Artikel refund belanja online yang dibatalkan sepihak di Lazada merupakan
kelanjutan dari artikel Belanja online VS pembatalan transaksi karena stok barang habis. Setelah sekian lama kita menunggu barang yang kita pesan, namun
tak kunjung tiba dirumah membuat hati jengkel, menunggu memang adalah proses yang
paling menjemukan tetapi itulah seni atau boleh dikatakan indahnya belanja online yang sangat kontras dengan
belanja offline dimana barang yang
kita pesan dan beli langsung ada dihadapan dan langsung bisa dibawa pulang
serta sesampai di rumah bisa langsung dipergunakan.
Saya pernah punya pengalaman
menunggu barang tiba sampai 5 hari tanpa kepastian, tetapi setelah 5 hari
status pesanan masih sedang diproses di gudang penjual, kemudian ditanyakan via
live-chat ke customer service nya, jawabannya adalah barang sedang dalam proses
pengemasan di gudang milik toko tersebut. Tentunya di dalam hati kecil bertanya
kok sampai 5 hari lebih status “Pesanan
sedang diproses di warehosuse kami”, bagaimana cara mengemasnya ya?
Esoknya
saya lihat lagi di status pesanan, kini statusnya berubah menjadi “Pesanan anda telah dibatalkan dikarenakan
permintaan customer atau ada kendala pada pesanan yang telah dilakukan, mohon
cek email untuk keterangan lebih lanjut ”. untuk lebih jelasnya ada pada
screenshoot dibawah pada kalimat yang diberi lingkaran warna orange.
Benar-benar
jengkel melihat status seperti diatas itu, bagaimana nasib uang yang sudah
dibayarkan? Pihak toko online juga mengirimkan email resmi pemberitahuan
tentang transaksi yang dibatalkan dan
menawarkan pengembalian dana melalui link tombol “Formulir Pengembalian dana” yang dapat dilihat di tombol berwarna
orange di screenshoot dibawah ini.
Sebenarnya tidak usah panik
karena uang yang kita bayarkan dalam posisi aman selama masih dipegang oleh
pemilik rekening bersama. Langkah yang harus kita lakukan adalah menarik dana
atau istilah kerennya refund atau kita belanjakan lagi
pada barang yang lain, dalam artikel ini dibatasi hanya akan membahas refund
belanja online yang dibatalkan sepihak oleh penjual. Bagaimana caranya refund
dilakukan, setiap toko online memiliki cara sendiri tetapi inti nya sama saja,
Pada gambar diatas klik tombol link berwarna Orange bertuliskan “Formulir Pengembalian Dana”, maka kita akan dibawa ke halaman formulir pengembalian dana seperti gambar dibawah ini.
Isi form tersebut dengan lengkap
mulai dari nomor pesanan, Alamat email, Nama Bank, Nomor Rekening, Nama pemilik
rekening, Nama cabang bank, dan Nama kota cabang bank. Kemudin klik tombol link
berwarna orange yang bertuliskan “Submit”.
Beberapa saat kemudian kita akan
menerima email konfirmasi tentang data yang telah dikirimkan sebelumnya pada
formulir pengembalian dana. Lihat screenshoot email dibawah.
Apabila kita tidak merasa mengajukan
permohonan pengembalian dana, kita dapat menghubungi customer service lazada di
alamat email support@lazada.co.id. Atau di
www.lazada.co.id/contact/.
Beberapa saat kemudian anda juga
akan mendapatkan email konfirmasi pengembalian dana, lengkap dengan uraian nama
produk, jumlah produk, serta jumlah uang yang dikembalikan, dan estimasi waktu
tentang lamanya dana masuk ke rekening kita. Di email konfirmasi pengisian
rekening refund dituliskan lamanya
proses pengembalian dana antara 3-5 hari kerja.
Menurut pengalaman saya lamanya
antara 3-5 hari kerja merupakan estimasi terlama, sebab pada kenyataanya dalam
hitungan jam juga dana sudah dapat kembali masuk rekening penerima yang di
daftarkan.
Lihat screenshoot dibawah
Proses Pengembalian dana telah selesai,
kita tinggal menunggu dana masuk ke rekening. Menurut pengalaman dalam hitungan
jam setelah menerima email diatas uang sudah masuk kembali ke rekening kita.
Bonus Voucher
O ya ada yang istimewa di lazada
ini, kepada pembeli yang pesanannya dibatalkan sepihak oleh lazada biasanya
dikasih voucher diskon senilai Rp50.000,- yang bisa dipakai untuk belanja apa
pun di lazada. Voucher ini memiliki masa berlaku 30 hari semenjak diterbitkan
Perlu di ingat bahwa voucher
tersebut hanya bisa digunakan oleh akun yang sama, artinya hanya bisa dipakai
oleh pembeli yang menggunakan akun yang dibatalkan tersebut.
Bagaimana cara mengembalikan dana yang sudah
dibayarkan di toko online lainnya?
Cara atau langkah langkah
pengembalian dana di toko online lainnya pada dasarnya sama, yang membedakannya
mungkin formulir yang digunakan dan tata cara menarik dana.
Untuk di tokopedia pengembalian dana dapat
langsung dilakukan penarikan dari aplikasi atau laman situs tokopedia. Untuk
selengkapnya dapat dibaca dalam artikel Refund
Belanja Online yang dibatalkan sepihak di Tokopedia.
Artikel
Terkait :
lazada bohong sampai 20 hari lebih refund tak kunjung datang dan pelayanan CS tidak bisa apa2 di pingpong ke sana kemari
ReplyDeletehati2 ada modus baru dilazada untuk menarik uang costumer dengan modus refund transaksi dibatalkan
Kalau saya pernah dua kali kena pembatalan sepihak tapi dana tersebut dapat kembali dengan cepat.
DeleteUntuk Pak Ahmad antoize Apakah sudah mengisi formulir refund dengan menyertakan rekening penerima dana refund?
Semoga Pak ahmad refund dari lazada dapat segera terelisasikan dan uang kembali kepada bapak. Amiin
Yg saya alami kok beda..ini saya dalam rangka menunggu pengembalian dana sudah 2 Minggu ga ada datang komunikasi dengan pihak lazada berkali kali dapatnya capek dan jengkel tolong harus bgmna saya..
DeleteUntuk Pak De Josh, Pake transfer bank?
Deletekalau pake transfer apakah sudah mengisi formulir pengembalian dana?
apakah sudah dilihat akun emailnya barangkali ada notifikasi dari lazada tentang pengembalian dana.
Atau Kalau Pake kartu kredit itu otomatis biasanya kembali ke limit semula dalam jangka waktu masimal 14 hari kerja.
Semoga pengembalian dana nya cepat terselesaikan
Kl pembayaran lewat alfamart atau indomart,gmn pngembalian dana nya
ReplyDeleteSaya sdh sampai submit tap knapa ,stlh selesai tdk ada email ya pak?
ReplyDeleteBiasanya ada email konfirmasi atau mungkin emailnya belum masuk
Deletejika belum coba hubungi customer service/customer care dengan alamat email ini support@lazada.co.id. Atau di www.lazada.co.id/contact/.
Atau sampaikan keluhan via lazada live chat
semoga masalahnya dapat terselesaikan dengan segera.
Saya juga ingin mencairkan dana dari store kredit, data rekening sudah saya isi dg benar. Hanya saja katnya data rekening tidak sesuai. Memang saya menggunakan atm ayah saya. Tapi saya malah disuruh mengirimkan foto ktp n cover tabungan. Setelah sya kirim malah disuruh mengirimkan kan foto Kk. Apakah data saya dapat dijaga dg benar dan tidak disalah gunakan oleh customer?
ReplyDelete