfaat dan tujuan rapat
3.9.4. Menguraikan prosedur rapat teleconference
4.9.1. Menyiapkan alat dan bahan rapat teleconference sesuai kebutuhan rapat
4.9.2. Mengoperasikan perangkat-perangkat rapat teleconference sesuai dengan prosedur
4.9.3. Melaksanakan kegiatan rapat teleconference sesuai dengan prosedur
Rapat Teleconference
1.    Pengertian rapat
2.    Jenis-jenis rapat
3.    Manfaat dan tujuan rapat
4.    Prosedur rapat teleconference
12
·         Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang rapat teleconference.
·         Mengumpulkan data tentang rapat teleconference.
·         Mengolah data tentang rapat teleconference.
·         Mengomunikasikan rapat teleconference.
Pengetahuan :
·         Tes tertulis
·         Penugasan

Keterampilan :
·         Praktek/ Unjuk kerja

3.10. Menerapkan pengelolaan informasi melalui web log (blog)

4.10. Melaksanakan pengelolaan informasi melalui web log (blog)
3.10.1.    Menjelaskan konsep web log (blog)
3.10.2.    Menerapkan prosedur update informasi pada blog
3.10.3.    Menerapkan prosedur upload informasi pada blog
4.10.1.   Membuat perencanaan dan analisis kebutuhan pembuatan blog dengan tepat sesuai dengan kebutuhan/tuntutan pekerjaan
4.10.2.   Mengumpulkan data dan informasi sebagai sumber informasi blog dengan tepat
4.10.3.   Membuat web log (blog) sederhana untuk kebetuhan organisasi sesuai standar prosedur yang berlaku

Pengelolaan Informasi Melalui Web Log (Blog)
1.    Pembuatan blog sederhana
2.    Update informasi pada blog
3.    Upload informasi pada blog

12
·         Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang pengelolaan informasi melalui web log (Blog).
·         Mengumpulkan data tentang pengelolaan informasi melalui web log (Blog).
·         Mengolah data tentang pengelolaan informasi melalui web log (Blog).
·         Mengomunikasikan pengelolaan informasi melalui web log (Blog).
Pengetahuan :
·         Tes tertulis
·         Penugasan

Keterampilan :
·         Praktek/ Unjuk kerja

3.11. Mengevaluasi penggunaan teknologi perkantoran

4.11. Membuat laporan penggunaan teknologi perkantoran
3.11.1.    Menjelaskan definisi laporan
3.11.2.    Menguraikan macam-macam laporan
3.11.3.    Mengemukakan sistematika penyusunan laporan
3.11.4.    Menganalisis  penyusunan laporan kegiatan
3.11.5.    Mengevaluasi penyusunan laporan kegiatan
4.11.1.    Merancang sistematika isi penyusunan laporan teknologi perkantoran sesuai tuntutan pekerjaan
4.11.2.    Membuat laporan kegiatan teknologi perkantoran sesuai dengan standar penyusunan laporan
Pembuatan laporan kegiatan teknologi perkantoran
1.    Pengertian laporan
2.    Kegunaan Laporan
3.    Macam-macam laporan
4.    Sistematika laporan
5.    Teknik menyusun laporan
6.    Praktek Menyusun Laporan

8
·         Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang pembuatan laporan kegiatan teknologi perkantoran.
·         Mengumpulkan data tentang pembuatan laporan kegiatan teknologi perkantoran.
·         Mengolah data tentang pembuatan laporan kegiatan teknologi perkantoran.
·         Mengomunikasikan pembuatan laporan kegiatan teknologi perkantoran.
Pengetahuan :
·         Tes tertulis
·         Penugasan

Keterampilan :
·         Praktek/ Unjuk kerja




Silabus ini belum final, sehingga perlu adanya revisi yang disesuaikan dengan kepentingan pengguna dan keadaan atau kondisi di lapangan tempat mengajar masing masing, Maka dengan itu untuk kemajuan bersama kritik dan saran yang membangun diharapkan di cantumkan pada kolom komentar yang ada di bawah artikel ini. Trimakasih.

Artikel terkait :
Sekaitan dengan buku Teknologi perkantoran yang mungkin dapat digunakan sebagai buku pegangan di ruang kelas dapat di buka atau silahkan klik pada tautan artikel berikut dengan judul ULASAN BUKU TEKNOLOGI PERKANTORAN UNTUK  SMK KOMPETENSI KEAHLIAN OTKP



2 comments:

  1. Saya mau bertanya, Di mana saya dapat menemukan materi untuk KD. 3 ,11 dan 4.11 pada mata pelajaran teknologi perkantoran ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk membuat laporan penggunaan teknologi perkantoran, saya belum menemukan yang spesifik tentang materi ini.
      sebagai referensi dapat menggunakan buku manajemen perkantoran dengan penulis Khaerul Umam, S.I.P, M.Ag., M.SI.
      Dalam buku ini dalam bab 9 membahas dengan lengkap tentang Laporan

      Delete

Media Sosial

Terjemahan

Total Pageviews

Dudu. Powered by Blogger.

Popular Posts

Followers