Sunday, September 03, 2017

Artikel refund belanja online yang dibatalkan sepihak di Lazada merupakan kelanjutan dari artikel Belanja online VS pembatalan transaksi karena stok barang habis. Setelah sekian lama kita menunggu barang yang kita pesan, namun tak kunjung tiba dirumah membuat hati jengkel, menunggu memang adalah proses yang paling menjemukan tetapi itulah seni atau boleh dikatakan indahnya belanja online yang sangat kontras dengan belanja offline dimana barang yang kita pesan dan beli langsung ada dihadapan dan langsung bisa dibawa pulang serta sesampai di rumah bisa langsung dipergunakan.

Saya pernah punya pengalaman menunggu barang tiba sampai 5 hari tanpa kepastian, tetapi setelah 5 hari status pesanan masih sedang diproses di gudang penjual, kemudian ditanyakan via live-chat ke customer service nya, jawabannya adalah barang sedang dalam proses pengemasan di gudang milik toko tersebut. Tentunya di dalam hati kecil bertanya kok sampai 5 hari lebih status “Pesanan sedang diproses di warehosuse kami”, bagaimana cara mengemasnya ya?


Esoknya saya lihat lagi di status pesanan, kini statusnya berubah menjadi “Pesanan anda telah dibatalkan dikarenakan permintaan customer atau ada kendala pada pesanan yang telah dilakukan, mohon cek email untuk keterangan lebih lanjut ”. untuk lebih jelasnya ada pada screenshoot dibawah pada kalimat yang diberi lingkaran warna orange.

Benar-benar jengkel melihat status seperti diatas itu, bagaimana nasib uang yang sudah dibayarkan? Pihak toko online juga mengirimkan email resmi pemberitahuan tentang transaksi yang dibatalkan dan  menawarkan pengembalian dana melalui link tombol “Formulir Pengembalian dana” yang dapat dilihat di tombol berwarna orange di screenshoot dibawah ini.

Sebenarnya tidak usah panik karena uang yang kita bayarkan dalam posisi aman selama masih dipegang oleh pemilik rekening bersama. Langkah yang harus kita lakukan adalah menarik dana atau istilah kerennya refund atau kita belanjakan lagi pada barang yang lain, dalam artikel ini dibatasi hanya akan membahas refund belanja online yang dibatalkan sepihak oleh penjual. Bagaimana caranya refund dilakukan, setiap toko online memiliki cara sendiri tetapi inti nya sama saja,



Pada gambar diatas klik tombol link berwarna Orange bertuliskan  “Formulir Pengembalian Dana”, maka kita akan dibawa ke halaman formulir pengembalian dana seperti gambar dibawah ini.
Isi form tersebut dengan lengkap mulai dari nomor pesanan, Alamat email, Nama Bank, Nomor Rekening, Nama pemilik rekening, Nama cabang bank, dan Nama kota cabang bank. Kemudin klik tombol link berwarna orange yang bertuliskan “Submit”.


Beberapa saat kemudian kita akan menerima email konfirmasi tentang data yang telah dikirimkan sebelumnya pada formulir pengembalian dana. Lihat screenshoot email dibawah.
Apabila kita tidak merasa mengajukan permohonan pengembalian dana, kita dapat menghubungi customer service lazada di alamat email support@lazada.co.id. Atau di www.lazada.co.id/contact/


Beberapa saat kemudian anda juga akan mendapatkan email konfirmasi pengembalian dana, lengkap dengan uraian nama produk, jumlah produk, serta jumlah uang yang dikembalikan, dan estimasi waktu tentang lamanya dana masuk ke rekening kita. Di email konfirmasi pengisian rekening refund dituliskan lamanya proses pengembalian dana antara 3-5 hari kerja. 



Menurut pengalaman saya lamanya antara 3-5 hari kerja merupakan estimasi terlama, sebab pada kenyataanya dalam hitungan jam juga dana sudah dapat kembali masuk rekening penerima yang di daftarkan.

Lihat screenshoot dibawah


Proses Pengembalian dana telah selesai, kita tinggal menunggu dana masuk ke rekening. Menurut pengalaman dalam hitungan jam setelah menerima email diatas uang sudah masuk kembali ke rekening kita.

Bonus Voucher


O ya ada yang istimewa di lazada ini, kepada pembeli yang pesanannya dibatalkan sepihak oleh lazada biasanya dikasih voucher diskon senilai Rp50.000,- yang bisa dipakai untuk belanja apa pun di lazada. Voucher ini memiliki masa berlaku 30 hari semenjak diterbitkan


Perlu di ingat bahwa voucher tersebut hanya bisa digunakan oleh akun yang sama, artinya hanya bisa dipakai oleh pembeli yang menggunakan akun yang dibatalkan tersebut.

Bagaimana cara mengembalikan dana yang sudah dibayarkan di toko online lainnya?

Cara atau langkah langkah pengembalian dana di toko online lainnya pada dasarnya sama, yang membedakannya mungkin formulir yang digunakan dan tata cara menarik dana.  


Untuk di tokopedia pengembalian dana dapat langsung dilakukan penarikan dari aplikasi atau laman situs tokopedia. Untuk selengkapnya dapat dibaca dalam artikel Refund Belanja Online yang dibatalkan sepihak di Tokopedia.


Artikel Terkait :


Reaksi:

5 comments:

  1. lazada bohong sampai 20 hari lebih refund tak kunjung datang dan pelayanan CS tidak bisa apa2 di pingpong ke sana kemari
    hati2 ada modus baru dilazada untuk menarik uang costumer dengan modus refund transaksi dibatalkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya pernah dua kali kena pembatalan sepihak tapi dana tersebut dapat kembali dengan cepat.

      Untuk Pak Ahmad antoize Apakah sudah mengisi formulir refund dengan menyertakan rekening penerima dana refund?

      Semoga Pak ahmad refund dari lazada dapat segera terelisasikan dan uang kembali kepada bapak. Amiin

      Delete
    2. Yg saya alami kok beda..ini saya dalam rangka menunggu pengembalian dana sudah 2 Minggu ga ada datang komunikasi dengan pihak lazada berkali kali dapatnya capek dan jengkel tolong harus bgmna saya..

      Delete
    3. Untuk Pak De Josh, Pake transfer bank?
      kalau pake transfer apakah sudah mengisi formulir pengembalian dana?
      apakah sudah dilihat akun emailnya barangkali ada notifikasi dari lazada tentang pengembalian dana.

      Atau Kalau Pake kartu kredit itu otomatis biasanya kembali ke limit semula dalam jangka waktu masimal 14 hari kerja.

      Semoga pengembalian dana nya cepat terselesaikan

      Delete
  2. Kl pembayaran lewat alfamart atau indomart,gmn pngembalian dana nya

    ReplyDelete

Media Sosial

Terjemahan

Total Pageviews

Dudu. Powered by Blogger.

Popular Posts

Followers

Ikuti Dengan Email