Thursday, September 28, 2017

COMBAS atau Competition of business administration yang diselenggarakan oleh Politeknik Negeri Bandung atau POLBAN Bandung merupakan ajang lomba tahunan kompetensi keahlian administrasi perkantoran yang di ikuti oleh peserta dari siswa siswi SMK kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran. Biasanya lomba administrasi bisnis ini dilaksanakan pada bulan April tiap tahun.



Sebelum membahas COMBAS terlebih dahulu mari kita sekilas mengenal tentang profil POLBAN. Menurut laman sejarah pada www.polban.ac.id bahwa POLBAN didirikan melaui SK Dirjen Dikti no 03/DJ/Kep/1979, awalnya merupakan program Diploma  dengan nama Politeknik ITB. Diberi nama Politeknik ITB karena berada dibawah binaan Institut Teknologi Bandung (ITB). Pada tahun 1997 Politeknik ITB lepas dari ITB dan berdiri sendiri dengan nama Politeknik Negeri Bandung  atau lebih dikenal dengan POLBAN.


Program studi Kesekretariatan dan Administrasi Perkantoran dibuka di POLBAN pada tahun 1986, kemudian pada tahun 2001 terjadi perubahan nama menjadi Program Studi Administrasi Bisnis. Seperti halnya perubahan nama Program Studi Administrasi Perkantoran Universitas Pendidikan Indonesia atau UPI yang berubah nama menjadi Program Studi Manajemen Perkantoran.

Siapa saja peserta lomba COMBAS?

Lomba Administrasi Bisnis ini dapat diikuti oleh peserta dari siswa SMA/SMK/MA, namun kenyataanya yang menjadi peserta lomba Combas berasal dari siswa SMK dari kompetensi Administrasi Perkantoran (berdasarkan struktur kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017 Admnistrasi Perkantoran di SMK berganti nama menjadi kompetensi keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran). Hal ini bisa dimaklumi karena semua mata lomba adalah kompetensi yang dipelajari di kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran SMK.

Mata Lomba Competition of Business Administration

Dalam ajang COMBAS ini ada 5 kompetensi yang dijadikan mata lomba, yaitu :
1.      Typing speed
2.      Presentation
3.      Filing and finding archive
4.      Phone and guest handling
5.      Smart competition
Aturan main di COMBAS POLBAN adalah satu orang peserta mengikuti satu mata lomba. Jadi berbeda dengan Lomba Kompetensi Siswa atau LKS, yang mana pada LKS satu orang peserta harus mampu menyelesaikan sebelas mata lomba.

Bagaimana Tata Cara Pelaksanaan setiap Mata Lomba Tersebut?

Dalam setiap kompetensi yang dilombakan memiliki aturan dan tata cara masing-masing. Untuk lebih jelasnya sebagai berikut :

Typing speed
Typing speed atau kecepatan mengetik dengan sepuluh jari memiliki aturan main sebagai berikut :
a.       Lomba kecepatan mengetik dilaksanakan dengan menggunakan aplikasi Mavis Beacon typing dengan hitungan WPM (Word Per Minutes) atau kata per menit.
b.      Peserta lomba dapat melakukan mengetik pemanasan selama 15 menit.
c.       Peserta lomba harus memakai pakaian yang rapih dan sopan
d.      Peserta harus memperhatikan sikap duduk pada saat mnegetik
e.       waktu pelaksanaan lomba selama 10 menit, dengan pembagian waktu 5 menit untuk teks bahasa Inggris dan 5 menit untuk teks dalam bahasa Indonesia.
f.        Lomba dilaksanakan dalam 1 babak
g.       peserta lomba diharapkan tidak menghapus teks yang sudah diketik.
h.      Penetapan juara I, II, III berdasarkan skor yang diperoleh tiap-tiap peserta.

Presentation
Untuk mata lomba presentation atau presentasi dalam bahasa inggris dengan tema kesekretarisan atau administrasi perkantoran memiliki aturan main sebagai berikut :
a.       Presentasi menggunakan bahasa inggris
b.      penampilan dan sikap menjadi poin penilaian
c.       lomba dibagi menjadi babak, yaitu babak penyisihan yang sifatnya tertutup untuk umum, dan babak final sifat nya terbuka bertempat di aula di tonton seluruh peserta COMBAS, guru pembimbing, dan semua panitia.



Filing and finding archive
Mata lomba Filing and finding archive adalah lomba kearsipan yang di rancang secara riil dengan simulasi mengarsipkan dan menemukan kembali dokumen/arsip, memiliki aturan main sebagai berikut :
a.       Peserta lomba berpakaian rapi dan sopan.
b.      Semua perlengkapan lomba disediakan oleh panitia dan untuk peserta yang ingin membawa perlengkapan sendiri diperbolehkan.
c.       Dalam membuat guide panitia telah menyediakan post it sehingga peserta terlebih dulu harus membuat kode klasifikasi. Peserta juga diperbolehkan untuk membuat sendiri.
d.      Dalam penemuan kembali arsip menggunakan dokumen yang telah dikerjakan sebelumnya ketika proses penyimpanan arsip.
e.       Tidak ada pengisian lembar disposisi, lembar tunjuk silang.
f.        Peserta lomba hanya diminta mengisi buku agenda dan buku ekspedisi intern.
g.       Jika arsip telah ditemukan, tidak usah dipresentasikan.

Phone and guest handling
Phone and guest handling merupakan lomba menagani telepon menggunakan bahasa inggris, untuk aturan main dalam lomba tidak ada aturan yang khusus.

Smart competition

Smart competition merupakan lomba cepat tepat bidang Administrasi bisnis, yang dalam materi lomba tentu ada materi tentang ekonomi dan manajemen. Smart competition merupakan lomba cepat tepat beregu atau kelompok, setiap kelompok terdiri dari tiga orang. Mata lomba smart competition dibagi menjadi dua babak yaitu babak penyisihan dan babak final. Seperti halnya mata lomba presentation, untuk mata lomba smart competition babak penyisihan dilaksanakan tertutup sedangkan untuk babak final bersifat terbuka dan dilaksanakan di aula.

Tata cara atau aturan main tersebut diatas adalah tata cara lomba pada COMBAS 2017, namun dari tahun ke tahun aturan mainnya tidak jauh berbeda. Setelah berkaca dari pengalaman tahun tahun sebelumnya aturan main untuk COMBAS tahun selanjutnya kemungkinan sama.

Artikel ini ditulis sebagai sarana berbagi informasi dan pengalaman serta bagi yang tertarik mengikuti lomba tersebut, apa yang ditulis dalam artikel ini dapat dijadikan gambaran mengenai apa dan bagaimana lomba tersebut dilaksanakan sehingga dapat mempersipakan segala sesuatunya jauh-jauh hari.

Semoga bermanfaat! Semoga menjadi juara pada COMBAS tahun berikutnya. Amiin.

Reaksi:

0 komentar:

Post a Comment

Media Sosial

Terjemahan

Total Pageviews

Dudu. Powered by Blogger.

Popular Posts

Followers

Ikuti Dengan Email