Saturday, September 23, 2017

Ketika akan berangkat menggunakan mobil pribadi tiba-tiba mesin mobil terasa pincang hal tersebut membuat jengkel dan prustasi. Semua rencana yang tersusun rapi kadangkali buyar karena persoalan mesin mobil pincang ini. Apabila kita tidak bisa mengatasinya sendiri terpaksa harus mencari bengkel mobil terdekat namun bagaimana kalau terjadinya pada pagi hari atau malam hari hal ini tentunya membuat repot karena mana ada atau jarang bengkel yang buka pagi-pagi buta atau malam hari. Sebenarnya tidak perlu panik kalau tahu penyebabnya dan tahu juga cara mengatasi mesin mobil pincang.
Pada bahasan dalam artikel ini tidak akan dibahas secara teoritis atau teknis, namun pembahasan penyebab mesin mobil pincang akan dibahas berdasarkan pengalaman yang mungkin dialami bayak orang dan cara mengatasinya yang biasa dilakukan oleh bengkel mobil.


Ciri-Ciri Atau Tanda-Tanda Mesin Mibil Pincang

Secara umum ada 3 tanda atau ciri mesin mobil pincang, yaitu :
1.        Suara mesin tidak normal atau pincang dan kasar
2.        Mesin pincang menimbulkan getaran tidak wajar terhadap body mobil
3.        Ketika mobil dikemudikan melaju dengan tidak stabil atau dalam istilah awam terasa ajrut-ajrutan dan tenaganya kurang.

Apa Penyebab Mesin Mobil Pincang?

Sebenarnya banyak faktor penyebab mesin mobil pincang, namun dalam banyak kasus penyebabnya utamanya adalah sistem pengapian yang kurang sempurna karena salah satu atau beberapa busi atau spark-plug yang tidak bekerja optimal atau bahkan ada busi yang mati.
Hal lain penyebabnya adalah salah satu kabel busi yang tidak bekerja sempurna dalam menghantarkan arus listrik hal ini tentunya menyebabkan kerja busi kurang optimal dalam pengapian sehingga bahan bakar terbuang dan menimbulkan busi basah dan kemungkinan busi menjadi mati.

Bagaimana Cara Mengatasi Mesin Mobil Picang?

Untuk mengatasi mesin mobil pincang kita bisa melakukan langkah langkah sebagai berikut,
1.        Hidupkan mesin
2.        Apabila suara mesin terdengar pincang coba cabut salah satu socket busi mulai dari busi kesatu dan apabila suara pincangnya bertambah berarti busi tersebut bekerja normal. Maka kita coba cabut socket busi yang kedua dan seterusnya. Jika pas kita cabut soket busi dan tidak berpengaruh apa-apa terhadap suara mesin maka artinya busi tersebut yang mati.


3.        Cabut atau buka busi yang mati tersebut, biasanya kalau sudah dicabut akan mendapati ujung pengapian busi nampak basah atau kotor.
4.        Bersihkan busi yang basah atau kotor tersebut dengan kain lap. Apabila tampak ada keraknya bersihkan memakai ampelas yang halus.
5.        Jika sudah bersih pasang kembali busi tersebut
6.        Hidupkan kembali mesin mobil

Bila penyebabnya busi kotor atau mati, biasanya setelah melakukan cara tersebut diatas maka mesin mobil akan bekerja normal kembali. Bagaimana kalau kita dapati ternyata setelah busi dipasang kembali tidak ada perubahan. Hal ini besar kemungkinan busi yang mati atau kabel busi yang mati atau putus.

Busi atau Spark plug mati
Cara mengecek busi mati adalah dengan mencoba memasang di lubang busi yang berjalan normal. Apabila sudah dicoba di lobang busi atau silinder yang berjalan normal tetap tidak nyala tandanya memang penyebab utamanya busi mati, maka ganti busi dengan type yang sama.


Kabel busi rusak/mati
Namun apabila di temukan bahwa busi yang kotor atau basah tersebut dicoba di lubang busi atau lubang silinder mesin yang lain berjalan normal maka penyebabnya adalah kabel busi maka ganti kabel busi.

Untuk memastikan atau mengecek kabel busi mati atau tidaknya dapat dilakukan dengan menukar kabel dari busi yang mati ke busi yang bekerja normal. langkah-langkah mengeceknya sebagai berikut.
1.        Cabut kabel busi dari silinder  atau busi yang mati
2.        Pasang kabel busi dari busi yang mati ke busi yang normal dan begitupun sebaliknya.
3.        Hidupkan mesin mobil
4.        Apabila suara pincang nya berpindah maka berati benar kabel businya yang tidak normal atau mati, namun apabila suara pincangnya tetap berasal dari busi yang pincang atau mati berarti kabel busi normal maka untuk mengatasinya ganti busi

Mudah bukan cara mengatasinya? Jadi kita tidak usah terlalu panik kalau mendapati mesin mobil yang pincang caranya cukup sediakan kunci pembuka busi dan lap atau ampelas jika perlu, juga tentunya kesiapan kita untuk membukanya sendiri.

Selamat mencoba!

Reaksi:

2 comments:

  1. Mantap om, om ane jualan mobil dfsk, sapa tau ada yg tertarik Memiliki Mobil DFSK? Cek Daftar Harga Mobil Baru di Dealer Mobil Baru DFSK Klik Saya

    ReplyDelete

Media Sosial

Terjemahan

Total Pageviews

Dudu. Powered by Blogger.

Popular Posts

Followers

Ikuti Dengan Email