Pengolah kata
merupakan aplikasi yang diperlukan hampir oleh setiap orang. Dari sekian banyak
aplikasi pengolah kata yang paling populer dan dipakai banyak orang adalah
microsoft word dari microsoft corporation. Selain microsoft word ada banyak
aplikasi pengolah kata diantaranya Lotus Word Pro, Ez Word, Abiword, Corel Word
Perpect, Star Office Writter, Open Office Witer, Notepad, WPS Writer, Kword,
iwork pages, dan lain-lain baik yang berbasis windows, linux, macintosh, IOS,
maupun Android. Pada bank soal teknologi perkantoran ini hanya akan dibahas
penggunaan aplikasi pengolah kata dengan menggunakan microsoft word 2016 yang
merupakan family atau keluarga dari microsoft office 2016.
Bank soal ini terbagi
menjadi dua bagian, klik link ini untuk membuka bank soal teknologi perkantoran pengolah kata bagian 2.
Soal pilihan
ganda kompetensi dasar mengoperasikan aplikasi pengolah kata
1.
Aplikasi pengolah
kata selain microsoft word adalah
a. Lotus Word Pro,
Ez Word, Abiword, Corel Word Perpect, Star Office Writter, Open Office Witer,
Notepad, WPS Writer, Kword, iwork pages
b. Lotus Word Pro,
Ez Word, Corel Word Perpect, Seaword, Open Office Witer, Notepad, WPS Writer,
Kword, iwork pages
c. Lotus Word Pro,
Ez Word, Corel Word Perpect, Star Office Writter, Open Office Witer, Notepad,
WPS Writer, Kword, iwork keynotes
d. Lotus Word Pro,
Ez Word, Corel Word Perpect, Star Office Writter, Open Office Witer, Notepad,
WPS Writer, Kword, iwork number
e. Lotus Word Pro,
Ez Word, Corel Word Perpect, Star Office calc, Open Office Witer, Notepad, WPS
Writer, Kword, iwork pages
2.
Perhatikan gambar
dibawah ini!
Berdasarkan pada gambar di atas panah nomor 1
menunjukan sebuah logo, logo atau gambar supaya bisa diatur untuk kop surat
tersebut pada pengaturan wrap text
yang paling tepat adalah pilih ...
a.
inline with text
b.
in front of text, dan
tight
c.
behind text
d.
bottom,
dan Top and bottom
e.
through, dan square
3. Masih pada gambar
soal nomor 2 tersebut diatas, panah nomor 2 menunjukan garis pemisah antara
kepala surat/kop surat dengan isi surat. Pada MS. Word 2016 garis tersebut agar
tepat sesuai dengan margin maka digunakan pengaturan ...
a.
menu Design – page borders – borders –
pilih style – preview – klik OK
b.
menu Design – page borders – page border
– pilih style – preview – klik OK
c.
menu Design – page borders – shading –
pilih style – preview – klik OK
d.
menu Design – page color – page border
– pilih style – preview – klik OK
e.
menu Design – page color– pilih warna hitam - klik OK
4. Lihat pada gambar
soal nomor 2 diatas, tanda panah nomor 3 menunjukan gambar telepon yang dibuat
menggunakan...
a.
insert
– ficture – gambar telepon - ok
b.
insert
– symbol – more symbol - font wingdings
– gambar telefon - klik insert
c.
insert
– ficture – symbol – gambar telefon – ok
d.
insert
– symbol – more symbol – arial –
gambar telefon – klik insert
e.
pilih gambar
telefon – klik copy – klik paste pada area kepala surat
5. Pengaturan margin
pada microsoft office 2016 dapat menggunakan ukuran atau measurement milimeters,
centimeters, inci (inch), points, dan picas. Untuk melakukan pengaturan
tersebut menggunakan cara...
a. Klik file pada tab menu - pilih options – pada kotak dialog word options pilih advanced – cari Display
dengan menggeser slider – pilih milimeters/centimeters
atau inches/points/picas (pilih
sesuai keperluan)
b. Klik file pada tab menu - pilih options – pada kotak dialog word options pilih display – cari Display
dengan menggeser slider – pilih milimeters/centimeters/
atau inches atau points/picas
(pilih sesuai keperluan)
c. Klik file pada tab menu - pilih word options – pada kotak dialog word options pilih advanced – cari Display
dengan menggeser slider – pilih milimeters/centimeters/
atau inches atau points/picas
(pilih sesuai dengan yang diperlukan)
d. Klik file pada tab menu - pilih options – pada kotak dialog word options pilih proofing – cari Display
dengan menggeser slider – pilih milimeters/centimeters atau inches atau points/picas (pilih sesuai dengan yang diperlukan)
e. Klik file pada tab menu – pilih word options – pada kotak dialog word options pilih proofing – cari Display dengan
menggeser slider – pilih milimeters/centimeters
atau inches/points/picas (pilih
sesuai keperluan)
6. Dalam pengetikan
menggunakan microsoft word di indonesia penggunaan ukuran atau measurement yang
paling umum adalah ...
a.
milimeters
b.
centimeters
c.
inches
d.
points
e.
picas
7. Ukuran kertas A4
adalah...
a.
Panjang x Lebar : 29,7 cm x 21 cm
b.
Panjang x Lebar
: 33 cm x 21 cm
c.
Panjang x Lebar
: 35 cm x 21 cm
d.
Panjang x Lebar
: 27 cm x 21 cm
e.
Panjang x Lebar
: 29,5 cm x 21 cm
8. Pada microsoft
word tidak ada ukuran F4 atau folio, maka kita bisa mengaturnya secara manual
yaitu...
a. klik tab layout – pilih sizes – klik more sizes –
pada kotak dialog page set-up pilih
tab paper - pada paper sizes isi kolom width : 21 cm, kolom height : 29 cm – klik ok
b. klik tab layout – pilih size – klik more sizes –
pada kotak dialog page set-up pilih
tab paper - pada paper sizes isi kolom width : 29,7 cm, kolom height : 21,5 cm – klik ok
c. klik tab layout – pilih size – klik more sizes –
pada kotak dialog page set-up pilih
tab paper - pada paper sizes isi kolom width : 21 cm, kolom height : 33 cm – klik ok
d. klik tab layout – pilih sizes – klik more sizes –
pada kotak dialog page set-up pilih
tab paper - pada paper sizes isi kolom width : 21 cm, kolom height : 29,7 cm – klik ok
e. klik tab layout – pilih sizes – klik more sizes –
pada kotak dialog page set-up pilih
tab paper - pada paper sizes isi kolom width : 21 cm, kolom height : 35 cm – klik ok
9. Secara default
ukuran margin normal pada area document microsoft word adalah ...
a.
top ; 4 cm, left
: 4 cm, bottom : 3 cm, right : 1 cm
b.
top ; 1 cm, left
: 4 cm, bottom : 3 cm, right : 3 cm
c.
top ; 4 cm, left
: 3 cm, bottom : 3 cm, right : 3 cm
d.
top ; 3 cm, left
: 4 cm, bottom : 3 cm, right : 3 cm
e.
top ; 2,54 cm,
left : 2,54 cm, bottom : 2,54 cm, right : 2,54 cm
10. Penulisan tanggal
pada surat bahasa inggris (american english) seperti Oktober 22nd, 2017.
Penulisan nd pada angka 22 menggunakan...
a.
superscript
b.
subscript
c.
italic
d.
changecast
e.
strikethrough
11. Perhatikan soal
tabel dibawah ini, untuk menjawab soal nomor 11. 12.13, dan14
Pada tabel diatas yang ditunjukan oleh panah nomor
satu adalah memberi warna pada latar tabel dengan cara...
a. klik kanan pada
tabel yang akan diwarnai – pilih tabel
properties – pada kotak dialog tabel
properties klik borders and shading –
pada kotak dialog borders shading pilih
tab shading – pada kotak fill pilih warna yang diinginkan – klik Ok
b. klik kanan pada
tabel yang akan diwarnai – pilih tabel
properties – pada kotak dialog tabel
properties klik borders and shading
– pada kotak dialog borders shading pilih
tab shading – klik Ok
c. klik kanan pada
tabel yang akan diwarnai – pilih tabel
properties – pada kotak dialog tabel
properties klik borders – pada kotak dialog borders shading
pilih tab shading – pada kotak fill pilih warna yang diinginkan – klik Ok
d. klik kanan pada
tabel yang akan diwarnai – pilih tabel
properties – pada kotak dialog tabel
properties klik borders and shading
– pada kotak fill pilih warna yang diinginkan – klik Ok
e. klik kanan pada
tabel yang akan diwarnai – pilih tabel
properties – pada kotak dialog tabel
properties klik borders and shading
– pada kotak dialog borders shading pilih
tab shading
12. Pada tabel dalam soal
nomor 11 yang ditunjukan oleh panah nomor 2 adalah menyatukan 4 kolom, dari
kolom No sampai dengan kolom harga barang dengan cara ...
a. Blok Kolom pada
baris kesatu dari No-Nama
Barang–Jumlah–Harga Barang, kemudian klik kanan pada baris/kolom yang diblok
dan klik merge cell
b. Blok Kolom pada
baris kedua dari No-Nama
Barang–Jumlah–Harga Barang, kemudian klik kanan pada baris/kolom yang
diblok dan klik merge cell
c. Blok Kolom pada
baris dua dan tiga dari No-Nama
Barang–Jumlah–Harga Barang, kemudian klik kanan pada baris/kolom yang
diblok dan klik merge cell
d. Blok Kolom pada
baris ketiga dari No-Nama
Barang–Jumlah–Harga Barang, kemudian klik kanan pada baris/kolom yang
diblok dan klik merge cell
e. Blok Kolom pada
baris satu dam dua dari No-Nama
Barang–Jumlah–Harga Barang, kemudian klik kanan pada baris/kolom yang
diblok dan klik merge cell
13. Mengacu pada
gambar pada soal nomor 11 tanda panah nomor 3 menunjukan pada garis tabel
bagian atas, bagaimana cara membuat garis tersebut supaya beda dengan garis
yang lainnya?
a. Blok kolom baris
satu mulai dari kolom nomor sampai dengan kolom jumlah – klik kanan pada area yang diblok – pilih
tabel properties – pada kotak dialog tabel properties pilih tab table – klik
borders and shading – pilih tab borders – pada pilihan style pilih garis yang
diperlukan – klik preview bagian garis atas – klik ok
b. Blok kolom baris dua
mulai dari kolom nomor sampai dengan kolom jumlah – klik kanan pada area yang
diblok – pilih tabel properties – pada kotak dialog tabel properties pilih tab
table – klik borders and shading – pilih tab borders – klik preview bagian garis atas – klik ok
c. Blok kolom baris tiga
mulai dari kolom nomor sampai dengan kolom jumlah – klik kanan pada area yang diblok
– pilih tabel properties –
klik borders and shading – pilih tab borders – pada pilihan style pilih garis
yang diperlukan – klik preview bagian garis atas – klik ok
d. Blok kolom baris empat
mulai dari kolom nomor sampai dengan kolom jumlah – klik kanan pada area yang
diblok – pilih tabel properties – pada kotak dialog tabel properties pilih tab
table – klik borders and shading – pilih tab Page borders – pada pilihan style pilih
garis yang diperlukan – klik preview bagian garis atas – klik ok
e. Blok kolom baris semuanya
mulai dari kolom nomor sampai dengan kolom jumlah – klik kanan pada area yang
diblok – pilih tabel properties – pada kotak dialog tabel properties pilih tab
table – klik borders and shading – pilih tab shading– pada pilihan style pilih
garis yang diperlukan – klik preview bagian garis atas – klik ok
14. Masih mengacu
pada gambar pada nomor sebelas, panah nomor 4 menunjukan penjumlahan cell e2 :
e3. Bagaimana rumus untuk menjumlahkan menggunakan formula?
a. tempatkan cursor
pada cell e4 – klik tab layout – klik ikon formula – pada kotak formula masukan rumus =sum(above) – klik ok
b. tempatkan cursor
pada cell e5 – klik tab layout – klik ikon formula – pada kotak formula masukan rumus =sum(right) – klik ok
c. tempatkan cursor
pada cell e5 – klik tab layout – klik ikon formula – pada kotak formula masukan rumus =sum(left) – klik ok
d. tempatkan cursor
pada cell e1 – klik tab layout – klik ikon formula – pada kotak formula masukan rumus =sum(above) – klik ok
e. tempatkan cursor
pada cell e5 – klik tab layout – klik ikon formula – pada kotak formula masukan rumus =sum(above) – klik ok
15. Tool equation pada microsoft word di
gunakan untuk pengetikan ...
a.
rumus matematika
b.
rumus kimia
c.
rumus fisika
d.
mengatur gambar
e.
menyisipkan
simbol
Untuk soal pengolah kata indikator pencapaian
kompetensi atau IPK selanjutnya dapat dibuka pada artikel bank soal teknologiperkantoran pengolah kata bagian 2.
Yang ini gak ada kunci jawabannya
ReplyDelete